cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 8 Documents clear
STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA DI SMAN 9 YOGYAKARTA Pranata, Alvira
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter berbasis budaya di SMAN 9 Yogyakarta. Pada penelitian ini berfokuskan pada (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya (2) strategi pendidikan karakter di sekolah dan (3) faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Objek dari penelitian ini adalah strategi pendidikan karakter berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter berbasis budaya di sekolah dengan cara (1) program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya dengan (a) program sekolah berbasis seni dan budaya, (b) budaya sekolah, (c) pendidikan karakter yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan (d)program pengembangan diri di sekolah (2) Strategi pendidikan karakter di sekolah mengacu pada strategi keteladanan (modelling), pengajaran (teaching), penguatan (reinforcing), dan pembiasaan (habituating) yang diimplementasikan di dalam strategi program sekolah dalam pendidikan karakter berbasis budaya. (3) Faktor pendukung pendidikan karakter berbasis budaya yaitu kebijakan sekolah, lingkungan yang mendukung, sarana prasarana dan komite sekolah, sedangkan faktor penghambat pendidikan karakter di sekolah yaitu ketidaksiapan pelaksanaan program, partisipasi warga sekolah dan lahan sekolah yang kurang luas.Kata Kunci : sekolah berbasis budaya, strategi,  pendidikan karakter
AKUNTABILITAS IMPLEMENTASI STANDAR PROSES, STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, DAN STANDAR PENILAIAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI PURWOBINANGUN KABUPATEN SLEMAN Listyaningrum, Arina
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengkaji tentang akuntabilitas implementasi standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan standar penilaian di Sekolah Dasar Negeri Purwobinangun Kabupaten Sleman.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, staf TU, siswa, dan orang tua/ wali murid. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa akuntabilitas implementasi standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, dan standar penilaian di Sekolah Dasar Negeri Purwobinangun Kabupaten Sleman adalah1)standar proses dilaksanakan dalam tahapan perencanaan yaitu berkaitan dengan perancangan silabus dan RPP. Tahapan pelaksanaan berkaitan dengan proses pembelajaran di sekolah. 2) standar pendidik dan tenaga kependidikan berkaitan dengan jumlah dan kualifikasinya. Secara kualifikasi, dari 13 pendidik yang tidak linier dengan jalur keprofesionalannya sebanyak 2 (dua) pendidik, selain itu semua sudah memenuhi ketentuan kualifikasi. Sedangkan mengenai jumlah, kurang pada tenaga kependidikannya yaitu konselor, pustakawan, dan laboran. 3) standar penilaian mengacu pada ketetapan BNSP yaitu dengan sistem standar atau KKM. Sekolah ini menetapkan KKM menyesuaikan dengan kondisi siswa dan sekolah.  Selain itu, sekolah juga merancang aplikasi penilaian berbasis IT yang sangat mempermudah pekerjaan pendidik dalam menilai hasil belajar peserta didik.Kata kunci: Akuntabilitas, standar proses,  standar pendidik, standar penilaian
KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA DI SMK PERINDUSTRIAN YOGYAKARTA Pinastika, Febrina Dwi Putri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5214

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: kenakalan siswa di SMK PERINDUSTRIAN Yogyakarta, kebijakan sekolah dalam mengatasinya, faktor pendukung dan faktor penghambat kebijakan sekolah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, wali kelas, koordinator BK, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi, menyajikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian memberikan kesimpulan: 1) masih ditemukan kenakalan siswa dengan tidak mentaati peraturan tata tertib sekolah di SMK PERINDUSTRIAN Yogyakarta; 2) kebijakan sekolah dalam mengatasi kenakalan siswa adalah dengan melakukan tiga upaya: upaya preventif salah satunya dengan kebijakan peraturan tata tertib, upaya kuratif salah satunya dengan kebijakan pemberian sanksi yang mendidik, dan upaya pembinaan dengan kebijakan kegiatan ekstrakurikuler; 3) faktor pendukung kebijakan sekolah yaitu kerjasama yang dibangun oleh sekolah dengan seluruh warga sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam mengatasi kenakalan siswa; 4) faktor penghambat kebijakan sekolah yaitu kurangnya kerjasama dari berbagai pihak yang berkewajiban dalam pelaksanaan mengatasi kenakalan siswa, kurangnya perhatian orang tua dan lingkungan sosial yang kondusif bagi siswa. Kata kunci: Kebijakan Sekolah, Kenakalan Siswa
IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR JUARA YOGYAKARTA Aulia, Listya Rani
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai religius dalam pendidikan karakter bagi peserta didik, faktor pendukung, dan faktor penghambat dalam proses implementasi pendidikan karakter di SD Juara Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 tahap dalam pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan,pendidikan karakter dilakukan dengan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan dengan berbagai kegiatan dari sekolah. Faktor yang menghambat pelaksanaan pendidikan karakter adalah kurangnya pemahaman orang tua dengan kegiatan anaknya yang diberikan dari sekolah. Faktor pendukungnya adalah kematangan siswa dalam menjalankan kegiatan tanpa menunggu perintah dari orang lain. Selain itu juga karena ada sebagian orang tua yang support dan selalu memantau kegiatan siswa dirumah.Kata kunci: implementasi, Pendidikan Karakter, SD Juara Yogyakarta.
KEBIJAKAN PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT MENGIKUTI PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL Hermawati, Destyana
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kebijakan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul; (2) Pelaksanaan Kebijakan; (3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pelaksanaan Kebijakan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Dinas Dikpora Kabupaten Gunungkidul selama bulan April-Mei 2016. Subjek penelitian adalah pejabat dinas yang terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kepala Seksi dan Staff. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis menggunakan model interaktif Miles and Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kebijakan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Mengikuti Pendidikan Dasar di Kabupaten Gunungkidul tersusun dalam Kebijakan Penuntasan Wajib Belajar 9 Tahun dan Rintisan 12 Tahun dan terbagi dalam enam program; (2) Pelaksanaan Kebijakan telah didukung dengan komunikasi dari komponen internal dan eksternal, sumber daya manusia yang sejalan dengan kebijakan, sumber keuangan, komitmen dari pihak internal dinas dan eksternal, dan struktur birokrasi yang baku. . Pencapaian APK/APM/APS tingkat SD/SMP yang tinggi, Angka Putus Sekolah serta Angka Mengulang yang menurun. (2) Faktor Pendukung: komitmen dan dukungan seluruh pihak. Faktor Penghambat: keterbatasan SDM dan anggaran serta pemahaman masyarakat.Kata kunci: Kebijakan Pendidikan, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Dasar
IMPLEMENTASI PROGRAM LAYANAN KONSULTASI BELAJAR SISWA (KBS) ONLINE DIKOTA YOGYAKARTA Muharroroh, Asa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5221

Abstract

Program layanan konsultasi belajar siswa online belum berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program layanan KBS Online SMP dan SMA di kota Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan KBS Online SMP dan SMA ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, implementasi program layanan konsultasi belajar siswa online SMP dan SMA di kota Yogyakarta dapat diamati dalam level Dinas Pendidikan melalui aspek program itu sendiri, organisasi pelaksana, pemanfaat program, dan pada level sekolah diamati melalui aspek respon, efektivitas, mata pelajaran, jenis kelamin pemanfaat, dan kondisi pemanfaat.Kata kunci: Implementasi, Program, Belajar Online
PENDIDIKAN SADAR WISATA UNTUK MASYARAKAT DI SEKITAR OBYEK WISATA AIR TERJUN SRI GETUK DESA BLEBERAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL Restyanto, Arshad Reza
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5216

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan sadar wisata di masyarakat sekitar obyek wisata Air terjun Sri Getuk dan interaksi setiap komponen pendidikan sadar wisata itu sendiri dan beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam  pendidikan sadar wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  jenis deskrptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala bagian pembangunan desa Bleberan, ketua Pokdarwis desa Bleberan, pengelola obyek wisata, masyarakat dan humas dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul dengan setting penelitian di desa Bleberan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dari Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penellitian ini menunjukan : 1). Pendidikan sadar wisata untuk masyarakat sekitar obyek wisata Air terjun Sri Getuk bertujuan sebagai proses pembentukan kesadaran masyarakat dalam mengelola obyek wisata berlandaskan nilai sapta pesona dan lebih sadar tentang potensi dan peluang dari kegiatan pariwisata. 2). Komponen pendidikan sadar wisata yaitu : pendidik, peserta didik, tujuan pendidikan, metode pendidikan, sarana pendidikan, lingkungan pendidikan dan isi pendidikan. 3). Faktor pendukung dalam pendidikan sadar wisata adalah partisipasi dan dukungan dari masyarakat dan pihak swasta. 4). Faktor penghambat dalam pendidikan sadar wisata ialah kualitas sumber daya masyarakat dan kecemburuan sosial.Kata kunci : pendidikan sadar wisata, komponen pendidikan, masyarakat
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN ETIKA BERLALU LINTAS DI SMP NEGERI 6 YOGYAKARTA Burhanudin, Arif
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i3.5218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta, dan (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kebijakan Pendidikan Etika Berlalu Lintas di SMP Negeri 6 Yogyakarta dilakukan melalui pengintegrasian dalam mata pelajaran, pengembangan diri dan budaya sekolah. (2) Faktor pendukung meliputi: dukungan dan kerjasama dari kepolisian, Dinas Pendidikan, perusahaan swasta, sumber daya yang dimiliki, kerjasama dari semua warga sekolah dan peraturan sekolah. Faktor penghambat meliputi: Tempat parkir kurang memadai, kurangnya petugas keamanan, masih ada beberapa guru yang terbebani dengan pengintegrasian Pendidikan Etika Berlalu Lintas kedalam mata pelajaran, peraturan dan sanksi tertulis kurang tegas dan masih minim, serta kurang memanfaatkan sarana yang ada.Kata Kunci: Implementasi kebijakan, pendidikan etika berlalu lintas, SMP Negeri 6 Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue