cover
Contact Name
Naratas
Contact Email
naratas@stai-musaddadiyah.ac.id
Phone
+622624892071
Journal Mail Official
jurnal@stai-musaddadiyah.ac.id
Editorial Address
Jl. Mayor Syamsu, Jayaraga 44151, Garut, Indonesia
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Naratas
ISSN : 26203782     EISSN : 26156865     DOI : -
Core Subject : Religion, Social,
NARATAS merupakan media publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh STAI Al-Musaddadiyah Garut dalam kajian maupun hasil penelitian dalam bentuk artikel lingkup studi islam.
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Naratas" : 2 Documents clear
TINJAUAN ONTOLOGIS BIMBINGAN DAN KONSELING ANAK USIA DINI (BK-AUD) Yayah Haryawati; Sunaryo Kartadinata; Mamat Supriatna
Jurnal Naratas Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Naratas
Publisher : STAI Al-Musaddadiyah Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37968/jn.v1i2.31

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji ontologis Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini (BK AUD), dalam perspektif ontologis. Ruang lingkup pembahasannya meliputi Konsep serta konstruk. Bimbingan dan Konseling AUD. Mengingat usia dini sebagai periode emas maka layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu solusi untuk membantu agar aspek-aspek perkembangan fisik motorik kasar, motorik halus, bahasa, emosi; sosial; Moral spiritual; Agama dan seni dapat berkembang secara optimal. Tulisan ini diharapkan dapat memperkokoh keilmuan BK-AUD.
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK/ RAUDLATUL ATHFAL Rijal Assidiq; Ida Widari
Jurnal Naratas Vol 2 No 2 (2019): Jurnal Naratas
Publisher : STAI Al-Musaddadiyah Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37968/jn.v1i2.32

Abstract

Penelitian dilakukan untuk menunjukkan implementasi 9 kecerdasan majemuk dalam metode pembelajaran yang disampaikan pada siswa TK/RA. Kemudian penulis bagi kedalam 9 pertemuan dengan indikator siswa TK/RA mampu menghafal 25 nama Nabi dan Rasul. Kecerdasan majemuk (multiple intelligence) adalah sebuah teori yang dikembangkan oleh Howard Gardner. Filosofi yang dibangun dari teori kecerdasan majemuk bahwa setiap anak dilahirkan dengan potensi kecerdasannya masing-masing. Penelitian yang dilakukan termasuk kedalam penelitian deskriptif dimana proses penelaahan teori dilakukan kemudian ditafsirkan dalam bentuk implementasi metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk dapat diimplementasikan di ruang ruang kelas TK/RA dan dapat mengakomodasi beragamnya kecerdasan yang dimiliki siswa-siswa TK/RA. Hemat penulis penting bagi pendidik menguasai konsep kecerdasan majemuk dan metode pembelajaran. Pun mengenal masing-masing karateristik kecerdasan yang dimiliki oleh siswa-siswa TK/RA. Sehingga akhirnya pendidik dapat mendidik sesuai dengan potensi kecerdasan masing-masing siswa tanpa mengabaikan pakem pembelajaran di TK/RA yaitu belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 2