cover
Contact Name
Radimin
Contact Email
radimin19@gmail.com
Phone
+62562-6303087
Journal Mail Official
jurnal.sebi@iaisambas.ac.id
Editorial Address
http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Sebi/tim_editor
Location
Kab. sambas,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
ISSN : 2656811X     EISSN : 27760707     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Sebi adalah sebuah jurnal ilmiah dengan fokus pada Studi Ekonomi dan Bisnis Islam telah diterbitkan sejak tahun 2019 oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas. Jurnal Sebi menjadi artikel dalam publikasi ilmiah dan sangat mengapresiasi pemikiran kreatif. Jurnal Sebi Diterbitkan setiap semester pada bulan Januari-Juni, dan Juli - Desember. Jurnal Sebi ini dibuat untuk para peneliti dan akademisi, serta khalayak umum dan yang memiliki minat pada khasanah ilmiah Ekonomi Islam, Perbankan dan Keuangan Islam, Akuntansi Islam, Bisnis Islam
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)" : 5 Documents clear
ANALISIS KESIAPAN APARATUR PEMERINTAH DESA DALAM IMPLEMENTASI PERMENDAGRI NO. 20 TAHUN 2018 TENTANG PENGELOLAAN KEUANGAN DESA : Studi Kasus Kecamatan Tangaran SUHARMAN; YULIANSYAH; U. ARI ALRIZWAN
Sebi : Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/sebi.v2i2.131

Abstract

Abstrak: Analisis Kesiapan Aparatur Pemerintah Desa dalam Implementasi Permendagri No. 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus Kecamatan Tangaran). Terbitnya Permendagri No. 20/2018 merupakan upaya perbaikan dan peningkatan informasi yang tercantum dalam laporan keuangan desa, sehingga menjadi suatu keharusan diperlukan aparatur desa yang mempunyai kemampuan untuk mengimplementasikannya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang ditujukan kepada aparatur pemerintah desa yang ada di Kecamatan Tangaran. Teknik analisis data menggunakan skala indeks, semakin tinggi angka indeks berarti semakin tinggi pula tingkatan preparedness dari subjek yang diteliti. Hasil analisis indeks per parameter adalah: Pertama, Kesiapan perencanaan, 5 desa dengan kategori sangat siap sedangkan 3 desa dengan kategori siap; Kedua, Kesiapan pelaksanaan, 7 desa dengan kategori sangat siap dan 1 desa dengan kategori siap; Ketiga, Kesiapan penatausahaan, 7 desa dengan kategori sangat siap dan 1 desa dengan kategori siap; Keempat, Kesiapan pertanggungjawaban, 6 desa dengan kategori sangat siap dan 2 desa dengan kategori siap ; dan Kelima, Kesiapan sumber daya manusia, 6 desa dengan kategori sangat siap dan 2 desa dengan kategori siap. Berdasarkan hasil analisis indeks gabungan diperoleh score indeks 83,58 masuk dalam kategori sangat siap, berarti dapat disimpulkan bahwa kesiapan aparatur pemerintah desa yang ada di Kecamatan Tangaran untuk mengimlementasikan Permendagri tersebut adalah sangat siap.
Maparo SISTEM MAPARO PETERNAKAN KAMBING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT: SISTEM MAPARO PETERNAKAN KAMBING DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT Doddy Afandi Firdaus; Muallifatur Rosidah
Sebi : Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/sebi.v2i2.329

Abstract

Abstrak: Sistem Maparo Peternakan Kambing Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Desa Sadabumi Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap, terdapat kerjasama mudharabah yang disebut dengan istilah maparo, maparo adalah salah satu sistem bisnin peternakan, dimana peternak berbisnis dengan pemilik modal. Orang yang memiliki modal akan berinvestasi berupa kambing, dimana nantinya saat kambin tersebut sudah dewasa kemudian dijual, dan hasil dari penjualan akan dibagi dengan pemilik modal. Penelitian ini dilakukan di Desa Sadabumi, Majenang, Cilacap. Dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk meneliti, kemudian hasil penelitian berupa pendeskripsian yang ada di lapangan. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan tiga teknik yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari data dan informasi yang diperoleh oleh peneliti di lapangan diperoleh hasil bahwa bisnis dengan sistem maparo yang dilakukan termasuk mudharabah muqayyadah. Maparo tidak hanya dilakukan sebagi bisnis, akan tetapi ada tujuan atau maksud lain, diantaranya sebagai salah satu cara yang digunakan untuk menjalin hubungan persaudaraan. Maparo merupakan salah satu alternatif untuk berinvestasi bagi orang yang memiliki modal, dan menjadi pekerjaan tambahan guna menambah penghasilan bagi orang yang memelihara hewan ternak. Sistem bisnis maparo juga menjadi salah satu sistem pengembangan usaha bagi pemilik modal. Akad mudharabah muqayyadah dalam sistem maparo merupakan manivestasi dari prinsip-prinsip dalam bisnis syariah, hal ini dikarenakan tujuan dari permodalan dalam bisnis ini adalah saling tolong-menolong, keadilan dalam hal bagi hasil, dan prinsip berbagi resiko dalam kerugian yang terjadi selama bisnis berlangsung. Sedangkan hasil lain yang ditemukan dilapangan yakni, kerjasama maparo kambing jantan lebih menguntungkan, daripada kambing betina. Abstract: Maparo System of Goat Farming in Improving Community Economy.Village Sadabumi District Majenang Cilacap Regency, there is a mudharabah cooperation called maparo, maparo is one of the bisnin system of animal husbandry, where farmers do business with the owners of capital. The person who owns the capital will invest in the form of goats, which later when the kambin is grown and then sold, and the proceeds from the sale will be shared with the owner of the capital. This research was conducted in Sadabumi Village, Majenang, Cilacap. Where researchers jumped directly to research, then the results of the study in the form of inscriptions in the field. In collecting data researchers use three techniques namely, observation, interview and documentation. From the data and information obtained by researchers in the field obtained the results that businesses with maparo system carried out including mudharabah muqayyadah. Maparo is not only done as a business, but there are other purposes or purposes, including as one of the ways used to establish fraternity relations. Maparo is one of the alternatives to investing for people who have capital, and becomes an additional job to increase income for people who keep livestock. Maparo business system is also one of the business development systems for capital owners. Akad mudharabah muqayyadah in maparo system is a manivestasi of principles in sharia business, this is because the purpose of capital in this business is mutual help-help, justice in terms of profit sharing, and the principle of risk sharing in losses that occur during the business. While other results found in the field, namely, the cooperation of maparo goats are more profitable, than goats.
Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan JUM'AN
Sebi : Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/sebi.v2i2.359

Abstract

Penelitian ini ingin membuktikan pengaruh dari masing-masing variabel yaitu Return On Equity (ROE) , Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh Good Corporate Governance pada manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia. Berdasarkan penelitian sebelumnya dan dikaitkan dengan teori pendukung yang dikemukakan oleh para ahli dengan menggunakan program eviews 9 sebagai alat pengolah data statistik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yaitu 36 perusahaan manufaktur dari tahun 2012-2016, dengan teknik analisis data menggunakan analisis (Moderated Regresion Analysis). Berdasarkan pengolahan data menggunakan MRA, terbukti bahwa Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Moderasi Komite Audit tidak mampu memperlemah atau memperkuat hubungan antara Return On Equity (ROE) dan nilai perusahaan, Moderasi komite audit mampu memperkuat hubungan antara Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap nilai perusahaan. Sedangkan moderasi Komisaris Independen tidak mampu memperlemah atau memperkuat hubungan antara Return On Equity (ROE), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH MARKETING MIX DAN ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUTUSAN MENJADI NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : Studi pada BRI Syariah, Bank Muamalat dan Bank Jateng Syariah) di Kota Semarang Abdus Salam
Sebi : Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/sebi.v2i2.398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem dari penerapan Marketing Mix dan Etika Bisnis Islam terdapat Loyalitas Nasabah pada Perbankan Syariah (BRI Syariah, Bank Jateng Syariah dan Bank Muamalat) di Kota Semarang. Dengan menggunakan varibel Marketing Mix dan Etika Bisnis Islam sebagai Variabel Eksogen dan Loyalitas Nasabah sebagai variabel Endogen, selain itu juga digunakan variabel intervening untuk mengukur pengaruh mediasi dari faktor eksogen ke endogen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Data yang digunakan adalah primer dengan menyebarkan kuesioner kepada 3 nasabah perbankan syariah yang dijadikan obyek penelitian, total responden dari ke 3 bank syariah terserbut sejumlah 100 responden. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pertama, Marketing Mix berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah,. Kedua, Etika Bisnis Islam berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Ketiga, Marketing Mix berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah, Keempat, Etika Bisnis Islam tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Kelima, Keputusan Menjadi Nasabah berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Keenam, Keputusan Menjadi Nasabah mampu memediasi antara Marketing terhadap Loyalitas Nasabah,. Ketujuh, Keputusan Menjadi Nasabah tidak mampu memediasi Etika Bisnis Islam terhadap Loyalitas Nasabah.
KONTRIBUSI BANK INDONESIA PROVINSI KALIMANTAN BARAT DALAM PENGEMBANGAN KAIN TENUN SAMBAS DI DESA SUMBER HARAPAN ahmad yasir
Sebi : Studi Ekonomi dan Bisnis Islam Vol. 2 No. 2 (2020): Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam (SEBI)
Publisher : Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37567/sebi.v2i2.439

Abstract

Artikel ini menjelaskan kontribusi Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat dalam mengembangkan produksi serta pemasaran Kain Tenun Sambas. Dimaksudkan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) kreatif bantuan bagi penenun kain berupa alat tenun bukan mesin, pelatihan juga dalam hal promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dan jenis penelitian bersifat Field Research (Penelitian Lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis menggunakan metode triangulasi yang memanfaatkan sesuatu yang lain sebagai pembanding. Hasil penelitian menyatakan bahwa kontribusi Bank Indonesia dalam mengembangkan kain tenun memberikan dampak positif baik dari segi harga, memperluas wilayah penjualan, jumlah yang dihasilkan dan kualitas kain tenun, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dari penjualan kain tenun.

Page 1 of 1 | Total Record : 5