cover
Contact Name
Darmianus Harefa
Contact Email
diusharefa@gmail.com
Phone
+6285340453647
Journal Mail Official
montessori@iakn-manado.ac.id
Editorial Address
Jl. Bougenville, Tateli I, Kec. Mandolang, Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia, 95661
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 27986195     DOI : 10.51667
Montessori Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menjadi wadah setiap riset ilmiah tentang pengembangan studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini yang bersifat kritis, inovatif, dan kontekstual. Fokus dan Ruang Lingkup Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini 1. Kurikulum PAUD 2. Strategi Pembelajaran PAUD 3. Manajemen Lembagau PAUD Kristen 4. Perencanaan Pembelajaran PAUD 5. Pengelolaan Pembelajaran PAUD 6. Media Pembelajaran Anak Usia Dini 7. Evaluasi Pembelajaran PAUD 8. PAK untuk Anak Usia Dini 9. Pendidikan untuk Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus 10. Pendidikan Multikultural untuk Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 32 Documents
Peran Orangtua Dalam Mengajar Sains Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 Mariana Lausan; Deflita Lumi; Hermita Madalise
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i1.429

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan belajar sains untuk anak usia dini di masa pandemi covid-19. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anaknya. Dalam penelitian ini, peneliti memakai metode pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian tentang peran orang tua mengajar sains ditengah pandemi covid-19, menunjukkan bahwa ada orang tua yang kurang memperhatikan kegiatan pembelajaran anak yang ada dirumah serta sibuk dengan pekerjaan masing-masing, tetapi ada juga orang tua yang mau bersama mengarahkan anak untuk belajar dirumah dan saling mengkomunikasikan serta menuntun anak untuk belajar bersama.Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran orang tua yang memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan kemampuan belajar anak akan membawa dampak yang baik bagi anak, apalagi di masa pandemi covid-19 saat ini anak-anak sangat membutuhkan peran dari orang tua untuk menumbuhkan minat belajar mereka melalui pembelajaran sains yang akan diajarkan dirumah.
Diskursus Mengenai Prinsip, Pendekatan dan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i1.431

Abstract

Studi ini merupakan Diskursus mengenai Prinsip, Pendekatan Dan Metode-metode Pembelajaran Yang Relevan Kepada Anak Usia Dini. Adapun kategori anak usia dini adalah masa usia emas (golden age) untuk menanamkan nilai-nilai rohani dan pembentukan karakter serta memperkenalkan mereka dengan pengetahuan dan keterampilan dengan sederhana. Studi ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui penelitian literatur yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini dengan menelaah prinsip, pendekatan proses pembelajaran dan metode-metode pembelajaran terhadap anak usia dini. Hasil studi memperlihatkan adanya dua pendekatan proses pembelajaran yakni dari golongan interaksionisme dan kategorial yang masing-masing berorientasi kepada anak sebagai subyek pendidikan serta bermacam-macam metode pembelajaran yang menekankan peran anak untuk memahami, menangkap dan mengetahui apa yang hendak diajarkan oleh guru kepada mereka. Karena itu, satuan pendidikan PAUD dapat menggunakan integrasi atau kombinasi antara pendekatan dari golongan interaksionisme dan kategorial. Demikian pula, satuan PAUD dapat menggunakan beragam metode yang relevan dengan memberikan penekanan bahwa anak-anak usia dini sebagai subyek pendidikan yang perlu diberikan rangsangan untuk menolong mereka bertumbuh dengan utuh (holistic/comprehensive approach) baik rohani, karakter, pengetahuan dan keterampilan.
Pembelajaran Jarak Jauh Sains Untuk Anak Usia Dini
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i1.432

Abstract

Covid-19 menjadi wabah yang mempengaruhi berbagai Lembaga Pendidikan termasuk Pendidikan Anak Usia Dini secara global. Kemendikbud menyikapi hal tersebut dengan melaksanakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guna menghambat laju penyebaran Covid-19. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat Lembaga PAUD, Orangtua dan Anak Usia Dini harus menyesuaikan dengan sistem tersebut baik secara dalam jaringan maupun luar jaringan. Pembelajaran sains untuk Anak Usia Dini juga ikut terdampak dengan kondisi tersebut. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran sains untuk Anak Usia Dini pada masa pandemi covid-19?. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Proses pembelajaran sains pada anak usia dini di rumah menghadapi berbagai macam tantangan baik tantangan bagi guru, siswa, maupun orang tua. Usaha guru dalam mengarahkan anak usia dini membutuhkan komunikasi yang positif kepada orang tua agar tercipta kerjasama dalam proses pembelajaran dan anak mampu memahami inti dari pembelajaran tersebut. Peran orangtua dalam hal pendampingan pada pembelajaran sains bagi anak usia dini sangat penting. Hal tersebut memberi pengaruh besar bagi pembelajaran sains pada anak usia dini dalam rangka meminimalisir setiap hambatan yaitu sebagian orang tua yang masih tidak dapat menyesuaikan dengan pembelajaran jarak jauh, alat penunjang belajar berbasis teknologi yang terbatas, keterbatasan peran orang tua karena faktor ekonomi keluarga, dan beberapa guru yang belum banyak teredukasi tentang sistem pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi
FILM SUPERBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ANAK SEKOLAH MINGGU GEREJA ALKITAB ANUGERAH (GAA) JEMAAT FILIPI MANADO Mega Tudang; Yanice Janis
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i1.433

Abstract

Dewasa ini, pendidikan untuk anak menjadi hal yang serius untuk dibicarakan, mengapa? Karena anak-anak menjadi tempat bagi keluarga, masyarakat dan jemaat untuk meletakkan dasar-dasar pembentukkan pendidikan. Olehnya keluarga dan berbagai lembaga terkait berusaha menciptakan model pendidikan dan pembelajaran yang menjadikan anak merasa dicintai dan diperhatikan. Gereja Alkitab Anugerah yang adalah bagian dari wadah pembentukkan pendidikan anak menyadari pentingnya pengetahuan alkitab bagi anak melalui pemanfaatan media Film Superbok. Media ini merupakan animasi Alkitab yang diproduksi oleh pelayanan CBN, dan diluncurkan di tahun 2012. Adapun yang menjadi Tujuan Penelitian adalah memudahkan anak memahami tentang berita Alkitab sesuai konteks dan dunia mereka. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif penelitian ini berusaha mengkombinasikan berbagai teori yang menyangkut media film superbook dan hasil temuan yang ada di Gereja Alkitab Anugerah Jemaat Filipi Manado.
Pendekatan Pendidikan Kristiani Untuk Anak Usia Dini di Era Disrupsi diTK GMIM Tamporok dan TK GMIM Henny Kel. Airmadidi Atas, Kec. Airmadidi, Kab. Minahasa Utara
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i1.434

Abstract

Pendidikan Kristen untuk anak usia dini menghadapi tantangan yang cukup signifikan dengan hadirnya gadget sebagai produk yang sangat menarik bagi semua orang di dunia maya. Orang dewasa hingga anak usia dini sekarang menikmati kehadiran gadget dan segala kenyamanan yang mereka tawarkan. Dampak era gangguan sebagai bagian dari digitalisasi revolusi industri harus ditangani dengan baik oleh para guru, dan orangtua yang memiliki anak kecil. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengkaji dan menjelaskan bagaimana Pendekatan Pendidikan Kristen yang diterapkan oleh guru dan orangtua dalam mendidik anak usia dini di era disrupsi ini? Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pendekatan Pendidikan Kristen yang diterapkan oleh guru dan orangtua dalam mendidik anak usia dini di era disrupsi. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH MINGGU DALAM PEMANFAATAN DIGITAL STORYTELLING DI GEREJA MASEHI INJILI TALAUD
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i2.495

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberikan banyak kemudahan dan manfaat positif bahkan menjadi cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan tersebut telah membawa perubahan yang terjadi dalam masyarakat, termasuk pada pelayanan gerejawi khususnya perubahan perilaku pada anak sekolah minggu. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru sekolah minggu dalam pemanfaatan digital storytelling untuk mendidik anak dan juga berbagi pengalaman terkait pelayanan anak di Gereja Masehi Injii Talaud (GERMITA). Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan demonstrasi. Berdasarkan hasil evaluasi kegiatan, seluruh peserta mendapatkan pemahaman dan keterampilan dalam pemanfaatan digital storytelling untuk mendidik anak sekolah minggu.
PERSEPSI JEAN CHARLIER DE GERSON DAN TUHAN YESUS KRISTUS MENGENAI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) ANAK Adventrianis Daeli; Alon Nainggolan
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i2.496

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai persepsi Jean Charlier De Gerson dan Tuhan Yesus Kristus mengenai pelayanan anak dan bagaimana informasi tersebut berguna untuk membangun teori dan praktik Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi Anak di masa kini dan mendatang. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melalui pengumpulan data terhadap sumber data primer dan sekunder ditemukan bahwa terdapat kesesuaian persepsi antara Jean C. D. Gerson dan Tuhan Yesus Kristus mengenai pelayanan anak. Bagi tokoh Pendidikan Agama Kristen (PAK) tersebut dan Tuhan Yesus Kristus, anak dan orang dewasa memiliki kedudukan dan nilai yang sama dalam pelayanan. Memfokuskan diri bagi pelayanan anak / Pendidikan Agama Kristen (PAK) Anak tidak merendahkan martabat seorang guru atau teolog. Sejatinya, pelayanan kepada anak adalah pelayanan Kristen yang tertinggi. Mendidik anak adalah kesempatan emas untuk memperoleh generasi unggul di masa mendatang.
METODE PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TENGAH PANDEMI COVID-19 PADA JENJANG ANAK USIA DINI
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i2.497

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 ini hampir seluruh pendidikan di Indonesia mengubah sistem pembelajaran termasuk pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus pada jenjang anak usia dini. Pembelajaran dilakukan secara daring untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Anak diharuskan belajar di rumah dengan pendampingan orangtua namun tetap dalam pengawasan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat beberapa metode pembelajaran yaitu pembelajaran daring dimana pemaparan materi hanya melalui online dan home visit dimana guru mengunjungi anak dan memberikan pelajaran secara langsung
KURANGNYA PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI DESA TAWAANG KECAMATAN TENGA KABUPATEN MINAHASA SELATAN
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i2.498

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak usia dini di Desa Tawaang kec. Tenga kab. Minahasa Selatan serta hal-hal apa saja yang menyebabkan orang tua tidak menyekolahkan anaknya di PAUD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orangtua yang tidak menyekolahkan anaknya di PAUD dan pengelola PAUD Desa Tawaang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian ini didapati bahwa para orangtua tidak menyekolahkan anak mereka di Paud di karenakan beberapa faktor yakni antara lain dikarenakan (1) kurangnya minat, pemahaman serta kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini, (2) sosialisasi tentang Program PAUD pada masyarakat masih rendah, serta (3) kurangnya tenaga pendidik dan sarana prasanara di sekolah PAUD Tawaang
KENDALA GURU DALAM MELAKUKAN PEMBELAJARAN DARING DI TK SYALOM ESANDOM
Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Montessori: Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51667/mjpkaud.v1i2.499

Abstract

Pandemi covid 19 membuat semua jenjang pendidikan termasuk PAUD menghentikan kegiatan pembelajaran tatap muka dan berganti dengan sistem daring. Hal ini menimbulkan kendala bagi peserta didik, orangtua terlebih khusus guru. Secara tiba-tiba guru harus mengganti strategi pembelajaran yang efektif untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala apa saja yang di hadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara kepada guru paud yang melaksanakan pembelajaran daring. Hasil penelitian ini menunjukan kendala yang terjadi pada guru dalam melakukan pembelajaran daring yaitu kurangnya pengetahuan guru dan orangtua dalam penggunaan teknologi, kurangnya dampingan orangtua dan kurangnya fasilitas yang dimiliki siswa dalam belajar daring.

Page 1 of 4 | Total Record : 32