cover
Contact Name
Ridho Hilmawan
Contact Email
ridho.tif@gmail.com
Phone
+6282174477779
Journal Mail Official
ridho.tif@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jenderal Sudirman No.7, Damon, Kec. Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau 28784
Location
Kab. bengkalis,
Riau
INDONESIA
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
ISSN : 26860295     EISSN : 27235653     DOI : -
Jurnal ini merupakan media terbitan online yang mendiseminasikan karya ilmiah para pendidik, kepala sekolah, dosen, dan masyarakat umum yang peduli dengan dunia pendidikan. Jurnal ini menerima dan hanya mempublikasikan karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan tentang penelitian literatur dan lapangan yang terkait dengan kurikulum, pengajaran, pembelajaran, penggunaan media teknologi, kepemimpinan dan program pengembangan profesi di berbagai tingkatan pendidikan baik formal maupun non-formal.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif" : 7 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSWA; STUDI KASUS SMA NEGERI 4 BENGKALIS Handes Tampubolon
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan didasari oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mata pelajaran Fisika pada siswa kelas XI.IA.1. SMAN 4 Bengkalis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw siswa kelas XI.IPA.1 di SMA Negeri 4 Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019. Prosedur penelitian dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian dilakukan adalah siswa kelas XI.IA.1 SMA Negeri 4 Bengkalis. Data dikumpulkan melalui tes objektif dan pengamatan (observasi). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru mata pelajaran sejenis untuk menerapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA KELAS XII.IS SMAN 2 BENGKALIS TP.2019/2020 SULASTRI
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan metode diskusi kelompok pada siswa kelas XII.IS SMAN 2 Bengkalis. Dalam penelitian ini melalui beberapa tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII.IS. SMA Negeri 2 Bengkalis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan tes tertulis di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut : (1) Siswa dapat menyelesaikan masalah dengan berkelompok serta aktif dalam kegiatan kelompok, (2) Hasil belajar dan motivasi belajar siswa sudah meningkat hal ini dilihat pada setiap siklus, pada siklus II ketuntasan belajar mencapai hasil 85,29% mengalami kenaikan dari siklus I 44,11%.
PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 6 MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN ALAT PERAGA SYAMSIAR
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu persoalan yang ditemukan di SD Negeri 18 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah rendahnya hasil belajar IPA. Untuk mengatasi hal tersebut, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2021 menggunakan metode demontrasi melalui alat peraga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri 18 Bukit Batu Kecamatan Bukit Batu. Desain penelitian terdiri atas empat tahapan yakni tahap: (1) prencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, serta (4) refleksi. Keempat tahapan itu selalu dilaksanakan setiap kali pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Hasil siklus I menunjukan Pertemuan 1, terdapat 10 siswa yang tuntas dengan presentase (55,5%), dan tidak tuntas 8 siswa dengan presentase (44,4%). Nilai rata-rata yang didapat yaitu: 61,6. Sedangkan pertemuan 2, siswa yang tuntas sebanyak 12 dengan presentase (66,6%), dan tidak tuntas sebanyak 6 siswa dengan presentase (33,3%). Nilai rata-rata yang didapat yaitu: 66,6. Hasil siklus II menunjukan Pertemuan 1 jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 dengan presentase (77,7%), dan tidak tuntas sebanyak 4 siswa dengan presentase (22,2%). Nilai rata-rata yang didapat yaitu: 74,4. Sedangkan pertemuan 2, semua siswa dapat tuntas dengan baik dengan presentase (100%), Nilai rata-rata yang didapat yaitu: 81,6. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode demontrasi berbantuan alat peraga. Disarankan untuk menerapkan metode demonstrasi berbantuan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATHIN SOLAPAN NELLY
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMPN 1 Bathin Solapan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa memperoleh nilai 90 – 100 (kategori baik sekali sebanyak 0 siswa (0,00%) memperoleh nilai 80-90 (kategori Baik), sebanyak 3 siswa (10,71%), memperoleh nilai 70-79 (kategori Kurang). Pada siklus pertama pertemuan pertama sebanyak 8 siswa (28,75%), memperoleh nilai (60-79) Sebanyak 4 siswa (14,28%), memperoleh nilai > 60, sebanyak 12 siswa, Siklus kedua siswa memperoleh nilai 90-100 (kategori Baik Sekali), sebanyak 4 Siswa (14,28%) sedangkan pada siklus kedua meningkat meningkat menjadi 5 Siswa (17,85%). Siswa yang memperoleh nilai 80-89 (kategori baik), pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,57%), pada siklus 2 sebanyak 4 Siswa (14,28%), memperoleh nilai 70-79 (kategori kurang) pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,75%). Pada siklus 2 sebanyak 13 orang (46,42%) memperoleh nilai >60, pada siklus 1 sebanyak 5 siswa (17,85%), pada Siklus ke 2 sebanyak 0 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 8 di SMP Negeri 1 Bathin Solapan.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENULIS ARTIKEL ILMIAH MELALUI PENERAPAN METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI SMPN 8 BATHIN SOLAPAN YENNI SATRIANI
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan Penelitian Tindakan Sekolah ini bertujuan untukmeningkatkan kemampuan guru dalam menyusun artikel ilmiah. Hal ini didasarkan pentingnya kemampuan ini bagi guru dalam pengembangan kompetensi profesionalisme. Penerapan FGD ini meliputi   kegiatan bimbingan kepada guru SMPN 8 Bathin Solapan pada tahun   2021. Kegiatan ini bertujuan agar guru mampu menyusun artikel ilmiah. Kegiatan bimbingan ini dilaksanakan oleh penulis sebagai kepala SMPN 8 Bathin Solapan. Kegiatan pembimbingan ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana ada 19 guru yang ada terdiri dari 10 PNS dan 9 guru kontrak daerah dan kontrak sekolah. Yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah guru PNS. Ada lima aspek penilaian yang menjadi kriteria keberhasilan pelaksanaan kegiatan ini, meliputi: pmilihan tema, pendahuluan, pembahasan, Penyusunan kalimat dalam artikel, dan penyipulan dari artikel yang disusun.  Ada peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah guru yang ditunjukkan pada siklus 2. Penulis juga memandang perlu melaksanakan kegiatan ini karena artikel ilmiah menjadi salah satu  prasyarat  kenaikan  pangkat  an  golongan  PNS,  sehingga guru  yang  akan  naik  pangkat  data  menyusun  sendiri  artikel ilmiah tanpa memanfaatkan jasa orang lain atau pihak ketiga. Selain itu meskipun guru bertatus kontrak daerah atau kontrak sekolah, mereka juga perlu senantiasa mengembangkan profesionalisme sebagai pendidik.
PENERAPAN STRATEGI QUESTIONS STUDENTS HAVE ( QSH) DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IXB SMP NEGERI 5 BANTAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Gumanti
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika adalah ilmu yang penting dan banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diharapkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika memuaskan. Namun, kenyataannya berdasarkan hasil observasi dan wawancara, hasil belajar matematika siswa rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah siswa pasif bertanya, sehingga guru tidak mengetahui letak kesulitan siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan sebuah strategi yang dapat membuat siswa aktif bertanya, baik lisan maupun tulisan yaitu Strategi Questions Students Have (QSH) dalam Pembelajaran Langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IXB SMP Negeri 5 Bantan tahun pelajaran 2019/2020. Setelah diterapkan strategi ini, keaktifan siswa meningkat, guru mengetahui letak kesulitan siswa terhadap materi pelajaran, sehingga dapat mengulang memberi pemahaman kepada siswa. Hal ini bermuara pada meningkatnya hasil belajar siswa.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN IPS Khairani Khaidir
Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Junjungan Pendidikan: Intelektual dan Edukatif
Publisher : Dinas Pendidikan Bengkalis

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui metode diskusi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Rupat. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan nontes yaitu melalui observasi atau pengamatan aktivitas guru maupun siswa. Data prasiklus menggambaran perolehan nilai 90 – 100 (kategori baik sekali sebanyak 0 siswa (0,00%) memperoleh nilai 80-90 (kategori Baik), sebanyak 3 siswa (10,71%), memperoleh nilai 70-79 (kategori Kurang). Pada siklus pertama pertemuan pertama sebanyak 8 siswa (28,75%), memperoleh nilai (60-79) Sebanyak 4 siswa (14,28%), memperoleh nilai > 60, sebanyak 12 siswa, Siklus kedua siswa memperoleh nilai 90-100 (kategori Baik Sekali), sebanyak 4 Siswa (14,28%) sedangkan pada siklus kedua meningkat meningkat menjadi 5 Siswa (17,85%). Siswa yang memperolehnilai 80-89 (kategori baik), pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,57%), pada siklus 2 sebanyak 4 Siswa (14,28%), memperoleh nilai 70-79 (kategori kurang) pada siklus 1 sebanyak 8 Siswa (28,75%). Pada siklus 2 sebanyak 13 orang (46,42%) memperoleh nilai >60, pada siklus 1 sebanyak 5 siswa (17,85%), pada Siklus ke 2 sebanyak 0 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Disarankan kepada guru mata pelajaran IPS dan guru mapel lainnya untuk menerapkan metode diskusi pada proses pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 7