cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA DALAM MEMBANGUN RESILIENSI SEKOLAH DI SMPN 2 CANGKRINGAN KABUPATEN SLEMAN Taufik, Ahmad
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) implementasi Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SMPN 2 Cangkringan, 2) faktor pendukung dan penghambat, 3) resiliensi sekolah, 4) keterkaitan SSB dalam membangun resiliensi sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi SSB di SMPN 2 Cangkringan dilakukan melalui tiga pilar aktivitas, yaitu Pengorganisasian, Interpretasi, dan Aplikasi. Pengorganisasian SSB yaitu kerjasama dengan berbagai pihak, membuat dokumen rencana kontijensi, dan pemuatan materi mitigasi bencana pada kurikulum. Interpretasi SSB yaitu menyusun pedoman dokumen rencana kontijensi, pemuatan mitigasi bencana, dan visi misi sekolah. Aplikasi SSB yaitu simulasi, integrasi mitigasi bencana pada mata pelajaran, memuatkan pada visi misi sekolah, dan menyediakan sarana prasarana pendukung. 2) Faktor pendukung SSB kerjasama dengan lembaga, memiliki perangkat pendukung, bantuan dari BPBD, sedangkan faktor penghambat pergantian siswa setiap ajaran baru, banyak kegiatan sekolah, kurang pendanaan kegiatan simulasi, dan kurang komunikasi dengan lembaga, 3) Resiliensi sekolah tergolong tinggi yang dapat dilihat dari enam aspek yaitu meningkatkan ikatan dengan sekolah, kejelasan aturan, mengajarkan life skill, kepedulian dan dukungan sekolah, mengkomunikasikan dan merealisasikan harapan, dan kesempatan berpartisipasi. 4) Implementasi SSB mendukung penguatan resiliensi sekolah. Kata kunci: Kebijakan, Sekolah Siaga Bencana, Resiliensi Sekolah.
IMPLEMENTASI PROGRAM DIKLAT DASAR PENDIDIK PAUD DI DINAS PENDIDIKAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2016 Sa'adah, Lailatis
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Implementasi program diklat dasar pendidik PAUD di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun 2016; 2) faktor yang mempengaruhi implementasi program diklat dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas kepala bidang pendidikan non formal, kepala seksi PAUD, panitia penyelenggara diklat dasar, dan peserta. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 3 tahapan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Program diklat dasar pendidik PAUD di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta tahun 2016 telah diimplementasikan. Hal ini dapat terlihat dari beberapa tahapan implementasi yang dilakukan yaitu : a) persiapan; b) monitoring; c) penentuan kriteria keberhasilan; d) pelaporan . 2) Faktor yang mempengaruhi implementasi diklat adalah faktor pendukung dan faktor penghambat yaitu a) faktor pendukung : motivasi peserta, tersedianya dana dan fasilitas; b) faktor penghambat : masalah tempat dan komitmen peserta.Kata kunci : implementasi, program diklat dasar pendidik PAUD
STUDI KOMPARASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMA N 1 YOGYAKARTA DAN SMA N 8 YOGYAKARTA Astono, Agus
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta, (2) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan (3) studi komparasi implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan   data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan   dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Yogyakarta berjalan dengan semestinya dilihat dari aspek komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi sesuai tujuan kurikulum 2013. Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta mampu memberikan dampak positif bagi siswa, (2) implementasi kurikulum di SMA N 8 Yogyakarta sudah berjalan, namun belum sempurna. Masih terdapat hambatan pada pembelajaran yang bersifat saintifik. (3) Komparasi implementasi kurikulum 2013 di SMA N 1 Yogyakarta dan SMA N 8 Yogyakarta dilihat dari aspek komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi secara umum berjalan sama. Namun, kedua sekolah mempunyai karakteristik tersendiri dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Di SMA N 1 Yogyakarta kepala sekolah menginginkan adanya forum tingkat internal sekolah yang ditujukan untuk mengetahui perkembangan implementasi kurikulum 2013. Sedangkan di SMA N 8, kepala sekolah memberi motivasi kepada guru untuk berusaha secara optimal dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.Kata kunci: Komparasi, Implementasi, Kurikulum 2013
PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMAN 8 MATARAM, NUSA TENGGARA BARAT (NTB) Rinjani, Laxmi Bai Azhan Puspa
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5237

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di SMAN 8 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kearifan lokal di SMAN 8 Mataram ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara dan observasi. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan dengan guru-guru dan pegawai di SMAN 8 Mataram, kearifan lokal yang dikembangkan di sekolah yakni ekstrakurikuler seni tari tradisional dan kesenian gendang beleq. Proses pengembangan pelaksanaan ekstrakurikuler berbasis kearifan lokal di sman 8 Mataram dilakukan dalam empat tahap, yakni membentuk team work, menyediakan fasilitas penunjang, menjalin kerjasama dengan masyarakat atau pihak luar, dan menyiapkan strategi pelaksanaan.Kata kunci: ekstrakurikuler, kearifan local, sekolah
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KELAS CERDAS ISTIMEWA DI SMA N 1 WONOGIRI Wulandini, Anggi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kebijakan kelas Cerdas Istimewa di SMA N 1 Wonogiri, dalam hal dasar perumusan kebijakan dan penerapan yang ada di SMA N 1 Wonogiri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah/ Wakil Kepala Sekolah, guru kelas CI, siswa kelas CI yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teori Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian sebagai berikut: 1)Kebijakan kelas CI dirumuskan oleh Kepala Sekolah dibantu oleh tim guru. 2) Seleksi peserta didik melalui seleksi nilai Ujian Nasional dan seleksi tertulis mata pelajaran Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. 3) Guru yang mengajar di kelas CI ditentukan oleh Kepala Sekolah. 4) Kurikulum dikembangkan oleh masing-masing guru mata pelajaran kelas CI. 5) Program/ kegiatan yang diberikan untuk kelas CI sama dengan kelas Reguler. 6) Fasilitas belajar antara siswa kelas CI dengan Reguler sama. Di sini terlihat bahwa kelas CI di SMA N 1 Wonogiri belum mengacu pada pedoman kelas CI sebagaimana diatur dalam UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 pasal 5 ayat 4, Permendiknas Nomor 34 tahun 2006 tentang Pembinaan Prestasi Peserta Didik yang Memiliki Potensi Kecerdasan dan/ atau Bakat Istimewa, Permendiknas Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Potensi Kecerdasan dan/ atau Bakat Istimewa. Panduan Direktorat Pembina Pendidikan Luar Biasa (PLB), dan teori para ahli.Kata Kunci: implementasi kebijakan, kelas cerdas istimewa, dan SMA N 1  Wonogiri
EVALUASI KEBIJAKAN JAMINAN PENDIDIKAN DAERAH (JPD) DALAM PENUNTASAN WAJIB BELAJAR 12 (DUA BELAS) TAHUN DI SD NEGERI LEMPUNYANGAN 1 YOGYAKARTA, SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA, DAN SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA Puspitasari, Ratri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5238

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kebijakan Jaminan Pendidikan Daerah di SD Negeri Lempuyangan 1 Yogyakarta, SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan ada model CIPP. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru pengelola JPD di sekolah, staff UPT JPD, dan Kepala UPT JPD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.  Hasil penelitian menunjukkan tujuan kebijakan sudah tercapai yaitu untuk peningkatan kesempatan memperoleh pendidikan bagi penduduk Daerah dan penuntasan wajib belajar 12 (dua belas) tahun, serta dukungan guru dan orang tua terhadap kebijakan termasuk dalam kategori tinggi, tanggapan siswa dan guru termasuk dalam kategori tinggi, prestasi yang diraih siswa termasuk dalam kategori cukup, pelaksanaan kebijakan sudah cukup memenuhi petunjuk teknis, jumlah pengelola JPD dirasa masih kurang, sarana prasarana yang kurang dapat dimanfaatkan secara maksimal, dan motivasi siswa untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi termasuk dalam kategori sangat tinggi. Kata kunci : keefektifan, evaluasi, kebijakan jaminan pendidikan daerah (jpd)
PENDIDIKAN BERWAWASAN IMTAQ DI SMA N 1 PLERET Yuswardana, Farida
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i4.5244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret, dalam hal program dan pelaksanaannya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SMA N 1 Pleret dan objek penelitian adalah pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan langkah penelitian menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan sebagai berikut: 1)Dasar pendidikan berwawasan Imtaq adalah UU nomor 2 tahun 1989 dan PP nomor 28 tahun 1990. 2) Program untuk pendidikan berwawasan Imtaq adalah penambahan jam pelajaran pendidikan agama, pemberantasan buta aksara Alquran, tadarus pagi, infak, praktik ceramah setelah zuhur, pengajian kelas, pesantren kilat, dan kegiatan ekstrakurikuler (hadrah, seni baca Alquran, nasyid). 3) Program-program tersebut dilaksanakan dengan mengintegrasikan ke dalam program intrakurikuler dan ekstrakurikuler. 4) Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan berwawasan Imtaq di SMA N 1 Pleret yaitu partisipasi warga sekolah, pendidik yang berkompetensi, orang tua, dan masyarakat. Faktor penghambat ialah sarana dan prasarana, kurangnya guru di bidang agama khususnya agama Kristen, dan motivasi peserta didik. 5) Evaluasi program pendidikan berwawasan Imtaq dilakukan pada saat briefing pagi dan rapat.  Kata Kunci: pendidikan, berwawasan Imtaq, dan SMA N 1 Pleret

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue