cover
Contact Name
-
Contact Email
jmmb@umj.ac.id
Phone
+6285717985227
Journal Mail Official
jmmb@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jl. KH. Ahmad Dahlan Cirendeu, Ciputat, Jakarta. Kode Pos 15419.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
ISSN : 27164152     EISSN : 27219062     DOI : 10.24853/jmmb
Core Subject : Economy,
Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Perilaku Organisasi, Kewirausahaan, serta Keuangan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)" : 6 Documents clear
PENGAPLIKASIAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERHADAP PERFORMA PEGAWAI PADA YOGYA JUNCTION 8 CEMARA Fahri Ilman Rojak Algipari; Nida Adila Ramdhini; Reni Septiani Kusmana; Tiari Rahma Fani; Widiya Sulistia Putri; Zein Muhamad Rizki; Ricky Firmansyah
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.29-36

Abstract

Sistem informasi manajemen (SIM) adalah sekelompok atau serangkaian proses yang memproses, menganalisis, dan menampilkan data sehingga dapat digunakan untuk  pengambilan  keputusan. Pengaplikasian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran efektivitas pegawai pada PT. Akur Pratama. Sistem informasi manajemen pada PT. Akur Pratama sudah disediakan oleh pihak manajemen agar dipergunakan secara maksimal. Sistem informasi manajemen sangat berpengaruh terhadap efektivitas kerja pegawai pada PT. Akur Pratama. Pengaplikasian ini  menggunakan metode kualitatif deskriptif dan kita juga melakukan pengumpulan data menggunakan participant observe yaitu pengumpulan data langsung melakukan sistem wawancara mendalami secara langsung menelaah kinerja pegawai . Hasil pengaplikasian ini menunjukkan bahwa Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap PT. Akur Pratama sangat penting supaya terorganisir agar tidak kelimpungan dengan pekerjaan masing-masing dan kedepannya akan berjalan dengan baik serta penerapan sistem informasi manajemen pada PT. Akur Pratama yaitu order-reshifing-warehouse-display-felling. Hasil observasi kepada Costumer Service sistem kerjanya yaitu menerima telepon dan WhatsApp untuk menangani keluhan konsumen dan juga membuat laporan keuangan penjualan online dan penjualan offline.Kata kunci: Pegawai, pengaplikasian, perseroan terbatas, sistem informasi manajemen
PENGARUH TATA RUANG KANTOR DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI Arylin Dia Anggraini; Rismansyah Rismansyah; M Kurniawan
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.37-42

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tata ruang kantor dan lingkungan kerja fisik terhadap efektivitas kerja pegawai kantor biro pemerintah dan otonomi daerah setda prov.sumsel . metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel 39 orang pegawai Aparatur Sipil Negara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis koofesien kolerasi berganda, analisis determinasi, uji t, uji f dengan menggunakan program software SPSS 22 for windows.            Dari tabel penelitian uji t menunjukkan tidak ada pengaruh tata ruang kantor (X1) dengan nilai signifikan 0,500 > 0,05 sehingga dapat diartikan bahwa variabel tata ruang kantor memiliki pengaruh yang bersifat parsial terhadap efektivitas kerja pegawai. Sedangkan untuk variabel lingkungan kerja fisik (X2) menunjukkan adanya pengaruh secara parsial terhadap efektivitas, dengan nilai signifikan 0,022 < 0,05. Dari hasil pembahasan uji F secara simultan diperoleh nilai signifikan 0,048 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan adanya pengaruh yang signifikan antara dua variabel X terhadap variabel Y.   Kata Kunci: Tata Ruang Kantor, Lingkungan Kerja Fisik, Efektivitas Kerja
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN MELALUI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DAN STRATEGI PROMOSI Ananda Febri Pamungkas; Husnayetti Husnayetti
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.11-20

Abstract

Meningkatnya persaingan komersial telah menyebabkan perubahan perilaku pengambilan keputusan konsumen saat memilih produk. Banyaknya Coffee Shop yang tidak mampu survive pada akhirnya akan kalah saing oleh para kompetitor nya. Kualitas pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Rendahnya kualitas pelayanan, tidak hanya membuat pelanggan tersebut merasa kecewa tetapi juga dapat berdampak kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen di Starbucks Palem Semi Karawaci baik secara parsial maupun simultan. Desain pada penelitian memanfaatkan kuantitatif dengan pendekatan asosiatif melalui bantuan software IBM SPSS Statistik versi 25. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan angket kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Starbucks Palem Semi Karawaci. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden yang diambil dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh Kualitas Pelayanan dan Strategi Promosi terhadap kepuasan konsumen pada Starbucks Palem Semi Karawaci.
DETERMINAN HARGA SAHAM PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERTAMBANGAN BATU BARA Zulfikar Ramadhan; Azizatul Munawaroh
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.1-10.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin, Return On Equity, Earning Per Share terhadap harga saham Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara. Desain penelitian ini bersifat asosiatif dengan jenis kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia. Populasi yang digunakan adalah Perusahaan Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. sehingga sampel yang terpilih adalah 18 perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan data panel. Dengan melakukan uji penentuan model estimasi menggunakan uji chow dan uji hausman, yang hasilnya menunjukkan bahwa regresi berganda dengan data panel menggunakan Random Effect Model. Selanjutnya dilakukan analisis persamaan regresi, dan uji kelayakan model regresi dimana diketahui bahwa Net Profit Margin berpengaruh positif  dan signifikan terhadap harga saham, Return On Equity berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, dan Earning Per Share berpengaruh negatif  dan tidak signifikan terhadap harga saham.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEBIJAKAN DEVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN Azizatul Munawaroh; Zulfikar Ramadhan
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.43-54

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan  perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan mencari tahu apakah kebijakan dividen dapat memoderasi hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 hingga 2019. Sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 9 perusahaan, dengan 3 tahun penelitian sehingga didapatkan 27 obeservasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda dengan data panel digunakan, dengan langkah awal melakukan Uji Chow dan Uji Hausman untuk penentuan model estimasi, yang hasilnya menunjukkan bahwa Random Effect Model yang digunakan dalam model estimasi. Tahap selanjutnya adalah melakukan Moderated Regression Analysis untuk melihat kemampuan variabel moderasi pada variabel independen dengan variabel dependen menggunakan dengan alat bantu software Eviews 10. Hasil penelitian diketahui bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, likuiditas dan struktur modal berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Secara simultan, seluruh variabel independen tersebut berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Variabel kebijakan dividen memoderasi hubungan profitabilitas terhadap nilai perusahaan namun tidak memoderasi hubungan antara likuiditas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan.
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA Muhammad Yusuf; Nazifah Husainah
JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS Vol 3, No 1 (2022): Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis (JMMB)
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/jmmb.3.1.21-28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring (online) di masa pandemik covid 19 pada Universoyas Muhammadiyah Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan jumlah responden sebanyak 202 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta. Hasil Penelitian bahwa pada pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa menggunakan laptop dari pada handphone, sedangkan terkait dengan pembelajaran daring (online) mayoritas mahasiswa mempersepsikan positif pada tiga aspek yaitu proses pembelajaran, kemampuan dosen, dan sarana prasarana. Namun mahasiswa masih terkendala dalam hal kemudahan memahami materi pada pembelajaran daring dan mahasiswa lebih menyukai pembelajaran offline (tatap muka di kelas) dari pada daring (online).

Page 1 of 1 | Total Record : 6