cover
Contact Name
Darmianus Harefa
Contact Email
diusharefa@gmail.com
Phone
+6285340453647
Journal Mail Official
montessori@iakn-manado.ac.id
Editorial Address
Jl. Bougenville, Tateli I, Kec. Mandolang, Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia, 95661
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 27986195     DOI : 10.51667
Montessori Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menjadi wadah setiap riset ilmiah tentang pengembangan studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini yang bersifat kritis, inovatif, dan kontekstual. Fokus dan Ruang Lingkup Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 1. Kurikulum PAUD 2. Strategi Pembelajaran PAUD 3. Manajemen Lembagau PAUD Kristen 4. Perencanaan Pembelajaran PAUD 5. Pengelolaan Pembelajaran PAUD 6. Media Pembelajaran Anak Usia Dini 7. Evaluasi Pembelajaran PAUD 8. PAK untuk Anak Usia Dini 9. Pendidikan untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus 10. Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini" : 5 Documents clear
Analisa Jabatan Human Resource Development di Pre School Happy Holy Kids Mellisa Marhet Florensia waturandang; Mariana Lusye Marlyn Lausan; Eightmarc Louis Johanes Pinontoan
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i2.736

Abstract

Sumber Daya Manusia yang tepat sangat dibutuhkan sekarang ini salah satunya Posisi Human Resources development, dimana jabatan ini dapat membantu Organisasi dalam meningkatkan kinerja yang juga dibutuhkan oleh banyak organisasi khususnya Pre School, Happy Holy Kids sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Juga membutuhkan Posisi jabatan Human Resources Development dimana posisi ini dapat mengahasilkan sumber daya manusia yang tepat akan tetapi masih banyak Posisi jabatan Human Resources Development yang belum memiliki analisa jabatan sehingga mengakibatkan over lapping pekerjaan sehingga harus dilakukan analisa jabatan pada Posisi Human Resources Development di Pre school Happy Holy Kids. Metode yang dipakai dalam melakukan analisa jabatan adalah Observasi dan wawancara. Dari Hasil Analisa Jabatan didapatkan Job deskription dan Job Spesification yang dihasilkan untuk Posisi jabatan Human Resources Development di Pre School Happy Holy Kids yang akan dipakai sebagai panduan dalam melaksanakan Tugas dan tanggung jawab pemangku jabatan.
Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Berbasis Raputallang Alvary Exan Rerung; Nurani Tika
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i2.1044

Abstract

This paper talks about the meaning of the philosophy of raputallang as a concept in early childhood character education for Toraja people. When children enter the phase of self-discovery, they will do a lot of new things in their lives. In order for children to stay on the right track in their search for identity, it is necessary to equip children with good character to help them avoid the wrong path. Through a qualitative approach and literature study, this paper seeks to explore how the concept of raputallang which contains positive values, such as being able to solve problems, introspect themselves, build good relationships, and become social control in their environment, will make children have good character in living their lives. With parents who are the first agents in giving this concept to children, children can get provisions in living their lives well. This will help children avoid negative things in the search for their identity. Tulisan ini berbicara tentang makna falsafah raputallang sebagai konsep dalam pendidikan karakter anak usia dini bagi orang Toraja. Ketika anak masuk pada fase pencarian jati diri, maka mereka akan banyak melakukan hal-hal baru dalam hidupnya. Agar anak tetap berada pada jalur yang benar dalam pencarian jati diri tersebut, maka perlu membekali anak karakter yang baik guna membantu mereka dalam menghindari jalan yang keliru. Lewat pendekatan kualitatif dan studi pustaka, tulisan ini berupaya mengupas bagaimana konsep raputallang yang mengandung nilai-nilai positif, seperti bisa menyelsaikan masalah, mengintropeksi diri, membangun relasi yang baik, dan menjadi kontrol sosial pada lingkungannya, akan menjadikan anak berkarakter baik dalam menjalani kehidupannya. Dengan orang tua yang menjadi agen pertama dalam memberikan konsep ini kepada anak, maka anak bisa mendapatkan bekal dalam menjalani kehidupannya secara baik. Hal ini akan membantu anak menghindari hal-hal negatif dalam masa pencarian jati dirinya.
Peran Orang Tua dalam Mendidik Kerohanian AnakUsia Dini Berdasarkan Ulangan 6 Sabda Budiman
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i2.1051

Abstract

The main and early education centers also started from the family environment. One of the important aspects that needs to be educated is the spirituality of the child. Parents have a responsibility to work on this. This spiritual education needs to be done from an early age, given that this age is the age at which the child can easily record, imitate and digest what he sees and feels. The purpose of writing this scientific paper is to explain the role of parents in educating early childhood spirituality based on Deuteronomy 6. The author uses qualitative research methods. The role of parents in educating early childhood spirituality based on deuteronomy chapter 6 is by teaching the values of truth repeatedly, inviting children to worship God, and telling the history of the experience of faith with God to children. The main purpose is for the child to know and accept the Savior and live more and more like Christ. Pusat pendidikan utama dan mula-mula juga berawal dari lingkungan keluarga. Salah satu aspek penting yang perlu dididik ialah kerohanian anak. Orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan ini. Pendidikan kerohanian ini perlu dilakukann sejak anak usia dini, mengingat bahwa usia ini adalah usia di mana anak mudah merekam, meniru dan mencerna apa yang ia lihat dan rasakan. Tujuan dari penulisan karya ilmiah ini ialah untuk memaparkan peran orang tua dalam mendidik kerohanian anak usia dini berdasarkan Ulangan 6. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun peran orang tua dalam mendidik kerohanian anak usia dini berdasarkan kitab Ulangan pasal 6 yaitu dengan cara mengajarkan nilai-nilai kebenaran dengan berulang-ulang, mengajak anak untuk beribadah kepada Tuhan, dan menceritaan sejarah pengalaman iman bersama Tuhan kepada anak. Tujuan utamanya ialah supaya anak mengenal dan menerima Sang Juruselamat serta hidup terus bertumbuh semakin serupa dengan Kristus.
Disiplin yang Diberikan Orangtua Berdasarkan Kolose 3:12-16 dalam Pembentukan Karakter Anak Renny Maria; Agustinus Manullang
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i2.1097

Abstract

This study aims to describe the discipline given by parents based on Colossians 3:12-16 in the formation of children's character in Christian families. This research is a descriptive qualitative research with a literature study method, namely by using books, journals, and articles as the main source. The results of this study indicate that parents must use love as a form of discipline and parents should educate with patience and gentleness and parents must educate by beating and reprimanding according to God's word so that children will respect their parents more, become gentle and patient individuals and have integrity.
Membangun Pendidikan Karakter Kristiani bagi Anak Kurang Perhatian dari Keluarga Menurut Robert Raikes Merline Kukus; Joy Joel Kamagi; Firmanians Romula Tuerah
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 3 No. 2 (2022): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v3i2.1156

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana Sangatlah penting untuk menanamkan kepedulian pada anak-anak dalam keluarga melalui Pendidikan kristiani. keluarga adalah lingkungan pertama di mana anak-anak tumbuh, berkembang dan membangun kepribadian, terlebih lagi berakhlak mulia dihadapan sang mahakuasa, dan juga akan menjadi identitas masa depannya. Sifat mengamati anak, amati dan tiru berbagai perilaku yang terjadi di sekitar Anda. model Contoh langsung kasih kepeduliah yang dilakukan oleh orang tua akan tetap ada dalam ingatan anak. Membuat anak jujur ​​​​pada diri sendiri adalah awal Investasikan secara jujur ​​​​dalam modal hidup. Intensitas keberadaan, sentuhan cinta Cinta, kehangatan, dan perhatian yang diberikan orang tua kepada anak kecil Ini memainkan peran penting dalam selubung pribadi yang unggul pada anak.

Page 1 of 1 | Total Record : 5