cover
Contact Name
Alfan Ekajati Latief
Contact Email
alfan@itenas.ac.id
Phone
+6285724122554
Journal Mail Official
jurnal.mesin@itenas.ac.id
Editorial Address
Gedung 11 Jl. PHH. Mustofa 23 Bandung 40124
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika
ISSN : -     EISSN : 27758087     DOI : https://doi.org/10.26760/jrem
Fokus dan ruang lingkup dari Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika adalah sebagai berikut : 1. Konversi Energi Energi baru terbarukan Emisi dan pembakaran Bahan bakar dan lubrikan Perpindahan massa dan kalor Mesin – mesin pemompa kalor Rekayasa termal dan fluida Komputasi energi Sistem Pembangkit Tenaga Energi nano dan piko Material energi Hal lain seputar konversi energi 2.Desain Mekanikal Bodi dan desain komponen otomotif Dinamika kendaraan Kontrol dan mekatronika kendaraan Sistem transmisi Sistem kendaraan/transportasi cerdas Getaran struktur, pemrosesan sinyal, dan teknologi perawatan Tribologi Akustik Algoritma Perancangan Mekanikal Komputasi dan mekanika struktur Desain sensor dan aktuator mekanikal Teknologi mekanisme Biomekanik Mekanika terapan Perancangan alat dan mesin fungsional Hal lain seputar perancangan dan struktur 3.Material Teknologi las dan pengecoran Material temperatur tinggi Material komposit Material nano Biomaterial Komputasi material Teknologi korosi Teknologi pengujian tak merusak Material cerdas Analisis Kegagalan Pengkajian Umur Pakai Material Hal lain seputar material dan metalurgi 4. Manufaktur dan Otomasi Manajemen Rekayasa /TQM Teknologi tooling dan permesinan Material tooling CNC dan komputasi manufaktur Sistem manufaktur dan logistik Mekatronika dan robotika Instrumentasi dan pengukuran Teknologi terkini pemrosesan material Permesinan mikro Metrologi Hal lain seputar manufaktur
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2023): JREM" : 8 Documents clear
Aplikasi Dan Pengaruh Sistem Turbocharger Berkapasitas 100cc – 200cc Pada Performa Mesin Yamaha V-Ixion Tri Sigit Purwanto; Alfan Ekajati Latief; Muhammad Azis Mahardhika; Kurnia Hendriawan; Jaka Rahmadi
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.54

Abstract

ABSTRAK Dunia otomotif di Indonesia semakin berkembang dengan pesat, jenis-jenis motor baru dari berbagai pabrikan bermunculan dengan pesat. Salah satu jenis motor yang berteknologi cukup baik adalah YAMAHA V-IXION. Tipe motor ini memiliki teknologi dasar mobil yaitu injector bahan bakar dan ECU (Electronic Controller Unit) sebagai penerapan engine mapping. Untuk menambah tenaga motor, dilakukan pemasangan turbocharger. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan performa mesin dengan kapasitas 150 cc dengan memanfaatkan boost dari turbocharger dengan tekanan minimal 0,3 bar. Performa mesin diukur dengan menggunakan dyno test. Setelah sistem turbocharger diaplikasikan ke mesin YAMAHA V-IXION dapat bekerja secara normal dan mampu mencapai boost hingga 0,5 bar. Hasil pengujian dyno test diperoleh: Peak daya terjadi pada 8,622 rpm dengan daya sebesar 14,7 HP, peak torsi terjadi pada 8,547 rpm dengan torsi sebesar 12,21 Nm2, dan konsumsi bahan bakar yang dipergunakan adalah 2,63 liter dengan jarak tempuh 94,6 Km. Kata kunci : V-IXION, turbocharger, dyno test ABSTRACT The automotive in Indonesia is growing rapidly, new types of motorcycle from various manufacturers have emerged rapidly. One type of motorcycle with good technology is the YAMAHA V-IXION. This type of motorcycle has basic car engine technology, namely fuel injectors and ECU (Electronic Controller Unit) as engine mapping application. To increase power, it is necessary to install a turbocharger so that motorcycle power generated can increase. The goal of this research is increase the machine performance with capacity of 150 cc by using boost from turbocharger that operate at least 0.3 bar. Machine performance was tested by using dyno test rig. After the turbocharger system is applied to the YAMAHA V-IXION engine it can work normally and is able to achieve a boost of up to 0.5 bar. The dyno test result: Peak power occurs at 8.622 rpm with a power of 14.7 HP, peak torque occurs at 8.547 rpm with torque of 12.21 Nm2, and fuel consumption used is 2.63 liters with a distance of 94.6 km.  Key words: V-IXION, turbocharger, dyno test. 
Survey Pengedokan Pada Tailshaft Kapal Dorothy IMO 9821251 Ibnu Hajar Alghifari; Adhi Riansyah Purnama
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.64

Abstract

ABSTRAK Teknologi baling-baling dikembangkan untuk menggantikan teknologi kapal layar yang memanfaatkan energi angin ataupun dayung. Poros baling-baling memiliki peran yang besar dan secara langsung menentukan kinerja kapal laut. Oleh karena itu, poros baling-baling harus menjadi perhatian dalam sistem penggerak kapal laut. Poros baling-baling kapal harus dirancang dan dirawat agar selalu berada pada kondisi yang baik dan memberikan kinerja optimal. Dalam penelitian ini dilakukan inspeksi kerusakan dan perbaikan terhadap kerusakan sistem poros tail shaft dalam survei pengedokan (special survey) dari kapal Dorothy IMO 9821251 yang menurut standar Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) harus dilakukan setelah kapal beroperasi selama 5 tahun. Selain itu dilakukan juga evaluasi dampak perawatan yang telah dilakukan terhadap kinerja poros tail shaft. Dari inspeksi kerusakan diketahui bahwa penyebab kerusakan yang terjadi pada tail shaft terutama disebabkan karena gesekan antara poros dan bantalan yang intens serta diperburuk dengan pelumas air laut yang membawa kotoran serta garam yang bersifat abrasif dan korosif. Uji performa terhadap tail shaft yang dilakukan setelah proses perbaikan memberikan hasil yang baik. Kenaikan temperatur yang terjadi pada saat poros berputar di dalam bantalan dengan variasi kecepatan putaran masih berada di bawah temperatur maksimum yang direkomendasikan. Celah di antara poros dan bantalan terbentuk dengan sangat baik sehingga tidak ada kotoran yang terbawa oleh air laut pelumasan masuk ke dalam celah antara poros dan bantalan. Dampak positifnya terlihat dari kenaikan temperatur yang tidak melampaui batas toleransi serta gerakan dari baling-baling lebih stabil dan tidak timbul getaran ataupun gerakan tail shaft yang melebar.Kata kunci : kapal,  perawatan,  poros baling-baling. ABSTRACT Propeller technology was developed to replace sailing ship technology that utilizes wind energy or paddles. The propeller shaft has a big role and directly determines the performance of marine vessels. Therefore, the propeller shaft must be a concern in marine propulsion systems. Ship propeller shafts must be designed and maintained so that they are always in good condition and provide optimal performance. In this study, damage inspection and repair of damage to the tail shaft temperature system was carried out in the special survey of the ship Dorothy IMO 9821251 which according to the standards of Biro Classification Indonesia (BKI) must be carried out after the ship has been in operation for 5 years. Besides that, an evaluation of the impact of the maintenance that has been carried out on the performance of the tail shaft Classification is also carried out. From the inspection of the damage it is known that the cause of the damage to the tail shaft is mainly due to the intense friction between the shaft and the bearings which is exacerbated by seawater lubricants which carry dirt and salt which are abrasive and corrosive. The performance test on the tail shaft which was carried out after the repairing process gave good results. The temperature rise as the shaft rotates in the bearings with variations in rotational speed is still below the maximum temperature recommended. The gap between the shaft and the bearing is well formed so that no dirt carried by the lubricating seawater gets into the gap between the shaft and the bearing. The positive impact can be seen from the increase in temperature which does not exceed tolerance limits and the movement of the propeller is more stable and there is no vibration or widened tail shaft movement.Keywords : Vessel, Maintenance, Tail shaft.
Mesin Pembuat Tepung SRC Dengan Mata Pisau Pada Arah Radial Irwan Syakari; Dwi Indriana; Yuliansyah Yuliansyah
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.1

Abstract

ABSTRAK Kebutuhan akan tepung karaginan dalam industri pengolahan makanan terus meningkat, termasuk karaginan semi-murni (SRC) yang diakui dunia dengan standar E407A. SRC cukup diminati karena harganya yang lebih murah daripada karaginan murni (RC). SRC didapatkan dari ATC (Alkali Treated Cottoonii) kering melalui proses penepungan. ATC chips tidak mudah diubah menjadi bentuk tepung karena sangat keras dan ulet. Mesin pembuat tepung SRC ini pun tidak mudah diperoleh di pasaran di Indonesia.  Penelitian lanjutan ini bertujuan untuk mendapatkan mesin pembuat tepung SRC yang lebih efektif, yang mana pada penelitian ini lebih diarahkan pada penyempurnaan pisau penepung untuk meningkatkan kapasitas produksi dari mesin yang pernah dibuat. Pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pisau dengan mata potong pada arah radial menghasilkan kinerja yang lebih baik, yaitu mampu menghasilkan 11 gram tepung SRC untuk masukan awal 20 gram ATC chips, dan 32 gram tepung SRC untuk masukan awal 50 gram ATC chips. Persentase penghasilan tepung SRC juga meningkat, yaitu mampu mencapai menjadi 55% dan 64%. Kapasitas produksi meningkat, mampu mencapai 0,021 kg/jam untuk masukan sebanyak 20 gram ATC chips dan 0,116 kg/jam untuk masukan sebanyak 50 gram ATC chips. Perbaikan rancangan pisau mesin pembuat tepung SRC ini menunjukkan adanya peningkatan kinerja mesin walaupun masih belum memuaskan. Kata kunci: Karaginan,  Alkali Treated Cottoni, Semi-Refined Carrageenen, mesin penepung.  ABSTRACT The need for carrageenan in the food industry continues to increase, including Semi-Refined Carrageenan (SRC) that recognized by the world standard of E407A. SRC was quite attractive because of lower price, compared to Refined Carrageenan (RC). SRC flour was obtained from dried Alkali Treated Cottoonii chips through grinding process. However, the grinding process to obtain SRC flour is quite difficult and challenging because of its hard and ductile property. The grinding machine was also not easy to get on the market in Indonesia. This advance research aims to obtain a more effective SRC flour grinding machine, which in this study is more directed at improving the grinding blade to increase the production capacity of the machine that was previously made. Tests in this research showed that the newly modified blade with cutting edges in the radial direction was able to provide better performance. The machine was capable of producing 11 grams of SRC flour with an input of 20gram ATC chips, and 32 gram of SRC flour with an input of 50 gram ATC chips. The percentage of SRC flour production also increased, which was able to reach 55% and 64%. Production capacity has increased, reaching 0.021 kg/hour for an input of 20 grams of ATC chips and 0.116 kg/hour for an input of 50 grams of ATC chips. Improvements in the design of the blades of the SRC flour grinding machine show an increase in machine performance, although it is still not satisfactory. Key words: Carrageenan, Alkali Treated Cottonii, Semi-Refined Carrageenan, grinding machine
Analisa Karakterisasi Material Produk Slide Piece CVT Berbahan Komposit Berpenguat Serat Nanas dengan Fraksi Volume 10% Ahmad Dzilfairuz Zaidan; Alfan Ekajati Latief; Nuha Desi Anggraeni
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.77

Abstract

Abstrak   Slide piece merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Tujuan penelitian ini adalah melakukan karakterisasi material pada produk slide piece CVT berbahan komposit dengan polypropylene high impact (PPHI) sebagai pengikat dan serat alam berfraksi volume 10% sebagai bahan penguat. Metode karaktertisasi yang dilakukan menggunakan pegujian komposisi kimia, pengujian kekerasa, pengujian keausan, dan analisa struktur mikro. Slide piece yang dikarakterisasi adalah slide piece original, imitasi dan komposit. Hasil pengujian komposisi kimia, memperlihatkan bahwa slide piece imitasi tidak memiliki bahan ethylene. Berdasarkan hasil pengujian kekerasan, slide piece komposit memiliki nilai 112 HRB atau 84% menyerupai slide piece original. Hasil pengujian keausan pada slide piece komposit, nilainya adalah 7.54 x 10-6 (g/mm2.detik), 1,5 kali lebih besar dari slide piece original, namun 0,75 kali lebih kecil dari slide piece imitasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa slide piece berbahan komposit tersebut nilai kekerasan dan kausannya lebih baik daripada slide piece imitasi.Kata kunci: sifat mekanik, otomotif, material, komposisi.  Abstract The slide piece is one of the essential components of a motorcycle. This study aimed to characterize the material on CVT slide piece products made from composites with high-impact polypropylene (PPHI) as a binder and natural fibre with a volume fraction of 10% as a reinforcing material. The characterization method was carried out using chemical composition testing, hardness testing, wear testing, and microstructural analysis. The slide pieces that are characterized are original, imitation and composite slide pieces. The results of the chemical composition test show that the imitation slide piece does not contain ethylene. Based on the hardness test results, the composite slide piece has a value of 112 HRB or 84% resembling the original slide piece. The wear test results on the composite slide piece are 7.54 x 10-6 (g/mm2.second), 1.5 times larger than the original slide piece but 0.75 times smaller than the imitation slide piece. So it can be concluded that the slide piece made from composite has a better hardness and wear value than the imitation slide piece.Keywords: mechanical properties, automotive, materials, composition.
Pelontar Ball Bullet Otomatis dengan Variasi Tekanan Liman Hartawan; Diki Ismail Permana; Priyan Aras Sandi
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.24

Abstract

ABSTRAK Ball bullet adalah peluru dengan diameter 6 mm yang biasa digunakan untuk air soft gun. Airsoft gun memanfaatkan gas CO2, green gas atau udara yang dimampatkan dalam tabung/chamber. Kapasitas gas atau udara yang dihasilkan untuk mendorong ball bullet sudah tertentu. Hal ini akibat konstruksi sistem pelepasan gas atau udara mampat tersebut. Pada penelitian ini dibuat alat pelontar ball bullet 6 mm yang dapat di variasikan tekanannya. Variasi tekanan ini berdampak terhadap peningkatan kecepatan ball bullet (dalam fps) yang keluar dari barel. Tipe pelontar ball bullet yang dibuat adalah single pump, sehingga seluruh udara bertekanan di dalam chamber dikeluarkan semua dalam satu kali tembak. Udara bertekanan dihasilkan dari mini kompresor yang ditampung dalam chamber. Bahan chamber yang digunakan adalah pipa PVC schedule 40 ukuran 1 inch dan panjang 10 cm, agar mudah dibuat dan mampu menahan tekanan pengujian. Tekanan pada chamber divariasikan 1 hingga 5 bar melalui yang diukur menggunakan piezoresistive pressure sensor. Pengukuran kecepatan lontaran ball bullet pada ujung barel diukur menggunakan chronometer. Perangkat kontrol yang digunakan adalah Arduino UNO yang mengendalikan solenoid valve untuk melepaskan udara bertekanan dari chamber. Pengujian dilakukan dengan jarak tembak 5 meter menggunakan target standar Perbakin. Hasil pengujian diperoleh rata-rata peningkatan kecepatan terhadap kenaikan tekanan adalah 28% dari 1 bar hingga 3 bar. Namun pada tekanan 4 dan 5 bar hanya meningkat 15% dan 20%. Kecepatan rata-rata ball bullet minimal pada tekanan 1 bar yaitu 111,2 fps dan maksimal pada tekanan 5 bar yaitu 252,4 fps. Tingkat kepresisian terendah adalah pada tekanan 3 bar yaitu 53 mm dan tertinggi pada tekanan 5 bar yaitu 28 mm. Kata-kata kunci: Airsoft Gun, Single Pump, PVC pipe, chronometer, solenoid valve. ABSTRACT Ball bullet is a bullet with a diameter of 6 mm which is commonly used for air soft guns. Airsoft guns use CO2 gas, green gas or compressed air in a tube/chamber. The capacity of the gas or air produced to push the ball bullet is certain. This is due to the construction of the gas or compressed air release system. In this study, a 6 mm ball bullet launcher was made which can be varied in pressure. This pressure variation has an impact on increasing the speed of the ball bullet (in fps) that comes out of the barrel. The type of ball bullet launcher that is made is a single pump, so that all the pressurized air in the chamber is removed all in single shot. Pressurized air is produced from a mini compressor which is accommodated in the chamber. The chamber material used is schedule 40 PVC pipe with a size of 1 inch and a length of 10 cm, so that it is easy to make and strong enough with testing pressure. The pressure in the chamber is varied from 1 to 5 bar through which it is measured using a piezoresistive pressure sensor. Measurement of the speed of the ball bullet at the end of the barrel is measured using a chronometer. The control device used is Arduino UNO which controls the solenoid valve to release compressed air from the chamber. The test was carried out to shoot Perbakin's standard targets with 5 meters shooting range. The test results the average speed to pressure increase 28% from 1 bar to 3 bar. But at 4 and 5 bar it only increased 15% and 20%. The minimum average speed of the ball bullet is at 1 bar pressure 111.2 fps and the maximum is at 5 bar 252.4 fps. The lowest level of precision is at 3 bar which is 53 mm and the highest is at 5 bar which is 28 mm. Keywords: Airsoft Gun, Single Pump, PVC pipe, chronometer, solenoid valve.
Analisis Kegagalan Proses Pengelasan Standar Motor menggunakan Metoda FMEA dan FTA serta Pemodelan menggunakan Solidworks Eka T Firmansjah; Iwan Agustiawan
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.13

Abstract

Melakukan analisis kegagalan pada kasus standar motor samping dengan bantuan pemodelan pada Solidworks
Rancang Bangun Omni Wheel Pada Forklift Automated Guided Vehicle Encu Saefudin; Noviyanti Nugraha; Helsa Yuliyawati Yosman
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.32

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Forklift saat ini dilengkapi dengan Automated Guided Vehicle (AGV) merupakan suatu alat angkut otomatis yang dapat berjalan di sepanjang jalur yang telah ditentukan. AGV dikontrol oleh kombinasi perangkat lunak berbasis sensor, sebagai dampak dari revolusi industri 4.0. Secara umum, forklift Automated Guided Vehicle (AGV) menggunakan roda standar untuk bergerak secara non-holonomik. Pada jenis model ini, gerakannya terbatas dan hanya dapat bergerak dalam beberapa arah yang telah ditentukan sebelumnya. Meskipun dapat mencapai setiap lokasi di dalam ruangan, namun membutuhkan manuver dan perencanaan jalan yang kompleks, untuk mengatasi hal tersebut diperlukan Omni Wheels. Tujuan penelitian ini adalah merancang model Omni Wheel pada forklift AGV berdasarkan bentuk, pembebanan, gerak yang diterima, dan pola gerakan yang dihasilkan, merakit model Omni Wheel pada forklift AGV terhadap chassis dan komponen yang akan dipasang sesuai dengan rancangan serta menguji model Omni Wheel pada forklift AGV secara dimensional dan fungsional. Penelitian ini berhasil menghasilkan model roda Omni yang mampu bergerak dalam 10 arah dengan kapasitas menahan beban hingga 750 gram. Model ini membutuhkan torsi minimum sebesar 294,1995 N.mm dan memiliki dimensi chassis P × L × T: 200 mm×200 mm×30 mm. Kata Kunci: Omni Wheel, Forklift AGV, Holonomic, Solid Works, ABSTRACT The development of forklift is currently equipped with an Automated Guided Vehicle (AGV) which is an automatic conveyance that can run along a predetermined path. AGV is controlled by a combination of sensor-based software, as a result of the industrial revolution 4.0. In general, Automated Guided Vehicle (AGV) forklifts use standard wheels to move non-holonomic ally. In this type of model, movement is limited and can only move in a few predetermined directions. Although it can reach every location in the room, it requires complex maneuvers and road planning, to overcome this, Omni Wheels are needed. The purpose of this research is to design the Omni Wheel model on the AGV forklift based on the shape, loading, motion received, and the resulting movement pattern, assemble the Omni Wheel model on the AGV forklift against the chassis and components to be installed in accordance with the design and test the Omni Wheel model on the AGV forklift dimensionally and functionally. This research successfully produced an Omni wheel model capable of moving in 10 directions with a load-bearing capacity of up to 750 grams. This model requires a minimum torque of 294.1995 N.mm and has chassis dimensions of P × L × T: 200 mm×200 mm×30 mm.Keywords: Omni Wheel, Forklift AGV, Holonomic, Solid works.
Kaji Eksperimental Kekakuan Sasis Mobil Listrik KMLI Jenis Tubular Space Frame Alif Muhammad Faris; Marsono Marsono; Muhammad Azis Mahardhika
Jurnal Rekayasa Energi dan Mekanika Vol 3, No 1 (2023): JREM
Publisher : Institut Teknologi Nasional, Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26760/JREM.v3i1.45

Abstract

ABSTRAK Rangka atau sasis adalah bagian penting dari sebuah kendaraan yang memiliki fungsi untuk menopang semua beban, mulai dari sistem penggerak, sistem kemudi, sistem suspensi, rakitan gandar, sistem pengereman hingga penumpang dan bagasi. Sasis harus bisa menjaga semua komponen yang bertumpu di atasnya tetap berada pada dudukannya. Sasis harus mampu memberikan kekuatan, fleksibilitas, dan stabilitas kendaraan dalam berbagai kondisi operasi. Sasis juga harus mampu memiliki kekakuan terhadap beban bending maupun torsi yang serta harus sangat handal dan memberikan keamanan kepada penumpangnya.  Dalam penelitian ini, dibuat sasis mobil listrik tipe tubular space frame untuk Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI). Bahan yang digunakan adalah pipa baja UOE dengan diameter 1 inci. Sasis ini selanjutnya diuji dengan metode uji bending untuk mengetahui kekakuannya. Dari proses pembuatan didapatkan sasis yang memiliki dimensi sesuai dengan rancangan yang telah dibuat pada penelitian sebelumnya. Sedangkan dari pengujian bending yang telah dilakukan, diketahui bahwa defleksi terbesar yang terjadi adalah 3,2 mm pada beban 125 kg. Dan dari hasil perhitungan diperoleh angka kekakuan sasis adalah  41,66 kg/mm. Kata kunci: sasis, tubular space frame, pengelasan, kekakuan. ABSTRACT Chassis is an automotive component that functions to support all loads, starts from the traction system, steering system, suspension system, axle assembly, braking system, and also passengers and luggage. The chassis must also be able to ensure that all components stick on it are in the correct position. The chassis must be able to provide the strength, flexibility and stability of the vehicle under various operating conditions. The chassis must also be able to have rigidity against the bending and torsional loads and must be very reliable and provide security to the passengers. In this research, a tubular space frame type electric car chassis was made for the Indonesian Electric Car Competition (KMLI). The material used is UOE steel pipe with a diameter of 1 inch. This chassis was then tested using the bending test method to determine its stiffness. From the manufacturing process that has been carried out, it is obtained a chassis that has dimensions in accordance with the design that has been made in previous studies. From the bending tests that have been carried out, it is known that the largest deflection that occurs was 3.2 mm at a load of 125 kg. And from the calculation it is known that the chassis stiffness was 41.66 kg/mm. Keywords: Chassis, tubular space frame, welding process, stiffness.

Page 1 of 1 | Total Record : 8