cover
Contact Name
Akhmad Ghasi Pathollah
Contact Email
akhmadpathollah91@gmail.com
Phone
+6285244005652
Journal Mail Official
akhmadpathollah91@gmail.com
Editorial Address
Kantor Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari, Dusun Gardu Salak, RT/RW 001/001, Desa Tangsil Wetan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso 68282 Jawa Timur
Location
Kab. bondowoso,
Jawa timur
INDONESIA
Salwatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 27972429     EISSN : 27972429     DOI : -
Core Subject : Education,
Salwatuna adalah jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari untuk peningkatan out-put penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini memuat kajian pendidikan dan kependidikan Islam dan kedua kajian itu dalam kaitannya dengan berbagai disiplin keilmuan lain secara interdisipliner atau multidisipliner. Tujuan adanya jurnal ini adalah melaksanakan diseminasi keilmuan dalam wujud distribusi hasil penelitian sekaligus bentuk konkret dari pengamalan keilmuan dan wujud pengabdian kepada masyarakat. Dengan demikian, jurnal ini memuat kajian praktis dari keilmuan pendidikan dan kependidikan Islam baik monodisiplin, interdisiplin atau pun multidisiplin serta pula wujud pengamalan keduanya dalam pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini terbit secara berkala dalam periode 4 bulanan, yakni Pebruari, Juni dan Oktober. Hal ini tak lain adalah wujud kesungguhan sivitas akademik Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari Bondowoso dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi secara komprehensif.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 2 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2024): Pengabdian kepada Masyarakat" : 2 Documents clear
Advokasi Moderasi Pemikiran Keagamaan Terhadap Tiga Dosa Besar Pendidikan dengan Menggunakan Paradigma Pancasila Pada Remaja Ikatan Mahasiswa Se-Kecamatan Wringin (IKMKW) Bondowoso Khaer, Abu; Ulum, Muhamad
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2024): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v4i1.185

Abstract

Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk advokasi memoderasi Pemikiran Keagamaan Para Remaja Terhadap Tiga Dosa Besar Pendidikan dengan menggunakan Paradigma Pancasila Pada Ikatan Mahasiswa Se-Kecamatan Wringin (IKMKW) Kabupaten Bondowoso. Tiga dosa besar pendidikan tersebut berupa intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan (bullying). Program ini bermanfaat untuk menjunjung tinggi keharomonisan, toleran, dan menghargai harkat, martabat, dan Hak Asasi Manusia dari remaja terhadap nilai-nilai kemanusiaan berlandaskan keluhuran Pancasila yang selaras dengan keagungan Islam. Tujuan itu berlandaskan pada upaya untuk menekan tindak kekerasan dengan memoderasi pemikiran yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila serta ajaran Islam atas tiga dosa besar pendidikan. Tempat lokasi penelitian ini, yaitu Ikatan Mahasiswa Se-Kecamatan Wringin Kabupaten Bondowoso, bekerja sama dengan Pemerintahan Kecamatan Wringin dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Wringin. Program yang diadvokasikan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan pada para remaja tingkatan Mahasiswa Perguruan Tinggi Umum dan Perguruan Tinggi Agama, baik Negeri maupun Swasta. Hasil dari penelitian ini, para remaja menjadi mengerti bahwa dosa besar intoleransi, kekerasan seksual, dan perundungan (bullying) merupakan suatu perbuatah yang sangat merugikan individu pelaku itu sendiri. Terlebih, berlandaskan Pancasila dan Islam, dosa besar pendidikan tersebut, merugikan pelakunya di dunia hingga di akhirat kelak. Oleh karenanya, toleransi dengan saling menghormati, bergaul dengan norma agama menghindari dan menjauhi segala bentuk perbuatan yang mengarah pada zina, maupun sikap mengjungjung tinggi hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat merupakan suatu keniscayaan
PKM PENDAMPINGAN GURU DALAM PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI MTS AL-MUTTAHIDAH, SENTONG, KREJENGAN, PROBOLINGGO Mudarris, Badrul; Munir , Misbahul; Fahim Sultoni, Muhammad
Salwatuna : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 4 No 1 (2024): Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59106/salwatuna.v4i1.187

Abstract

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, dan menyenangkan. Kurikulum Merdeka, yang terbilang masih baru diimplementasikan di beberapa sekolah, menjadi permasalahan yang harus segera diatasi. Karena kurangnya pengetahuan warga sekolah, termasuk guru, tentang kurikulum ini membuat implementasi Kurikulum Merdeka menjadi kurang maksimal di lapangan. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan melaksanakan pendampingan guru dalam pembuatan perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka. Bentuk kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan yang terdiri atas tiga tahapan utama, yaitu pengenalan Impelementasi Kurikulum Merdeka (IKM), pendampingan dalam pembuatan perangkat Kurikulum Merdeka, serta pelatihan dan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan, dapat disimpulkan bahwa: (a) ada beberapa komponen dalam Kurikulum Merdeka yang tidak jauh berbeda dengan Kurikulum Nasional, hanya terjadi perubahan nama, sehingga tidak terlalu menyulitkan guru untuk mengenal dan memahami kurikulum baru; (b) terdapat enam dimensi karakter pelajar Pancasila, yang harus diperoleh oleh siswa melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta Capaian Pembelajaran yang tergolong baru dan masih asing bagi guru, sehingga guru membutuhkan waktu lebih lama untuk menyusunnya menjadi perangkat pembelajaran; (c) kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru untuk mengenal lebih dalam tentang Kurikulum Merdeka, sehingga memudahkan guru dalam penerapannya selama proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 2