cover
Contact Name
Lalu Samsul Aswadi
Contact Email
lalusamsulaswadi@untidar.ac.id
Phone
+6281903732774
Journal Mail Official
jris@untidar.ac.id
Editorial Address
Gedung FT 3 Lantai 4, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Tidar, Jalan Kapten Suparman No 39 Magelang 56116
Location
Kota magelang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Published by Universitas Tidar
ISSN : 27228037     EISSN : 27225844     DOI : 10.31002
Core Subject : Engineering,
Journal Reviews in Civil Engineering publishsed in june and december. we fisrtly in 2019 volume 1 number 1. Published articles covering civil engineering disciplines which consist of several concentrations, namely: structure, transportation materials, geotechnics, hydro, construction management and environmental. Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil(p-ISSN: 2722-8037 and e-ISSN: 2722-5844) publishes articles based on research from researchers, teachers, lecturers, students, and education observers. Published by Department of Civil Engineering, Faculty of Engineering, Tidar University. It is published a year in June and December. We accept manuscripts within the fields of: Civil Engineering field include: Hydrology Hydraulics Structures Management Construction Materials Technology Geomatics Geotechnical Transportation Enviromental Building Information Modelling
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil" : 9 Documents clear
PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK LDPE SEBAGAI BAHAN CAMPURAN PEMBUATAN BATA BETON (PAVING BLOCK) Muhammad Rifki Attib Brizi; Anis Rakhmawati; Yudhi Arnandha
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.26 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3521

Abstract

Paving block adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen, air dan agregat dengan perbandingan tertentu. Penelitian ini menggunakan plastik LDPE sebagai bahan pengganti semen pada paving block. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah paving block dengan campuran plastik LDPE dan pasir dapat memenuhi SNI 03-0691-1996. Paving block dibuat di Dusun Bumirejo I, Desa Banjarsari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Dalam penelitian ini perbandingan plastik LDPE dengan pasir yaitu 100% : 0%, 90% : 10%, 80% : 20%, 70% : 30%, 60% : 40%, 50% : 50%. Pengujian dilakukan di Laboratorium Bahan Bangunan Universitas Gadjah Mada. Hasil penelitian ini menunjukkan kuat tekan terbesar pada komposisi campuran 100% : 0% sebesar 15,289 MPa, sedangkan kuat tekan terendah terdapat pada variasi campuran 80% : 20% sebesar 7,735 MPa. Keausan tertinggi pada variasi campuran 50% : 50% sebesar 0,226 mm/menit, Keausan terendah pada varisi campuran 80% : 20% sebesar 0,058 mm/menit. Daya serap paving block terbesar terdapat pada variasi campuran 50% : 50% sebesar 0,353%, sedangkan nilai penyerapan terendah terdapat pada variasi campuran 100% : 0% dengan nilai penyerapan sebesar 0,260%. Hasil pengujian natrium sulfat dan sifat tampak menunjukkan sampel dalam kondisi baik dan tidak mengalami retak. Berdasarkan hasil tersebut paving block dengan bahan LDPE ini diklasifikasikan sebagai mutu C yang dapat digunakan untuk pejalan kaki.
ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI ANTARA TAKSI KONVENSIONAL DAN TAKSI BERBASIS DARING DI KOTA MAGELANG Ayu Atma Meydiyana; Woro Partini Maryunani; Evi Puspitasari
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.296 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3387

Abstract

Transportasi merupakan hal yang penting dalam kehidupan yang menyangkut suatu pergerakan dan perpindahan kegiatan masyarakat di Kota Magelang. Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang sangat pesat, salah satunya dalam bidang transportasi. Oleh karena itu, munculah taksi berbasis daring yang sering kita sebut dengan taksi online. Pemilihan moda bukan merupakan proses yang acak melainkan di pengaruhi oleh beberapa faktor. Berdasarkan pemikiran diatas perlu diadakanya kajian tentang pemilihan moda di Kota Magelang untuk mengetahui pemodelan pengguna jasa taksi konvesional yang berpindah menggunakan jasa taksi berbasis daring.Penelitian ini menggunakan metode logit biner untuk memeodelkan pemilihan moda. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pengguna taksi dengan teknik stated preference. Dengan perubahan atribut yaitu atribut biaya perjalanan, waktu tunggu, dan waktu tempuh. Hasil penelitian didapatkan bahwa masyarakat Kota Magelang sebanyak 83% memilih taksi berbasis daring. Dengan hasil analisis logit biner, dimana nilai CG dan nilai CA merupakan hasil pengurangan dari parameter yang diteliti. Berdasarkan survei dengan teknik stated preference diketahui bahwa atribut yang digunakan yaitu biaya perjalanan, waktu tunggu, dan waktu tempuh. Dari hasil perhitungan yang paling mempengaruhi niali probabilitas yaitu atribut biaya perjalanan.
KUAT LENTUR BALOK KOMPOSIT DARI SERAT RAYUNG DENGAN MATRIKS LEM KAYU MENGGUNAKAN METODE KEMPA DINGIN Riadhi Ahyar; Anis Rakhmawati; Yudhi Arnandha
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.28 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3389

Abstract

Rayung merupakan jenis serat alami yang berasal dari tangkai pelepah dan bunga rumput gelagah yang dikeringkan, dalam penelitian ini rayung digunakan sebagai bahan balok komposit dengan matriks lem kayu. Pembuatan balok komposit bertujuan untuk mengetahui nilai kuat lentur.Pengujian ini menggunakan balok komposit berukuran 5 cm x 7 cm x 120 cm ditambah 5 cm untuk lengan kanan kiri dengan varian 1 serat : l,2 lem, 1 serat : 1,4 lem, 1 serat : 1,6 lem, 1 serat : 1,8 lem, 1 serat : 2 lem yang kemudian dikalikan dengan berat rayung 1,9 kg per cetakan. Pembuatan balok komposit dilaksanakan di Laboratorium Teknik Sipil Universitas Tidar, Magelang, sedangkah pengujian dilakukan di Laboratorium Bahan S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan alat Universal Testing Mechine (UTM). Pengujian balok komposit dari serat rayung mengacu pada SNI 03-3959- 1995 dan SNI 03-3972-1995.Pengujian balok komposit dari serat rayung dan matriks lem kayu menghasilkan nilai MOR tertinggi dengan varian 1 : 1,8 sebesar 1,609 MPa, sedangkan nilai MOE tertinggi dengan varian 1 : 2 sebesar 80,315 N/mm2. Balok komposit dari serat rayung belum direkomendasikan untuk batang struktur dikarenakan nilai MOR dan MOE lebih rendah jika dibandingkan dengan kayu yang beredar di pasaran.
PERANCANGAN MODEL JEMBATAN INOVATIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN SOFTWARE STRUCTURE ANALYSIS PROGRAM 2000 Achmad Rafi’ud Darajat; Sandi Prabowo; Adi Setiawan; Sabila Sabila
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088.982 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3394

Abstract

Era perkembangan peradaban yang dipicu oleh kemajuan ekonomi, menuntut tersedianya infrastruktur fisik yang mendukung, salah satunya adalah jembatan. Keberadaanya tidak sekedar pelengkap, tetapi telah menjadi urat nadi perekonomian. Jembatan dimasa mendatang dituntut mempunyai keandalan dalam segi kekuatan, efisiensi dan desain yang artisitik sehingga menjadi kebanggan suatu daerah. Metode yang diterapkan dalam perancangan model jembatan ini adalah dengan membandingan lima model jembatan untuk dianalisis gaya dalam pada setiap frame jembatan menggunakan software Structure Analysis Program (SAP) 2000 versi 14.0.0. Jembatan terpilih dianalisis menggunakan SNI 7973-2013 tentang Spesifikasi Desain Untuk Konstruksi Kayu. Dari pemilihan model tersebut terpilih Jembatan Ranggardha, dengan gaya tekan maksimum (P ultimate) sebesar 282,27 Newton pada defleksi 1,52 mm. Selanjutnya dilakukan perakitan model jembatan untuk menguji hasil perancangan tersebut terhadap model laboratorium, sehingga didapatkan jembatan tersebut mamu menahan beban sebesar 50 kg dengan berat model jembatan ini adalah 56,8 gram sehingga memiliki efisiensi sebesar 915,5 dan tingkat akurasi sebesar 96,2%.
ANALISIS PERHITUNGAN TEBAL LAPIS TAMBAH PERKERASAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE AASHTO 1993 (STUDI KASUS: JALAN MAGELANG-PURWOREJO KM 8+00 S.D. 10+00) Evi Puspitasari; Siti Nurobingatun; Woro Partini Maryunani
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.493 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3391

Abstract

Kerusakan perkerasan jalan merupakan permasalahan kompleks yang menimbulkan kemacetan, kecelakaan, penembahan waktu tempuh. Salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan jalan adalah dengan memberikan tebal lapis tambah (overlay) pada ruas jalan yang ditinjau. Jalan Magelang-Purworejo Km 8+00 s.d. 10+00 dijadikan lokasi studi kasus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung tebal lapis tambah perkerasan lentur dengan metode AASHTO 1993. Metode yang digunakan adalah identifikasi masalah dan survey pendahuluan, pengumpulan data, pengolahan data, pembahasan dan penarikan kesimpulan. Analisis berdasarkan metode AASHTO 1993 dilakukan dengan menggunakan parameter-parameter yang terdiri atas data geometrik jalan, Lalu lintas Harian Rata-Rata (LHR), tebal lapisan perkerasan eksisting, nilai CBR lapangan, dan data hari hujan.  Perhitungan dilakukan dengan pengolahan data LHR, penentuan Modulus Resiliens, melakukan perhitungan nilai kapasitas struktural perkerasan (SN), Perhitungan tebal overlay. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh tebal lapis tambah yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja pelayanan jalan yaitu sebesar 5 cm. Tipe lapis tambahan termasuk dalam kategori lapis tambahan fungsional (pemeliharaan). Perhitungan tebal lapis tambah ini dapat juga dilakukan dengan metode lainnya, kemudian dibandingkan hasilnya, sehingga dapat diperoleh hasil yang paling ideal sesuai dengan kondisi di lapangan.
STUDI EKSPERIMENTAL MODULUS OF RUPTURE DAN MODULUS OF ELASTICITY LAMINATED VENEER LUMBER KAYU SENGON Aswadi, Lalu Samsul; Yuwana, Dwi Sat Agus; Prawenti, Herlita
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.273 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3396

Abstract

Kayu sengon dengan nama ilmiah Paraserianthes falcataria yaitu suatu jenis kayu yang pertumbuhannya cepat tetapi kekuatannya kecil sehingga kayu jenis ini biasanya jarang digunakan untuk bahan struktur bangunan.. Salah satu cara untuk meningkatkan kekuatan kayu sengon yaitu dengan teknologi LVL (Laminated Veneer Lumber).Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilaiModulus of Rupture(MOR) dan Modulus of Elasticity(MOE) LVL kayu Sengon dari pengujian lentur secara eksperimental.Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah untuk basis data sifat mekanika kayu Indonesia dan khususnya untuk perencanaan komponen struktur tekan dan lentur. Benda uji LVL kayu Sengon sebanyak 8 buah dengan dimensi 480 mm x 80 mm x 40 mm ditumpu di kedua ujungnya. Benda uji kemudian diberi beban lentur ditengah-tengah secara beangsur-angsur sampai benda uji runtuh. Kemudian dicatat berapa beban yang mampu ditahan oleh masing-masing benda uji. Dari hasil pengujian kuat lentur tersebut kemudian dihitung Modulus of Rupture(MOR) dan Modulus of Elasticity(MOE) LVL kayuSengon dari masing-masing benda uji.Dari pengujian didapatkan hasil MOR dari 8 benda uji berturut-turut yaitu 30,08 Mpa, 39,14 Mpa, 39,14 Mpa,33,96 Mpa, 35,90 Mpa, 38,17 Mpa, 39,78 Mpa dan 31,70 Mpa dengan nilai rata-rata MOR dari 8 bendauji adalah 35,98 Mpa. Hasil dari nilai MOE untuk 8 bendauji berturut-turut adalah 3436,36 Mpa, 3306,12 Mpa, 3306,12 Mpa, 3497,14 Mpa, 3469,88 Mpa, 3888 Mpa, 3353.23 Mpa dan 3351,72 Mpa dengan nilai rata-rata MOE dari 8 benda uji adalah3451,07 Mpa.
ANALISIS PERBEDAAN SIGNIFIKANSI PENGARUH INDIKATOR-INDIKATOR KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN PENGGUNA JASA KONSTRUKSI Herlita Prawenti; Achmad Rafi’ud Darajat; Lalu Samsul Aswadi
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.346 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3390

Abstract

Adanya suatu pemahaman bahwa semakin banyaknya pesaing, semakin kritisnya rekanan/klien, semakin tipisnya prospek profit, dan perusahaan konstruksi semakin dituntut untuk dapat menjaga dan mempertahankan keberlangsungan perusahaannya. Indikator-indikator utama yang digunakan pada penelitian ini yaitu  dimensi dari Kualitas Layanan dan indikator tambahan lainnya yang diperoleh dari pengembangan penelitian yang telah dilakukan diIndonesia, sehingga mendapatkan indikator yang lebih komperhensif. Dari indikator tersebut dilakukan survei kepada sejumlah responden. Instrumen penilaian dalam penelitian ini menggunakan kuesioner tertutup dan terbuka yang memberikan  indikator-indikator Kualitas Layanan dalam skala tingkat signifikansi (skala 1-5) yang mempengaruhi kepercayaan Pengguna Jasa. Dari hasil survei tersebut, dilakukan pengolahan data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif untuk dianalisis mengenai perbedaan yang signifikan antara persepsi Pemilik dan konsultan MK sebagai Pengguna Jasa Konstruksi.
ANALISIS PETA JALUR EVAKUASI DAN PENENTUAN TITIK KUMPUL DENGAN METODE ALGORITMA DIJKSTRA(STUDI KASUS: GEDUNG UNIVERSITAS TIDAR KAMPUS TUGURAN) Muhammad Hari Nugroho; Yudhi Arnandha; Anis Rakhmawati
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.694 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3520

Abstract

Gedung di Indonesia banyak yang belum memenuhi standar bidang K3. Salah satu gedung tersebut yaitu Gedung Universitas Tidar Kampus Tuguran dimana saat ini gedung tersebut tidak memiliki rambu keselamatan jalur evakuasi yang menunjukkan jalan keluar saat terjadi bencana dan hanya terdapat 1 lokasi titik kumpul. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mencari alternatif jalur evakuasi dan titik kumpul serta penerapan rambu keselamatan seperti rambu jalur evakuasi, eksit, titik kumpul,APAR.Lokasi penelitian berada di kawasan Universitas Tidar Kampus Tuguran. Metode yang digunakan untuk mencari jalur evakuasi yaitu metode algoritma Dijkstra dengan menggunakan prinsip greedy, dimana pada setiap langkah dipilih sisi dengan bobot terkecil yang menghubungkan sebuah simpul yang sudah terpilih dengan simpul lain yang belum terpilih.Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu terdapat 3 tempat yang akan dijadikan sebagai lokasi titik kumpul akhir dan 6 tempat sebagai lokasi titik kumpul sementara. Lokasi titik kumpul akhir yaitu halaman Auditorium, halaman Gedung Fisipol 2, dan halaman Multimedia. Lokasititik kumpul sementara yaitu halaman Gedung FT E.01, halaman Gedung FT E.02, halaman Gedung FE A.01, halaman Gedung FKIP, halaman Gedung Perpustakaan, dan halaman Gedung Fisipol 1. Kebutuhan rambu titik kumpul sejumlah 9 buah, rambu jalur evakuasi arah kanan sejumlah 15 buah, rambu jalur evakuasi arah kiri sejumlah 14 buah, rambu jalur evakuasi tangga arah kanan sejumlah 12 buah, rambu jalur evakuasi tangga arah kiri sejumlah 10 buah, rambu eksit sejumlah 11 buah, dan rambu APAR sejumlah 33buah.
ANALISIS MODEL TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN KE UNIVERSITAS TIDAR DI MAGELANG Ria Miftakhul Jannah; Ali Murtopo; Dedy Firmansyah
Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil
Publisher : Universitas Tidar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.709 KB) | DOI: 10.31002/.v1i2.3393

Abstract

Universitas merupakan salah satu jenis tata guna lahan yang mempunyai daya tarik cukup besar bagi masyarakat. Universitas sebagai zona aktivitas merupakan zona-zona penarik pergerakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui model yang dapat digunakan untuk memperkirakan besar tarikan pergerakan ke Universitas Tidar dan mengetahui tingkat validitas pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat dari model akhir yang memenuhi persyaratan hasil uji statistik dan pengujian model. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menghitung jumlah pergerakan kendaraan yang memasuki masing-masing fakultas di Universitas Tidar. Variabel yang diteliti antara lain luas lahan (X1), luas total bangunan (X2), jumlah karyawan (X3), jumlah dosen (X4), dan jumlah mahasiswa (X5). Dari penelitian tarikan pergerakan kendaraan ke Universitas Tidar dapat disimpulkan bahwa model yang didapatkan setelah dilakukan analisis persamaan regresi dan pengujian terhadap model, seperti uji Homoskedastisitas, uji Normalitas, dan uji Linearitas adalah Y = 69,514 + 0,029 X1 dengan Y adalah tarikan pergerakan kendaraan ke Universitas Tidar dan X1 adalah luas lahan. Tingkat validitas antara variabel tarikan pergerakan kendaraan dan luas lahan dari model yang dihasilkan yaitu sebesar 0,814; sehingga dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi yang dihasilkan baik untuk mengestimasi nilai variabel terikat.

Page 1 of 1 | Total Record : 9