cover
Contact Name
Asriyati Nadjamuddin
Contact Email
jurnal.educator@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281340176181
Journal Mail Official
jurnal.educator@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi PGMI IAIN Sultan Amai Gorontalo Jl. Sultan Amai Desa Pone Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo 96219
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Educator : Directory of Elementary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27464253     DOI : -
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) merupakan Jurnal Ilmiah yang diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Imu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Sultan Amai Gorontalo yang menerbitkan hasil-hasil studi dan penelitian dari berbagai aspek pendidikan dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) diterbitkan 2 kali baik cetak maupun online dalam setahun yaitu Bulan Juni dan Bulan November. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Fokus pada berbagai ilmu dalam bidang Pendidikan Dasar baik sebagai objek formal maupun sebagai objek material, dengan rincian fokus sebagai berikut: (1) Strategi pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (2) Manajemen Pendidikan pada Pendidikan Dasar; (3) Evaluasi Pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (4) Pengembangan Desain dan Inovasi dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar; (5) Profesionalisasi Guru Pendidikan Dasar; (6) Implementasi Teknologi dan Informasi Digital pada Pendidikan Dasar; (7) Pendidikan Inklusif pada Pendidikan Dasar. Dengan demikian, kami mengundang bapak/ibu para ilmuwan, akademisi, peneliti, praktisi, dan pengamat di bidang Pendidikan Dasar untuk kiranya berkenan mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2022): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)" : 1 Documents clear
KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI KELAS II SD NEGERI 81 PALEMBANG muhamad afandi; Sagita Ulandari; Maryamah
EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) Vol. 3 No. 1 (2022): EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL)
Publisher : RUMAH JURNAL - LP2M IAIN SULTAN AMAI GORONTALO JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) FAKULTAS ILMU TERBIYAH DAN KEGURUAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru, faktor pendukung dan penghambat kompetensi pedagogik guru, serta cara mengatasi faktor penghambat kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di kelas II SD Negeri 81 Palembang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan uji triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain: (1) Kompetensi pedagogik guru sudah baik. Kompetensi yang belum tercapai yaitu guru belum melakukan penilaian dan evaluasi hasil dan proses belajar secara maksimal dikarenakan keterbatasan waktu. (2) Faktor pendukung kompetensi pedagogik guru yaitu: pelatihan kurikulum 2013 yang diikuti guru kelas II B, kemampuan guru dalam membawakan pembelajaran yang variatif, sikap guru yang lemah lembut dan tegas, serta motivasi dan supervisi yang dilakukan kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat kompetensi pedagogik guru yaitu: kurangnya sarana dan prasarana pembelajaran peserta didik dan kurangnya kemampuan guru dalam melakukan penilaian. (3) Cara mengatasi kendala kompetensi pedagogik guru yaitu: pemberian kuota gratis, penambahan media pembelajaran yang menarik, dan pemanfaatan teknologi dan informasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 1