cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 7 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KESETARAAN DI DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PACITAN Maryani, Maryani
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9285

Abstract

AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan implementasi kebijakan pendidikan kesetaraan di Dinas PendidikanKabupaten Pacitan beserta faktor pendukung dan penghambat.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasiteknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Haberman yaitu reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulanHasil penelitian: 1) Melalui komunikasi, informasi kebijakan pendidikan kesetaraanditransformasikan secara konsisten; b) Belum optimalnya sumber daya pendukung dalam implementasikebijakan; c) Disposisi pelaksana kebijakan dalam melaksanakan kebijakan pendidikan kesetaraan sangattinggi; d) Struktur birokrasi sesuai dengan yang ditetapkan. 2) Faktor pendukung: dukungan dari pemerintah,banyaknya tutor yang kompeten, kurikulum yang adaktif, adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Faktorpenghambat, meliputi: informasi kebijakan belum dipahami secara jelas, kewenangan belum difungsikansecara optimal, belum mencukupinya sumber daya anggaran, faktor ekonomi masyarakat, letak geografisKabupaten Pacitan, kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, belum optimalnyapenyelenggaraan pendidikan kesetaraan, rendahnya intensitas kehadiran warga belajar, minimnya gaji yangditerima oleh tutor, kurangnya buku petunjuk kurikulum, kurangnya sarana dan parasarana kegiatanpembelajaran.Kata kunci: implementasi, kebijakan pendidikan, kesetaraan
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEAKSARAAN DASAR DI PKBM PERSADA BANTUL Tatto, Alfrendy
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9264

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pendidikan KeaksaraanDasar, serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif,subjek dalam penelitian ini adalah ketua PKBM Persada, tutor dan warga belajar, dengan objek penelitianimplementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan berupaobservasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan model interaktif Miles danHuberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi. Untuk validasi datamenggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukanbahwa Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar di PKBM Persada antara lain : (1)komunikasi, meliputi adanya sosialisasi untuk mengajak warga mengikuti pendidikan keaksaraan dasar, dansosialisasi dari Dinas Pendidikan berupa memberikan pelatihan bagi tutor; (2) Sumber daya manusia sudahmencukupi untuk Implementasi Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar, sumber daya sarana dan prasaranamasih belum mencukupi karena PKBM Persada masih meminjam rumah warga setempat sebagai tempatpembelajaran, sumber daya finansial menggunakan APBD DIY dan sebagian dari swasembada PKBMPersada; (3) Disposisi, adanya komitmen dan sikap positif dari pihak PKBM untuk terusmengimplemetasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar; (4) Struktur birokrasi dalammegimplementasikan Kebijakan Pendidikan Keaksaraan Dasar dengan menjadikan pendidikan keaksaraandasar sebagai salah satu program pendidikan non formal yang diselenggarakan di PKBM Persada. Faktorpendukungnya adalah adanya dukungan dari masyarakat setempat, perangkat desa dan dinas-dinas terkait.Faktor penghambatnya adalah kurangnya gedung untuk pelaksanaan pembelajaran dan kesibukan dari wargabelajar yang sering bertabrakan dengan jadwal pembelajaran keaksaraan dasar.Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Keaksaraan Dasar, PKBM Persada
PERAN MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN DI TAMAN KANAK-KANAK (TK) SULTHONI KECAMATAN NGAGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Ardiyanti, Dwikita
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9286

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi perbaikan mutu pendidikan, modal sosial,peran modal sosial dalam strategi mutu pendidikan serta faktor penghambat dan pendukungnya di TKSulthoni.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara,dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan, reduksi,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi perbaikan mutu pendidikan di TK sulthoni dilihatdari tiga cakupan yakni input, proses, dan output. Tiap cakupan memiliki fokus yakni, input berfokus padainput secara fisik dan non fisik, proses berfokus pada SDM (sumber daya manusia) dan pelayanan, sertaoutput berfokus pada prestasai dan lulusan. Strategi yang terkandung didalamnya bersifat top-down, bottomup¸dan komperhensif; (2) Modal sosial yang ditemukan di TK Sulthoni meliputi kepercayaan, norma,kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen; (3) Peran modal sosial yang terdiri dari kepercayaan, norma,kerjasama, jaringan, partisipasi, dan komitmen mendukung dalam penerapan strategi perbaikan mutupendidikan di TK Sulthoni; (4) Faktor penghambat peran modal sosial dalam strategi perbaikan mutupendidikan di TK Sulthoni yaitu: manajemen waktu yang kurang maksimal, tenaga administrasi, danpemahaman masyarakat yang masih kurang tentang pendidikan anak usia dini. Sedangkan faktorpendukungnya adalah komitmen yang tinggi, komunikasi yang baik, profesionalitas kerja, dan adanyaprogram unggulan TK Sulthoni.Kata kunci: Modal Sosial, Strategi Mutu Pendidikan
KONSEP DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DI SANGGAR ANAK ALAM (SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA Nidyawati, Dian Eka
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9257

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dan implementasi pendidikan berbasis alam diSanggar Anak Alam (SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Pendiri,Kepala PKBM, Kepala Pendidikan Tingkat Dasar (SD), fasilitator Pendidikan Dasar, dan peserta didikPendidikan Tingkat Dasar Sanggar Anak Alam (SALAM). Teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles danHubberman yang meliputi, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknikkeabsahan data mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian menyimpulkan, (1) Pendidikan berbasis alam yaitu proses belajar manusia secarakodrat dan alamiah melalui kehidupan dan lingkungan alam sekitarnya; (2) Tujuan dari pendidikan berbasisalam yaitu agar anak menjadi dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan potensinya masing-masingdisesuaikan dengan capaian setiap kelas; (3) Karakteristik peserta didik yaitu anak bebas mengembangkanminat dan potensinya masing-masing, anak-anak tidak dipaksa oleh para orang tuanya sehingga anak-anakdengan senang hati belajar di Sanggar Anak Alam (SALAM); (4) Karakteristik pendidik yaitu bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pendidikan berbasis alam dengan memfasilitasi seluruh kebutuhan peserta didikdalam pembelajaran dan ada keinginan untuk belajar bersama-sama dengan anak maupun fasilitator yang lain;(5) Kurikulum yang digunakan dalam pengimplementasian pendidikan berbasis alam adalah kurikulumberbasis minat masing-masing peserta didik melalui daur belajar; (6) Metode pembelajaran yang digunakanyaitu menggunakan metode riset yang temanya ditentukan oleh peserta didik mulai dari perencanaan sampaidengan persentasi; (7) Media yang digunakan peserta didik berbeda-beda dan disiapkan bersama orang tuanyasesuai dengan kebutuhan serta tema masing-masing peserta didik; (8) evaluasi dalam pelaksanaan pendidikanberbasis alam dilakukan dengan review oleh fasilitator serta dalam proses pembelajaran melalui tahap-tahapdaur belajar.Kata kunci: Konsep pendidikan, Pendidikan berbasis alam, Sanggar Anak Alam (SALAM)
PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI KANTOR URUSAN INTERNASIONAL DAN KEMITRAAN (KUIK) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Reno, Reno
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9279

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode dan strategi pendidikan multikultural dalampembelajaran Bahasa Indonesiaa bagi Penutur Asing (BIPA), serta faktor pendukung dan penghambat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan studi kasus. Subjek penelitianini adalah mahasiswa BIPA, dosen BIPA, tutor BIPA, dan staf Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan(KUIK) UNY. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan kajian dokumen. Uji keabsahandata menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis model Miles danHaberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitan menunjukan bahwa: (1) Pendidikan multikultural dalam pembelajaran Bahasa Indonesiabagi Penutur Asing (BIPA) di KUIK UNY menggunakan metode dan strategi yang beragam, yaitu: perkuliahan,tutorial, ekskursi, workshop, dan mini projek. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategipembelajaran langsung, pembelajaran tidak langsung, pembelajaran interaktif, pembelajaran empirik, danpembelajaran mandiri. Strategi pendidikan multikulkultural yang diaplikasikan adalah pendekatan kontribusi,pendekatan aditif, pendekatan tranformasi, dan pendekatan aksi sosial. Nilai yang dibangun adalah nilai salingmenghargai, toleransi, kekeluargaan, dan berpikiran terbuka, (2) Faktor pendukung meliputi: pengajar yangberkualitas dan memiliki pemahaman lintas budaya, mahasiswa berpikiran terbuka, tujuan mahasiswa belajarbahasa Indonesia, mahasiswa yang berasal dari negara multikultural, mahasiswa BIPA yang beragam,komunikasi yang baik antara pengajar dan mahasiswa, media dan materi pembelajaran yang menarik, sertasarana dan prasarana yang menunjang. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: gaya belajar mahasiswa,kurikulum yang masih baru, latar belakang pendidikan tutor, sikap superior mahasiswa, kemampuan bahasaInggris mahasiswa yang kurang dan tujuan mahasiswa belajar bahasa Indonesia.Kata kunci: pendidikan multikultural, Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)
PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN DALAM SEKOLAH YESUIT DI SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA Widayanti, Elisabeth Sri
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9258

Abstract

AbstrakPenelitian ini mendeskripsikan pendidikan kepemimpinan dalam sekolah Yesuit di SMA Kolese DeBritto Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datamenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dilakukan triangulasi sumber untuk memastikankeabsahan data. Hasil penelitian (1) Komponen pendidikan kepemimpinan terdiri dari tujuan pendidikan DeBritto dalam visi misi sekolah, peran pendidik menjadi teladan, dan menjadi fasilitator pendidikan danlingkungan sebagai sarana prasarana; (2) Proses pendidikan yaitu menginputkan value kepemimpinanIgnasian melalui pengalaman, refleksi, dan aksi dalam setiap pendidikan akademik dan non akademik yangmenekankan nilai 3C+1L; (3) Faktor pendukung yaitu dukungan dari setiap elemen sekolah yang memahamivisi sekolah dan melaksanakan program sekolah, dan faktor penghambat secara teknis seperti keluhanorangtua, dan kurangnya keselarasan program sekolah dan dinas; (4) Hasil pendidikan kepemimpinan diSMA Kolese De Britto yaitu perkembangan pola pikir untuk berbuat baik, keberanian mengemukakanpendapat, kebebasan yang bertanggungjawab, kepedulian dengan sesama, selalu refleksi diri.Kata kunci : Pendidikan Kepemimpinan, Pendidikan Ignasian, Leader of Service
ASPIRASI MASYARAKAT TENTANG PENDIDIKAN DI KAWASAN INDUSTRI BULU MATA KABUPATEN PURBALINGGA Nugraheni, Agus Tina
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v6i4.9260

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Aspirasi Masyarakat Tentang Pendidikan di KawasanIndustri Bulu Mata Kabupaten Purbalingga.Penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek penelitian adalah masyarakatkawasan industri bulu mata, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Hubberman yang meliputi, pengumpulan data, redukidata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data mengunakan triangulasi sumber dantriangulasi teknik.Hasil penelitian menunjukkan, (1) Pandangan masyarakat kawasan industri bulu mata, bahwa pendidikansangat penting, sebagai upaya meningkatkan wawasan, pola pikir, dan intelektualitas, (2) Minat terhadappendidikan yaitu pada pendidikan keterampilan dan pendidikan formal, (3) Harapan masyarakat kepadapendidikan bahwa pendidikan di Indonesia dapat lebih maju, terutama sarana, prasarana dan aksespendidikan bagi masyarakat kelas bawah, sehingga SDM dan masyarakat dapat maju, (4) Tingkat pendidikanminimal yang harus dienyam masyarakat sampai pada tingkat Sekolah Menengah Atas, (5) Tujuan seseorangberpendidikan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan intelektual, agar masyarakat dapat maju danmengikuti perkembangan, (6) Pendidikan merupakan hak bagi semua masyarakat, baik yang mampu maupuntidak mampu, baik laki-laki maupun perempuan, (7) Industri bulu mata memberi dampak positif dapatmensejahterakan masyarakat dan dampak negatif menurunkan pasrtisipasi sekolah masyarakat, (8) Masyarakatberpendapat ada kaitannya antara tingkat pendidikan masyarakat dengan tingginya keterlibatan masyarakat diindustri bulu mata.Kata Kunci : Aspirasi Masyarakat, Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue