cover
Contact Name
Nazamuddin
Contact Email
nazambs@yahoo.com
Phone
+6281360049074
Journal Mail Official
asmawati_husaini@yahoo.co.id
Editorial Address
Gedung Majelis Pendidikan Aceh Jl. T. Nyak Arief No. 221 Kota Banda Aceh, Aceh 24415
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
PENCERAHAN
ISSN : 1693777     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Fokus dan Cakupan Pencerahan adalah jurnal double-blind peer review yang mempublikasikan artikel ilmiah yang terkait dengan semua aspek tentang pendidikan di Indonesia dan negara-negara berkembang. Pencerahan menganjurkan para dosen, guru, dan praktisi pendidikan lainnya untuk mempublikasikan hasil penelitian, ulasan, pengalaman, dan gagasan di bidang pendidikan. Topik-topik yang terkait dengan jurnal ini termasuk tetapi tidak terbatas pada: Kebijakan Pendidikan Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Pengawasan Pendidikan Sumber Daya Pendidikan Implementasi, Evaluasi & Pengembangan Kurikulum Metode Pengajaran dan Pembelajaran Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 2 (2019): PENCERAHAN" : 3 Documents clear
EFIKASI DIRI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KOMPETENSINYA Syaiful Bahri; Nurbaity; Mutiara Sari Tobing
PENCERAHAN Vol. 13 No. 2 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Self-efficacy is an aspect of knowledge about oneself or an attitude of feeling confident about one's own abilities in carrying out a task, which can develop self-awareness, positive thinking and to achieve goals including in facing all obstacles. This study aims to seek the self-efficacy of Guidance and Counseling teachers on their competencies. Subjects in this study were 105 Guidance and Counseling teachers in Aceh who were willing to respond and fill out questionnaires. 75.2% of the respondens had counseling and 25% had non-counseling educational background; 25% are male and 75.2% are female. The data collected through questionnaires with a scale of 11 for level dimension and a scale of 5 for of strength and generality dimension. Data analysis techniques used descriptive statistics. The results showed that guidance and counseling teachers in Aceh have predominantly considered the difficulty level of guidance and counseling competencies in easy category. Respondents are also dominantly convinced that they are capable of implementing guidance and counseling competence. Among the four sub-competencies, professional competence in general considered more difficult, weaker and smaller coverage of self-efficacy compared with other competencies such as pedagogic competence, personal and social.
TRANSFORMASI MADRASAH MENJADI LEMBAGA PENDIDIKAN MODERN MASA ORDE BARU Basri
PENCERAHAN Vol. 13 No. 2 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan kemajuan pemikiran para cendikiawan Islam, maka madrasah mengalami transformasi baik dari kelembagaan maupun sistem pendidikan, transformasi madrasah sangat siqnifikan terjadi pada masa orde baru. Transformasi itu nampak dalam tiga (3) hal, yakni: (a) sistem kelambagaan madrasah berubah menajdi sistem perjenjangan dan klasikal; (b) perpaduan kurikulum antara materi umum dan materi keagamaan; dan (c) bervariasinya model-model kelembagaan madrasah dengan ciri dan karakteristik yang khusus. Akibat transformasi ini menjadikan serta memposisikan madrasah sejajar dengan lembaga pendidikan lain di Indonesia. Dengan demikian madrasah memiliki peran strategis bagi peningkatan kualitas pendidikan Islam yang memiliki warna tersendiri dari lembaga pendidikan lainnya di Indonesia.
PERAN SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN MIGITASI BENCANA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Siti Zahara
PENCERAHAN Vol. 13 No. 2 (2019): PENCERAHAN
Publisher : Majelis Pendidikan Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan dan berada di antara lempeng bumi. Secara geografis, Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan bencana alam seperti; tanah longsor, gempa bumi, tsunami, banjir, gunung meletus dan peristiwa lainnya. Fenomena alam datang tidak pernah diundang dan muncul tiba-tiba yang mampu membuat panik dan tekanan bagi banyak makhluk hidup terutama manusia. Bencana alam sangat membahayakan keselamatan harta dan nyawa manusia. Ditambah lagi bencana alam meninggalkan berbagai kerusakan dalam tatanan ekosistem makhluk hidup yang akan berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Kerusakan alam akan berpengaruh signifikan terhadap kehidupan manusia pada saat bencana, penanggulangan bencana dan masa pemulihan. Salah satu solusi untuk meminimalisir resiko bencana pihak sekolah dapat berperan dalam pendidikan migitasi bencana dalam rangka membangun pemahaman dan ketrampilan peserta didik dalam migitasi bencana di lingkungan sekolah dan masyarakat. Penulisan jurnal ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Proses penelitian dilakukan dengan berinteraksi langsung melalui pengamatan, pencatatan, dan menggali sumber informasi yang berhubungan dengan peristiwa yang diteliti serta mengkaji referensi pustaka dari buku, jurnal dan karya tulis ilmiah tentang migitasi bencana. Selanjutnya, penulis menganalisis gagasan dengan teori yang relevan terkait peran sekolah dalam pendidikan migitasi bencana. Pemerintah bersama satuan pendidikan atau sekolah harus mengintegrasikan materi migitasi bencana dalam kurikulum sebagai salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi bencana dan migitasi bencana. Upaya strategis yang dapat ditempuh antara lain dengan cara membuat buku saku migitasi bencana, program literasi migitasi bencana, mengintegrasikan materi migitasi bencana dalam mata pelajaran dan ekstrakurikuler.

Page 1 of 1 | Total Record : 3