cover
Contact Name
I Nyoman Laba Jayanta
Contact Email
laba.jayanta@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lessonandlearningstudies@gmail.com
Editorial Address
Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116 Telp. +62362-22928
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal for Lesson and Learning Studies
ISSN : 26156148     EISSN : 26157330     DOI : https://doi.org/10.23887/jlls
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in the review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, learning environment, teacher education, educational technology, educational development.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2020): July" : 20 Documents clear
Model Reciprocal Teaching Berbasis Reinforcement Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Putu Krisna Sandra Dewi; I Ketut Ardana
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26439

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching berbasis reinforcement terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN. Jenis penelitian yaitu quasi experiment dengan bentuk Non-Equivalent Control Grup Design. Populasinya ialah seluruh kelas V SDN sebanyak 9 kelas, 253 siswa.  Penentuan sampel dengan teknik random sampling sehingga terpilih 68 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok. Data dikumpulkan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda biasa sebanyak 36 soal. Selanjutnya dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh harga thitung  = 2,086 , dk = 66 dan taraf signifikansi 5% diperoleh  ttabel = 1,997. Dengan demikian, harga thitung = 2,086 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak sehinga adanya perbedaan signifikan kompetensi pengetahuan IPA terhadap kedua kelompok sampel. Sehingga disimpulkan, model  Reciprocal Teaching berbasis reinforcement berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SDN.
Pembelajaran IPA Dengan Model Stad Berbantuan Media Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa Wayan Pedro Sanjaya; DB. Kt Ngurah Semara Putra; I Ketut Ardana
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26807

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA siswa yang disebabkan oleh kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta kurangnya penggunanan media pembelajaran. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievement division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi-eksperimental design atau eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD sebanyak 259 siswa. Menggunakan teknik cluster random sampling dalam menentukan sampel, sampel yang terpilih terdiri dari kelompok eksperimen yaitu kelas VC SD Negeri 5 yang diterapkan dengan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping dan kelompok kontrol kelas V SD Negeri 10 dibelajarkan secara konvensional. Data dikumpulkan dengan tes pilihan ganda biasa kemudian dianalisis dengan uji t polled varians. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 4,377 dan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 34+36-2 = 68 diperoleh ttabel = 1,995. Berdasarkan kriteria pengujian thitung = 4,377 > ttabel = 1,995. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran student team achievment division berbantuan media mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD.
Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kadek Ikken Ayu Sadewi; I Komang Ngurah Wiyasa
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Model pembelajaran generatif berbantuan media konkret ini merupakan contoh inovasi dalam bidang model dalam pembelajaran inovatif agar mampu mengkontruksi pola pikir siswa melalui pengalaman yang siswa miliki, merangsang rasa ingin tahu siswa serta memberikan peluang kepada siswa untuk meningkatkan keterampilan dalam berproses. Berdasarkan temuan penelitian, penelitian ini disarankan agar dijadikan dalam refrensi untuk melaksanakan penelitian kepada peneliti lain.
Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Dengan Mengendalikan Kemampuan Numerik Siswa Ni Putu Ari Restya Dewi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26811

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran generatif terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa. Penelitian yang tergolong jenis kuantitatif ini memakai rancangan penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 230 orang dari 7 kelas. Menggunakan teknik acak atau cluster random sampling dalam penarikan sampel. Sampel yang digunakan yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang sebagai kelompok kontrol. Dalam mengumpulkan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa dengan jumlah soal yang valid yaitu 34 butir. Uji-t digunakan dalam analisis data penelitian ini. Analisis berdasarkan hasil diperoleh data gain skor ternormalisasi thitung = 4,333 taraf signifikansi 5% dan dk = 63 hasilnya memperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 4,333 > ttabel = 2,000. Sesuai dengan kriteria pengujian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Rata-rata nilai kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran generatif berbantuan media konkret mendapatkan hasil yaitu 47,18 sedangkan rata-rata kelompok yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional hasil kompetensi pengetahuan IPAnya yaitu 31,45. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran generatif berbantuan media konkret terhadap kompetensi pengetahuan IPA.
Efikasi Diri, Sikap dan Kecemasan Matematika Berpengaruh Secara Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Ni Nyoman Ayu Wulandari; Gusti Ngurah Sastra Agustika
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.26812

Abstract

Kesulitan menguasai matematika disebabkan karena faktor intern seperti efikasi diri dan sikap. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara empiris mengenai arah dan jalur pengaruh efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD. Populasi penelitian sebanyak 315 orang siswa dengan teknik cluster random sampling digunakan untuk memperoleh anggota sampel sebanyak 198 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis jalur. Pengumpulan data melalui kuesioner dan pencatatan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara langsung yang positif terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 19,6% dan 18,6%, kecemasan matematika berpengaruh secara langsung yang negatif terhadap kompetensi pengetahuan matematika sebesar 18%, efikasi diri dan sikap pada matematika berpengaruh secara tidak langsung melalui kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika masing – masing sebesar 7,1% dan 6,5%.  Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung maupun secara tidak langsung antara efikasi diri, sikap pada matematika dan kecemasan matematika terhadap kompetensi pengetahuan matematika yang berimplikasi pada peningkatan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika melalui efikasi diri, sikap dan kecemasan matematika.
Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Berbantuan Media yang Diproyeksikan Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V I Putu Jevi Ratmawan; Ida Bagus Gede Surya Abadi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27239

Abstract

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Ni Luh Pradnyanita Putri; Ni Nyoman Ganing; I Wayan Sujana
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27243

Abstract

Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa belum optimal disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model dan media pembelajaran sehingga proses belajar kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD. Eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 9 kelas terdiri atas 230 siswa. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,170 > ttabel = 1,990, pada taraf signifikansi 5% dengan (dk= 39+42–2=79) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD.
Aplikasi Cabri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Kadek Mony Novenda; Gusti Ngurah Sastra Agustika
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27250

Abstract

Penurunan minat belajar siswa sangat mempengaruhi fokus siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, hal ini disebabkan karena suasana belajar yang monoton, tidak menyenangkan dan media yang digunakan tidak bervariasi. Maka dari itu, penelitian ini dirancang untuk menarik perhatian siswa, yaitu menggunakan Aplikasi Cabri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Cabri terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelompok eksperimen dan juga kelompok kontrol. Pengumpulan data untuk kompetensi pengetahuan Matematika menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 30 soal yang sudah diujikan instrumen dengan validitas, uji daya beda, indeks kesukaran, dan juga reliabilitas. Hasil perolehan data kemudian dianalisis dengan uji-t polled varians. Perolehan dari analisis data yaitu thitung = 6,914 > ttabel = 1,988 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 85, jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan alat peraga Aplikasi Cabri. Jika dilihat dari nilai rata-rata (means) kompetensi pengetahuan Matematika kelompok eksperimen  = 68,49 lebih besar dari kelompok kontrol = 55,89. Simpulan dari hal tersebut adalah aplikasi Cabri berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V sekolah dasar.
Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika SD Ni Made Junianti; I Wayan Wiarta; Komang Ngurah Wiyasa
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27251

Abstract

Masih kurang maksimalnya keaktifan dan penguasaan kompetensi pengetahuan matematika, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan matematika kelas V hanya 40% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh yang signifikan Model Eliciting Activities Berbasis Kontekstual terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan sebanyak 350 siswa kelas V SD. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dari kelompok eksperimen sebanyak 30 siswa dan sampel kelompok kontrol sebanyak 35 siswa. Data kompetensi pengetahuan Matematika dikumpulkan dengan instrumen berupa tes essay berjumlah 5 butir tes yang telah divalidasi. Data kompetensi pengetahuan Matematika dianalisis dengan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 23,000. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 63 dan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh harga ttabel = 2,000 berarti Ho ditolak, karena thitung = 23,000 > ttabel = 2,000. Implikasi melalui model ini menjadikan pembelajaran lebih terarah dan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model eliciting activities berbasis kontekstual berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika kelas V SD.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Luh Arya Kurnia Dewi; Made Putra; I.B. Gede Surya Abadi
Journal for Lesson and Learning Studies Vol. 3 No. 2 (2020): July
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jlls.v3i2.27272

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPS siswa yang disebabkan oleh kurangnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran, penggunaan media sebagai pendukung pembelajaran masih kurang diterapkan, kurangnya partisipasi siswa untuk berdiskusi dalam kelompok sehingga menyebabkan timbulnya rasa bosan dalam menerima pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain “none equivalent post test only control group design”. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV SD sebanyak 104 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan instrument tes objektif atau tes pilihan ganda biasa. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistic uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t yang diperoleh, T-hitung = 1.053 > T-tabel 0.679. selain itu, nilai rata-rata kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping  = 82,77 >  = 72,89 kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPS kelas IV SD yang disebabkan karena pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping memiliki timbal balik yang positif terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa melalui berbagai tahapan dalam proses pembelajaran untuk melatih peserta didik untuk mempermudah pemahaman peserta didik. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20