cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH EFEKTIF DI SMA NEGERI 2 WONOGIRI Prasetya, Abumi Prahoro
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5324

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Komite Sekolah, di dalamnya meliputi peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan kontrol, dan sebagai badan mediator dalam pengembangan sekolah efektif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran Komite Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri dilakukan melalui peran Komite Sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan kontrol dan badan mediator. Peran Komite Sekolah dalam pemgembangan sekolah efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri sudah berjalan, meskipun masih ada beberapa kekurangan. Peran Komite Sekolah dalam pengembangan sekolah efektif di SMA Negeri 2 Wonogiri dapat dilihat ketika rapat koordinasi dan pertemuan-pertemuan rutin, penyusunan dan pengesahan RAPBS, pelaksanaan program sekolah, dan sarana prasarana sekolah,Kata kunci: Peran Komite Sekolah, Sekolah Efektif, SMA Negeri 2 Wonogiri
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KEUNGGULAN LOKAL DI SMKN 1 ROTA BAYAT KABUPATEN KLATEN Kuncoro, Wahyu Sri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5330

Abstract

            Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah dalam pengembangan keunggulan lokal dan faktor pendukung serta faktor penghambat di SMKN 1 Rota Bayat.. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi non-partisipan, kajian dokumen dan wawancara mendalam. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru, komite dan pengrajin sekolah di SMKN 1 Rota Bayat. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan pengujian credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan sekolah dalam mengembangkan keunggulan lokal dilakukan dengan membuat jurusan kriya tekstil dan kriya keramik yang sesuai dengan potensi lokal yang dimiliki daerah Bayat yang terkenal dengan kerajinan gerabah (2) Faktor pendukung pengembangan keunggulan lokal di SMKN 1 Rota Bayat ini yaitu adanya kerjasama yang terjalin dengan baik dari berbagai pihak. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat adalah adanya persepsi yang buruk terhadap lulusan SMKN 1 Rota Bayat.Kata kunci: Implementasi Kebijakan , Keunggulan Lokal.
PARTISIPASI ORANGTUA DALAM PROGRAM FULL DAY SCHOOL DI SD ISLAM TERPADU INSAN UTAMA BANTUL, YOGYAKARTA Khusnaya, Qonita
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam program full day school SDIT Insan Utama Kasihan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian yaitu SDIT Insan Utama beralamat di Dusun Gatak, Lingkar Selatan, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan dari Milles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode triangulasi data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bentuk keterlibatan orangtua dalam program- program unggulan full day school SDIT Insan Utama terdiri dari partisipasi fisik dan non fisik. Bentuk partisipasi fisik orangtua meliputi: partisipasi secara finansial, tenaga, kehadiran dan keahlian; sedangkan bentuk partisipasi non fisiknya meliputi: adanya dukungan moril orangtua bagi anak, adanya komunikasi yang baik antara orangtua dan sekolah, adanya pemahaman dan pemberian saran dari orangtua terkait pelaksanaan program. (2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam program-program unggulan full day school di SDIT Insan Utama terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya antara lain: adanya kesadaran dan tanggung jawab orangtua, adanya kemauan dan kebutuhan orangtua, penghasilan orangtua yang mencukupi, serta terjalinnya komunikasi yang baik antara orangtua dan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: kesibukan orangtua, karakteristik orangtua yang beragam, serta dominasi peran ibu dalam pendidikan anak di sekolah.Kata kunci: Partisipasi orangtua, full day school.
PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MEMBATIK DALAM MENGEMBANGKAN KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI 1 BANTUL Utami, Rospita Fajar
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami muatan lokal membatik dalam mengembangkan kearifan lokal dilihat dari aspek pembelajaran, upaya, dan faktor yang ada di SMA Negeri 1 Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Bantul dengan informan penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru muatan lokal membatik dan siswa yang ditentukan dengan teknik serial selection of sample units dengan ciri-ciri memiliki nilai tinggi dan prestasi dalam membatik. Objek penelitian adalah muatan lokal membatik yang berfokus kepada pembelajaran, upaya dan faktor yang dilakukan sekolah dalam mengembangkan kearifan lokal membatik. Setting penelitian ini adalah di SMA N 1 Bantul karena telah memiliki laboratorium batik, dan juga batik yang digunakan sebagai seragam adalah hasil karya siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan kajian dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.Hasil dari penelitian ini adalah: 1.) Muatan lokal membatik diwajibkan dalam Surat Keputusan Bupati Bantul No.5A Tahun 2010 yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Bantul. Mulai tahun 2014/2015; 2.) Metode pembelajaran yang digunakan adalah  metode ceramah, metode pendampingan, dan metode tugas; 3.) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengembangkan kearifan lokal membatik di SMA Negeri 1 Bantul adalah sebagai berikut: a.) Dari segi produk: Hasil membatik sebagai seragam sekolah(identitas sekolah); b.) Dari segi proses: Menggunakan pewarna alami dalam membatik; c.) Dari segi hasil: Hasil membatik untuk fashion show dan pameran; d.) Dari segi program berkelanjutan: Ikut serta dalam kegiatan membatik dan lomba membatik; 4.) Faktor pendukung pembelajaran muatan lokal membatik di SMA Negeri 1 Bantul adalah dengan pendanaan dari pemerintah Kabupaten Bantul, SMA Negeri 1 Bantul telah menyediakan sarana prasarana yang cukup memadai seperti sarana pembuangan dan juga studio batik yeng merangkap ruang pameran. Faktor penghambat pembelajaran muatan lokal  membatik di SMA Negeri 1 Bantul yaitu kurangnya tenaga pengajar dalam membatik, tidak boleh memakai koran dalam membatik tetapi memakai kain sebagai alas untuk membatik, dan sulitnya siswa memanajemen waktu membuat batik dengan baik. Kata Kunci: Muatan Lokal, Membatik, Kearifan Lokal 
KULTUR SEKOLAH DI SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA Wiji Astiti, Annisa Fatturahmi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5326

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kultur sekolah di SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru, karyawan dan siswa SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan objek penelitian meliputi artefak fisik dan non-fisik. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisisdata yang digunakan dalam penelitian meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kultur sekolah di SMA Negeri 5 Yogyakartameliputi: (1) Artefak fisik yang dimiliki oleh SMA Negeri 5 Yogyakarta telah menggambarkan kultur positif, dan tercermin telah membudayakan nilai-nilai kebersihan,kerapian dan kedisiplinan (2) Artefak non-fisik juga telah menggambarkan kultur positif. SMA Negeri 5 Yogyakarta telah membudayakan nilai-nilai kebersihan yang sudah dibiasakan kepada warga sekolah antara lainmelalui program Jumat bersih dan SEMUTLIS, (3) Nilai disiplin yang di pedomani oleh buku tata tertib dengan tegas dan jelas, (4) Nilai gemar membaca dengan menyediakan buku-buku yangmenarik bagi siswa dan pemberian reward bagi yang sering berkunjung dan sering meminjam, (5) Nilai religius dengan menerapkan ajaran agamis di lingkungan sekolah dan merayakan hari besar agama untuk semua agama yang dianut oleh siswa, (6)  Nilai prestasi dengan mengikutsertakan siswadalam kegiatan perlombaan dalam dan luar negeri. Adapun interaksi warga sekolah terlihat akrab,SMA Negeri 5 Yogyakarta memiliki program pagi simpati untuk mengakrabkan para siswa, baik sesama siswa ataupun dengan para guru. Warga sekolah SMA Negeri 5 Yogyakarta mempunyai rasabangga terhadap sekolah.Kata kunci: Kultur fisik sekolah , Kultur non-fisik, SMA Negeri 5 Yogyakarta
PENDIDIKAN WAWASAN NUSANTARA PADA PROGRAM KAPAL PEMUDA NUSANTARA TAHUN 2012-2015 Suwartini, Suwartini
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pendidikan Wawasan Nusantara pada program Kapal Pemuda Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah enam peserta yang mengikuti Program Kapal Pemuda Nusantara Tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen Pendidikan Wawasan Nusantara meliputi 1) Tujuan, 2) Peserta Didik, 3) Pendidik, 4) Kurikulum, 5) Sarana dan Prasarana, dan 6) Materi dan 7) Metode. Pemahaman peserta terhadap Wawasan Nusantara antara lain a) mengerti bahwa berbusana, tatanan rambut, bahasa, adat dan karakter individu dari setiap daerah di Provinsi se-Indonesia berbeda; b) Peserta mengenal budaya secara nyata melalui Pagelaran Seni Budaya; c) Memahami Indonesia yang terdiri dari banyak pulau-pulau; d) memahami pariwisata Indonesia yang unik dan menarik. Perilaku dan Sikap yang ditunjukkan  a) lebih peka terhadap lingkungan daerah lain seperti infrastruktur, pariwisata, pendidikan dan budaya; b) menyadari bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dan menjadi lebih cinta dengan Indonesia. Kata kunci: pendidikan wawasan nusantara, program kapal pemuda nusantara
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP MUHAMADIYAH 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Widiyastuti, Ida
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v5i6.5329

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) implementasi kebijakan peningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhamadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta; (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi kebijakan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhamadiyah 1 Depok, Slemen, Yogyakarta pada April-Juni 2016. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara interaktif model Miles and Hubberman yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi kebijakan peningkatkan mutu pendidikan di SMP Muhamadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta telah dilaksanakan dengan a) komunikasi rutin secara internal dan eksternal melalui rapat, b) sumber daya yang berkualitas, sumber dana yang berasal dari BOS, SPP, dan bantuan lain, serta adanya sarana prasarana yang cukup memadai, c) adanya komitmen yang baik dari implementor serta kepedulian yang tinggi dan iklim demokratis dari pemimpin pada saat pelaksanaan kebijakan, d) birokrasi yang efisien, e) visi dan misi sekolah sebagai landasan pembangunan dan pengembangan kultur sekolah, f) kegiatan manajerial yang baik dan inovatif; (2) faktor pendukung implementasi kebijakan tersebut adalah a) tenaga pendidik dan kependidikan yang berkualitas, multitalenta, dan berpendidikan tinggi, b) dukungan yayasan dan pihak eksternal. Di sisi lain, faktor penghambat hal itu yaitu a) kualitas input (siswa) yang rendah dan b) program pembangunan sekolah yang belum selesai.  Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, mutu pendidikan, SMP Muhamadiyah 1 Depok

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue