cover
Contact Name
Gabriela Laras Dewi Swastika
Contact Email
gabriela.swastika@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcalathufikom@ciputra.ac.id
Editorial Address
School of Communication Science and Media Business UC Tower Building 14th Floor, Universitas Ciputra Surabaya CitraLand CBD Boulevard, Made, Sambikerep, Surabaya City, East Java 67219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 26562057     EISSN : 26568519     DOI : https://doi.org/10.37715/calathu.v3i1.1894
Core Subject : Education,
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi membuka peluang bagi para peneliti untuk menuliskan naskah hasil penelitian dalam lingkup ilmu komunikasi, topik tidak dibatasi dan beragam, mulai dari kajian media dan budaya, periklanan, penyiaran, jurnalisme, humas, komunikasi pemasaran terpadu, ekonomi politik komunikasi, etika dan filsafat komunikasi, literasi media, komunikasi politik, komunikasi pariwisata, komunikasi lintas budaya, komunikasi kebijakan publik, komunikasi visual, komunikasi interpersonal dan organisasi, maupun studi khalayak. Naskah diharapkan mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan mampu mendorong pertumbuhan pengetahuan dalam bidang keilmuan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2019)" : 6 Documents clear
Analisis Karakteristik Differentiate Media Vlog dalam Konsep DRIP Komunikasi Pemasaran Film Hangout Agusta, Rivga
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.772

Abstract

Komunikasi pemasaran film dalam kemasan vlog di YouTube merupakan bentuk komu-nikasi pemasaran yang muncul di tengah maraknya tren vlogging. Konten atau pesan dalam media vlog merupakan salah satu elemen yang dapat menarik konsumen atau audiens. Artikel ini mengu-las mengenai karakteristik komunikasi pemasaran yang terkandung dalam konten vlog berjudul RVLOG Shooting Hangout milik public figure Raditya Dika. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep “differentiate” dari salah satu konsep komunikasi pemasaran DRIP (Differentiate, Reinforce, Inform, dan Persuade). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi untuk mengungkap karakteristik konten komunikasi pemasaran di balik data yang disajikan media vlog. Dari hasil penelitian ini disimpulkan adanya tiga aspek yang ditonjolkan pada karakteristik “differentiate” komunikasi pemasaran, yaitu: Product (Produk), Phy-sical Evidence (bukti fisik), dan People (orang atau pelaku).
Integritas Aktivis Lingkungan Hidup dalam Mewujudkan Jurnalisme Lingkungan Hidup yang Berkualitas Agustina, Dwi Pela
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.773

Abstract

Informasi lingkungan hidup menjadi isu krusial yang seyogyanya menarik untuk dibahas. Mengabarkan informasi lingkungan hidup merupakan pekerjaan mulia, akan tetapi tidak semua media memiliki informasi mengenai lingkungan hidup yang berkualitas. Hal ini karena media massa kini cenderung menjadi media populer sehingga berita lingkungan hidup kurang diminati. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengabarkan informasi lingkungan hidup yang baik dibutuhkan kepedulian khusus dalam lingkungan hidup, baik jurnalis maupun medianya. Dengan demikian tak jarang jika yang menjadi jurnalis lingkungan hidup ialah orang yang sekaligus menjadi aktivis lingkungan hidup di beberapa organisasi lingkungan hidup. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah dua orang aktivis dan jurnalis pada salah satu media daring yang khusus memberitakan berita lingkungan hidup, sehingga lewat praktik jurnalisme lingkungan hidup, aktivis dan jurnalis lingkungan hidup dapat menyalurkan informasi kepada khalayak luas dan dapat menjadi corong ketika lingkungan hidup di rusak oleh pihak-pihak yang sarat kepentingan. Dengan demikian, artikel ini hendak memaparkan secara deskriptif prinsip dasar yang melandasi naluri seorang aktivis dan juga seorang jurnalis yang rela berkecimpung demi menyelamatkan lingkungan hidup. Tulisan ini juga memaparkan pengalaman mereka dalam menulis berita ling-kungan hidup yang dapat memperlihatkan integritas dan kualitas praktik jurnalisme lingkungan hidup.
Maskulinitas dan Perempuan: Resepsi Perempuan terhadap Soft Masculinity dalam Variety Show Kartika, Sekar Hayu Rifna; Wirawanda, Yudha
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.774

Abstract

Produce 101 season 2 merupakan ragam hiburan dari Korea Selatan yang menampilkan gambaran maskulinitas yang berbeda. Definisi dominan maskulin adalah maskulin macho yang merupakan tampilan sosok laki-laki kekar serta memiliki sifat keras. Berbeda dengan macho, dalam ragam hiburan ini menyajikan tipe maskulinitas yang lebih lembut. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana khalayak memaknai soft masculinity dalam variety show. Penelitian ini menggunakan teori resepsi audiens oleh Stuart Hall. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan sampel lima perempuan usia 20, 21, dan 22 tahun. Hasil penelitian terkait soft masculinity, informan berada pada posisi yang menegosiasi. Informan menganggap laki-laki mempunyai sisi maskulin lembut selain konstruksi tipe maskulin tough atau macho. Informan menegosiasikan soft masculinity sebagai salah satu definisi maskulin. Soft masculinity dinilai tetap sebagai maskulin yang lebih menunjukkan sisi lembut. Soft masculinity dinegosiasikan sebagai konstruksi maskulin dan bukan suatu yang feminin. Informan berada pada posisi dominant reading terkait soft masculinity sebagai tren dan selera. Informan menerima soft masculinity sebagai suatu keunikan dan menjadi suatu selera maskulin. Informan sadar bahwa maskulinitas yang dibangun untuk publik menjadi salah satu dari produk budaya. Maskulin yang mereka minati adalah produk produsen budaya yang membentuk tren dan selera mereka.
Pergulatan di Balik Frekuensi: Studi Deskriptif Radio Komunitas di Jawa Tengah Sanjaya, Andreas Ryan; Pandiangan, Andreas
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.775

Abstract

Studi ini secara spesifik mengambil tema radio komunitas. Secara umum, radio mengalami dinamika pasang surut karena berbagai persoalan yang dihadapinya. Secara khusus, radio komunitas juga mengalami persoalan yang selalu berkaitan dengan ciri-ciri khusus yang membedakan dirinya dari radio komersil. Peneliti menggali informasi dari 20 (dua puluh) pengelola radio komunitas yang tergabung dalam Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) di Jawa Tengah. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan studi kasus. Data didapatkan melalui wawancara kepada setiap pengelola radio komunitas tersebut. Secara ringkas ditemukan beragam persoalan radio komunitas yang berakar pada beragamnya jenis dan motif dari komunitas tersebut, misalnya petani dan warga daerah rawan bencana. Radio komunitas juga menghadapi persoalan manajemen, pendanaan, partisipasi masyarakat, serta dukungan dari pihak ketiga.
Peran Psikologi Komunikasi dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik: Studi Kasus Proses Bimbingan Konseling di SMK Kesehatan Widya Dharma Bali Putri, Niluh Wiwik Eka
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.776

Abstract

Peran psikologi komunikasi sangat penting dalam memberikan saran dan masukan terkait permasalahan yang dialami oleh peserta didik. Mereka berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu, broken home, ataupun ketidaksempurnaan secara fisik. Kondisi inilah yang mem-buat siswa mengalami gangguan mental, kesulitan beradaptasi, cenderung menunjukkan perilaku yang kurang baik untuk mencari perhatian, serta sulit untuk mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Adapun metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dari orang dan prilaku yang dapat diamati. Adapun hasil yang diperoleh antara lain untuk mengatasi permasalah peserta didik diperlukan komunikasi yang efektif yakni mengemas komunikasi secara efektif dengan perhatian, minat, hasrat, keputusan, aksi/tindakan, dan kepuasan. Peran psikologi komunikasi juga bisa mengubah opini siswa yang mengalami permasalahan terhadap sesuatu hal, mengubah sikap siswa yang mengalami permasa-lahan terhadap obyek atau subyek tertentu, serta mengubah perilaku yang mengalami permasala-han terkait dengan pengetahuan, persepsi, dan sikapnya.
Peran Perempuan Adonara dalam Budaya Upacara Perhelatan: Studi Fenomenologi Peran Perempuan Adonara pada Pernikahan dan Kematian Desire ED, Maria Yosephine; Kedoh, Lodowik Nikodemus
Calathu: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 1 No 1 (2019)
Publisher : School of Communication Science and Media Business

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/calathu.v1i1.777

Abstract

Peran perempuan Adonara jika dilihat dari mata masyarakat luar tidak banyak memiliki kontribusi dalam kehidupan bermasyarakat karena sistem patriaki yang sangat kuat dianut oleh masyarakat Adonara. Akan tetapi, masyarakat Adonara sendiri mempercayai bahwa perempuan adalah sumber dari setiap individu manusia. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan menjelaskan mengenai fenomena realitas peran perempuan Adonara dalam perhelatan pernikahan dan kematian dengan sedalam-dalamnya serta didukung dengan data lain, seperti dokumentasi dan hasil observasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai fenomena realitas peran perempuan Adonara dalam perhelatan pernikahan dan kematian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses upacara adat dari perhelatan pernikahan dan kematian di Adonara, dapat dilihat dari peran perempuan dalam mempersiapkan hantaran seperti sarung tenun, selendang atau kain dalam upacara pernikahan dan kematian serta peran perempuan sebagai bine yang mempunyai kewajiban untuk membantu saudara laki-lakinya dengan membawa hewan seperti babi atau kambing dalam upacara kematian.

Page 1 of 1 | Total Record : 6