cover
Contact Name
zain sarnoto
Contact Email
jurnalstatement2021@gmail.com
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalstatement2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Jakasampurna Bekasi barat
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
ISSN : 20892640     EISSN : 2797071X     DOI : https://doi.org/10.56745/js.v11i2.238
Core Subject : Religion, Education,
jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial lainnya
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan" : 5 Documents clear
MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MANAJEMEN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAPAT MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 254 JAKARTA SELATAN Afrisaf
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.736 KB) | DOI: 10.56745/js.v7i1.198

Abstract

Seiring penerapan kurikulum berbasis kompetensi , dimana mutu pendidikan yang tidak hanya ditengarahi dengan nilai ebtanas atau nilai ujian akhir atau nilai cawu saja, tetapi juga lingkungan sekolah yang kondusif, dan juga berdasarkan kepada nilai-nilai, kecerdasan, dan life skiils siswa. Sekolah adalah pelaksana pendidikan untuk meningkatkan kualitas SMP Indonesia di dalam proses pembelajarannya. Sekolah harus mempunyai mutu, baik pada input dan proses pendidikan itu sendiri. kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi sudah mulai memfokuskan pada teknik individual, teknik individual merupakan teknik supervisi yang melibatkan guru sejak tahap perencanaaan yang memungkinkan guru mengetahui manfaat supervisi bagi dirinya. Dalam jenis penelitian berdasarkan metode ini dibagi menjadi 8 bagian yaitu: 1) penelitian survey, 2) penelitian ex post facto, 3) penelitian eksperimen, 4) penelitian naturalistik/ kualitatif, 5) penelitian kebijakan, 6) penelitian tindakan 7) penelitian evaluasi, 8) penelitian sejarah. Sedngkan penelitian berdasar tingkat eksplanasi dibagi menjadi 3 yaitu: 1) penelitian deskriptif, 2) penelitian komparatif, 3) penelitian asosiatif / hubungan. Dan berdasarkan jenis data dan analisis dibagi menjadi 3 yaitu: 1) penelitian kuantitatif, 2) penelitian kualitatif, 3) penelitian gabungan. Telah disinggung pada bagian terdahulu bahwa dalam analisis ini menggunakan dua teknik statistik, yaitu uji t dan uji F. Uji t digunakan untuk menguji mean (rata-rata) antara dua kelompok, dan uji F digunakan untuk menguji varians antar kelompok dan juga digunakan untuk menguji empat kelompok sekaligus. bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan varian kemampuan guru antara kelompok A, B, C dan D. Atau dengan kata lain, prestasi pengajaran bidang studi di maisng-masing kelompok dari ke empat kelompok tersebut seimbang.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN METODE PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 254 JAKARTA SELATAN Budi Mulyono
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.732 KB) | DOI: 10.56745/js.v7i1.199

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika rendah. Menurut pengamatan, hal ini disebabkan kemampuan siswa yang rendah dalam memecahkan masalah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Melalui metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 254 Jakarta Selatan . Jenis penelitian ini termasuk action research. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 254 Jakarta Selatan . Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa dengan data sebagai berikut : Siklus I Rata – rata hasil belajar Matematika adalah 56 ketuntasan 26 % dan Daya Serap 56 %.dan pada Siklus II Rata –rata 64, Ketuntasan 28 % dan Daya Serap 64 %. Sedangkan keaktifan siswa pada Siklus I Rata – rata dari 4 aspek adalah 61 % dan Pada Siklus II adalah 67 %.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial dapat ditingkatkan Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 254 Jakarta Selatan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DALAM KEMAMPUAN MEMBUAT ESSAI PENDEK DENGAN MEDIA PERMAINAN KARTU KATA PADA SISWA KELAS IX-3 SMP NEGERI 220 JAKARTA BARAT Gandaria Simanjuntak
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.734 KB) | DOI: 10.56745/js.v7i1.200

Abstract

Dalam penelitian ini terlihat bahwa kemampuan membuat essai pendek siswa kelas IX-3 SMP Negeri 220 Jakarta Barat sebagian besar masih pasif, hanya beberapa peserta didik yang aktif. kemampuan membuat essai pendek Inggris, dari 36 peserta didik anak yang tuntas hanya 20% (12 dari 36 siswa). Dengan demikian siswa yang mengalami kegagalan membutuhkan perbaikan agar dapat mencapai prestasi yang diharapkan. Dalam hal ini penulis menggunakan kartu kata sebagai penunjang untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk menyampaikan dan mengeksplorasi kemampuan membuat essai pendeknya. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, yang mana menghasilkan nilai rata-rata kelas yang meningkatb pada siklus 1 sebesar 6,75 dari indikator keberhasilan sebesar 6,5. Terdapat 38,89% siswa yang tuntas atau memiliki nilai di atas 7,00. Sedangkan di siklus 2 telah terjadi peningkatan rata-rata nilai kelas keseluruhan menjadi 7,76 dan 100% siswa memiliki nilai sama dengan atau lebih besar dari 7,0. Hal tersebut menunjukkan bahwa diketahui metode penggunaan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan kebahasaan siswa kelas IX-3 SMP Negeri 220 Jakarta Barat dengan esai sederhana berbentuk procedure
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH PENDIDIKAN DENGAN PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR H. Usmin
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.728 KB) | DOI: 10.56745/js.v7i1.201

Abstract

Dalam dunia proses belajar mengajar, yang disingkat menjadi PBM kita kenal sebagai: " metode jauh lebih penting dari materi". Betapa pentingnya metode dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Karena metode menempati posisi ke dua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran yaitu meliputi: tujuan, metode, materi dan evaluasi. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya. Teknik pengelolaan kelas dan penguasaan emosional siswa, biasanya sangat tergantung pada metode pengajaran guru di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jika guru kurang jeli dalam memilih metode mengajar, maka akan menimbulkan kondisi yang jenuh, membosankan, monoton, dan kurang direspon oleh siswa. Dalam penerapan metode ceramah, guru bukan hanya membuat para siswa pasif, melainkan guru membeimbing siswa untuk selalu aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan. Karena dalam penerapan metode Tanya jawab ini di selingi juga dengan metode diskusi. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa metode pemberian tugas belajar dan resitasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai
PENGANTAR STUDI PENDIDIKAN BERBASIS AL-QUR’AN: LINGKUNGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN Ahmad Zain Sarnoto
Jurnal Statement : Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Publisher : PMPP Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (68.714 KB) | DOI: 10.56745/js.v7i1.202

Abstract

Kajian ini untuk mengetahui bagaimana lingkungan Pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an, tentu saja melalui isyarat dalam beberapa ayat-ayat Al-Qur’an. Meskipun lingkungan Pendidikan tidak disinggung secara lansung dalam al-Qur’an, akan tetapi al-Qur’an juga menyinggung dan memberikan perhatian terhadap lingkungan sebagai tempat sesuatu. Dalam Pendidikan lingkungan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dan mendukung pada proses pertumbuhan dan perkembangan anak. Lingkungan yang baik akan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Begitu juga sebaliknya, lingkungan kurang baik akan memberikan dampak negatif terhadap anak. Penelitian ini termasuk penelitian library research dengan pendekatan reflektif thinking. Dalam beberapa isyarat ayat-ayat Al-Qur’an dapat di pahami bahwa adanya lingkungan Pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an. Jika di telaah setidaknya terdapat lima (5) lingkungan pendidikan dalam proses pembelajaran manusia yang terdapat dalam Al-Qur’an, yaitu keluarga, madrasah/sekolah, masjid, masyaraka dan alam

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 13 No 1 (2023): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol 12 No 2 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2022): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2021): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2020): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2019): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2018): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 2 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2015): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2014): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2013): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2012): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2011): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan More Issue