cover
Contact Name
Lusyani Sunarya
Contact Email
lusyani@raharja.info
Phone
+6285929871955
Journal Mail Official
mavib.journal@raharja.info
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No. 40 Modern Cikokol Tangerang - Banten 15117 Indonesia mavib.journal@raharja.info
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
MAVIB Journal : Jurnal Multimedia Audio Visual and Broadcasting
Published by UNIVERSITAS RAHARJA
ISSN : 27231992     EISSN : 2723200X     DOI : https://doi.org/10.33050/mavib
MAVIB Journal, (Multimedia Audio Visual and Broadcasting Journal) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Universitas Raharja. MAVIB Journal menerbitkan makalah asli, makalah tinjauan, kerangka kerja konseptual, model analitik dan simulasi, studi kasus, dan penelitian empiris. MAVIB Journal bertujuan untuk mengembangkan dan mengkomunikasikan secara luas perkembangan Multimedia Audio Visual dan Broadcasting baik secara teoritis maupun pragmatis. MAVIB Journal menerbitkan makalah di bidang Desain Grafis, Komunikasi Visual, Budaya Visual, Audio Visual, Desain Web, Iklan, Fotografi, Videografi, Animasi, Multimedia, dan Desain Game. MAVIB Journal diterbitkan dalam versi cetak dan online. MAVIB Journal diterbitkan dua kali setahun, pada bulan Februari dan Agustus.
Articles 90 Documents
Analisa Logo, Proses Kreatif Dan Pengaruh Filosofi Pada Penerapan Konsep Logo Azwar Aditya Putra; Adi Kusuma Widya Tama; Hamonangan Oktavianus Simbolon
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.585 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.820

Abstract

Pada zaman sekarang ini, logo telah banyak diciptakan dalam berbagai macam bentuk, yang menjadi tonggak utama sarana mengenalkan identitas atau jati diri dari berbagai macam kegiatan seperti kampanye, perusahaan, lembaga, komunitas, vendor, perkumpulan, aplikasi online, maupun pedagang, dsb. Proses pembuatan logo itu sendiri cukup memakan waktu dikarenakan adanya artikulasi untuk penyesuaian estetika, value, trend, dan artian, yang ditujukan untuk menyampaikan makna dan kesan yang terpampang dari visualisasinya. Daya terapan yang dihasilkan oleh logo yang hebat akan termemorisasi dalam fikiran masyarakat, sehingga menjadi ikon atau penanda pada gaya hidup masyarakat di dunia.
Video Informasi Persiapan Sidang TA/Skripsi Pada Universitas Raharja Tangerang Lusyani Sunarya; Giandari Maulani; Ayundha Dwi Purayani
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (806.3 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.822

Abstract

Pada era globalisasi sekarang ini, media video informasi sangatlah penting, agar masyarakat mendapatkan informasi yang akurat, fakta dan dapat memberikan wawasan. Perkembangan teknologi informasi khususnya media audio visual, menjadi kebutuhan penting bagi masyarakat luas. Sebelum melakukan Sidang TA/Skripsi, mahasiswa/i wajib mempersiapan diri untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam sidang akhir TA/Skripsi. Tujuan penelitian ini adalah membantu mahasiswa/i peserta sidang TA/Skripsi untuk mengetahui persiapan apa saja yang harus dilakukan sebelum menuju sidang TA/Skripsi. Permasalahan yang sering terjadi yaitu peserta sidang TA/Skripsi, belum mengetahui apa saja yang harus di persiapkan saat sidang TA/Skripsi, kurangnya informasi dan masih banyak peserta sidang yang lupa, kurang memperhatikan, membawa materi sidang dengan baik dan sesuai ketentuan sidang TA/Skripsi. Untuk itu diperlukan media informasi yang dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan sidang TA/Skripsi. Metode penelitiannya yaitu analisa permasalahan, pengumpulan data, analisa perancangan media dan konsep produksi media. Hasil penelitian ini berupa perancangan video informasi pembekalan sidang TA/Skripsi berbasis audio visual. Video ini dibuat dengan software Adobe Premiere CC 2017 dan Adobe After Effects CC 2017. Melalui video informasi ini, diharapkan seluruh peserta sidang TA/Skripsi dapat memahami informasi yang disampaikan dan mengikuti ketentuan yang ada, sehingga peserta sidang dapat mempersiapkan dirinya dengan baik dan mengikuti sidang TA/Skripsi dengan lancar.
Perancangan Video Safety Induction Pada PT. GMF Aeroasia Tbk Sebagai Media Informasi Keselamatan Kerja Dewi Immaniar Desrianti; Ahmad Zainudin M. N; Wendy Andriyan
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.875 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.823

Abstract

Perancangan komunikasi audio visual memiliki peran sangat penting dalam era revolusi industri 4.0 saat ini yang di dalamnya terdapat informasi dari suatu sumber yang nantinya akan digunakan untuk menginformasikan kepada satu penerima atau lebih dengan cara memvisualisasikan dan menjelaskan isi informasi kepada si penerima informasi dalam bentuk video. Dibanding dengan media informasi berbentuk media cetak, perancangan komunikasi audio visual memiliki tingkat efektifitas yang lebih baik dalam memberikan informasi, karena akan memberikan gambaran langsung mengenai informasi yang ingin disampaikan. PT GMF AeroAsia Tbk adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang Maintenance, Repair, and Overhaul yang akan dihadapkan langsung dengan mesin-mesin pesawat. Menurut Analisa permasalahan yang terjadi, PT GMF AeroAsia Tbk perlu adanya media informasi mengenai keselamatan kerja yang menggambarkan suasana kerja secara langsung yang nantinya akan digunakan untuk pelengkap media penunjang informasi dan sebagai pembaharuan data yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memelihara pegawai yang bekerja di PT GMF AeroAsia Tbk sebagai bentuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja.
Desain Majalah Guna Media Penunjang Informasi Pada PT. Pramesta Baja Utama Vina Vijaya Kusuma; M. Ifran Sanni; Rifqi Irfan Maulana. S
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (635.068 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.827

Abstract

Setiap perusahaan pada umumnya, baik perusahaan swasta maupun pemerintah mengharapkan dapat menciptakan media promosi yang bagus dan dapat di lihat oleh masyarakat luas. Mengingat pentingnya media promosi PT. Pramesta Baja Utama membuat desain majalah yang hasilnya nanti akan di berikan kepada calon customer, agar calon customer tertarik dengan produk yang ada di PT. Pramesta Baja Utama. Adapun metode yang di gunakan untuk membuat majalah tersebut menggunakan aplikasi photoshop CS6.
Media Video Iklan Dengan Teknologi Sistem CCTV Sebagai Promosi Pada PT. Lamjaya Inovasi Komputindo M. Puad Abdul Baqi; Anita Restuintina; Brian Reega Pantarezi
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.374 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.828

Abstract

Perkembangan teknologi di Indonesia saat ini sudah semakin modern. Sebagian besar masyarakat hampir tidak terlepas dari penggunaan barang elektronik setiap harinya terutama yang terhubung dengan internet, yang berarti pertukaran suatu informasi saat ini dapat terjangkau hampir ke seluruh daerah. Penyebaran informasi dengan internet ada beberapa macam seperti teks, gambar, foto, suara, video dan audio visual. Dari berbagai macam tersebut yang paling efektif adalah menggunakan audio visual. Mengambil data dari informasi umum tersebut, dalam penelitian ini peneliti melakukan suatu perancangan media video iklan produk pada PT. Lamjaya Inovasi Komputindo, yaitu tentang teknologi sistem CCTV (Closed Circuit Television) sesuai bidang perusahaan sebagai promosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media promosi yang lebih menarik, efektif dan efisien. Sebelumnya media promosi yang digunakan adalah seperti website, pameran dan media video contoh dari CCTV secara langsung (demo video) yang di-upload di social media, tanpa adanya penjelasan informasi melalui audio dan instruksi untuk membuat calon customer menjadi lebih tertarik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai salah satu manager pada divisi technical perusahaan. Hasil analisis memunculkan konsep video iklan dengan mengambil tema futuristic menggunakan aplikasi penunjang Adobe After Effects CC 2015 dan Adobe Premiere Pro CC 2015. Perancangan dilakukan dengan konsep produksi media, yang diantaranya ada preproduction, production dan postproduction. Hasil dari konsep video iklan yang dirancang ini dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan minat dan target dari produk PT. Lamjaya Inovasi Komputindo.
Video Profile Promosi Dan Informasi Pada SMK Tunas Harapan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Wahyu Hidayat; Gustina .; Mukhlisin .
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1026.111 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.829

Abstract

SMK Tunas Harapan Pasar Kemis sekolah kejuruan yang mempunyai berbagai kejuruan, mendapatkan ilmu sesuai bidang yang diinginkan dan untuk menjawab kebutuhan dunia industri terhadap kompeten di bidangnya masing-masing. Projek menggunakan aplikasi pendukung agar projek tersebut jadi dan bisa di minati oleh masyarakat penunjang maka dari ituh karena kebutuhan tersebut penulis melakukan perancangan video yang dituangkan dalam tanpa adanya penjelasan informasi melalui audio dan instruksi untuk membuat calon customer menjadi lebih tertarik. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai kepala sekolah. Hasil analisis memunculkan konsep video profile dengan mengambil tema futuristic menggunakan aplikasi penunjang adobe premier pro CS6 dan Adobe Photoshopp CS6. Perancangan dilakukan dengan konsep produksi media, yang diantaranya ada preproduction, production dan postproduction. Hasil dari konsep video profile yang dirancang ini dimanfaatkan untuk dapat meningkatkan minat dan target dari profile SMK Tunas Harapan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang.
Media Desain Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada SMK Excellent 1 Tangerang Sugeng Widada; Karunia Suci Lestari; Nur Yahya Ibrahim
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.363 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.830

Abstract

Perkembangan komputer saat ini sangat pesat termasuk dalam media komunikasi visual. Banyak orang yang membuat berbagai jenis desain seperti brosur, spanduk, banner, papan nama dan jenis desain lainnya untuk membuat orang tertarik. Desain produk tersebut sering digunakan oleh sekolah untuk mempromosikan sekolah tersebut. Desain grafis atau rancangan grafis merupakan suatu proses komunikasi yang menggunakan tulisan, bentuk dan gambar yang bertujuan untuk menghasilkan suatu informasi yang akan di sampaikan. Maksud dari desain komunikasi visual tersebut adalah agar dapat digunakan untuk mempromosikan SMK Excellent 1. SMK Excellent 1 merupakan sekolah pendidikan formal untuk semua agama. Media promosi yang digunakan SMK Excellent 1 belum terbarui secara informasi karena masih menggunakan brosur. Dengan adanya penelitian ini media promosi untuk SMK Excellent 1 akan dikembangkan media promosinya berupa spanduk dan banner agar media promosi tersebut dapat menarik perhatian dan mudah di mengerti masyarakat untuk mengetahui informasi sekolah SMK Excellent 1, agar dapat dikenal lebih luas di lingkungan masyarakat dan menambah jumlah siswa atau siswi baru di tahun ajaran berikutnya. Metode penelitian ini dibuat menggunakan metode observasi, metode wawancara dan studi pustaka. Pengembangan media desain komunikasi visual menggunakan aplikasi Adobe Photoshop CS3.
Desain Media Promosi Dan Komunikasi Pada Yayasan Al-Fityan School Tangerang Diah Aryani; Jumilah Andriati; Suratna Sudirja
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.855 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.837

Abstract

Pada dasarnya perkembangan teknologi dan informasi kini maju begitu pesat. Informasi dan sosialisasi visual sangatlah penting bagi perusahaan ingin mensosialisasikan media komunikasi kepada masyarakat sehingga adanya persaingan untuk membuat media produk yang lebih menarik. Tujuan untuk memberikan daya tarik masyarakat dalam mempromosikan media produk. Yayasan Al-Fityan School Tangerang menggunakan konsep Desain yang terdapat tahapan Perencanaan Media, Perencanaan Pesan dan Perencanaan Visual, adapun manfaat dari penelitian pengajuan perancangan media-media yang dibutuhkan kepada masyarakat.
Perancangan Media Katalog Sebagai Penunjang Promosi Dan Informasi Pada PT. Citra Surya Selaras Anita Bawaiqki Wandanaya; Erick Febriyanto; Devi Iswara
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1507.632 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.842

Abstract

Media promosi dan informasi merupakan media yang sangat berpengaruh serta berperan penting dalam perkembangan pada dunia usaha yang semakin besar dan ketat dalam persaingan. Media komunikasi visual berbentuk desain katalog yang informatif merupakan sebuah cara yang bisa dijadikan sebagai tanda pengenal dalam melakukan komunikasi dan mempromosikan suatu produk perusahaan untuk memudahkan konsumen mencari produk atau jasa yang dibutuhkan. PT. Citra Surya Selaras sangat memerlukan media desain berbentuk katalog yang menginformasikan seluruhan produk unggulan yang ditawarkan dengan lebih lengkap dan terperinci agar dapat menarik minat para klien dan konsumen. Oleh karena itu peneliti membuat media desain berbentuk katalog pada PT. Citra Surya Selaras agar informasi produk atau jasa yang dijual lebih mudah diketahui sehingga sistem promosi menjadi lebih kreatif dan efektif, dengan menampilkan berupa gambar-gambar produk yang menarik dan lengkap dengan susunan warna harmonis serta kalimat yang menjelaskan deskripsi dari produk-produk yang ditawarkan., Media katalog ini diharapkan dapat meningkatkan citra/image pada perusahaan. Dalam penelitian menggunakan sebuah metode analisa permasalahan, pengumpulan data, perancangan media dan konsep desain meliputi layout kasar, layout komprehensif, serta final artwork. Untuk menghasilkan desain dengan tampilan yang bagus dan menarik, media desain katalog ini dibuat menggunakan software penunjang desain seperti CorelDRAW X6 dan Adobe Photoshop CS6.
Desain Majalah Berbentuk Informasi Dan Promosi Pada PT. Prabayksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang Desy Apriani; Khaerul Saleh; Allex Sandra Willyan
Jurnal MAVIB Vol 1 No 1 (2020): MAVIB Journal - Februari 2020
Publisher : Universitas Raharja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1015.088 KB) | DOI: 10.33050/mavib.v1i1.868

Abstract

Pada dasarnya kemajuan teknologi informasi kian hari semakin pesat, informasi bisa didapat melalui media cetak dan media elektronik. Informasi berperan penting, dengan informasi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi, khususnya media cetak berbentuk design majalah dalam hal ini PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang sangat memerlukan media majalah untuk dapat mudah memuat informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu penulis membuat media majalah pada PT Prabayaksa Surya Albantani Kabupaten Tangerang agar informasi mudah diketahui dan sistem promosi menjadi lebih efektif dan menarik diharapkan dapat meningkatkan citra dan promosi pada perusahaan. Dengan demikian dengan menghasilkan desain yang menarik media majalah ini dibuat menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop CS6.