cover
Contact Name
Hanif Fataroh
Contact Email
haniffataroh12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jmo@apps.ipb.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Organisasi
ISSN : 20889372     EISSN : 25278991     DOI : 10.36706/jtk
Core Subject : Economy,
Jurnal Manajemen dan Organisasi merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artiket-artikel; di bidang manajemen dan organisasi dengan ruang lingkup manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan operasi. Jurnal Manajemen dan Organisasi didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi pertukaran ide antara akademisi, kalangan industri atau bisnis praktis, dan institusi pemerintah dalam bidang manajemen dan organisasi. Jurnal ini diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu bulan April, Agustus, dan Desember. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini mengedepankan analisis objektif terhadap kasus manajemen dan organisasi dalam perspektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan organisasi dalam perpektif akademik berupa hasil penelitian di bidang manajemen dan review terhadap konsep manajemen baru maupun implementasi konsep manajemen dengan studi literatur. Redaksi menerima naskah dari berbagai pihak untuk dimuat pada jurnal ini. Naskah yang masuk harus mengikuti Format Penulisan Naskah Jurnal Manajemen dan organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 240 Documents
Hubungan Kompensasi Finansial dengan Kinerja Karyawan Kontrak PT Unilever Body Care Indonesia Tbk Tiara Suciaty; Siti Rahmawati
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.946 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12116

Abstract

Perusahaan perlu membuat strategi untuk menciptakan kepuasan bagi karyawan, sehingga berdampak positif untuk perusahaan. Salah satunya adalah memberikan kompensasi yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pelaksanaan kompensasi finansial menurut karyawan kontrak PT Unilever Body Care Indonesia Tbk (ULBC); 2) Mengetahui kinerja karyawan kontrak PT ULBC; dan (3) Mengidentifikasi hubungan kompensasi finansial dengan kinerja karyawan kontrak PT ULBC. Data bersumber dari data primer dan sekunder. Penelitian menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan persepsi karyawan kontrak mengenai kompensasi finansial dan kinerja karyawan kontrak menunjukkan bahwa, kompensasi finansial dan kinerja karyawan kontrak telah sesuai dengan harapan karyawan. Hasil uji korelasi antara kompensasi finansial dengan kinerja karyawan kontrak sebesar 0.813 menunjukkan hubungan positif dan kuat. Hal ini mengindikasikan bahwa, kompensasi finansial dapat meningkatkan kinerja karyawan kontrak PT ULBC.Kata Kunci: kompensas finansial, kinerja karyawan, PT Unilever Body Care Indonesia Tbk
Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga SahamPerusahaan-Perusahaan Produsen Kabel yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Chinderayi Adha; Farida Ratna Dewi
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.878 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12117

Abstract

Industri kabel merupakan industri yang bergerak di bidang pembuatan kabel dan kawat aluminium dan tembaga serta bahan baku lainnya, beserta seluruh komponen. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), Return on Equity (ROE), dan Earning Per Share (EPS) periode 2008-2012 pada perusahaan produsen kabel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI);2) Menganalisis pengaruh NPM, ROI, ROE, dan EPS periode 2008-2012 terhadap harga saham pada perusahaan kabeldi BEI Metode yang akan digunakan adalah Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan nilai outer loading original sample NPM sebesar 0.792, ROI sebesar 0.873, ROE sebesar 0.895, dan EPS sebesar 0.905. Semakin tinggi nilainya berarti indikator tersebut semakin mewakili konstrak dan berpengaruh terhadap harga saham. Sehingga indikator paling berpengaruh terhadap harga saham adalah EPS. Hasil penelitian menunjukkan konstrak kinerja keuangan mampu menjelaskan harga saham sebesar 44.4%.Kata kunci: BEI, kabel , kinerja  keuangan, saham
Analisis Nilai Tambah dan Penentuan Metrik Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Pepaya Calina (Studi Kasus di PT Sewu Segar Nusantara) Fatih Rizqiah; Alim Setiawan Slamet
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (675.269 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi rantai pasok pepaya Calina, menganalisis nilai tambah yang dihasilkan oleh setiap anggota pada rantaipasokankomoditas pepaya Calina, dan mendesain metrik pengukurankinerja anggota rantai pasokan. Metode Hayami dan Analytic Network Process (ANP) merupakan metode yang digunakan untuk menghitung nilai tambah dan mendesain metrik pengukuran kinerja rantai pasok pepaya Calina. Nilai keuntungan yang diraih oleh mitra tani sebesar 57.74%. Sementara perusahaan mendapatkan nilai tambah sejumlah 50.7% untuk Sunpride dan 55.56% untuk Sunfresh. Sedangkan bagi ritel dan pasar tradisional, nilai keuntungan yang diperoleh sebesar 36% dan nilai tambah sebesar 16.56%. Dalam penentuan metrik pengukuran kinerja rantai pasok menggunakan ANP, indikator yang dirasa paling berpengaruh dalam menentukan sustainable supply chain menurut para pakar adalah kualitas (0.74). Hal ini disebabkan karena kualitas dianggap mampu dalam menentukan tingkat harga, memberikan kepuasan kepada konsumen dan dalam jangka panjang mampu menciptakan loyalitas konsumen. Oleh karena itu, petani sebagai penentu kualitas dan kuantitas pepaya Calina menjadi pihak paling berpengaruh di dalam rantai pasok (0.287), yang berujung pada keuntungan ekonomi rantai pasok kedepannya.Kata kunci : analytical network process, nilai tambah, pengukuran kinerja, rantai pasok
Analisis Kesediaan Membayar (Willingness to Pay) Sayuran Organik dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Lutfhan Hadi Priambodo; Mukhamad Najib
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (563.754 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12125

Abstract

Perkembangan era modern dan peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita mengubah perilaku konsumsi masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia menyadari pentingnya hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran organik. Kenaikan biaya produksi sebagai akibat dari peningkatan kualitas produk menyebabkan harga jual sayuran organik di pasaran meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen yang melakukan pembelian sayuran organik dengan menggunakan analisis deskriptif, menghitung nilai kesediaan membayar (WTP) konsumen dengan menggunakan metode Contingent Valuation Method (CVM), dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata WTP untuk kol sebesar Rp 18 738, selada sebesar Rp 30.048, brokoli sebesar Rp 40 250, pakchoy sebesar Rp 24 368 dan wortel sebesar Rp 19 820. Sikap dan hambatan berpengaruh signifikan pada WTP sedangkan Socio Economic Status (SES) tidak memiliki  pengaruh signifikan.Kata kunci: CVM, sayuran organik, SEM, WTP
Peningkatan Daya Saing UMKM Alas Kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran Ayatusyifa Nurzamzami; Edward Halomoan Siregar
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.099 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12127

Abstract

 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) alas kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor merupakan salah satu wilayah pengrajin home industry. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing produk; 2) Menganalisis faktor internal dan eksternal; dan (3) Menyusun strategi serta membuat prioritas strategi untuk meningkatkan daya saing UMKM alas kaki di Kecamatan Ciomas. Hasil analisis menunjukkan bahwa kekuatan utama untuk memiliki daya saing adalah memiliki hubungan jangka panjang yang baik dengan para pemasok dan pelanggan dengan skor 0.488, potensi pasar yang cukup besar merupakan peluang utama dengan skor 0.534, analisis ancaman utama adalah semakin lengkap dan inovatif desain fitur produk pesaing yang didukung teknologi canggih dengan skor 0.372. Alternatif strategi prioritas adalah strategi mengembangkan dan memperluas pasar dengan meningkatkan kualitas dan inovasi produk dengan bobot 0.316.Kata kunci : alas kaki, analisis daya saing, dan strategi.
Analisis Diskriminan sebagai Alat Manajemen Risiko Pembiayaan pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah, KBMT Wihdatul Ummah Sheila Santika Putri; Abdul Kohar Irwanto; R. Dikky Indrawan
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.769 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i1.12130

Abstract

Sebagai lembaga keuangan mikro syariah, yang kegiatannya melakukan pembiayaan, tidak dapat dipisahkan dari pembiayaan risiko. Risiko pembiayaan dinilai oleh rasio Non Performing Financing (NPF). Trend NPF di Koperasi Baitul Maal wa Tamwil (BMT)-Wihdatul Ummah cenderung menurun, namun menunjukkan perbaikan dalam peramalan 3 tahun berikutnya. Diperlukan evaluasi dalam menilai kelayakan debitur untuk risiko pembiayaan yang dapat dikendalikan. Mengevaluasi kelayakan debitur memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi sistem penilaian tingkat risiko pembiayaan melalui analisis diskriminan. Faktor-faktor ini adalah pendekatan variabel karakter dan persyaratan dari BMT.Keywords: lembaga keuangan mikro syariah, pembiayaan, risiko pembiayaan, analisis diskriminan
Kepuasan Nasabah dan Strategi Pengembangan Usaha BNI Kantor Cabang Utama Harmoni Jakarta Enrico Annas; Musa Hubeis; Sapta Raharja
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.504 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12137

Abstract

Industri perbankan di Indonesia berkembang dengan cepat, ditunjukkan dengan banyaknya bank dan produknya yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Disamping itu, terjadinya perubahan pola pikir konsumen yang ditandai dengan semakin banyaknya faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih bank, antara lain akses yang mudah, rasa aman, produk bersaing dan pelayanan memuaskan. Tujuan kajian untuk mengidentifikasi karakteristik nasabah, menganalisis hubungan tingkat kinerja mutu jasa yang diberikan dengan karakteristik nasabah, menganalisis tingkat kepentingan nasabah dengan atribut-atribut mutu pelayanan, menganalisis kesesuaian antara tingkat kepentingan dengan atribut-atribut mutu pelayanan menurut nasabah dengan kinerja dan menyusun strategi yang tepat untuk pengembangan Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Utama (KCU) Harmoni dalam menghadapi persaingan. Metode yang digunakan dalam kajian ini adalah analisis deskriptif, keandalan dan uji validitas, khi-kuadrat (chi-square), tabulasi silang, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI) dan Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threats (SWOT) analysis. Karakteristik nasabah  BNI KCU Harmoni sebagian besar adalah wanita berusia 36-55 tahun dan bekerja sebagai karyawati dengan penghasilan di atas Rp 8 juta lebih. Secara umum, nasabah mendapatkan informasi dari spanduk yang dipasang di depan kantor BNI KCU Harmoni. Berdasarkan hubungan antara karakteristik nasabah dan tingkat kinerja, dapat disimpulkan bahwa pelanggan wanita, terutama berusia 36-55 tahun membutuhkan pelayanan sesuai dengan yang dibutuhkan. Karyawan membutuhkan pelayanan menurut standar layanan. Nasabah dengan penghasilan Rp 5-8 juta mengharapkan transaksi keuangan dilakukan dengan aman. Nasabah melakukan transaksi sekali dalam satu bulan, karena merasa percaya dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan. Sumber informasi berupa spanduk yang dipasang di depan BNI KCU Harmoni sangat membantu petugas dalam memberikan informasi. Prioritas utama perbaikan perlu dilakukan tentang pelayanan parkir dengan melakukan koordinasi keamanan operasional gedung dan melakukan pemasaran secara agresif, lebih informatif dan fokus dengan lingkungan di sekitar kantor. Secara keseluruhan dari hasil integrasi IPA, CSI dan SWOT menunjukkan bahwa nasabah telah merasa puas dengan  pelayanan yang telah diberikan BNI KCU Harmoni. Kepuasan ini harus dibandingkan (benchmarking) dengan pelayanan yang diberikan oleh bank-bank pesaing di sekitar BNI KCU Harmoni agar pelayanan dapat lebih ditingkatkan menjadi lebih baik.Keywords : customer satisfaction, pengembangan bisnis, strategi
Analisis Pengaruh Faktor-Faktor terhadap Income Smoothing dengan Gender sebagai Variabel Moderator pada Emiten Perbankan Alvinda Kusumaningrostati; Ali Mutasowifin
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.565 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12144

Abstract

Manajemen dapat melakukan intervensi dalam proses penyusunan laporan keuangan bagi pihak eksternal dengan cara meratakan, menaikkan, atau menurunkan laba yang dilaporkan. Salah satu pola manajemen laba adalah income smoothing, dengan cara meratakan laba yang dilaporkan sehingga dapat mengurangi fluktuasi laba. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi faktor-faktor yang diduga mempengaruhi perataan laba dengan menggunakan Return on Assets (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Net Interest Margin (NIM) sebagai variabel bebas dan gender sebagai variabel moderator, untuk mengidentifikasi pengaruh variabel independen terhadap income smoothing dengan memperhatikan proporsi perempuan dalam dewan perusahaan. Sampel penelitian ini adalah 26 bank yang tercatat di BEI periode 2008-2012 dan dianalisis menggunakan SPSS dengan pengujian regresi linier berganda dan model regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ROA, NIM, dan DER dengan variabel moderator gender berpengaruh signifikan terhadap income smoothing. Pengujian secara parsial juga menunjukkan ROA dan NIM dengan variabel moderator gender berpengaruh signifikan terhadap income smoothing, sedangkan DER tidak berpengaruh.Kata kunci : debt to equity ratio (DER), gender, income smoothing, net interest margin (NIM), return on assets (ROA)
Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Peternakan Sapi Perah KUNAK (Studi Kasus Usaha Ternak Kavling 176, Desa Pamijahan Kab. Bogor) Nikki Ariesta Poetri; Abdul Basith; Nur Hadi Wijaya
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.362 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12147

Abstract

Susu adalah salah satu komoditi peternakan dengan tingkat konsumsi tinggi. Namun, kesenjangan antara produksi dan konsumsi susu mengharuskan kita untuk melakukan impor dari negara lain. Selanjutnya, pembangunan usaha diperlukan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi susu nasional. ‘Kavling 176’ adalah salah satu peternakan yang membantu memasok produk susu. Oleh karena itu, dibutuhkan analisis kelayakan usaha pada ‘kavling 176’. Analisis kelayakan digunakan menentukan 1) aspek non finansial usaha; 2) potensi pengembangan usaha dari aspek finansial; 3) analisis sensitivitas usaha. metode yang digunakan dalam aspek finansial adalah Net Present Value (NPV), Internal rate of return (IRR), Net B/C Ratio, Payback Period (PBP) dan Break Event Point (BEP). Berdasarkan tujuan, hasil yang diperoleh adalah 1) usaha dinyatakan layak menurut aspek non finansial; 2) pengembangan bisnis dapat dilakukan dengan nilai NPV Rp 292 514 822.00, IRR 25.93%, Net B/C Ratio 1.42, PBP 2.83 tahun, dan BEP Rp 225 155 564.00; 3) usaha dinyatakan sensitif pada penurunan produksi hingga 17% dan kondisi gabungan hingga 7%.Kata kunci : analisis kelayakan, analisis sensitivitas, finansial, non finansial, susu
Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Economic Value Added terhadap Harga Saham pada Sub Sektor Industri Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Anggita Mugi; Abdul Kohar Irwanto; Yusrina Permanasari
Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi
Publisher : IPB University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.72 KB) | DOI: 10.29244/jmo.v5i2.12154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Earning Per Share (EPS) dan Economic Value Added (EVA) terhadap harga saham. Sampel yang digunakan adalah perusahaan sub sektor industri semen yang terdaftar di BEI periode 2009-2011. Variabel independen yang digunakan adalah ROA, ROE, NPM, EPS dan EVA dengan variabel dependennya adalah harga saham. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel yang meliputi data cross section dan time series. Hasil analisis regresi data panel menunjukkan bahwa secara simultan variabel ROA, ROE, NPM, EPS dan EVA berpengaruh secara signifikan terhadapa harga saham karena nilai p-value (0.000) < alpha (0.05). Sedangkan secara parsial variabel EVA tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham karena nilai p-value pada EVA (0.0683) > alpha (0,05) dan variabel ROA, ROE, NPM dan EPS berpengaruh secara parsial terhadap harga saham dengan nilai p-value berturut-turut sebesar (0.0002; 0.0013; 0.0008; 0.000). Hasil uji analisis koefisien determinasi adalah sebesar 95.51% hal ini bahwa variabel independen yang ada pada regresi ini mampu menjelaskan sebesar 95.51% dan sisanya 4.49% kemungkinan dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan ke dalam model ini.Kata kunci : ROA, ROE, NPM, EPS, EVA,  Harga Saham

Page 1 of 24 | Total Record : 240


Filter by Year

2010 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 3 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 14 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 14 No. 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 4 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 3 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 13 No. 1 (2022): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 3 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 2 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 12 No. 1 (2021): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 3 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 11 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 10 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 9 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 8 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 7 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 6 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 5 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 4 No. 2 (2013): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 3 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 2 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 2 No. 1 (2011): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 1 No. 2 (2010): Jurnal Manajemen dan Organisasi Vol. 1 No. 1 (2010): Jurnal Manajemen dan Organisasi More Issue