cover
Contact Name
Hanif Fataroh
Contact Email
haniffataroh12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmo@apps.ipb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi
ISSN : 20889372     EISSN : 25278991     DOI : 10.36706/jtk
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen dan Organisasi merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artiket-artikel; di bidang manajemen dan organisasi dengan ruang lingkup manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi pertukaran ide antara akademisi, kalangan industri atau bisnis praktis, dan institusi pemerintah dalam bidang manajemen dan organisasi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini mengedepankan analisis objektif terhadap kasus manajemen dan organisasi dalam perspektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan organisasi dalam perpektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan review terhadap konsep manajemen baru maupun implementasi konsep manajemen dengan studi literatur. Redaksi menerima naskah dari berbagai pihak untuk dimuat pada jurnal ini. Naskah yang masuk harus mengikuti Format Penulisan Naskah Jurnal Manajemen dan organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi" : 6 Documents clear
Analisis Pengendalian Mutu Jambu Kristal dengan Metode Six Sigma di ADC IPB-ICDF Taiwan, Bogor Raisha Pratidina; Muhammad Syamsun; Nur Hadi Wijaya
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.362 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12180

Abstract

Manajemen mutu merupakan salah satu kunci sukses perusahaan untuk memenangkan pasar dan mencapai tujuaannya. Begitu juga yang harus dilakukan oleh Agribussiness Development Center (ADC) Institut Pertanian Bogor (IPB)-Taiwan International Cooperative Development Fund (ADC IPB-ICDF Taiwan). Produk unggulan dari perusahaan adalah jambu Kristal yaitu buah dengan biji yang sedikit, rasa manis dan renyah. Tahun 2012, perusahaan hanya mampu memenuhi sebesar 31% permintaan pasar atas jambu Kristal grade A, serta grade B+, B dan C mencapai 69%. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Defect per Opportunity (DPO), Analisis Defect per million Opportunity (DPMO), Diagram alir proses (Process Flow Diagram), Diagram pareto (Pareto Chart), Peta kendali, Diagram Sebab Akibat (Fishbone Diagram), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Metode Six Sigma. Berdasarkan hasil analisis, terdapat enam Critical To Quality (CTQ) antara lain pembibitan, kondisi lingkungan, pemupukan, perawatan, panen dan pasca panen. Hasil perhitungan kapabilitas sigma selama tahun 2012 masih berada kisaran 2-sigma. Hal ini menunjukkan masih banyak defect dan kapabilitas sigma berada di bawah target (3,4 DPMO). Dengan demikian, untuk saat ini ADC IPB-ICDF Taiwan, Bogor masih belum realistis untuk mengaplikasikan six sigma dikarenakan produk agribisnis yang rentan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor alam yang sulit untuk dikendalikan.Kata kunci : jambu Kristal, pengendalian mutu, six sigma
Analisis Portofolio Untuk Menentukan Expected Return Optimal dan Risiko Minimal pada Saham Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Ratih Paramitasari; Mulyono Mulyono
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (570.254 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12181

Abstract

Investasi merupakan penanaman sejumlah dana dalam bentuk uang maupun barang yang diharapkan akan memberikan hasil di kemudian hari. Investor tidak mengetahui dengan pasti hasil yang akan diperoleh dari investasi yang mereka lakukan. Dalam keadaan semacam itu dapat dikatakan bahwa investor tersebut menghadapi risiko dalam investasi yang dilakukan. Langkah pendekatan yang dapat dilakukan oleh para investor dalam menghadapi risiko investasi adalah melakukan penghitungan dalam pemilihan dan penentuan portofolio serta pola perilaku investor di bursa dalam transaksi jual beli saham. Hakikat pembentukan portofolio adalah mengalokasikan dana pada berbagai alternatif investasi atau melakukan diversifikasi pada beberapa aktiva finansial, sehingga risiko investasi secara keseluruhan akan dapat diminimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris untuk mendapatkan alternatif investasi saham yang menghasilkan expected return saham yang optimal dan menurunkan risiko investasi yang minimal. Penelitian ini mengidentifikasi kombinasi portofolio optimal yang dapat dibentuk dari saham perusahaan kategori telekomunikasi. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan tingkat keuntungan yang diharapkan (expected return) dan risiko yang dihasilkan dari kombinasi portofolio saham. Penelitian ini dilakukan di Indonesia dengan populasi adalah saham perusahaan yang masuk dalam kategori telekomunikasi menurut IDX statistic periode tahun 2009 sampai dengan tahun 2011 dengan metode purposive sampling. Terdapat lima perusahaan yang dapat dibentuk menjadi portofolio saham dengan kombinasi antara 2 saham sampai dengan 5 saham. Dari semua kombinasi saham yang dapat dibentuk kemudian diperingkat berdasarkan nilai Coefficient of Variance (CV). Portofolio yang paling optimal adalah portofolio yang memiliki nilai CV terkecil. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan Single Index Model dan Equally Weighted menunjukkan menunjukkan bahwa kombinasi 2 saham memiliki nilai CV terkecil yaitu kombinasi untuk saham PT. Bakrie Telecom, Tbk dan saham PT. XL Axiata, Tbk.Kata kunci: expected return, risiko, portofolio, coefficient of variance
Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot Yudha Adityawarman; Bunasor Sanim; Bonar M Sinaga
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.49 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12182

Abstract

Beban kerja sangat penting bagi sebuah perusahaan.Dengan pemberian beban kerja yang efektif perusahaan dapat mengetahui sejauh mana karyawannya dapat diberikan beban kerja yang maksimal dan sejauh mana pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan itu sendiri.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk Cabang Krekot. Data diperoleh dari 127 responden, uji chi square digunakan untuk mengetahui sikap responden terhadap variabel beban kerja dan kinerja berdasarkan faktor demografik. Hasil uji chi square menunjukan adanya perbedaan sikap berdasarkan demografik responden. Hasil analisis rank spearman menunjukan bahwa variabel beban kerja memiliki korelasi dengan variabel kinerja, sementara untuk sub variabel lainnya saling memiliki korelasi namun tingkat korelasinya rendah. Untuk mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kinerja kerja karyawan Bank Rakyat Indonesia Cabang Krekot digunakan teknik analisis statistika Structural Equation Modelling berbasis variance dengan Metode Partial Least Square (PLS), hasil analisis menunjukan bahwa beban kerja berpengaruh positif dan signifikan secara langsung terhadap kinerja Karyawan BRI Cabang Krekot pada tingkat signifikansi 5% (p = 0.10882), maka hipotesis awal terima Ho dengan t hitung 13.45 lebih besar dari t tabel 1.96Kata kunci: beban kerja, kinerja karyawan, Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk, pengaruh, cabang krekot
Pengaruh Persepsi dan Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Hunian Green Product Widya Wardhani; Ujang Sumarwan; Lilik Noor Yuliati
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (731.46 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12183

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen terhadap keputusan pembelian green product hunian; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen keputusan pembelian green product hunian; 3) Menganalisis pengaruh persepsi konsumen dan preferensi keputusan pembelian green product hunian. Data yang diperoleh dari 151 responden dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok penghuni dan kelompok non penghuni. Dalam penelitian ini, dikembangkan model dengan 30 indikator (27 indikator eksogen, 3 indikator endogen). Data dianalisis dengan Analisis Partial Least Square menggunakan program SmartPLS. Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel produk, fasilitas, citra pengembang, metode pembayaran dan lingkungan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian green product hunian, sementara variabel harga, promosi, dan faktor sosial tidak berpengaruh secara signifikan.Kata kunci :           keputusan pembelian, partial least square, persepsi konsumen, preferensi konsumen, produk ramah lingkungan
Strategi Manajemen Konflik Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Teamwork Tenaga Kependidikan Sri Wartini
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.73 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12194

Abstract

The purpose of this research is to explain influence of conflict management strategy on teamwork performance. This kind of conflict can happen to everyone and in any places disregarding status, income and position. Someone who can not manage conflicts will have a threat for his personal performance, and unfortunately, company’s performance will also gain the effect. Accordingly, we need a strategy to manage  conflicts as an effort to create a good performance for individual employee performance as well as tha team performance. The population af this research is the entire educational employees in UNNES by taking some samples using propotional sampling to around 88 samples. The result of this research  proves that hypothesis stating “conflict management strategy” influenced positively and significantly on teamwork performance is accepted. This explains that conflict management strategy can give contribution to the teamwork performance through employee’s ability to accomodate ideas from partners of work, avoid disputes by respecting each other, maintaining communication and conduct colaboration on working methods. It is suggested that this research should improve strategies in managing conflicts such as strategies to compete at work by giving chance to other partner to use theirs skill in making decision and finding solution to solve the job.Keywords: conflict management strategy, teamwork’s performance, educational employee
Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan dan Harga Saham pada Sektor Properti di Bursa Efek Indonesia Putri Fika Hidayansyah; Musa Hubeis; Abdul Kohar Irwanto
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (737.889 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v6i1.12195

Abstract

The company operational activities are performed with the purpose to maximize shareholder values; however, the company's activities have impacts on environment, social, economiy and community. In order to comply with the government regulation, companies must conduct Corporate Social Responsibility (CSR), because investors are more interested in companies which have a good image in the community. This leads to make consumer loyalty higher and subsequently increases the company's profitability and company's stock values. The purpose of this study was to analyze the influence of CSR disclosure on Corporate Financial Performance (CFP) and stock prices. This study used 20 samples of property companies in the Indonesia’s Stock Exchange selected by purposive sampling. Data were processed and analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with software smartPLS. This research shows that valid indicators measure CSR at property sector include environment, human rights and society. A valid indicator measuring financial performance construct is only Market Value Added (MVA) and stock return is the valid indicator to measure stock price construct. The hypothesis test shows that CSR disclosure had significant effect on CFP, but the CSR disclosure had no significant effects on stock price, and CFP had no significant effects on stock prices.Keywords : corporate social responsibility, financial performance, stock price, property sector

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 3 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 1 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 3 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 4 No. 2 (2013): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 3 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 2 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 1 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 1 No. 2 (2010): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 1 No. 1 (2010): Jurnal Manajemen dan Organisasi More Issue