cover
Contact Name
Lusyani Sunarya
Contact Email
lusyani@raharja.info
Phone
+6285929871955
Journal Mail Official
mavib.journal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia mavib.journal@raharja.info
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231992     EISSN : 2723200X     DOI : https://doi.org/10.33050/mavib
MAVIB Journal, (Multimedia Audio Visual and Broadcasting Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Raharja. MAVIB Journal menerbitkan makalah asli, makalah tinjauan, kerangka kerja konseptual, model analitik dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. MAVIB Journal bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan Multimedia Audio Visual dan Broadcasting baik secara teoritis maupun pragmatis. MAVIB Journal menerbitkan makalah di bidang Desain Grafis, Komunikasi Visual, Budaya Visual, Audio Visual, Desain Web, Iklan, Fotografi, Videografi, Animasi, Multimedia, dan Desain Game. MAVIB Journal diterbitkan dalam versi cetak dan online. MAVIB Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020" : 10 Documents clear
Media Merchandise Sebagai Penunjang Promosi Pada SMP Putra Bangsa Kota Tangerang Lusyani Sunarya; Mintauli Debataraja; Muhamad Faidlillah Kamal
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.412 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1034

Abstract

Penggunaan media desain grafis semakin meluas dan salah satu bidang yang terpengaruh adalah kebutuhan promosi. SMP Putra Bangsa Kota Tangerang merupakan bagian dari Yayasan Islam Babussalam Kota Tangerang yang termasuk dalam tahap pengembangan dan memiliki media promosi yang kurang efektif karena hanya mengandalkan media cetak berbentuk brosur, hal ini tentu mempengaruhi angka calon siswa pendaftar yang terbilang belum maksimal, untuk menyelesaikan permasalahan ini dibutuhkan media promosi yang lebih baik dalam bentuk merchandise yang terdiri dari beberapa produk seperti gantungan kunci, jam dinding, mug, payung, pin, stiker & tote bag. Penelitian ini bertujuan untuk menunjang kegiatan promosi melalui kunjungan ke sekolah-sekolah SD relasi, serta untuk menunjang berbagai event sekolah lainnya, sehingga dapat lebih menarik minat calon pendaftar dan meningkatkan jumlah pendaftaran siswa baru. Metode penelitiannya menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, studi pustaka, analisa perancangan media menggunakan software adobe photoshop dan konsep desain yang meliputi layout kasar, komprehensif dan final artwork. Melalui media promosi berupa merchandise yang dirancang, diharapkan dapat membantu sekolah dalam kegiatan promosinya dalam upaya menarik minat calom siswa/i baru dan dapat meningkatkan jumlah pendaftaran siswa mendatang
Buku Kota Tangerang Dalam Lensa Sebagai Infografis Dinas KOMINFO Kota Tangerang Karunia Suci Lestari; Muhammad Arief Mujahid; Adinda Apriliani Lase
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1157.734 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1062

Abstract

Meningkatnya Kota Tangerang yang begitu pesat tidak lepas dari bantuan Pemerintah, sehingga masyarakat membutuhkan media informasi terbaru mengenai perkembangan Kota Tangerang. Media yang digunakan sebelumnya dirasakan belum menyampaikan informasi menyeluruh dan belum diperbaharui sesuai dengan perkembangan saat ini dari kota Tangerang. Sehingga dibutuhkannya infografis yang dapat menjelaskan ataupun memperkenalkan wilayahnya ke publik tentang Kota Tangerang. Buku merupakan sebuah media baca yang berupa informasi dari berbagai ragam sumber, referensi maupun rujukan informasi yang dapat mengedukasi maupun menginformasikan pembaca dari tulisan tersebut. Dengan adanya buku infografis ini, yang di dukung konsep desain, ilustrasi, gambar maupun foto serta dikemas dengan layout dan fotografi dapat menambah daya tarik pembaca serta mampu membantu minat masyarakat baik dalam dan luar negeri untuk mengenal lebih lanjut mengenai Kota Tangerang. Metode penelitiannya yaitu : analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep desain. Buku Kota Tangerang dalam Lensa terdiri dari infografis yang menginformasikan tentang: sejarah Kota Tangerang, tradisi Seni dan Adat Kebudayaan Kota Tangerang, Kuliner khas Kota Tangerang serta tempat wisata terpopupler dalam Kota Tangerang, dirancang menggunakan perangkat lunak Adobe Illustrator CC, Adobe InDesign CC serta Adobe Photoshop CC. Melalui Buku Kota Tangerang dalam Lensa dapat menarik audience sebagai infografis tentang Kota Tangerang.
Media Promosi Animasi Motion Graphic Pada PT Tirta Karya Buana Kukoh Mey Ariyanto; Achmad Zainudin M. N; Alfie Aulia Fajar
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.451 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1068

Abstract

Teknologi wireless Fidelity (Wi-Fi) adalah bagian dari media komunikasi yang digunakan oleh banyak orang, seperti telepon dan TV, dengan teknologi wireless Wireless Local Area Network (WLAN) yang lebih dikenal dengan sebutan Wi-Fi, telah meningkatkan mobilitas pengguna, dan dapat mengatasi keterbatasan teknologi jaringan komputer yang menggunakan media berkabel. PT. Tirta karya Buana adalah penyedia ISP (Internet Service Provider) yang terletak di kota Tangerang dan sekitarnya, untuk mendapatkan layanan berkualitas dan dampaknya terhadap kepuasan masyarakat, maka media promosi diperlukan dengan media utama dalam bentuk animasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginformasikan produk/layanan dan untuk menarik minat orang. Manfaat adalah bahwa calon pelanggan dapat dengan mudah mengetahui informasi yang ada pada PT. Tirta Karya Buana metode penelitiannya adalah: metode wawancara, observasi, konsep produksi media (KPM). Hasil penelitian ini adalah media promosi yang mencakup informasi tentang: harga produk, produk dan jasa, serta lokasi. Animasi ini akan diimplementasikan melalui YouTube dan media sosial. Melalui Motion Graphic media promosi dalam rangka menarik konsumen sehingga dapat meningkatkan jumlah konsumen yang ingin menggunakan jasa internet di PT. Tirta karya Buana.
Video Animasi Penerapan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Universitas Raharja Indri Handayani; Ninda Lutfiani; Nur Aeni Trisna Lestari
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.964 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1075

Abstract

Universitas Raharja mengalami dampak pandemi virus Covid-19 perlunya menjalankan perkuliahan sistem daring, saat ini pemerintah menerapkan sistem New Normal menerapkan protokol kesehatan, permasalahan yang terjadi pada Universitas Raharja belum terdapatnya media informasi mengingatkan, mengedukasi untuk menjalankan protokol kesehatan, peranan media video animasi sangat penting dengan tujuan memberikan sebuah edukasi dan informasi mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan selalu menjalankan protokol kesehatan di masa new normal dan dapat memiliki manfaat dari penelitian ini supaya pandemi virus covid-19 tidak menyebar kedalam lingkungan Universitas Raharja dan lingkungan sekitar, beberapa metode digunakan sebagai dasar penyusunan penelitian yaitu metode observasi, metode wawancara dan studi Pustaka serta hasil dari penelitian menjelaskan sebuah video penjelasan singkat virus Covid-19, dampak virus untuk sektor pendidikan, gedung Universitas Raharja, perkuliahan secara daring, interaksi dosen dengan mahasiswa, informasi selalu menjaga kesehatan. Media Video animasi memiliki pesan mengingatkan serta memberikan sebuah edukasi dan informasi tentang protokol kesehatan dalam masa new normal. Yang menggunakan Adobe Illustrator CC 2018, Adobe Premiere Pro CC 2018 dan Adobe After Effect CC 2018.
Perancangan Media Promosi dan Informasi Berbentuk Desain Majalah Pada SMK Ki Hajar Dewantoro Sugeng Widada; Gustina .; Vina Vijaya Kusuma
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.903 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1076

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sudah semakin modern. Sebagian besar masyarakat hampir tidak terlepas dari penggunaan barang elektronik setiap harinya terutama yang terhubung dengan internet, yang berarti pertukaran suatu informasi saat ini dapat terjangkau hampir keseluruh daerah. Penyebaran informasi dengan internet ada beberapa macam sepertiteks, gambar, foto, suara, video dan audio visual. Dari berbagai macam tersebut yang paling efektif adalah menggunakan Majalah. Mengambil data dari informasi umum tersebut, dalam penelitian ini peneliti melakukan suatu perancangan media Desain Majalah pada Smk Ki Hajar DewantoroYaitu tentang penunjang promosi dan informasi sesuai bidang sekolahan sebagai promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media promosi yang lebih menarik, efektif dan efisien. Sebelumnya media promosi yang digunakan adalah seperti media majalah yang di-upload di social media, tanpa adanya penjelasan informasi melalui audio dan instruksi untuk membuat calon siswa/siswi menjadi lebih tertarik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai salah satu siswa/siswi pada belajar. Hasil analisis memunculkan konsep majalah dengan mengambil tema futuristic menggunakan aplikasi penunjang Adobe Photoshop CS6.Perancangan dilakukan dengan konsep produksi media, yang diantaranya ada preproduction, production dan post production. Hasil dari konsep Majalah yang dirancang ini dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan minat dan target dari produk SMK Ki Hajar Dewantoro.
Penyampaian Profile Dinas Komunikasi dan Informatika dengan Media Video di Kota Tangerang Selatan Dewi Immaniar Desrianti; Arsi Yulianjani; Adellia Sylviani
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (949.638 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1078

Abstract

Media audio dan visual dalam perkembangan zaman saat ini cukup banyak dimanfaatkan sebuah instansi atau perusahaan sebagai media promosi dan pengenalan profile mereka. Video Profile menjadi salah satu media promosi tersebut. Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu Kota di Provinsi Banten dan Humas Kota Tangerang Selatan yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO),bertugas dalam memberikan informasi tentang perkembangan Kota Tangerang Selatan kepada masyarakat. Maka dari itu, permasalahan yang dihadapi saat ini adalah membuat video profil Kota Tangerang Selatan yang terbaru untuk update data dan informasi sampai tahun 2019 dari video profile lama pada tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu Humas Kota Tangsel dalam memberikan dan menyebarkan informasi yang terbaru kepada masyarakat tentang perkembangan Kota Tangerang Selatan selama 5 tahun terakhir. Manfaat penelitian ini dapat memudahkan Humas Kota Tangsel untuk memberikan informasi kepada masyarakat dalam bentuk audio visual. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep produksi media (KPM) yaitu : preproduction, production, dan postproduction. Hasil penelitiannya berupa peningkatan dari media video profile Kota Tangerang Selatan pada Diskominfo Kota Tangerang Selatan. Melalui peningkatan dari video profile ini, diharapkan dapat membantu sie Humas kota Tangsel untuk menyebarkan serta memberikan informasi yang update, kreatif, atraktif dan informatif tentang Kota Tangerang Selatan sesuai yang diinginkan.
Media Informasi dan Promosi Berbasis Motion Graphic Pada PT. NL Indonesia M. Puad Abdul Baqi; Mukti Budiarto; Dinda Sumiati
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (518.168 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1080

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju mampu membantu perusahaan dan instansi dalam mengeksekusi strategi pemasaran pada media sosial. PT. NL Indonesia (NoLimit) merupakan perusahaan bergerak dibidang teknologi yang berfokus pada monitor dan analisa media sosial dengan menggunakan Big Data untuk membantu klien untuk mendapatkan hubungan baik antara perusahaan dan konsumen yang lebih baik. Permasalahan yang ditemukan adalah PT. NL Indonesia saat ini menginformasikan dan mempromosikan dalam website dan tender yang dilanjutkan dalam meeting personal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk membuat media audio visual berbentuk Motion Graphic untuk menambah media promosi dan informasi yang dibutuhkan, serta menjadi daya tarik masyarakat terutama perusahaan dan instansi yang melakukan promosinya dalam media sosial. Hasil penelitian ini berupa media berbentuk Motion Graphic dan dirancang menggunakan Adobe Illustrator CS6, Adobe After Effect CS6, dan Adobe Premier Pro CS6. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data, analisa SWOT, perancangan media dan konsep produksi media (KPM). Dengan dirancang media berbentuk Motion Graphic, diharapkan mampu menarik simpati masyarakat lebih luas sehingga dapat bergabung menjadi klien PT. NL Indonesia.
Video Protokol Kesehatan COVID-19 Sebagai Kesiapsiagaan Menghadapi New Normal Pada Kyriad Hotel Airport Jakarta Erick Febriyanto; Euis Sitinur Aisyah; Indriyani Astuti Ningsih
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.351 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1099

Abstract

Wabah penyakit Coronavirus (Covid-19) yang melanda hampir seluruh negara di dunia saat ini, telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia yang berdampak sangat besar bagi perekonomian di berbagai sektor, khususnya dalam industri perhotelan di Indonesia. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh pengusaha hotel, pengusaha pariwisata, asosiasi perhotelan serta pemerintah dalam mengurangi dampak kerugian bagi industri hotel terutama di Indonesia. Dalam fase new normal ini Penting bagi pelaku industri perhotelan untuk mengambil tindakan pencegahan penularan lebih lanjut serta mengurangi dampak wabah dan mendukung program pemerintah dalam menangani virus Corona dengan melaksanakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dengan diberlakukannya new normal, secara garis besar tetap membatasi interaksi antar individu. Dalam upaya pencegahan, Kyriad Hotel Airport Jakarta telah menerapkan protokol kesehatan dalam bentuk video untuk memvisualisasikan aktivitas di area hotel selama era new normal. Dalam video tersebut meliputi kegiatan memakai masker, menghindari berjabat tangan, mencuci tangan dengan sabun, serta memakai hand-sanitizer. Adanya pembuatan video ini untuk menginformasikan agar masyarakat terutama pengunjung tidak perlu khawatir terhadap kebersihan yang ada di area hotel selama pandemi Covid-19 masih berlangsung. Metode penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yang terdiri dari Observasi, Wawancara, dan Studi Pustaka, Analisis perancangan media, dan Konsep Produksi media yang terdiri dari : pre-production, production, post-production, dan Implementasi Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah video penerapan protokol kesehatan Covid-19 pada Kyriad Hotel Airport Jakarta diharapkan dapat digunakan sebagai sarana informasi, dan dokumentasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap kesehatan.
Film Dokumenter Sebagai Media Informasi Dalam Memperkenalkan Tempat Wisata Banten Lama Ruli Suprianti; Triyono .; Dwi Afifah
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.079 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1103

Abstract

Teknologi sudah menjadi sesuatu yang sangat penting bagi setiap penggunanya, terutama yang berhubungan langsung dalam penyampaian informasi, dan dalam hal menyebarkan informasi, informasi tersebut dapat berupa teks, gambar, foto, suara ataupun video. Dengan menggunakan video, atau gambar yang nanti menjadi sebuah audio visual yang menarik tujuan utama dalam penyebaran informasi ini. Tempat wisata mempunyai banyak pesaing baik di Kota Serang maupun di Luar Kota Serang. Akhirnya Kota Serang terutama wilayah Banten Lama mengharuskan memiliki media informasi terbaru yang lebih up to date. Sehingga diperlukan pengembangan media informasi berupa Film Dokumenter sebagai media penyebaran informasi yang terbaru. Tujuan dari melakukan penelitian ini untuk dapat lebih mudah memperkenalkan tempat bersejarah yang dijadikan tempat wisata sehingga menjadi daya Tarik untuk para calon pengunjung. Metode yang digunakan merupakan Konsep Produksi Media (KPM) yang dibagi menjadi tiga diantaranya preproduction, production, dan posproduction. Manfaat Film Dokumenter ini dibuat, diharapkan dapat memudahkan calon pengunjung dalam mendapatkan informasi tentang tempat wisata yang ada di Banten Lama. Hasil dari penelitian ini nantinya akan diimplementasikan melalui social media seperti Youtube, Instagram, serta dapat membantu kegiatan promosi atau penyebaran informasi pada saat presentasi internal oleh Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Serang.
Media Informasi Pembelajaran Jaringan Komputer Berbasis Animasi Interaktif Pada SMK Avicena Tangerang Po Abas Sunarya; Giandari Maulani; Fahmi Husaini
Jurnal MAVIB Vol 1 No 2 (2020): MAVIB Journal - Agustus 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (859.93 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i2.1104

Abstract

Penggunaan teknologi komputer sebagai sumber informasi kini telah menembus berbagai bidang kehidupan masyarakat, termasuk lembaga pendidikan. Komputer yang digunakan sehari-hari memiliki banyak program yang dapat digunakan dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Lembaga pendidikan yang dalam hal ini mengambil studi kasus di SMK Avicena Tangerang memiliki fasilitas komputer di sekolah mereka, tetapi masih memiliki masalah yang dihadapi, yaitu mengenai sistem pembelajaran yang tidak efektif, kurang optimal dalam mempelajari mata pelajaran tertentu dengan memanfaatkan komputer, oleh karena itu belajar media informasi seperti penggunaan Animasi interaktif yang mengoptimalkan komputer adalah solusi yang tepat , karena dapat berfungsi sebagai sarana penyaluran pengetahuan dan berbagai informasi pembelajaran yang akurat, efektif dan menarik minat siswa. Penggunaan teknologi komputer sebagai media informasi pembelajaran merupakan suatu keharusan, untuk alasan ini, penelitian ini dibuat sebagai media informasi pembelajaran bagi para guru sehingga mereka dapat dengan mudah menyampaikan materi di kelas dan siswa dapat lebih antusias dalam belajar, khususnya pada mata pelajaran jaringan komputer di SMK Avicena. Tangerang ini. Dalam studi ini, video praktis dan pertanyaan praktik juga disematkan untuk mengasah ketrampilan siswa di SMK Avicena Tangerang. Perangkat lunak yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adobe Flash CS6, Adobe Illustrator CS6, Adobe Photoshop CC 2015, dan Adobe Audition CS6. Metode yang digunakan dalam media pembelajaran berbasis Animasi interaktif ini adalah Mavib Production Concept (KPM) yang terdiri dari pra-produksi, produksi dan pasca-produksi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media informasi pembelajaran berbasis Animasi interaktif yang akan digunakan sebagai sarana untuk mengajar dan belajar di SMK Avicena Tangerang, khususnya dalam hal jaringan komputer dan diharapkan dapat meningkatkan antusiasme dan ketertarikan dalam mempelajari siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 10