cover
Contact Name
Muh Barid nizarudin Wajdi
Contact Email
baridnizar1@gmail.com
Phone
+6282232057858
Journal Mail Official
baridnizar1@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAI An Najah Indonesia Mandiri
Location
Kab. sidoarjo,
Jawa timur
INDONESIA
Edusiana : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam
ISSN : 23552743     EISSN : 25493612     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal ini terbit 2 kali setahun menyajikan 5 artikel baik hasil penelitian maupun pemikiran yang terkait dengan bidang manajemen dan pendidikan Islam. Para penulis akan menempuh tahapan seleksi dari redaktur dan mitrabestari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM" : 5 Documents clear
Aplikasi Pembelajaran “Virtual Learning” Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMP YPM 4 Bohar Taman Sidoarjo Anny Wahyu Dwi Jayanti; Fathul Fauzi; Abdullah
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v9i2.226

Abstract

Penelitian Aplikasi Pembelajaran Virtual Learning merupakan proses pembelajaran dengan menggunakan Teknologi Informasi pada semua bidang study di SMP 4 Bohar SidoarjoAplikasi pembelajaran Virtual Learning ini, merupakan langkah yang cukup progresip untuk mempersiapkan para siswa mampu bersaing, berperan aktif, efektif dan cerdas dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Agar aplikasi Virtual Learning dapat diterapkan dengan tingkat pencapaian yang tinggi dalam kompetensi bidang studi, maka diperlukan adanya keseimbangan dari berbagai komponen seperti: kurikulum, tenaga kependidikan khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, kesiapan siswa, kesiapan orang tua, fasilitas mendukung pembelajaran, lingkungan sekolah yang mendukung dan dukungan komite sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji Aplikasi pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa bidang study Pendidikan Agama Islam di SMP 4 Bohar Sidoarjo, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMP 4 Bohar Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 4 Bohar Sidoarjo, dan adakah pengaruh pembelajaran Virtual Learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP 4 Bohar Sidoarjo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosesntase dan rumus product moment. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Virtual Learning di SMP 4 Bohar Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 56%-100%. Dan peningkatan prestasi siswa di SMP 4 Bohar Sidoarjo setelah diterapkan pembelajaran Virtual Learning mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada per item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 56%-75% dengan kreteria tergolong cukup. Kata kunci: Virtual Learning – PAI.
Dualisme Pendidikan Manajemen Pendidikan Sekolah Dan Madrasah Muhamad Ripin Ikwandi
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v9i2.227

Abstract

Pengelolaan Pendidikan Agama di Indonesia hingga kini telah menunjukkan eksistensi betapa dualisme sistem pendidikan di Indonesia sangat mengakar atau membumi. Seakan akan hal tersebut sulit untuk adanya pengintegrasian pengelolaan lembaga pendidikan. Dibuktikan dengan adanya dua Kementerian yang andil dalam mengelola lembaga pendidikan dan tenaga kependidikannya, yakni Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tumpang tindih kebijakan di antara dua Kementerian tersebut terkait pengelolaan lembaga pendidikan di bawah naungannya menjadi menarik untuk dipahami dan dikaji secara mendalam demi mencari benang merah atau titik temu dari problem dualisme pendidikan di Indonesia. oleh karenanya fokus kajian pada artikel ini terletak pada bagaimana kebijakan-kebijakan pendidikan terkait Pendidikan Islam di sekolah dan madrasah yang pernah dikeluarkan oleh kedua Kementerian tersebut, baik pada sisi pengelolaan, wewenang dan problematikanya. Sehingga ditemukan pemahaman yang holistik khususnya tentang studi kebijakan pendidikan Islam di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan harapan akan ditemukan sebuah formulasi untuk mengikis dualisme diantara satu sama lain. Kata Kunci: Dualisme Pendidikan, Manajemen Sekolah dan Madrasah
Media Pembelajaran Daring Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas V Mi Darul Hikmah Prasung Sidoarjo Fitri Dewi Andani; Nur Arofah Tis’inah
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v9i2.228

Abstract

Media meruapakan perantara komunikasi dipakai setiap individu untuk menyalurkan pesan berupa ide, gagasan, dan pendapat yang disampaikan. Media tersebut berbasis power point merupakan media berbentuk power point yang berguna dalam memahamkan materi pelajaran kepada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian adalah Pelaksanaan pembelajaran daring di MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo berjalan menggunakan power point sebagai media pembelajaran yang dinilai tidak membosankan dan bisa mengondisikan siswa. Tujuannya materi yang disampaikan bias menarik perhatian siswa. Sedangkan motivasi belajar siswa di kelas V MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo bergantung dari kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran daring. Media pembelajaran daring interaktif berbasis power point untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V MI Darul Hikmah Prasung Sidoarjo. Dengan demikian guru dituntut mampu merancang dan mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif, dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan begitu, motivasi siswa untuk belajar akan termotivasi. Kata kunci: Media, Power Point, Motivasi Belajar
Tipologi Pemikiran Pendidikan Islam Di Indonesia Itsna Noor Laila
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47077/edusiana.v9i2.229

Abstract

Pemikiran pendidikan adalah serangkaian proses kerja akal dan kalbu yang dilakukan secara bersungguh-sungguh dalam melihat berbagai persoalan yang ada dalam pendidikan Islam. Untuk memahami pemikiran pendidikan Islam, perlu ditegaskan kembali bahwa kata Islam merupakan kata kunci yang berfungsi sebagai sifat, penegas dan pemberi ciri khas pada kata pemikiran pendidikan. Dengan demikian, pengertian pemikiran pendidikan Islam berarti pemikiran pendidikan yang secara khas memiliki ciri islami, yang dengan ciri khas itu ia membedakan dirinya dengan model pemikiran pendidikan lainnya. Pemahaman tersebut membawa konsekuensi logis bahwa penempatan kata Islam setelah kata pemikiran pendidikan mengindikasikan adanya pemikiran pendidikan dalam ajaran Islam. Pemikiran pendidikan yang didefinisikan secara akurat dan bersumber pada ajaran (agama) Islam, itulah pemikiran pendidikan Islam. Hal ini perlu ditegaskan untuk menghindari akulturasi pemikiran pendidikan non-Islam yang “terpaksa” dilegitimasi oleh Islam sebagai pemikiran pendidikan Islam, padahal isi dan semangatnya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Secara umum, dinamika pendidikan Islam di Indonesia dapat dipetakan menjadi empat corak pemikiran, yaitu tradisionalisme, modernisme, neo modernisme dan post-tradisionalisme. Keempat corak tersebut merupakan hasil pengerucutan penulis dalam melihat fenomena perjalanan model pemikiran pendidikan Islam di Indonesia, terutama dalam pergulatan intelektual yang umumnya terjadi antara golongan Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Kata kunci : Tipologi, Pemikiran, Pendidikan Islam
Inovasi Lembaga Pendidikan Islam dan Tantangan Perubahan Zaman Suyadi
EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam Vol. 9 No. 2 (2022): EDUSIANA : JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Publisher : EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu indikator suatu modernisasi adalah adanya perubahan cara hidup individu yang bersifat sederhana menuju kehidupan yang lebih komplek disertai dengan masuknya unsur-unsur teknologi untuk mempercepat perubahan dan cara hidup mereka, jika dikaitkan dengan pendidikan, maka modernisasi merupakan ihtiar ke luar diri manusia, sementara pendidikan merupakan ihtiar ke dalam diri mereka sendiri. Setidaknya ada dua dampak yang diakibatkan oleh modernisasi, yaitu dampak positif dan negatif, dua dampak tersebut telah merambah berbagai sektor, diantaranya sosial, ekonomi, lingkungan, kriminalisasi hingga kenakalan remaja, tentu saja perubahan-perubahan yang terjadi disebabkan perubahan dan perkembangan masyarakat yang ada di sekitarnya, jika tidak disiapkan sejak dini, tidak jarang perubahan-perubahan yang terjadi akan menimbulkan beragam permasalahan. Diantara beberapa perubahan yang perlu mendapat penekanan adalah pembenahan dalam dunia pendidikan yang didesain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seiring dengan perkembangan zaman. Kata Kunci: Modernisasi, Tantangan Pendidikan Islam

Page 1 of 1 | Total Record : 5