cover
Contact Name
Hasrul Rahman
Contact Email
hasrul.rahman@pbsi.uad.ac.id
Phone
+6285725773388
Journal Mail Official
jurnal.genre@pbsi.uad.ac.id
Editorial Address
Jalan Kolektor Ring Road Selatan, Tamanan Banguntapan Bantul Yogyakarta
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
ISSN : -     EISSN : 27162613     DOI : https://doi.org/10.26555/jg.v2i2.3918
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) merupakan jurnal ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal ini menerbitkan hasil penelitian mahasiswa yang berhubungan dengan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya. Jurnal ini terbit 2 kali setahun, Agustus, dan Februari. E-ISSN = 2716-2613. Jurnal ini bertujuan untuk menampung hasil penelitian mahasiswa Prodi PBSI, UAD dan di luar UAD yang memiliki jalinan kerja sama. Ruang lingkup jurnal ini adalah mahasiswa perguruan tinggi pada prodi PBSI yang berkerja sama dengan UAD. Fokus jurnal ini adalah pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, kajian linguistik dan pengajarannya, serta kajian sastra dan pengajarannya.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)" : 11 Documents clear
KRITIK SOSIAL PADA NOVEL Dilan : dia adalah Dilanku Tahun 1990 KARYA PIDI BAIQ Naomi Natalia Pangaribuan; Netti Vera br Ginting; Rini Wulandari br Purba; Parsaoran Aritonang; Annisa Annisa
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1051

Abstract

This research title is  SocialCriticism in the Novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" by Pidi Baiq. The aim of this study is (1) To find out the social criticism contained in the novel, (2 ) To find out the results of the social criticism analysis contained in the novel. This research is included in library techniques and content analysis. The method used is descriptive qualitative research methods. Data sources used in this study is the text of the novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" by Pidi Baiq, the second print in 2016 and published by Pastel Books Bandung. The study used a sociological literary approach that considered social aspects to better understand the social symptoms contained in the novel "Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990" which focused on issues related to social criticism.The results of this study are aimed at the world of education, especially among adolescents who are still educated in schools which cause various  social problems that occur in the midst the environment of society. As for social criticism found in the novel " Dilan: dia adalah Dilanku Tahun 1990", that is social criticism of juvenile delinquency in school, criminalization, attitudes and behavior, educators (teachers), power, and injustice and low.
ASPEK KOHESI GRAMATIKAL DAN LEKSIKAL PADA KARANGAN EKSPOSISI KELAS X SMA NEGERI 1 LAGUBOTI KABUPATEN TOBA SAMOSIR T.A 2018\2019 Kristiana Sinambela; Trisna Simanjuntak; Sadieli Telaumbanua
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1054

Abstract

Penelitian ini berjudul Kohesi Gramatikal dan Leksikal dalam karangan Eksposisi kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Kabupaten Toba Samosir T.A 2018/2019.Penelitian ini diangkat untuk mendeskripsikan Aspek Kohesi Gramatikal dan Leksikal pada karangan Eksposisikelas X SMA Negeri 1 Laguboti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Penelitian ini dilaksanakan mulai November 2018-Oktober 2019. Data dalam penelitian ini adalah tulisan Karangan Eksposisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi teori.Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penyusunan laporan. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Karangan Eksposisi pada Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti terjalin dengan adanya aspek gramatikal dan leksikal. Sehingga makna yang dihasilkan dari perpaduan tersebut dapat dipahami oleh pembaca. Dengan kata lain, keterkait-an antarkalimat dinyatakan dengan unsur gramatikal. Karangan eksposisi yang kohesif akan menunjukkan hubungan yang jelas antara satuan bentuk yang satu dan yang lain, sehingga makna teks menjadi jelas dan utuh.
ANALISIS PENDIDIKAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI-BIDADARI SURGA KARYA TERE LIYE Netty Nova Sari Sipayung; Ramadhan Saleh Lubis; Nenci Sibagariang; Roen Martani Matanari
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1055

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter pada siswa melalui analisis novel Bidadar-Bidadari Surga. Kondisi karakter peserta didik pada saat ini masih rendah dan menyimpang. Banyak faktor yang menjadikan suatu karakter anak itu rendah, yaitu ; faktor lingkungan, faktor keluarga, dan faktor penyalahgunaan alat media.Adapun contoh penyimpangan karakter anak didik pada masa sekarang ini seperti : tawuran, bolos, gampang melakukan hal pada saat emosi, membully kawan sekelas, dan menonton situs-situ yang tidak pantas. Sebagai generasi penerus bangsa, anak didik diharapkan memiliki karakter yang baik terhadap segala hal. Untuk mendapatkan hasil analisis, peneliti dalam melakukan peneleti an ini menggunakan Jenis Penelitian adalah penelitian pustaka atau librarary research. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh nilai karakter yang terkandung dalam novel Bidadari-Bidadari Surga Karya Tere Liye meliputi nilai : (1) religius (2) jujur (3) toleransi (4) disiplin (5) kerja keras (6) kreatifitas (7) mandiri (8) demokratis (9) rasa ingin tahu (10) cinta tanah air (11) menghargai prestasi (12) komunikatif (13) cinta damai (14) membaca (15) peduli lingkungan (16) peduli sosial (17) tanggung jawab. Kata kunci : Nilai-nilai Karakter, Pendidikan, Novel
Analisis Nilai-nilai Multikultural Dalam Novel Assalamualaikum Beijing Karya Asma Nadia Weni Fatmawati; Ramadhan Saleh Lubis; Fitri Juniati Sinaga; Ratnauli Sipayung; Wilda Deratih M
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1056

Abstract

This research is entitled Analysis of Multicultural Values in the novel Assalamualaikum Beijing. This study aims to (1) know multicultural values (2) describe the multicultural values contained in the novel Assalamualaikum Beijing. The main data source in this study is the Assalamualaikum Beijing novel published in 2013 by Asma Nadia with a thick 360-page book. The novel was chosen because the content of the story presented was very interesting giving fresh meaning to the state of multicultural value difference in Beijing with in Indonesia. The focus of this study is related to Multicultural values found in the Assalamualaikum Beijing novel. The research method used is a qualitative descriptive method. Data collection techniques used in this study are using library techniques and content analysis (analysis content). The results of this study are aimed at the public that the multicultural values contained in the Assalamualaikum Beijing novel include values of tolerance, democratic values, religious values, and cultural values. The researcher conducts this research with the aim that the public realize the importance of multiculturalism values such as tolerance values, democratic values, religious values, and cultural values applied in life.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS VII SMP GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Mesrani Nduru; Monika Magdalena Sinaga; Lidya Christmawanti Sinaga; Ermina Waruwu
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1057

Abstract

This study aims to determine the quality of the process, the quality of results and the improvement of learning to write fables using picture and picture learning model. The problem of the research arose when the researcher interviewed Indonesian teachers in class VII-A of the GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL Middle School that the student's learning outcomes were still low 75 and still not reached the minimum completeness criteria. To answer the problems of the research, researchers conducted research using picture and picture learning models in improving student writing learning. The researcher used an action classroom research approach and used data collection methods by means of observation and tests. The research instrument consists of guidelines for observing observations for both students and researchers and guidelines for evaluating student work in writing fable stories. The research subjects (respondents) were the GLOBAL PRIMA NATIONAL PLUS SCHOOL. The data were analyzed by qualitative descriptive analysis techniques and quantitative descriptive analysis. Based on the methodology of the research, result of the research were obtaineda) Cycle I (one) with classical completeness quality process 74.07%, quality of result 59.25% and the quality of researchers using 45% learning models, b) Cycle II (two) with quality process classical completeness 88.88%, quality of results 92.59% and the quality of researchers using the learning model to be 100%. There is an increase in learning, namely an increase in process and student learning outcomes from cycle I, 59.25% to cycle II being 92.59%, with a increase percentage of 33.34%. Therefore the model of picture and picture learning model can help improve the learning process so that learning objectives are maximized.
Eksperimentasi Model Pembelajaran Quantum Learning Berbasis Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Puisi Imam Kisnanto; Muhamad Sholehhudin; Joko Setiyono
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1058

Abstract

This research aims to determine whether the Quantum Learning model based on the Scientific approach can provide better learning outcomes rather than direct learning model. This research is a quasi experimental research with matching static group comparison design. The research instrument used to obtain data is in the form of documentation and test. The calculation of the hypothesis test the value of tcount > ttable where tcount = 1.83 and ttable = 1.68 at the significant level of 5% with dk=50. The conclusions from the analysis of the hypothesis test is that the Quantum Learning model based on Scientific approach provides better learning outcomes than students who were taught using direct learning models.
KESALAHAN BERBAHASA PADA JURNAL KARIMAH PERIODE AGUSTUS 2017 DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN KARYA ILMIAH DI SMA KELAS XI Dhara Morizkavenlia; Sudarmini Sudarmini
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1060

Abstract

Jurnal adalah salah satu media yang menggunakan bahasa formal. Namun, ada kalanya penulisan yang terdapat dalam jurnal tidak sesuai dengan ketentuan. Terdapatnya kesalahan-kesalahan menulis dalam sebuah jurnal seolah menjadi bukti bahwa tidak semua orang mampu menulis dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan sintaksis dalam Jurnal Karimah Periode Agustus 2017, kesalahan ejaan dalam Jurnal Karimah Periode Agustus 2017, dan kaitan kesalahan berbahasa pada Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dengan pembelajaran karya ilmiah di SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dan objek berupa kesalahan berbahasa. Metode pengumpulan data yaitu metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Instrumen pengumpulan data adalah human intrument dengan alat bantu kartu data dan tabulasi data. Metode analisis data menggunakan metode padan ortografi dengan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) untuk meneliti kesalahan ejaan dan metode agih dengan teknik lesap serta teknik ganti untuk meneliti kesalahan sintaksis. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: (1) kesalahan sintaksis terdiri dari kalimat berstruktur tidak baku 8 data, kalimat ambigu 4 data, kalimat yang tidak jelas 26 data, kontaminasi kalimat 16 data, koherensi 1 data, dan penggunaan kata mubazir 79 data; (2) kesalahan ejaan terdiri dari penulisan kapital 46 data, penulisan huruf miring 29 data, penulisan kata 135 data, penulisan unsur serapan 16 data, dan penulisan tanda baca 32 data; serta (3) keterkaitan antara kesalahan berbahasa pada Jurnal Karimah Periode Agustus 2017 dengan pembelajaran teks karya ilmiah terdapat pada KD 3.15 dan 4.15 serta dicantumkan pada RPP dan luaran berupa modul berjudul Memahami Kesalahan Berbahasa melalui Teks Karya Ilmiah.
Analisis Sosiologi Sastra Novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar dan Hubungannya dengan Pembelajaran Di SMA Linda Aprilia Kurniasari; Muhamad Sholehhudin; Joko Setiyono
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1061

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan dan mendeskripsikan masalah sosial yang terdapat dalam novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar, (2) mengetahui hubungan analisis sastra dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pustaka dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini bukan berupa angka, tetapi berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan. Hasil dalam penelitian ini adalah ditemukan berbagai masalah sosial yang ada dalam novel Sunyi Nirmala Karya Ashadi Siregar antara lain masalah kemiskinan, masalah kejahatan, masalah disorganisasi keluarga, masalah lingkungan hidup, dan masalah kekerasan. Selain berbagai masalah sosial, pada penelitian ini juga ditemukan hubungan hasil penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA pada kurikulum 2013.
FRASA ADJEKTIVAL DALAM RUBRIK OPINI SURAT KABAR HARIAN DAN KEDAULATAN RAKYAT EDISI OKTOBER 2017 DAN KAITANNYA DENGAN PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI KELAS VII Iswatmi Iswatmi; Sudarmini Sudarmini
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1062

Abstract

Penggunaan frasa adjektival sebagai salah satu unsur pembentuk kalimat yang terdapat dalam susunan tata bahasa sebagai salah satu komponen penting yang mempengaruhi pemahaman maksud dalam komunikasi tulis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan fungsi klausa yang diduduki frasa adjektival, pola frasa adjektival, hubungan makna antarunsur frasa adjektival, dan kaitan frasa adjektival dengan pembelajaran teks deskripsi kelas VII. Penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dilanjutkan dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Data dianalisis dengan metode agih, teknik dasar Bagi Unsur Langsung (BUL), dan teknik lanjutan lesap, ganti, dan sisip. Hasilnya, 1) Fungsi subjek sebanyak 7, fungsi predikat sebanyak 73, fungsi objek sebanyak 22, dan fungsi keterangan sebanyak 76; 2) Terdapat 24 pola frasa adjektival yang ditemukan, 9 pola lama dan 14 pola frasa adjektival baru; 3) Terdapat 7 hubungan makna antarunsur frasa adjektival dengan rincian, penjumlahan sebanyak 24, pemilihan sebanyak 4, ragam sebanyak 28, negatif sebanyak 35, aspek sebanyak 17, tingkat sebanyak 56, sedangkan sebanyak 14 merupakan hubungan makna temuan baru yaitu campuran; dan 4) Penelitian ini dikaitkan dengan pembelajaran teks deskripsi kelas VII pada KD 3.2 dan KD 4.2 yang dituangkan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajara (RPP) dan modul yang berjudul Memahami Frasa Adjektival melalui Teks Deskripsi.
ANALISIS KEARIFAN LOKAL NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA Murni Cahyani; Kadaryati Kadaryati; Bagiya Bagiya
Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) Vol. 1 No. 1 (2019): JURNAL GENRE (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26555/jg.v1i1.1066

Abstract

This research aims to describe: (1) intrinsic elements; (2) local wisdom contained in the novel Bidadari Bermata Bening by Habiburrahman El Shirazy; (3) the plan to implement the learning of Bening Edged Bening novel by Habiburrahman El Shirazy in class XII of SMA. This research is a qualitative descriptive study. The results of this study concluded that (1) the intrinsic elements of the Bidadari Bering Bening novel, namely (a) themes: the major themes of the story of a woman's struggle in sustaining life, minor themes include, matchmaking, self-esteem, romance; (b) figures and characterizations: the main characters, namely Ayna and Gus Afif. Ayna is intelligent, assertive, patient and loyal, Gus Afif is intelligent, shy, responsible, humble, and independent; (c) flow: forward, (d) setting: setting, including Kanzul Ulum Islamic Boarding School, Lombok and Bait Ibni Sabil; time settings include morning, afternoon, evening and night; socio-cultural background including Javanese socio-cultural background); (e) point of view: the point of view of the all-knowing third person; (f) mandate: never put down others, never give up, and always be patient in the face of life's trials; (2) Local wisdoms in the Bidadari Bering Bening novel include (a) languages: Javanese, (b) knowledge systems: natural surroundings, natural flora, natural flora, and the characteristics and behavior of humans, (c) social organizations: systems kinship, (d) equipment of human life: food and shelter and housing, (e) livelihood system: merchants, (f) religious system: religious rituals and teachers / religious leaders, (g) arts: shadow puppets; (3) The plan for implementing novel text learning in class XII SMA based on the 2013 curriculum is contained in the basic competence 3.9 analyzing the contents of the novel and the language of the novel. The method used is a scientific-based Inquiry Learning method. Keywords: Clear-eyed Angels, intrinsic elements, local wisdom.

Page 1 of 2 | Total Record : 11