cover
Contact Name
Mohammad Hamim Sultoni
Contact Email
msultoni@iainmadura.ac.id
Phone
+6281333422227
Journal Mail Official
mabny@iainmadura.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Panglegur km. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia.
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Mabny : Journal of Sharia Management and Business
ISSN : 27978487     EISSN : 27976319     DOI : https://doi.org/10.19105/mabny
Core Subject : Economy, Science,
The articles of Mabny : Journal of Sharia Management and Business is focus on : 1. Islamic Management Business 2. Management of Zakat & Wakaf 3. Marketing Management 4. Finance Management 5. Operation Management 6. Human Resource Management 7. Management Information System 8. E-Commerce 9. Risk Management 10. Entrepreneuship 11. Asset Management
Articles 38 Documents
Manajemen Risiko di Era Covid-19 Terhadap Ekonomi di Indonesia Uly Mabruroh Halida
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4628

Abstract

Masa pandemic covid-19 mampu mengubah hampir semua pola aktivitas masyarakat di dunia. Segala sesuatu yang mengundang kerumunan atau keterlibatan masyarakat banyak harus di hindari. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan banyak dampak risiko dalam segala sektor kehidupan termasuk sektor ekonomi yang ada di dalamnya. Risiko merupakan suatu akibat yang tidak baik dan mampu menghambat suatu tujuan tertentu. Maka adanya manajemen risiko yang baik sangat dibutuhkan dalam situasi seperti ini agar mampu menanggulangi segala risiko yang timbul akibat covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Risk Management di era Covid-19 dalam bidang ekonomi. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan analisis data, reduksi data, display data. Adapun kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Risk Management di era Covid-19 dalam bidang ekonomi saat ini dengan berbagai dampak yang terjadi terhadap perekonomian karena pandemic Covid-19 yaitu kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan, kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan tidak mempunyai penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup dan masih banyak lagi risiko yang terjadi dari sektor ekonomi lainnya. Adapun yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir risiko tersebut yaitu dengan cara mengeluarkan beberapa kebijakan moneter dan fiscal dengan harapan mampu memulihkan keadaan ekonomi Negara Indonesia.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Multy Payment Online (MPO) Terhadap Kepuasan Nasabah Pegadaian Syariah Cabang Jokotole Pamekasan Anna Fijriatul Latifah; Mohammad Bashri Asy'ari
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4630

Abstract

Kualitas pelayanan adalah salah satu kata kunci untuk mencapai kepuasan nasabahnya. Pegadaian Syariah Cabang Jokotole di saing untuk memenuhi kepuasan nasabahnya dengan memiliki aplikasi Multy Payment Online. Perkembangan dan persaingan lembaga keuangan yang berbasis syariah mulai bermunculan dapat dipastikan berdampak pada kenyamanan dan kepuasan anggota sehingga Pegadaian Syariah cabang jokotole Pamekasan dituntut untuk bisa memuaskan anggotanya dan menjadi loyal. Dari realita tersebut menghasilkan pertanyaan besar yaitu adakah pengaruh kualitas pelayanan Multy Payment Online terhadap kepuasan nasabah pegadaian syariah cabang jokotole pamekasan. Hasil penelitian koefisien regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kualitas Pelayanan Multy Payment Online berpengaruh posistif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Pegadaian Syariah Cabang jokotole Pamekasan. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung untuk kualitas pelayanan diperoleh sebesar 1,530 > t tabel 1,972 dengan taraf signifikan sebesar 0,044 yang lebih kecil dari 0,05 , hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan taraf signifikan sebesar 0,044 < 0,05 maka Ha diterima, artinya Kualitas Pelayanan Multy Payment Online mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Serta koefisien determinasi diketahui R square 0,021 atau 2,1% yang berarti bahwa variabel independen (Kualitas Pelayanan Multy Payment Online) mampu menjelaskan Variabel dependen (kepuasan Nasabah) sebesar 2,4% sedangkan sisanya (100% - 2,4% = 97,9%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diperhitungkan dalam analisis ini.
Pengaruh Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Pembiayaan Tabarok Pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan Luluk Farhatin Istiana; Rudy Haryanto
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4631

Abstract

Dalam era perdagangan bebas, setiap perusahaan menghadapi persaingan yang ketat. Agar bisa berhasil dalam bisnis yang kompetitif, pelaku bisnis harus menawarkan promosi yang tepat dengan pelayanan yang berstandart sehingga akan menciptakan kepuasan pelanggan yang merupakan indikator penting untuk pengukuran kinerja pengoperasian bisnis perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket/kuesioner. Model analisi data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,340 dengan tingkat signifikan sebesar 0,016 (lebih kecil dari signifikan 0,05), sedangkan nilai Ftabel sebesar 1,703. (2) dari hasil analisis data terlihat bahwa besarnya Adjust R2 adalah 0,675 atau 67,5%. (3) dari hasil uji t variabel promosi (X1) diperoleh thitung sebesar 1,980 dengan taraf sig. 0,000. Nilai t tabel untuk model regresi yaitu 1,969. Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000< 0,05 dan nilai thitung 1,980 > t tabel 1,969, sedangkan untuk variabel brand image (X2) diperoleh thitung sebesar 2,043 dengan taraf sig. 0,001. Nilai ttabel untuk model regresi adalah 1,969. Sehingga keputusannya variabel brand image lebih berpengaruh (dominan) terhadap keputusan nasabah tabarok pada BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Pengaruh Tingkat Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Pendapatan Margin Murabahah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2017-2018 Nurul Imamah
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4632

Abstract

Perkembangan Bank Umum Syariah di Indonesia tidak lepas dari perkembangan produk-produk yang ada di dalam lembaga keuangan syariah. Salah satu produk yang mendominasi pada BUS ialah murabahah. Murabahah merupakan jual beli yang ditambah dengan margin dalam harga jualnya. Dalam persaingan dengan bank konvensional seharusnya bank syariah menawarkan margin yang lebih rendah dan kompetitif namun pada kenyataannya, margin justru lebih besar dari pada suku bunga perbankan. Berkaitan dengan margin, Muhammad menyatakan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi besarnya margin ialah suku bunga berjalan.Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah pertama: peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh tingkat suku bunga Bank Indonesia terhadap pendapatan margin murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2018; kedua: peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat suku bunga Bank Indonesia terhadap pendapatan margin murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia tahun 2017-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan analisis regresi data panel pendekatan Random Effect Model (REM), dan pengumpulan data melalui dokumentasi karena data dalam penelitian ini berupa data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah yang telah memenuhi kriteria-kriteria tertentu sehingga berjumlah 6 Bank Umum Syariah. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat suku bunga Bank Indonesia mempunyai pengaruh terhadap pendapatan margin murabahah. Hal tersebut dinyatakan berdasarkan hasil estimasi random effect model bahwa variabel tingkat suku bunga Bank Indonesia (X) menunjukkan nilai probabilitas 0.0075 < 0.05 dan nilai R-square sebesar 0.049188. Dari hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 4,9% dan sisanya 95,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Air Mineral Kemasan Adeni Di Kabupaten Pamekasan Ainol Yakin
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4633

Abstract

Di tengah keadaan perekonomian yang semakin sulit menyebabkan banyak terjadi persaingan di berbagai bidang kehidupan, salah satunya persaingan dalam dunia bisnis. Banyak perusahaan yang saling berlomba-lomba untuk mendapatkan pangsa pasarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengethui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan distribusi yang mempunyai pengaruh dominan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 104 orang konsumen. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas meliputi kualitas produk (X1), harga (X2), promosi (X3) dan distribusi (X4); Variabel terikat kepuasan konsumen (Y). Berdasarkan hasil analisis data serta pembahasan, maka kesimpulan penelitian ini adalah secara simultan, kualitas produk, harga, promosi dan distribusi (variabel bebas) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja (variabel terikat) Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap kinerja guru, dibuktikan dengan nilai F hitung adalah sebesar 3.556 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,002 (lebih kecil dari 0,05). Secara parsial, Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan, Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung masing-masing variabel bebas yaitu : kualitas produk nilai t hitungnya sebesar 4.719 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,003, harga nilai t hitungnya sebesar 2.351 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001, promosi nilai t hitung sebesar 3.113 dengan tingkat signifikansi 0.004 dan distribusi nilai t hitung sebesar 3.063 dengan tingkat signifikansi 0.003 ( lebih kecil dari 0,05). Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa semua variabel bebas secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap terhadap Kepuasan Konsumen Produk Adeni di Kabupaten Pamekasan.
Implikasi Pendidikan, Pelatihan dan Kepribadian Terhadap Kinerja Karyawan PT. BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan Fairuz Syafia; Ach Baiquni
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 01 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i01.4635

Abstract

Kinerja merupakan hal yang sangat penting yang menggambarkan tingkat pencapaian pelaksanaan kegiatan dalam mewujudkan sasaran, tujuan, visi dan misi suatu organisasi atau perusahaan yang tertuang dalam strategi perencanaan suatu organisasi atau perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja tersebut, perlu mengetahui kebutuhan apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan suatu organisasi atau perusahaan . Salah satunya dibutuhkan karyawan yang memiliki pendidikan yang sesuai, dibutuhkan juga pelatihan kerja serta mengetahui kepribadian dari karyawan. Berdasarkan hal tersebut maka yang menjadi tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pendidikan, pelatihan dan kepribadian secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan PT BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif kausal dengan menggunakan analisis regresi berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan suatu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan antara variabel dependen dengan variabel independen. Penelitian ini menggunakan 52 responden sebagai sampel dari keseluruhan populasi penelitian dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data menggunakan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Hasil penelitian berdasarkan persamaan regresi linier berganda yaitu pendidikan terhadap kinerja karyawan tidak memiliki pengaruh. Hasil pengujian pelatihan terhadap kinerja karyawan memiliki pengaruh yang signifikan, serta kepribadian terhadap kinerja karyawan juga memiliki pengaruh yang signifikan. Hasil uji t untuk variabel pendidikan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan dengan nilai thitung 1,395 > ttabel 2,010 dan taraf signifiakan 0,169 > 0,05. Untuk variabel pelatohan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung 2,323 > ttabel 2,010 dengan taraf siginifikan 0,024 < 0,05. Dan untuk variabel kepribadian berpengaruh terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai thitung 2,173 > ttabel 2,010 dengan taraf siginifikan 0,035 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan bahwa pendidikan, pelatihan dan kepribadian secara serentak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan fhitung 18,058 > ftabel 2,80 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Implementasi Risk Management Pada Pembiayaan Tabarok (Studi Kasus di BPRS SPM Pamekasan) Luthfiana Basyirah; Iskandar Ritonga; Mugiyati
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 02 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i02.4812

Abstract

Pembiayaan Tabarok (Tanpa Agunan dan Barokah) merupakan salah satu produk yang disalurkan oleh Bank Pembiayaan Rakyat Syariah SPM Pamekasan kepada masyarakat dengan menerapkan akad muḍārabah dan tanpa agunan dalam melaksanakan aktivitas UMKM. Sejak terjadi kasus Covid-19 (Corona Virus Disease- 19) yang semakin meluas di Indonesia menyebabkan lumpuhnya kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut akan sangat berpengaruh dan menyebabkan beberapa permasalahan khususnya dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kegiatan Perbankan Shariah, termasuk BPRS SPM Pamekasan yang akan dihadapkan dengan beberapa risiko dengan tingkatan kompleksitas yang berbeda-beda, hal tersebut akan terus berdampingan dengan kegiatan bisnis. Dengan demikian, suatu lembaga perlu melakukan implementasi manajemen risiko dengan tujuan untuk mencegah adanya risiko pembiayaan yang kemungkinan terjadi di kemudian hari. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui implementasi risk management pada pembiayaan Tanpa Agunan dan Barokah di BPRS SPM Pamekasan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menyatakan bahwa, implementasi risk management pada pembiayaan Tabarok di BPRS SPM Pamekasan menggunakan 5 (lima) proses manajemen risiko, yaitu identifikasi risiko, pengukuran risiko, monitoring risiko, pengendalian risiko, dan penyelamatan risiko.
Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Keinginan Berpindah Karyawan PT Panin Bank Tbk di Jakarta Ardy Firman Syah
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 02 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i02.5195

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengujian secara sistematis Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Keinginan Berpindah karyawan PT Panin Bank Tbk di Jakarta. Sampel yang digunakan adalah karyawan PT. Panin Bank Tbk yang ada di Jakarta dengan jumlah responden sebanyak 80 orang. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menguji 4 variabel yaitu Kompensasi (X1), Lingkungan Kerja (X2), dan Kepuasan Kerja (X3) sebagai variabel bebas dan Keinginan Berpindah (Y) sebagai variabel terikat. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh dengan koefisien regresi sebesar -0,300 (negatif dan signifikan) terhadap keinginan berpindah. Lingkungan kerja juga berpengaruh negatif secara signifikan dengan koefisien regresi sebesar -0.214 terhadap keinginan berpindah. Selanjutnya, kepuasan kerja juga mempunyai pengaruh negatif secara signifikan dengan koefisien regresi sebesar -0.188 terhadap keinginan berpindah.
Ekosistem Pesantren dalam Mewujudkan Manajemen Halal Supply Chain Menuju Madani Society 5.0 Suwanto Suwanto; Indra Gunawan
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 02 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i02.5198

Abstract

Abstract Halal supply chain management is certainly very strategic applied in the halal industry in the environment around the islamic boarding school towards madani society 5.0. This study aims to describe the principles of halal supply chain management in islamic boarding school; analyze the islamic boarding school ecosystem in realizing halal supply chain management, and explain the challenges of implementing the islamic boarding school based halal supply chain management towards madani society 5.0. This study uses a qualitative descriptive method using a hermeneutic content analysis model and the integration-interconnection approach in detail the islamic boarding school ecosystem in order to develop halal supply chain management. In general, the four principles of the halal supply chain, namely halal procurement, halal manufacturing, halal distribution, and halal logistics. The islamic boarding school ecosystem in implementing halal supply chain management certainly requires government support, transportation planning, information technology management, human resource management; collaborative relations, halal certification, and traceability of halal information. Keywords: islamic boarding school, management, halal supply chain, and madani society 5.0. Abstrak Manajemen halal supply chain tentunya sangat strategis diterapkan pada industri halal di lingkungan sekitar pesantren menuju madani society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan prinsip-prinsip manajemen halal supply chain pada pesantren; menganalisis ekosistem pesantren dalam mewujudkan manajemen halal supply chain; dan menjelaskan tantangan penerapan manajemen halal supply chain berbasis pesantren menuju madani society 5.0. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan model content analysis hermeneutik dan pendekatan integrasi-interkoneksi menganalisis secara rinci ekosistem pesantren dalam rangka mengembangkan manajemen halal supply chain. Secara umum empat prinsip halal supply chain, yaitu halal procurement (pengadaan), halal manufacturing (pengolahan), halal distribution (distribusi), dan halal logistic (rantai pasokan). Ekosistem pesantren dalam implementasi manajemen halal supply chain tentunya membutuhkan dukungan pemerintah, perencanaan transportasi, manajemen teknologi informasi, manajemen sumber daya manusia, hubungan kolaboratif, sertifikasi halal, dan ketelusuran informasi halal. Kata kunci: pesantren, manajemen, halal suply chain, dan madani society 5.0.
Pengaruh Fitur E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Masa Pandemi Covid-19 Galang Nusantara Achmad; Salsabilah Shofiyatul Jannah
Mabny : Journal of Sharia Management and Business Vol. 1 No. 02 (2021): Mabny : Journal of Sharia Management and Business
Publisher : Faculty of Economics and Islamic Business, Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/mabny.v1i02.5199

Abstract

E-Commerce di masa pandemi semakin menunjukkan akselerasinya yang begitu pesat. Tak dapat dipungkiri saat ini E-Commerce menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk berbelanja secara aman di masa pandemi. Salah satu penunjang kegiatan E-Commerce adalah hadirnya berbagai aplikasi belanja online yang memberikan kemudahan pada konsumen dalam berbelanja online. Hal tersebut mengakibatkan persaingan antar perusahaan aplikasi menjadi sangat ketat. Meskipun aplikasi belanja online memiliki fungsi yang sama akan tetapi didalamnya terdapat fitur-fitur dengan cara kerja yang berbeda. Fitur-fitur tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Fitur aplikasi kemudian menjadi aspek penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Penelitan ini dilakukan melalui pendekatan metode kuantitatif dengan cara uji regresi linear sederhana. Pengambilan populasi sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa nilai F hitung = 17,251 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh antara variabel Fitur Aplikasi E-Commerce (X) terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Adapun besarnya nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,526 dan menghasilkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,277, yang berarti bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (Fitur Aplikasi E-Commerce) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian) adalah sebesar 27,7%. Dari hasil riset tersebut dapat disimpulkan bahwa fitur dalam aplikasi mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian.

Page 1 of 4 | Total Record : 38