cover
Contact Name
Ebni Sholikhah
Contact Email
ebnisholikhah@uny.ac.id
Phone
+6282220388720
Journal Mail Official
kebijakan_pendidikan@uny.ac.id
Editorial Address
Prodi Kebijakan Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jln Colombo No 1, Karangmalang Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 2746007X     DOI : https://doi.org/10.21831/sakp.v10i2
Spectrum Analisis Kebijakan Pendidikan is an open access, and peer-reviewed journal. This journal focuses on publishing articles on student research results for undergraduate, postgraduate, and doctoral students. This journal is published every three months. The theme of this journal covers the results of research in the field of education and education policy.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TERBUKA DI SMP TERBUKA 3 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN Naili, Mifta
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13077

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah terbuka di SMP Terbuka 3 Tempel Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik masalah belum semua masyarakat memperoleh pendidikan dasar 9 tahun, banyak anak yang putus sekolah karena ekonomi orang tua yang rendah, di sisi lain mereka mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak dapat sekolah; 2) pengaruh lingkungan kebijakan seperti fasilitas yang diberikan perangkat desa, lingkungan yang kondusif, strategi dan adanya sekolah reguler; 3) Proses pembelajaran terlihat pasif. Saat proses pembelajaran berlangsung siswa sering membuat suasana kelas tidak kondusif. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan menggunakan metode ceramah dengan bantuan LCD, banyak memberikan tugas dan praktik; 4) Hasil belajar yang diperoleh berupa prestasi secara akademik maupun non akademik.Kata kunci: implementasi, sekolah terbukaAbstractThis research aims to describe the implementation of open school policy in Opening SMP 3 Tempel Sleman Regency. This research is a qualitative descriptive research with subject of Headmaster, Homeroom Teacher and Teacher, and Student. Data collection techniques used interview techniques, observation and documentation. Data analysis by data reduction, data presentation and conclusion. Test data validity using source triangulation and technique triangulation. The results of the study indicate that: 1) The characteristic of the problem is that not all people have 9 years of basic education, many children drop out due to poor parents economics, on the other hand they have limited time so they can not attend school; 2) the influence of the policy environment such as facilities provided by the village apparatus, a conducive environment, strategy and the presence of regular schools; 3) The learning process looks passive. When the learning process takes place students often make the classroom atmosphere is not conducive. Learning strategies and methods used using lecture methods with the help of LCD, many provide tasks and practices; 4) Learning outcomes obtained in the form of achievement in academic and non academic.Keywords: implementation, open school
PERAN KOMUNITAS LEDHOK TIMOHO DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI SEKOLAH GAJAH WONG YOGYAKARTA Vinasari, Windhi Rizka
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13078

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Peran Komunitas Ledhok Timoho dalam pendidikan karakter anak usia dini di Sekolah Gajah Wong Yogyakarta, 2) Faktor pendukung dan penghambat peran Komunitas Ledhok Timoho dalam pendidikan karakter anak usia dini di Sekolah Gajah Wong Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah koordinator Komunitas Ledhok Timoho, koordinator dan edukator Sekolah Gajah Wong, dan orangtua siswa di Sekolah Gajah Wong. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui trianggulasi sumber dan teknik. Data analisis menggunakan Interactive Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Komunitas Ledhok Timoho dalam pendidikan karakter anak usia dini di Sekolah Gajah Wong meliputi peran fasilitatif yaitu menyediakan sarana dan prasarana di Sekolah Gajah Wong, peran edukatif yaitu memberikan penyadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini, dan peran perwakilan yaitu adanya tim advokasi untuk masyarakat. (2) Faktor pendukung dan penghambat Komunitas Ledhok Timoho dalam pendidikan karakter anak usia dini yaitu faktor pendukungnya terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Lalu, faktor penghambat yaitu belum semua berperan sesuai dengan tanggung jawabnya di Komunitas Ledhok Timoho.Kata kunci : peran komunitas, pendidikan karakter anak usia dini.AbstractThis research aims to describe 1) the role of the community Ledhok Timoho in education of early chilhood character in Gajah Wong School Yogyakarta, 2) the supporting and inhibiting factors community Ledhok Timoho in education of early chilhood character in Gajah Wong School Yogyakarta. This research uses qualitative approach with descriptive method. Research subjects in this study are coordinator of the community Ledhok Timoho, coordinator of the school Gajah Wong, educator, and parents. Data collection is done through observation, interview, and documentation. Data validity through source triangulation, and techniques. Data analysis using the Interactive Model. The results showed that: (1) the role of the community Ledhok Timoho in education of early chilhood character in Gajah Wong School Yogyakarta is the facilitative role of providing facilities and infrastructure in Gajah Wong School, the educative role of providing awareness of the importance of education for early childhood, and the role of representation is the existence of an advocacy team for the community. (2) Supporting factors amd inhibiting factors in education of early chilhood character in Gajah Wong School Yogyakarta is supporting factors consist of internal factors and external factors. Then, the inhibiting factors are have not all played out in accordance with their responsibilities in the Ledhok Timoho Community.Keywords: the role of the community, education of early chilhood character
SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD JETIS II KOTA YOGYAKARYA Setiawan, Anggi
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13171

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan penghambat terciptanya sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta adalah a) perlakuan sekolah tidak mengandung unsur diskriminasi dan kekerasan. b) kesempatan yang sama terhadap anak berkebutuhan khusus dan pendampingan terhadap anak apabila terlibat masalah hukum diselesaikan dengan kekeluargaan. Pemberian layanan kepada anak juga disesuaikan dengan kebutuhan. c) standar sarana dan prasarana sekolah secara umum sudah bersih dan lengkap. Hanya saja secara fisik lingkungan sekolah belum ramah untuk penyandang disabilitas. 2) faktor pendukung berupa sumber daya guru yang menyadari lingkungan sekolah, berkomitmen untuk membangun sekolah dan juga komunikasi yang baik antar anggota sekolah. Sementara faktor penghambat berupa daya dukung fisik terutama luas sekolah yang sempit, anggaran sekolah yang kecil dan kurangnya dukungan orang tua yang bahkan memberi dampak buruk terhadap anak.Kata Kunci: sekolah ramah anakAbstractThis study aims to describe: 1) description of child-friendly schools in Jetis 2 Yogyakarta, 2) supporting factors and inhibiting the creation of child-friendly schools in Jetis 2 Yogyakarta Elementary School. This type of research used a qualitative approach. The subjects of this study were principals, classroom teachers, and students. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. Data analysis is done by data reduction, data presentation, and conclusion. Test data validity using source triangulation and technique triangulation. The results showed that: 1) The description of child-friendly schools in Jetis 2 Yogyakarta is a) the school's treatment does not contain discrimination and violence. b) equal opportunities for children with special needs and mentoring to children when they are involved in legal issues resolved with kinship. Provision of services to children is also tailored to the needs. c) standard school facilities and infrastructure in general is clean and complete. It's just that the physical environment of the school has not been friendly for people with disabilities. 2) supporting factors in the form of teacher resources aware of the school environment, committed to building schools and also good communication among school members. While the inhibiting factors of physical carrying capacity, especially the narrow school area, small school budgets and lack of parental support that even adversely affect the child.Keywords: child friendly school
IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 YOGYAKARTA Heru, Muhammad
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13076

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Yogyakarta. Mengidentifikasi faktor yang mendukung dan menghambat implementasi program Sekolah Ramah Anak (SRA).Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Kepala Sekolah SMP Negeri 7 Yogyakarta atau mewakili ,guru, orang tua dan peserta didik. Seting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik.Hasil penelitian menunjukan bahwa: Komunikasi dilakukan oleh Kepala Sekolah kepada guru dan wali murid. Sumber Daya berupa sumber daya manusia maupun sumber daya sarana prasarana dan sumber daya alokasi waktu. Disposisi berupa sikap positif dalam mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak. Struktur Birokrasi yaitu tidak adanya struktur organisasi tentang program sekolah ramah anak dan hanya disesuaikan dengan struktur organisasi sekolah. Faktor Pendukung berupa sikap positif dan dukungan dari berbagai pihak serta adanya komitmen pihak sekolah untuk terus mengimplementasikan Program Sekolah Ramah Anak. Faktor Penghambat berupa kurangnya sarana dan prasarana dalam memenuhi kebutuhan anakKata Kunci: Sekolah Ramah Anak, Implementasi Program, SRA.AbstractThis study aims to describe the implementation of Child Friendly School (SRA) program at Junior High School 7 Yogyakarta. Identify factors that support and impede the implementation of Child Friendly School (SRA) programs.This research uses descriptive qualitative research type. Principal 7 JHS Yogyakarta or represent, teachers, parents and learners. This research setting is done at 7 JHS Yogyakarta. Techniques of data collection using observation, interviews, and documentation. With the stages of data collection, data reduction, and data presentation. The validity of the data using source triangulation techniques and techniques.The results showed that: Communication done by the Principal to teachers and guardians of pupils. Resources in the form of human resources as well as infrastructure resources and time allocation resources. Disposition in the form of positive attitude in implementing Child Friendly School Program. Bureaucracy structure is the absence of organizational structure of child friendly school program and only adapted to school organizational structure. Supporting factors include positive attitudes and support from various parties and the commitment of the school to continue to implement the Child Friendly School Program. Inhibiting factors are lack of facilities and infrastructure in meeting the needs of childrenKeywords: Child Friendly School, Program Implementation, SRA.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI MTS AL FURQON SANDEN BANTUL Daru, Wahyu Praban
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13082

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul; 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul adalah: pengorganisasian pelaksanaan kebijakan sekolah berbasis pesantren, kesiapan sekolah untuk melaksanakan sekolah berbasis pesantren, pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan sekolah berbasis pesantren. (2) Faktor pendukung meliputi: perhatian Pemerintah, dukungan organisasi Nahdlatul Ulama yaitu badan otonom LP Maarif, dukungan Yayasan Al Furqon, kepercayaan komite sekolah, komunikasi antar warga sekolah, kekompakan pendidik dan tenaga kependidikan, komitmen pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana prasarana yang ada. Sedangkan faktor penghambat meliputi: pemerintah diharapkan dapat mengetahui dan responsiif terhadap kebijakan sekolah berbasis pesantren dan memberikan ruang fokus dalam kurikuler yang menonjol, keadaan sarana dan prasarana yang kurang merata khususnya sarana prasarana untuk ruangan laboratorium.Kata kunci: Implementasi Kebijakan, Sekolah Berbasis Pesantren, MTs Al Furqon SandenAbstractThis study aims to describe: 1) Implementation of pesantren-based school policies in madrasahtsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul; 2) Supporting factors and obstacles in implementing school- based pesantren policy in madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul. This research is a type of qualitative research. The method used in this research is descriptive method. The subjects of this study were principals, teachers, and students. Data collection techniques used in the form of observation, interviews, and documentation. The main instrument of this research is researcher by using observation sheet and interview guide. Data analysis used is data reduction, data presentation, and conclusion. The results of this study indicate that: (1) Implementation of pesantren-based school policy in madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul is: organizing the implementation of school-based pesantren policy, school readiness to implement pesantren-based schools, implementation of school-based boarding school policy. (2) Supporting factors include: Government attention, Nahdlatul Ulama organization support, autonomous body of LP Maarif, support of Al Furqon Foundation, trust of school committee, communication among school people, compactness of educator and educational staff, commitment of educator and educational staff and existing infrastructure . While the inhibiting factors include: the government is expected to be able to know and be responsive to the pesantren-based school policy and to provide a focus room in the curricular that stands out, the condition of facilities and infrastructure that is not evenly distributed, especially infrastructure for laboratory space.Keywords: Policy Implementation, School Based Pesantren, MTs Al Furqon Sanden
ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA Sutrisna, Yahya
Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/sakp.v7i2.13079

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi Kebijakan sekolah ramah anak serta faktor pendukung dan penghambatnya di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskreptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan pegawai dinas dengan obyek penelitian meliputi Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan trianggulsi sumber.Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta meliputi: (1) tujuan kebijakan sekolah ramah anak sudah terlihat, bisa dilihat dari sikap para siswa yang telah merasa aman dan nyaman berada disekolah; (2) sumber daya manusia, dan sumberdaya sarana parasarana yang mendukung implementasi kebijakan sekolah ramah anak dan sumber daya finansial yang bersumber dari dinas; (3) badan pelaksana yang bertanggung jawab dalam menjalankan kebijakan sekolah ramah anak adalah tim sekolah ramah anak terdiri dari guru dan juga paguyuban wali murid; (4) dampak setelah adanya sekolah ramah anak adalah dukungan positif dari berbagai pihak terutama siswa dan orang tua siswa; (5) sikap setelah adanya kebijakan sekolah ramah anak tentunya semua pihak mendukung dalam keberhasilan kebijakan tersebut terutama guru dan kepala sekolah; (6) komunikasi, adanya sosialisasi mengenai kebijakan sekolah ramah anak kepada guru, siswa, dan orang tua serta merangkul instansi dan dinas terkait. Faktor Pendukung berupa sikap positif dan dukungan dari berbagai pihak serta adanya komitmen dari pihak sekolah dalam keberhasilan kebijakan sekolah ramah anak. Faktor penghambat berupa waktu pelaksanan kebijakan, komunikasi, kurangnya pemenuhan sarana dan prasarana yang ramah anak terutama anak berkebutuhan khusus.Kata Kunci : implementasi Kebijakan, Sekolah Ramah Anak. SD Negeri Ngupasan YogyakartaABSTRACTThis research is aimed to descripe the implementation of children-friendly school policy and its supporting and hampering factors at Ngupasan State Primary School Yogyakarta.This research utilizes descriptive qualitative research type. The subjects of this research are headmaster, teachers, students, and official staff. The object of this research includes The Implementation of children-friendly school policy at Ngupasan State Primary School Yogyakarta. The data collection techniques are observation, interview, and documentation. The data analysis technique uses Miles and Huberman’s model which includes data reduction, presentation and conclusion remarks. The data validity test uses source triangulation.The research result indicates that the Implementation of the policy of Children-friendly school at Ngupasan State Primary School includes: (1) the objective of the chidlren-friendly school policy has been fullfilled. It is seen from the students’ attitude who feel safe and comfortable to stay at school; (2) the human resource and facilities resource which support the implementation of children-friendly school policy and financial resource which is sourced from the government service; (3) the implementer agency which is responsible in carrying out the children-friendly school policy is the team of children-friendly school that consists of teachers and students’Anak di SD…(Yahya Sutrisna) 191guardian; (4) the effect of the school existence is positive support given by many parties, especially students and their parents; (5) the attitude after the implementation of children-friendly school is that all parties support the success, especially the teachers and headmaster: (6) communication. The socialization on children-friendly school policy which is performed towards teachers, students and parents and embrace relevant institutions and official. The supporting factors are in form of positive attitude and support given by various parties and the commitmet of school in the success of children-friendly school policy. The hampering factors are in forms of the policy implementation, communication and lack fullfilment of facilities and acommodation which are children-friendly, for example for special need children.Keywords: Policy implementation, Children-friendly school, Nggupasan State Primary School Yogyakarta

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023) Vol 12, No 1 (2023): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 4 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 3 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 11, No 1 (2022): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 4 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 3 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 2 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 10, No 1 (2021): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 3 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 2 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 9, No 1 (2020): Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan Vol 8, No 4 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 3 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 2 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 8, No 1 (2019): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 6 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 5 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 4 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 3 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 2 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 7, No 1 (2018): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 8 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 7 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 6 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 5 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 4 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 3 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 2 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 6, No 1 (2017): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 7 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 6 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 5 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 4 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 3 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 2 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 5, No 1 (2016): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 2 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan Vol 4, No 1 (2015): spektrum analisis kebijakan pendidikan More Issue