cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Teknologi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas dikalangan praktisi dan akademisi di Indonesia sebagai 'The Indonesian Journal for the Science of Management' yang mencakup bidang-bidang antara lain: Knowledge and People Management, Operations and Performance Management, Business Risk, Finance and Accounting, Entrepreneurship, Strategic Business and Marketing and Decision Making and Strategic Negotiation. Jurnal Manajemen Teknologi ( ManTek ) sudah terakreditasi "B" berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 81/DIKTI/Kep/2011. Masa Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal ditetapkan. Dan terindeks oleh Indonesian Publication Index (IPI), Google Schoolar. Print ISSN: 1412-1700; Online ISSN: 2089-7928
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2014)" : 9 Documents clear
Analisis Pengaruh Eco-Label terhadap Kesadaran Konsumen untuk Membeli Green Product Muslim, Erlinda; Indriani, Dyah Rusty
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2781.157 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.6

Abstract

Abstrak. Pandangan manusia telah bergeser seiring dengan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan, sehingga menimbulkan tuntutan bagi pelaku bisnis untuk memberikan solusi dalam menghadapi berbagai permasalahan lingkungan melalui pengembangan green product. Eco-label sebagai jaminan mutu green product merupakan isu di dunia bisnis dan perdagangan global saat ini.  Tujuan penelitian ini adalah menerapkan Structural Equation Modeling (SEM) untuk mengetahui pengaruh eco-label terhadap kesadaran konsumen untuk membeli green product. SEM adalah teknik analisis multivariat yang digunakan untuk membangun hubungan antara variabel terukur dan konstruk latennya. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, dan purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, dan attention towards eco-label memiliki pengaruh langsung terhadap purchase intention, sementara variabel eco-label awareness dan eco-label availability hanya menunjukkan pengaruh tidak langsung terhadap purchase intention.Kata kunci: Eco-Label, Green Product, Konsumen, Purchase Intention, Structural Equation ModelingAbstract. The society’s viewpoint has shifted along with the increasing concern for the environment, causing the rise of demand for the businessman to provide a concrete solution to deal with the current environmental problems through the development of green products. Eco-label, as a quality assurance of green products, has been a global trade-related issue for years. This research aims to determine the effect of eco-labels on consumers’ awareness to purchase green products by using Structural Equation Modeling (SEM). SEM is a multivariate technique incorporating a network of relationship between measured variables and latent construct. The variables used in this research consist of eco-label awareness, attitude towards the environment, belief in buying environment-friendly, eco-label knowledge, eco-label availability, attention towards eco-label, and purchase intention. By using Structural Equation Modeling, some of key findings from the data analysis are highlighted: belief in environment-friendly buying, eco-label knowledge, and attention towards eco-label show a direct influence on purchase intention, while eco-label awareness and eco-label availability only show the indirect effect on purchase intention.Keywords: Eco-Label, Green Product, Consumer, Ppurchase Intention, Structural Equation Modeling
Perancangan Model Integrasi Manajemen Kebijakan Outsourcing dalam Perspektif Hubungan Industrial Riyanto, Agus; Eriyatno, Eriyatno; Pasaribu, Bomer; Maulana, Agus
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3177.08 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.7

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian adalah merancang model integrasi manajemen kebijakan outsourcing dalam perspektif hubungan industrial untuk menciptakan harmonisasi aspek sosial budaya, ekonomi, dan hukum. Implementasi model ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan pekerja, keuntungan bagi perkembangan industri, dan memberikan manfaat bagi pemerintah. Penelitian ini diawali dengan observasi untuk mengidentifikasi kondisi empiris praktik outsourcing dari perspektif industri, pemerintah, dan serikat pekerja. Hasil identifikasi masalah dianalisis untuk merancang model integrasi manajemen kebijakan outsourcing untuk mencapai hubungan industrial yang harmonis. Metode yang digunakan adalah Soft System Methodology (SSM). Data dikumpulkan melalui Fokus Group Discussion (FGD), In Depth Interview (IDI) dan survei pakar. Teknik analisis menggunakan analisis CATWOE (Customer, Actor, Transformation, World view, Owner, Environment constraint),Business Process Management (BPM), Analytical Network Process (ANP), Strategic Assumption Surfacing and Testing (SAST). Model dirancang melalui SSM Learning Model yang bertujuan untuk merancang Purposeful Activity Models (PAM). Model Integrasi Manajemen Kebijakan Outsourcing sebagai sistem manajemen outsourcing terpadu yang melibatkan stakeholder dalam perencanaan, yaitu pengawasan, pembinaan dan penindakan untuk minimalisasi konflik. Implikasi model adalah penguatan Trilogi Hubungan Industrial, yaitu kesejahteraan pekerja, keamanan dan keberlanjutan untuk perusahaan serta iklim yang kondusif dan pendapatan bagi pemerintah.Kata kunci: Hubungan Industrial, Outsourcing, Soft Systems Methodology, ANP, Trilogi Hhubungan Industrial Abstract. This research objective is to design an outsourcing policy management integration model in industrial relation perspective in order to harmonize social, cultural, economic and legal aspects. The model is expected to improve welfare for workers, profit for industrial development, and provide benefit for the government.This research was initiated by field observation to analyze empirical condition on current outsourcing practices from the view of industries, government, and the workforce themselves along with their labor union. The result of problem identification was then analyzed to obtain outsourcing policy management integration model in order to build harmonious industrial relation. The method used was Soft System Methodology (SSM). Data were collected through FGD, IDI, and expert survey. Technique analysis was conducted through analysis CATWOE (Customer, Actor, Transformation, World-view, Owner, Environment constraint ), Analytical Network Process (ANP), Strategic Assumption Surfacing and Testing (SAST), through SSM Learning Models aiming to design Purposeful Activity Models (PAM). The Integration Management of Outsourcing Policy Model to perfom comprehensive management outsourcing system involving stakeholders in planning, supervision, guidance and enforcement to minimize conflict. The implication of modeling result is strong industrial relation trilogy; namely welfare for workers, security and sustainability for companies, conducive climate and benefits for the government.Keywords: Industrial Relations, Outsourcing, Soft Systems Methodology, ANP, Trilogy Industrial Relation
Managing Rewards to Enhance Customer Value: Empirical Study of Frequent Flyer Program Kristiani, Enny; Sumarwan, Ujang; Yuliati, Lilik Noor; Saefuddin, Asep
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14445.91 KB) | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.1

Abstract

Abstract. The goal of relational program is to retain customers who are profitable to the organization. Reward point is a form of customer loyalty widely used by many industries including airline industry. Airline loyalty program, notorious as Frequent Flyer Program (FFP), is the most sophisticated marketing strategic used by airline industries nowadays. However most airlines have very little understanding of their FFP members yet have a little knowledge about their most valuable customers. Most airlines have inaccurately determined the customer values by only considering business worth of nominal profit generated by FFP members. The value of customers beyond purchasing behavior - called relational worth - has not been commonly captured yet. This non-financial value is predicted as a driver in retaining customers, hence becomes one of crucial factors in preserving the profitability of the organization. For this reason, this paper aims to examine the customer non-financial valuations of FFP members to the airline. The hypotheses are empirically tested with a sample of FFP members of respected airline conducted through online survey (n=475). The data were statistically analyzed using structural equation modeling (SEM). Results indicate that perceived rewards generate higher value of relational worth through indirect relationship by intervening variable of relationship quality than that of generated by a direct relationship.Keywords:Frequent Flyer Program,Customer Relationship Management (CRM), Loyalty Reward Program, Relationship Quality, Relational worth Abstrak. Program loyalitas dilakukan oleh perusahaan dengan tujuan untuk mempertahankan pelanggan yang menguntungkan. Program ini biasanya ditawarkan dengan memberikan insentif (hadiah) kepada pelanggan, seperti pada program Frequent Flyer (FFP) di bisnis penerbangan. Pada umumnya maskapai penerbangan masih belum dapat mengidentifikasi dengan benar pelanggan-pelanggan yang berharga. Pelanggan yang bernilai tinggi masih ditentukan hanya berdasarkan nilai ekonomis (berapa banyak uang yang dibelanjakan pelanggan terhadap maskapai) dan belum mempertimbangkan nilai-nilai sosial pelanggan yang diberikan kepada maskapai. Nilai sosial ini merupakan salah satu penentu keuntungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hadiah yang diberikan kepada pelanggan melalui program loyalitas terhadap nilai relasional yang dihasilkan. Hipotesa diuji dengan menggunakan sampel yang terdiri dari 475 anggota FFP yang diperoleh dengan melalui survey online. Data dianalisis secara statistik dengan Stuctural Equation  Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh signifikan insentif yang diberikan melalui FFP terhadap nilai sosial pelanggan. Hadiah yang menyebabkan timbulnya perasaan komitmen dan kepuasan pada pelanggan akan menghasilkan nilai sosial yang lebih tinggi.Kata kunci : Frequent Flyer Program, Manajemen Relasional Konsumen, Program Loyalitas, Kualitas Hubungan, Nilai Relasional 
Front-Matter JMT Vol 13 No 1 2014 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1911.177 KB)

Abstract

Front-Matter JMT Vol 13 No 1 2014
Implementing Health Safety Environment (HSE) Process Management to Improve HSE Performance, Competitive Advantage and Financial Performance Purwanto, Agustinus Hariadi DJoko; Suharjo, Budi; Sumarwan, Ujang; Daryanto, Heny K
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.5

Abstract

Abstract. Performance of health safety environmental (HSE) has been tightly demanded by stakeholders (customer, government, public, NGO, employee) and become essential factors of organization’s competitive advantages. High HSE performance leads to improving customer satisfaction, legitimacy and reputation from which better financial performance can be gained. In order to do that, companies must implemement HSE process management. The research aims to investigate effects of the four constructs, namely process management, HSE performance, organization’s competitive advantage and financial performance. The study uses descriptive and quantitative statistical methods involving 119 companies of which SEM is used to see linkages between factors. The testing results show that the process management gives significant positive effect to HSE performance after which it simulataneously affect significant and positively to competitive advantage but it has no significant relationship with financial performance. However, competitive advantage affect positively to financial performance. In conclusion, HSE process management improves HSE performance, which subsequently increases Competitive advantage but it does not affect financial performance. The increase of financial performance is given by competitive advantage.Key words: HSE, Performance, Competitive Advantages, Financial Performance, SEM Abstrak. Kinerja lingkungan dan keselamatan dan kesehatan kerja (LK3) telah dituntut dengan ketat oleh para pemangku kepentingan (pelanggan, pemerintah, masyarakat, LSM, karyawan) dan menjadi faktor-faktor esensial bagi keunggulan kompetitif organisasi. Untuk itu, perusahaan harus menerapkan manajemen proses LK3. Kinerja LK3 tinggi memberikan kepuasan pelanggan, legitimasi dan reputasi sehingga kinerja finansial dapat diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh-pengaruh empat konstruk, yaitu Manajemen proses LK3, Kinerja LK3, Keunggulan kompetitif dan Kinerja finansial. Penelitian menggunakan metode analisa deskriptif dan kuantitatif yang meliputi 119 perusahaan dimana SEM diterapkan untuk melihat hubungan-hubungan antar faktor secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen proses LK3 memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja LK3 yang selanjutnya secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap Keunggulan kompetitif dan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja finansial. Tetapi, Keunggulan kompetitif memberikan pengaruh positif terhadap Kinerja financial. Kesimpulan yang diambil adalah penerapan manajemen proses LK3 meningkatkan Kinerja LK3 yang selanjutnya meningkatkan Keunggulan kompetitif tetapi tidak mempengaruhi Kinerja finansial. Peningkatan kinerja finansial diberikan oleh keunggulan kompetitif.Kata kunci: LK3, Kinerja, Keunggulan Kompetitif, Kinerja Finansial, SEM 
Sistem Organisasi Kognitif dan Afektif dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Apotek di Surabaya: Efek Moderasi Orientasi Kewirausahaan Sukoco, Badri Munir; Viciana, Vindi
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.2

Abstract

Abstract: Apothecary is a highly regulated and competitive industry due to less differentiation and high density in certain areas. Interestingly, the performance of apothecaries is heterogeneous; and based on market orientation perspective we argue that the condition exists due to different level on responding competitors’ actions as well as customers’ needs. Further, we argue that managers’ entrepreneurial orientation can strengthen these relationships. The mechanism of how can apothecaries develop their responsiveness to competitors and customers also is investigated. We distributed questionnaires among apopthecary managers in Surabaya and generated 131 responses. By using PLS, the results indicate that responsiveness to competitors positively influence on their performance, while responsiveness to customers is not. The moderating effect of entrepreneurial orientation is also not confirmed. Responsiveness to competitors is highly determined by cognitive and affective organizational system, while responsiveness to customers mainly determined by affective organizational system. Managerial and academic implications are further discussed in this paper.Keywords: Cognitive Organization System, Affective Organization System, Responsiveness to Competitors, Responsiveness to Customers, Performance, and Drugstore   Abstrak. Apotek merupakan industry yang sangat diatur oleh pemerintah dengan tingkat persaingan yang tinggi karena diferensiasi yang ditawarkan rendah dan densitas yang cukup tinggi di beberapa area. Menariknya, kondisi tersebut juga membuat kinerja apotek beragam; sehingga dengan menggunakan perspektif orientasi pasar, penelitian ini berargumentasi bahwa responsifitas pengelola apotek akan tindakan pesaing maupun kebutuhan pelanggan dapat membedakan kinerjanya. Riset ini juga berargumentasi bahwa orientasi kewirausahaan yang dimiliki pengelola akan menguatkan pengaruh tersebut. Mekanisme tentang bagaimana perusahaan membentuk responsifitas terhadap pesaing maupun pelanggan juga diinvestigasi. Riset ini mendistribusikan survei kepada pengelola apotek di Surabaya dengan respon sebanyak 131 responden. Menggunakan PLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa responsifitas terhadap tindakan pesaing berpengaruh terhadap kinerja apotek, sedangkan responsifitas terhadap pelanggan tidak signifikan. Efek moderasi orientasi kewirausahaan yang dihipotesiskan juga tidak terbukti. Responsifitas terhadap pesaing dipengaruhi sama kuatnya oleh sistem organisasi yang kognitif dan afektif, sedangkan responsifitas terhadap pelanggan lebih dipengaruhi oleh sistem organisasi yang afektif. Implikasi manajerial dan akademis disajikan lebih lanjut dalam penelitian ini. Kata kunci: Sistem Organisasi Kognitif, Sistem Organisasi Afektif, Responsifitas pada Pesaing, Responsifitas pada Pelanggan, Kinerja, dan Apotek 
Back-Matter JMT Vol 13 No 1 2014 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Back-Matter JMT Vol 13 No 1 2014
Perancangan Peta Jalan Pengembangunan Industri Hasil Pertanian pada Wilayah Kabupaten dengan Metode VRISA dan Rantai Nilai Gabriel, Djoko Sihono; Nurcahyo, Rahmat; Muslim, Erlinda; Sumaedi, Sik
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.4

Abstract

Abstrak.Salah satu alternatif untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk pada suatu wilayah adalah dengan mengembangkan industri. Penelitian ini merancang peta jalan (road map) pengembangan industri hasil pertanian dengan studi kasus Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah kerangka VRISA (Value, Rare, In-imitabillity, Substitutability dan Appropriability) untuk menentukan produk industri yang akan dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa peta jalan bagi pengembangan industri berbasis jagung bagi Kabupaten Bengkayang. Sesuai dengan pendekatan rantai nilai (value chain), strategi dibagi dua yaitu strategi rantai nilai utama dan strategi rantai nilai pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jagung merupakan pilihan menurut kerangka pengembangan VRISA, sehingga perlu dikembangkan sebagai industri, bukan hanya sebagai hasil pertanian. Tahapan pengembangan industri jagung di Kabupaten Bengkayang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap awal (basic foundation establishment), tahap utama (implementasi), serta tahap akhir (harvesting) yang memerlukan waktu lima tahun. Kata kunci: Pengembangan Industri, Kerangka VRISA, Rantai Nilai, Peta Jalan, Wilayah Kabupaten Abstract.Industry development is an alternative in social welfare improvement of a region. This research was conducted to develop a road map of industry development in Kabupaten Bengkayang, West Kalimantan. VRISA (Value, Rare, In-imitabillity, Substitutability and Appropriability) framework used to determine appropriate industrial products to be developed. Based on value chain method, the development strategy was constructed into main value chain and supporting value chain strategy. Output of analysis showed that corn-based product was preferred by VRISA framework, so it needs to be developed as appropriate industry for Kabupaten Bengkayang. There are three stages of industrial development in the corn-based industry, namely initial phase (basic foundation establishment), main phase (implementation), and final stage (harvesting). Time frame for all stages takes five years.Keywords: Industrial Development, VRISA Framework, Value Chain, Road Map, Regency Area 
MODEL BEHAVIOURAL SCORING PADA BISNIS PEMBIAYAAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ANALISIS DAYA TAHAN (STUDI KASUS: PT KARYA BESAR CABANG BOGOR) Setiawan, Andi; Siregar, Hermanto; Maulana, Tubagus NA
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2014.13.1.3

Abstract

Abstrak. Kompetisi dalam industry jasa keuangan mendorong peningkatan risiko kredit. PT. Karya Besar sebagai perusahaan jasa keuangan harus mengelola risiko kreditnya secara efektif untuk meminimalkan tingkat non perfoming loan (NPL). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi variabel yang signifikan mempengaruhi risiko kredit, mengukur potensi risiko kredit berdasarkan model behavioural scoring.  dan mengembangkan strategi pengelolaan account  secara efektif dan efisien. Peluang gagal bayar diprediksi dengan  model behavioural scoring yang menggunakan nalisa daya tahan. Penelitian ini menggunakan kombinasi antara variabel yang bergantung dengan waktu dan variabel yang statis dalam model cox proportional hazard. Variabel Delinquency, down payment, installment to income ratio, dan balance hutang signifikan secara statistik dalam model behavioural scoring. Strategi pengelolaan account yang efektif dan efisien akan dikembangkan berdasarkan model behavioural scoring. Hasil simulasi penerapan model behavioural scoring menunjukkan penurunan tingkat NPL dan biaya operasional.Kata kunci : Cox Proportional Hazard, Daya Tahan, Jasa Keuangan, Non Perfoming Loan, Risiko KreditAbstract. Competition in financial service industry push the  increasing of credit risk. PT. Karya Besar as a financial service company has to manage the credit risk to efectively minimize non perfoming loan. The research aims to identify variables that have significant influence on the credit risk, to measure the potential of credit risk based on behavioural scoring model, and to develop effective and efficient account management strategies. Probability of default is predicted with behavioural scoring model using  survival analysis. This research propose combination of time dependent covariates and static covariate in cox proportional hazard model.  Delinquency, down payment, installment to income ratio, and balance are statistically significant default predictor in behavioural scoring model. Effective and efficient account management strategies will develop based on behavioural scoring model. Simulation result of behavioural scoring model implementation show reducing Non perfoming loan and operational cost. Keyword :  Cox Proportional Hazard, Credit Risk, Financial Service, Non Perfoming Loan, Survival

Page 1 of 1 | Total Record : 9