Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial lainnya
Articles
147 Documents
Pengembangan Ilmu Manajemen Pendidikan Dan Penerapannya Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia
Triningsih Triningsih
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (598.182 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i1.1
Manajemen diartikan sebagai Prose penggunaan sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran, sementara fungsi penting dari manajemen pendidikan adalah berkaitan dengan proses pembelajaran, hal ini mencakup dari mulai aspek persiapan sampai dengan evaluasi untuk melihat kualitas dari suatu proses tersebut, dalam hubungan ini Sekolah sebagai suatu lembaga pendidikan yang melakukan kegiatan/proses pembelajaran jelas perlu mengelola kegiatan tersebut dengan baik karena proses belajar mengajar ini merupakan kegiatan utama dari suatu sekolah
Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Pemberdayaan Masyarakat
Tri Hartini
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (464.665 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i1.2
Banyak kritikan cukup tajam yang dilontarkan berbagai pihak tentang out put Pendidikan Islam yang belum menunjukkan keberhasilannya ditengah-tengah masyarakat. Oleh karena Pendidikan Islam bukan hanya tanggungjawab institusi pendidikan saja, akan tetapi tanggungjawab komunitas muslim, maka menjadi suatu keharusan masyarakat harus ikut andil dalam usaha memajukan Pendidikan Islam itu sendiri. Salah satunya dengan memberdayakan potensi masyarakat tepat guna. Karena peserta didik itu datang dan bermuara pada masyarakat, maka arah kebijakan kurikulumpun harus berorientasi pada masyarakat Pada tempat pertama semua kegiatan pendidikan harus diarahkan dengan jelas dan tegas kepada tujuan pendidikan. Sebab pada hakekatnya belajar itu bukan untuk sekolah (non scholae) tetapi belajar adalah untuk hidup ( sed vitae discimus), dengan demikian pendidikan akan menjadi lebih bermakna.
Aplikasi Total Quality Manajemen Dalam Meningkatkan Pelayanan Jasa Pendidikan
Komarudin Komarudin
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (562.95 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i1.3
Total Quality Management (TQM) adalah suatu pendekatan yang sistematis, praktis, dan strategis dalam menyelenggarakan suatu organisasi, yang mengutamakan kepentingan pelanggan. pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu. sekolah sebagai unit pelaksana pendidikan formal terdepan dengan berbagai keragaman potensi anak didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam, kondisi lingkungan yang berbeda satu dengan lainnya, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas/mutu pendidikan.
Problematika Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi Pemecahannya
Tuti Sumiati
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (549.431 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i1.4
Reformasi di Indonesia seakan menjadi cahaya impian yang akan memberikan banyak perubahan kehidupan bagi bangsa ini, khusunya pada sektor pendidikan. Akan tetapi, apa yang terjadi kemudian, justru pendidikan di bumi Indonesia semakin menjadi problem baru, yakni lahirnya ambiguisitas dalam wilyah pendidikan yang terus berjalan di Indonesia. sesungguhnya problematika pendidikan yang ada sekarang ini lebih terletak pada ketidak jelasan tujuan yang hendak di capai, ketidak serasian kurikulum terhadap kebutuhan masyarakat, kurangnya tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional
Aktualisasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawih Dalam Pendidikan
Ahmad Zain Sarnoto
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (560.348 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i1.5
Ibn Muskawaih mendasarkan prinsip keutamaan moralnya kepada teori “pertengahan ” (al-wasath). Menurutnya , sebuah tindakan dikatakan benar bila ia berada di tengah ekstrim kelebihan dan ekstrim kekurangan sehingga seseorang dapat disebut adil bila ia mampu menempatkan dirinva diantara aniaya dan teraiaya. Di samping itu, manusia hendaknya mampu menghindarkan diri dari penyukit moral yang selalu menggerogoti ke hidupannya. Bila penyakit itu dapat dihindari, maka kebahagiaan sejati akan segera dapat diraih. Wujud kebahagiaan dalam diri manusia tidak hanya terdapat dalam jiwa semata, tetapi juga sekaligus terdapat dalam jasmani. Kesempurnaan kebahagian itu akan dapat terpenuhi bilamana manusia dapat, menebarkan cinta dan kasih sayang diantura sesamanya. Agar rasa cinta dan kasih sayang dapat bersemi dalam diri setiap insan, maka ia harus dipupuk melalui pendidikan akhlaq yang dimulai sejak kanak-kanak.
Peran Kepala Sekolah Dalam Kajian Manajemen Personalia
Triningsih Triningsih
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (452.133 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i2.7
Keberadaan sumber daya manusia merupakan bagian integral dalam kehidupan suatu sekolah. Karena masing-masing sumber daya manusia mempunyai peranan yang strategis. Oleh sebab itu, pembinaan terhadap personal yang ada menjadi tanggung jawab kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi di suatu sekolah. Konsekwensinya setiap kepala sekolah harus memahami benar mengenai lingkup atau dimensi-dimensi kepegawaian.
Konsepsi Manajemen Peningkatan Mutu Dalam Pendidikan
Asrul Dasmala
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (470.568 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i2.8
Manajemen peningkatan mutu sekolah adalah suatu metode peningkatan mutu yang bertumpu pada sekolah itu sendiri, mengaplikasikan sekumpulan teknik, mendasarkan pada ketersediaan data kuantitatif & kualitatif, dan pemberdayaan semua komponen sekolah untuk secara berkesinambungan meningkatkan kapasitas dan kemampuan organisasi sekolah guna memenuhi kebutuhan peserta didik dan masyarakat
Konsepsi Total Quality Manajemen Dan Aplikasinya Dalam Pendidikan
Wannen Pakpahan
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (578.338 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i2.9
Era globalisasi dan pasar bebas dimana manusia di hadapkan pada perubahan-perubahan cepat dan tidak menentu karena imbas dominasi Negara tertentu. Setiap lembaga atau organisasi yang melakukan proses produksi pasti memiliki standar mutu atau kualitas produk. Tidak terkecuali organisasi pendidikan, sebagai sebuah lembaga yang melakukan produksi dalam bidang jasa maka pasti memiliki suatu standar yang baku tentang pengawasan tingkat kualitas produksinya
Guru Yang Kreatif Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran
Sri Wartini
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (450.356 KB)
|
DOI: 10.56745/js.v1i2.10
Untuk mempermudah dalam proses belajar mengajar, para guru harus memiliki keahlian khusus dalam mendesain pengajaran secara mandiri. Materi atau mata pelajaran butuh penjabaran teknis yang harus dilakukan guru, supaya dapat diterima oleh peserta didik dengan mudah. Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan merupakan usaha membangun pengalaman belajar siswa dengan berbagai keterampilan proses untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, melalui penciptaan kegiatan belajar yang beragam dan mengkondisikan suasana belajar sehingga mampu memberikan pelayanan pada berbagai tingkat kemampuan dan gaya belajar siswa, serta siswa lebih terpusat perhatiannya secara penuh