cover
Contact Name
Fardan Abdillah M
Contact Email
fardan289@gmail.com
Phone
+6282188180833
Journal Mail Official
iainpasca@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sorong - Klamono Km. 17 Klablim, Kota Sorong - Papua Barat. Gedung Pascasarjana Lt. 1
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam
ISSN : 26148463     EISSN : 26153734     DOI : 10.47945
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Transformasi (P-ISSN : 2614-8463 E-ISSN :2615-3734 ) merupakan jurnal yang berfokus pada kajian Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, meliputi model-model, gaya, sistem, perilaku dan budaya kepemimpinan dan pendidikan Islam, serta keterkaitan kepemimpinan pendidikan Islam, berupa hasil field research maupun library research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan " : 6 Documents clear
PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADIS Hasbi Siddik; Muhmmad Satir
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.324

Abstract

Hadis merupakan sabda, perbuatan, takrir dan hal-ihwal Nabi Muhammad saw., yang periwayatannya berbeda dengan Alquran. Untuk Alquran, semua periwayatan ayatayatnya berlangsung secara mutawatir, sedang untuk hadis Nabi, sebagian periwayatannya berlangsung secara mutawatir dan sebagian lagi berlangsung secara ahad. Di samping sebagai sumber hukum Islam kedua setelah Alquran, dilihat dari segi fungsinya, hadis merupakan bayan tafsir terhadap Alquran. Hadis merupakan sumber hukum Islam, maka kandungan dan bahasannya meliputi berbagai aspek, termasuk di antaranya adalah aspek pendidikan. Begitu halnya jika hadis dilihat dari segi fungsinya sebagai penjelas dari ayat ayat Alquran, maka pembahasan mengenai pendidikan adalah salah satu hal penting dan mendapat perhatian cukup besar dalam ajaran Islam.
TRANSFORMASI PENCATATAN PERKAWINAN TERHADAP ISBAT NIKAH DI INDONESIA DALAM TINJUAN MASLAHAH Iskandar Iskandar; Sudirman Sudirman
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.325

Abstract

Fokus penelitian ini adalah isbat nikah dalam tinjauan maslahah. Dengan menggunakan metode penelitian diskriktif kualitatif. Isbat nikah jika dikaji dari segi maslahah maka akan menempatkan isbat nikah pada segi maslahah hajjiyyah. Hal ini didukun dari segi tingkatan kemaslahatannya. Suatu pernikahan tidak akan bias menemukan kebahagiaan yang sempurna jika pemenuhan hajjiyah dalam pernikahan tersebut tidak terpenuhi. Terlebih lagi isbat nikah merupakan suatu cara untuk pemenuhan administrasi dalam meregistrasi ulang pernikhan yang pernah dilakukan.
PENGEMBANGAN RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER Ibnu Chudzaifah; Afroh Nailil Hikmah
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.326

Abstract

Character education has a higher meaning than moral education, because character education is not only related to right and wrong problems, but how to instill habits (habituation) about things that are good in life, so that students have high awareness, sensitivity, and understanding , as well as concern and commitment to apply virtue in everyday life. Thus it can be said that a person with character is a person's nature in responding to situations in a moral way, manifested in real action through good behavior, honesty, sincerity, responsibility, respect for others and other noble character values. Therefore, as a teacher, it should be able to apply character education to the learning process. In this paper, the authors offer ideas or concepts in the preparation of a comprehensive character education based learning plan (RPP).
PENGARUH PENGGUNAAN METODE LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERCAKAPAN SEHARI-HARI SISWA MA. SULTAN HASANUDDIN, KECAMATAN BAJENG, KABUPATEN GOWA Fardan Abdillah
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.340

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan metode langsung dalam meningkatkan keterampilan percakapan sehari-hari siswa MA. Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab berpengaruh pada peningkatan keterampilan percakapan seharihari siswa di MA. Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, hal ini dilihat dari hasil post test dan mengalami peningkatkan jika dibandingkan dengan pre test. Kemudian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode langsung berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan percakapan sehari-hari siswa MA Sultan Hasanuddin, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Secara rinci keterampilan percakapan sehari-hari siswa di MA Sultan Hasanuddin. Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, sebelum menerapkan metode tersebut berada pada kualifikasi "baik", sedangkan setelah menerapkan metode tersebut berada pada kualifikasi “sangat baik”. Oleh karena itu, penerapan metode langsung berpengaruh pada peningkatan keterampilan percakapan sehari-ha
SEJARAH TRANSFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Ma’mum Aly
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.341

Abstract

This paper examines the history of the transformation of Islamic education in Indonesia according to Ariel Furchan. As a study of literature, then this article refers to the work of Ariel Furchan titled Transformation of Islamic Education in Indonesia: Anatomy Existence Madrasah and PTAI. However, this study is the discussion about Islam in general education from the historical aspect before the colonial Dutch, the Dutch colonial era occur until after the independence of the Republic of Indonesia. The conclusions from this discussion is that the Islamic education of transformation occurred as a result of the dialectic of Islamic education with a phenomenon that occurs or context, both Dutch-style education system, as well as the presence of the Indonesian Communist Party, and even the challenges of globalization and the character of the nation itself. The transformation of Islamic education should be accompanied by the availability of qualified human resources, so that the transformation of Islamic education can work together in every process.
PERAN KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI PENDIDIKAN Rachmad Sobri
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2019): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v3i1.347

Abstract

This article discusses changes in Islamic education organizations, who raised the role of Islamic education leadership in the change management of mini research education organizations at MTs Al-Mujahirin Patuk Yogyakarta. Basically every organization will make changes in the body of the organization is logical and formal. Good organizational change is a systemic and planned change and requires a top leader to drive a change and be suported by elements within it.

Page 1 of 1 | Total Record : 6