cover
Contact Name
Fardan Abdillah M
Contact Email
fardan289@gmail.com
Phone
+6282188180833
Journal Mail Official
iainpasca@gmail.com
Editorial Address
Jalan Sorong - Klamono Km. 17 Klablim, Kota Sorong - Papua Barat. Gedung Pascasarjana Lt. 1
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan Islam
ISSN : 26148463     EISSN : 26153734     DOI : 10.47945
Core Subject : Religion, Education,
Jurnal Transformasi (P-ISSN : 2614-8463 E-ISSN :2615-3734 ) merupakan jurnal yang berfokus pada kajian Kepemimpinan dan Pendidikan Islam, meliputi model-model, gaya, sistem, perilaku dan budaya kepemimpinan dan pendidikan Islam, serta keterkaitan kepemimpinan pendidikan Islam, berupa hasil field research maupun library research.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan " : 6 Documents clear
KEPEMIMPINAN LELAKI SASAK DALAM NOVEL LALU KARYA RANDA ANGGARISTA (KAJIAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL) Lalu Nasrulloh; Alif Hasanah
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.389

Abstract

Penelitian yang berjudul Kepemimpinan Lelaki Sasak dalam Novel “Lalu” Karya Randa Anggarista (Kajian Kepemimpinan Transformasional) ini membahas tentang isu yang tidak akan pernah bosan untuk diperbincangkan. Apalagi isu yang ada dalam penelitian ini merupakan suatu hal yang sangat layak untuk dimunculkan. Kajian tentang model atau gaya kepemimpinan lelaki Sasak dapat dikatakan cukup memberikan pandangan bagi semua orang yang ingin mengetahui ciri khas kepemimpinan orang Sasak. Dalam novel Lalu karya Randa Anggarista ini mengungkap persoalan demi persoalan yang timbul di setiap sisi kehidupan lelaki Sasak sebagai sosok pemimpin bagi keluarga dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini yaitu novel Lalu karya Randa Anggarista yang diterbitkan oleh penerbit Sanabil pada tahun 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tahapan identifikasi, klasifikasi, interpretasi, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dalam kepemimpinan lelaki Sasak dalam novel Lalu karya Randa Anggarista ini, seperti 1) memimpin dengan menyandarkan pengharapan kepada Tuhan. 2) memimpin dengan ketegasan. 3) memimpin dengan cara memberikan motivasi. 4) memimpin dengan nasihat. 5) pemimpin yang pekerja keras. 6) memimpin dengan adil dan bijak.
PERAN ORANG TUA DAN LEMBAGA PAUD DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN AKHLAK BERBASIS KEPESANTRENAN BAGI ANAK DI MASA AWAL USIA SEKOLAH Rofia Masrifah
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.396

Abstract

Orang tua merupakan madrasah pertama bagi anak. Peran kedua orang tua yang dapat diteladani oleh anak bisa memainkan peran vital dalam setiap tahap pendidikan seorang anak. PAUD merupakan pendidikan yang paling fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Pendidikan anak usia dini harus dipersiapkan secara terencana dan bersifat holistik agar dimasa emas perkembangan anak (Golden Age) mendapatkan distimulasi yang utuh, sehingga mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak. Kebanyakan para orang tua dalam memulai proses masuk ke lembaga pendidikan untuk anaknya, mengabaikan pendidikan anak usia dini. Padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak, pendidikan sejak usia dini mutlak diperlukan. Pendidikan akhlak adalah pembentukan perilaku baik yang menumbuhkan nilai moral kepada manusia yang akan mempengaruhi tingkah laku manusia tersebut. Didalam era 4.0 ini sangat penting dibentuknya akhlak-akhlak mulia mulai dari anak usia dini karena tidak dapat kita pungkiri pada saat ini telah banyak kasus-kasus yang diperankan anak usia dini seperti halnya, terpengaruhnya kepada dunia gadget , membangkang kepada orang tua, bullying hingga kasus pembunuhan yang dilakukan oleh anak usia dini. Kasus seperti ini perlu kita amati dan segera ditumpaskan karena mereka adalah generasi bangsa Indonesia.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK MULIA DI PONDOK PESANTREN SAWABIQUL HIMAM NGROTO CEPU BLORA Imam Fatoni
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.413

Abstract

Abstract This study aims to describe and analyze the implementation of noble character education and its supporting and inhibiting factors. The research approach is qualitative which is carried out at Sawabiqul Himam Ngroto Islamic Boarding School with the research subjects being Islamic boarding school caregivers and religious teachers. For data collection, interviews, observations, documentation and focus group discussions were conducted. The data analysis techniques of this research are data reduction, data display and data verification and then draw conclusions from the data that has been presented in stages to become research findings. This paper concludes that the caretakers of the Islamic boarding school and the ustad have tried to implement noble character education to the students, both from the aspect of exemplary education, habituation, attention, giving advice, and educating punishment. Supporting factors are the caregivers of the Islamic boarding school who seek to socialize the vision and mission of the Islamic boarding school to the residents of the boarding school and the cooperation between the ustad and other components. The inhibiting factor is the inadequate prayer room and the allocation of funds for Islamic boarding school activities. Keywords: Implementation, Education, Noble Morals
تحليل الإرتبات بين مهارات تعلم اللغة العربية وقراءة القرآن لدي طلاب بابوا المسلمي الأصليين في بابوا الغربية Fardan Abdillah M.
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.425

Abstract

تجريد البحث: هذا البحث يبحث عن تحليل الارتباط بين تعلم اللغة العربية والمهارة على قراءة القرآن لدى طلاب بابوا المسلمي الأصليين. استخدم الباحث لمناهج البحث هو وصفي كمي ،بمعنى أن موضوعية هذا التصميم البحثي تتم باستخدام أرقام المعالجة الإحصائية والهياكل والتجارب المضبوطة. بالنظر إلى السكان والعينة ، فإن هذا البحث هو بحث سكانية، لأنه يشمل موضوع البحث، هم الطلاب المسلمين من بابوا. استخدمت تقنيات جمع البيانات الاستبيانات والملاحظات والاختبارات والتوثيق. تم تحليل البيانات التي تم الحصول عليها باستخدام الإحصاءات الكمية. بناءً على التحليل الكمي المترابط لنتائج البحث ، فإن هناك تأثيرًا بين تعلم اللغة العربية والمهارة على قراءة القرآن لدى طلاب بابوا المسلمي الأصليين. كما يتبين من نتائج حساب معامل الارتباط وهو 0.496 فإن القيمة تقع في الفترة 0.41-0.71 لذلك يمكن استنتاج أن المتغيرين X (تعلم اللغة العربية) و Y (المهارة على قراءة القرآن) لهما ارتباط معتدل أو كاف. من المتوقع أن تقدم نتائج هذا البحث مساهمة إيجابية في معرفة المحاضرين والمعلمين والطلاب وأولياء الأمور والباحثين الآخرين بأن مستوى إتقان دروس اللغة العربية يمكن أن يؤثر على مهارة قراءة القرآن.
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN KOGNITIF DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD INPRES BANGKOWA KECAMATAN BIRINGBULU KABUPATEN GOWA muhammad firdaus duddin
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.426

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar aspek kognitif dan sikap keagamaan siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam siswa di SDN Inpres Bangkowa Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode dokumentasi, angket/ kuesioner, interview dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunukkan bahwa, 1) Hasil belajar aspek kognitif dari analisis angket penelitian yaitu sebesar 0,531 dan hasil korelasi antara kedua variabel tersebut diuji dengan menggunakan taraf signifikasi 1% maupun 5%. Pada taraf signifikasi 1% bagi variabel dengan jumlah siswa 23 didapat dari tabel r1 5%; 0,413 dan r1: 0,526 sedangkan rxy : 0,531. Dengan demikian rxy lebih besar dari pada rt (rxy > rt) baik 1% maupun 5%. Jadi ada korelasi yang tinggi antara kedua variabel tersebut. Variabel hasil belajar Pendidikan Agama Islam mempunyai hubungan yang tinggi terhadap siswa. Dari fakta tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis yang penulis ajukan berbunyi : “Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan kognitif dan sikap keagamaan siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Inpres Bangkowa Kabupaten Gowa dapat diterima.
IMPLEMENTASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA AL MUHAMMAD CEPU Sariman Sariman
Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2021): Transformasi : Jurnal Kepemimpinan & Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47945/transformasi.v4i2.428

Abstract

An important role in academic supervision at MA Al Muhmmad Cepu is an effort to improve the quality of education at madrasas, researchers use exploratory case study research methods, through observation, interviews, and document studies on the implementation of supervision at MA Al Muhammad Cepu, the data is analyzed descriptively. The results of the study are; 1. In carrying out supervision, the madrasah principal makes plans, schedules, and instruments, and implements the principles of supervision. 2. The implementation of educational supervision in improving the quality of education at MA Al Muhammad Cepu encounters various problems the kinds of problems include Human Resource Problems, Funding Problems, Facilities and Infrastructure, and the Commitment Problem of the Ministry of Religion

Page 1 of 1 | Total Record : 6