cover
Contact Name
Riki
Contact Email
lensa@jurnalunpri.ac.id
Phone
+6281807834703
Journal Mail Official
lensa@jurnalunpri.ac.id
Editorial Address
Jl. Kampus Pramita, Binong, Kec. Curug, Tangerang, Banten 15810, Indonesia |
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Lensa
ISSN : 08547904     EISSN : 28078101     DOI : -
Dalam setiap terbitnya Lensa mencakup tiga displin ilmu sesuai dengan Fakultas yang tersedia di Universitas Pramita Indonesia , yaitu : Ilmu Sosial dan Politik, Ekonomi & Bisnis dan Sains & Teknologi. Journal Lensa developed with the aim of accommodating the scientific work of Lecturers, both the results of scientific papers and research in the form of literature study results.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15 No 2 (2021)" : 7 Documents clear
Strategi Pengadaan Dan Pembiayaan Vaksin Covid-19 Di Indonesia Andi Azikin; Yoyok Cahyono
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.9

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pemerintah Indonesia dalam pengadaan dan pembiayaan vaksin Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Desain penelitian deskriptif yang digunakan adalah studi literatur. Hal ini terkait dengan situasi pandemi COVID-19 yang membatasi penelitian dalam pendataan. Studi pustaka (literature review) merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah buku, majalah yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Dengan segala keterbatasan APBN 2020 (defisit 956,3 triliun atau 6,09 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), pemerintah harus mempersiapkan program pengadaan vaksin dan strategi pembiayaan untuk 182 juta orang yaitu 70% dari jumlah penduduk yang harus divaksiniasi, sesuai dengan rekomendasi dari WHO (World Health Organization) maupun saran dari persatuan ahli pandemik agar tercapai kekebalan masyarakat atau herd immunity. Strategi pembiayaan COVID-19 adalah dari Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021, Anggaran Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Tahun 2020 yang belum dipergunakan, Pemangkasan Anggaran dari seluruh anggaran belanja Kementrian dan Lembaga (KL) dan Pembiayaan Mandiri (gotong royong). Kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 ini, mencoba menyimbangkan masalah pandemi COVID-19 dengan masalah ekonomi nasional ini dengan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, pengadaan pengadaan vaksin COVID-19 dan pembiayaan vaksin COVID-19. Kebijakan Pemerintah ini harus masif, efektif, transparan dan akuntabel
Analisis Dampak Pengembangan Produk Terhadap Penjualan Dan Klaim Kualitas Produk Pada PT. Filtrasi Indonesia Fredy Anzar
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.10

Abstract

Saat ini pengembangan produk merupakan hal penting supaya perusahaan tetap bisa bertahan dari gempuran pesaing. Banyak kasus dimana perusahaan-perusahaan yang terlambat dalam pengembangan produknya akan ditinggalkan oleh pelanggannya dan berakibat tutupnya bisnis perusahaan tersebut. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam industri manufaktur filter yang mempunyai jumlah varian produk yang sangat banyak, maka pengembangan produk dengan menambah jumlah varian produk yang sudah ada akan menjadi sangat penting. Semakin lengkap varian produk, maka kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi oleh satu merek saja dan akan mengurangi resiko pelanggan beralih ke merek lain. Dengan semakin pendeknya siklus hidup produk, maka suatu produk akan lebih cepat mengalami tahap penurunan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang selanjutnya diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan produk dengan menambah jumlah varian produk berpengaruh secara positif terhadap penjualan dan klaim kualitas
Pengaruh Tingkat Kesadaran Wajib Pajak Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus Pada KPP Tigaraksa Pelinta Tarigan
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.11

Abstract

Pelaporan pajak orang pribadi merupakan suatu kewajiban sebagai wajib pajak seperti yang telah ditetapkan oleh undang-undang perpajakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pelaporan pajak oleh wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha dan pekerjaan bebas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pribadi di. KPP Pratama Tigaraksa sebanyak 66.006. Wajib Pajak tersebut dijadikan populasi dengan teknik pengambilan sampel yang diklasifikasikan sebagai teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling melalui rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang yang kemudian menjadi responden. Melalui distribusi kuesioner dan alat analisis SPSS (Solusi Produk dan Layanan Statistik) versi 20. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi linier berganda dengan nilai R Square (R2) dalam penelitian ini sebesar 67,10%. Hasil uji-t parsial diperoleh bahwa Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan nilai 5.049 dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,050. Pengetahuan Perpajakan memiliki efek positif sebesar 6.816 dan signifikan 0,000 kurang dari 0,050 pada Kepatuhan Wajib Pajak. Hasil uji F adalah 101.760 hasil dengan nilai signifikan 0,000 yang menyiratkan bahwa Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Pajak bersama-sama memiliki efek positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di KPP Pratama Tigaraksa
Pentingnya Qualitas Trafo Arus (Current Transformer) Dengan Menerapkan Quality Plan Dalam Proses Assembly Indah Sri Wahyuni; Khaerul Fahmi
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.12

Abstract

Saat ini beberapa sektor manufaktur di Indonesia sudah memasuki era Industry 4.0 dimana proses produksinya melalui sistem robotic dan mengintegrasikan kemampuan internet. Sektor manufaktur nasional akan menuju perubahan besar dalam menghadapi revolusi Industri 4.0. Konsekuensinya, pendekatan dan kemampuan baru diperlukan untuk membangun sistem produksi yang inovatif dan berkelanjutan. Dalam rangka memasuki era industri 4.0 dimana peran digital lebih ditonjolkan, pasokan ketenagalistrikan tentunya menjadi hal krusial yang mendukung berjalannya era industri tersebut. "Listrik masih mendominasi dari seluruh aspek kehidupan, jadi listrik adalah hal utama. Saat ini suka tidak suka kita masuk era digitalisasi. Bagaimana kita bicara memasuki era Industry 4.0 apabila listriknya tidak ada. Untuk itu supply energy listrik yang ada harus diusahakan seoptimal mungkin seiring dengan semakin meningkatnya konsumsi energy listrik. Kualitas dari pelayanan energy listrik ini sangat ditentukan oleh keandalan peralatan-peralatan transmisi ataupun distribusinya. Untuk itu Perlunya menjaga kualitas product yang dibuat dalam hal ini Trafo Arus (Current Transformer) dengan beberapa dimensi qualitas yang harus ada yaitu Performance (Kinerja), Features (karakteristik pelengkap/tambahan), Reliability (Keandalan), Conformance (Kesesuaian), Durability (Daya Tahan), dan Serviceability (Pelayanan). Sehingga diperlukannya Quality Plan untuk memastikan mutu dari hasil pelaksanaan pembuatan product dalam hal ini Trafo Arus (Current Transformer) serta mengatur bagaimana pengawalan mutu (QA) dan pengontrolan mutu QC) selama Proses Assembly (Assembly Process) trafo arus. Secara garis besar, Quality Plan bertujuan mengidentifikasi dan menetapkan standar mutu yang relevan bagi product dan merumuskan strategi pencapaiannya untuk memastikan product yang dibuat dapat memehuhi standar mutu yang dapat diterima dengan kualitas yang baik. Transformator arus (Current Transformer/CT) merupakan suatu peralatan yang ada pada system transmisi ataupun distribusi energy listrik yang berada di gardu induk. Transformator arus berfungsi untuk menurunkan arus besar pada tengangan tinggi atau menengah menjadi arus kecil pada tegangan rendah yang dipakai untuk pengukuran dan proteksi dan mengisolasi rangkaian sekunder terhadap rangkaian primer serta memungkinkan standarisasi rating arus peralatan sisi sekunder. Transformator arus juga merupakan peralatan yang dipergunakan sebagai alat ukur dan untuk melindungi rele pada industry yang memakai tegangan tinggi dimana Transformator Arus (Current Transformer/ CT) ini mempunyai fasilitas pengukuran yang aman untuk mengukur jumlah arus yang besar dan juga dengan tegangan yang tinggi
Pengendalian Kualitas Untuk Menanggulagi Uji Ulang Compound Gm-832 Pada Mesin Rheometer Dengan Metode Quality Control Circle Di PT. ABCD Eva Sulastri; Firdaus Malik
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.13

Abstract

Terkadang ada beberapa masalah yang terjadi yang mempengaruhi proses industri seperti metode, proses mekanik (mesin), material, dan lingkungan. Disini, penulis akan lebih menitik beratkan pada proses mekanik. ABCD mengadakan Quality Control Circle untuk menganalisa masalah dalam proses produksi. Terjadi suatu masalah seperti pengulangan uji compound di dalam proses produksi. Hal ini menjadi masalah yang tidak diinginkan bagi pabrik. Berdasarkan masalah ini, penulis melakukan penelitian mengenai masalah inti yang terjadi terus menerus, bagaimana cara menghindari uji pengetesan pada rheometer tes yang berulang-ulang, dan bagaimana supaya operator bisa bekerja secara ergonomis. Tujuannya adalah untuk memperoleh pemahaman dari berbagai jenis masalah yang terjadi saat uji compound, mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan uji pengetesan compound yang berulang pada mesin rheometer, dan memberikan gagasan untuk memperbaikinya. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan perbandingan antara fakta dan teori dan fakta lapangan serta memberikan partisipasi didalam melakukan aktivitas produksi. Manfaatnya bagi industri adalah untuk memberikan gambaran dalam aktivitas QCC
Efektivitas Penerapan Alat Peraga Aktual Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Pengukuran Irwansyah Irwansyah
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.14

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan alat peraga Aktual terhadap hasil belajar Fisika siswa pada materi pengukuran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMK Sumpah Pemuda Tangerang. Sampel dan eksperimen yang digunakan adalah seluruh siswa kelas 10 SMK. Data dalam penelitian ini diambil dengan memberikan pretest dan posttest kepada siswa kelas 10 SMK. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi. Hasil analisis di peroleh dari nilai rata-rata prettes kelas sebelum menerapkan alat peraga 67,75. Hasil posttest menunjukkan rata-rata kelas setelah menerapkan alat peraga 78,75. Data posttest siswa kelas dianalisis menggunakan uji t sehingga diperoleh t_hitung sebesar 4,191 dan t_tabel 1,686. Didapatkan t_hitung lebih besar dari t_tabel pada taraf signifikan 5% maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas penerapan alat peraga aktual terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pengukuran kelas 10 SMK.
Analisis Marketing Relationship Strategy Melalui Customer Satisfaction Survei Pada Pengguna Jalan Tol PT. Jasa Marga (Persero)Tbk Cabang Jakarta-Tangerang Yoyok Cahyono; Suheri Suheri; Wanto Wanto; Wikrama Wardana; Gatot Gatot
Lensa Vol 15 No 2 (2021)
Publisher : LPPM Universitas Pramita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58872/lensa.v15i2.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol PT. Jasa Marga (Persero)Tbk Cabang Jakarta– Tangerang (JM Janger). Metode pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data sekunder, sedangkan pengumpulan datanya melalui metode survei yaitu kuesioner,wawancara, observasi langsung pada obyek yang diteliti dan riset kepustakaan, metode analisis menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif dengan analisis deskriptif Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol JM Janger. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Marketing Relationship Strategy melalui Customer Satisfaction Survey pada pengguna jalan tol JM Janger telah menunjukkan hasil yang bervariasi, Berdasarkan analisis marketing relationship strategy terdapat perbedaan masing- masing segmen, menyebabkan JM Janger harus menyusun strategi yang berbeda untuk meningkatkan hubungan pelanggan yaitu relationship strategy segmen pelanggan golongan 1 dengan ciri-ciri memiliki tingkat kepuasan yang lebih rendah, perlu ditingkatkan kesadarannya dengan selalu mengkomunikasikan benefit product yang dikeluakan JM Janger serta memantau harapan dan keinginan pelanggan secara periodik. Sedangkan kepada segmen pelanggan non golongan I dengan ciri-ciri kepuasan relatif tinggi, JM Janger sebaiknya terus menerus meningkatkan pelayanannya dengan memberi perhatian yang cukup tinggi dan pelayanan tepat waktu, selalu memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat memberikan nilai produk yang superior kepada pelanggan. Oleh karena hubungan kolaboratif JM Janger dengan pemasok dan mitra kerja bersifat komplek, sehingga memiliki potensi konflik. Karena itu kejujuran, komunikasi, saling pengertian dan komitmen pada masing-masing partner yang berkolaborasi sangat diperlukan. Dengan mekanisme-mekanisme yang diterapkan JM Janger sehingga tercapainya hubung yang tulus (Genuine Relationship).

Page 1 of 1 | Total Record : 7