cover
Contact Name
Febblina Daryanes
Contact Email
febblina.daryanes@lecturer.unri.ac.id
Phone
+6282382700578
Journal Mail Official
biogenesis@ejournal.unri.ac.id
Editorial Address
Kampus Bina Widya Km 12,5 Panam Pekanbaru Riau 28293
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
BIOGENESIS
Published by Universitas Riau
Biogenesis menerbitkan artikel dengan fokus bidang kajian Pendidikan Biologi dan Biologi. Biogenesis menerbitkan artikel dengan frekuensi terbitan 2 kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2022): Agustus" : 6 Documents clear
PENGARUH KONSENTRASI GARAM DAN LAMA FERMENTASI TERHADAP KUALITAS TERASI UDANG REBON SEBAGAI RANCANGAN BOOKLET BIOTEKNOLOGI SMA Wan Rosliana; Imam Mahadi; Sri Wulandari
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.85-97

Abstract

Udang rebon merupakan salah satu hasil laut dari jenis udang-udangan yang memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis udang lain, umumnya dimanfaatkan untuk pembuatan terasi dengan menambahkan garam dan lama fermentasi dalam proses pembuatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi garam dan lama fermentasi terhadap kualitas terasi udang rebon (Acetes erythraeus) serta menghasilkan rancangan booklet sebagai bahan ajar pada pembelajaran biologi kelas XII SMA. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu eksperimen dan perancangan booklet pada bulan April-Mei 2021. Eksperimen dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL) dua faktor, yaitu konsentrasi garam yang berbeda dan lama waktu fermentasi yang berbeda, yang terdiri dari 5 taraf perlakuan dan 3 kali ulangan. Untuk setiap perlakuan diberikan 200 gram udang rebon segar dan ditambahkan garam 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, dan lama fermentasi 7 hari, 15 hari, 23 hari, 30 hari. Parameter yang diamati adalah kadar protein, kadar lemak, kadar air dan pH. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi garam dan lama fermentasi berpengaruh nyata terhadap masing-masing parameter. Kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar pH terbaik terdapat pada perlakuan G5F4 (30%+30 hari). Hasil eksperimen digunakan untuk booklet sebagai bahan ajar pada materi bioteknologi untuk pembelajaran Biologi di SMA kelas XII.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SEL KELAS XI SMA Elda Permatasari; Yuslim Fauziah; Darmawati Darmawati
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.145-155

Abstract

Keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan media pembelajaran. Biologi pada materi sel merupakan materi yang sulit dipahami karena terdapat banyak konsep abstrak dan istilah yang membingungkan. Salah satu kendala yang dihadapi peserta didik dalam proses pembelajaran materi sel yaitu kurang bervariasinya media pembelajaran yang berpengaruh terhadap rendahnya respon dan minat peserta didik. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran booklet berbasis inkuiri pada materi sel kelas XI SMA. Pengembangan booklet menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE yang dilakukan sampai tahap development. Instrument yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi dan angket respon. Penelitian divalidasi oleh 2 orang dosen Pendidikan Biologi Universitas Riau dan 2 orang guru Biologi SMAN 1 Bunguran Timur. Hasil rata-rata nilai validitas pada keseluruhan aspek sebesar 3,40 dengan katagori sangat valid. Hasil uji coba tahap I memperoleh skor 3,46  dengan katagori sangat valid dan uji coba tahap II memperoleh skor 3,51 dengan katagori sangat valid. Jadi pengembangan booklet berbasis inkuiri pada materi sel kelas XI SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
HASIL BELAJAR DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS PADA MATERI SISTEM GERAK DI KELAS XI MIPA Faradina Afida; Zulfarina Zulfarina; Yuslim Fauziah
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.98-108

Abstract

Pandemi Covid-19 yang kini mulai mereda menyebabkan pemerintah mengizinkan beberapa wilayah untuk membuka kembali kegiatan tatap muka walaupun secara terbatas, salah satunya di SMA Negeri 1 Gunung Toar. Materi dari sistem gerak sebelum pembelajaran tatap muka terbatas menurut guru memiliki kesulitan tersendiri pada mekanisme bioproses seperti proses osifikasi pada tulang dan mekanisme kontraksi serta relaksasi otot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan permasalahan pembelajaran tatap muka terbatas pada materi sistem gerak di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gunung Toar.Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 44 siswa. Hasil belajar nilai ulangan harian materi sistem gerak di kelas XI MIPA pada pembelajaran tatap muka terbatas, siswa yang tuntassebesar 42% dan siswa yang belum tuntas sebesar 58%.Permasalahan pembelajaran tatap muka terbatas di SMA Negeri 1 Gunung Toar dapat dikategori sedang, artinya cukup menimbulkan permasalahan belajar. Adapun indikator permasalahannya yaitu lingkungan belajar sekolah, motivasi siswa, dan durasi belajar dalam kelas.
KEANEKARAGAMAN VEGETASI BAWAH DI LABORATORIUM ALAM PENDIDIKAN BIOLOGI UNTUK RANCANGAN BUKU SAKU PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI KELAS X SMA Elpon Elpon; Sri Wulandari; Yuslim Fauziah
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.109-121

Abstract

Vegetasi bawah adalah lapisan penutup tanah yang terdiri dari herba, perdu atau perdu liana dan paku-pakuan. Keanekaragaman vegetasi bagian bawah dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengayaan materi keanekaragaman hayati pada tingkat spesies. Keanekaragaman hayati merupakan ilmu dasar yang sudah ada dibidang ekologi. Materi tentang keanekaragaman hayati ini telah dijadikan sebagai materi utama dalam kurikulum 2013. Keanekaragaman hayati disajikan khususnya pada materi untuk siswa kelas X SMA yaitu KD 3.2 menganalisis data hasil pengamatan tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, spesies dan ekosistem) di Indonesia seta ancaman dan pelestariannya. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Alam Pendidikan Biologi Universitas Riau, perancangan buku saku dilakukan pada bulan September 2021. KD yang cocok untuk diintegrasikan dengan hasil penelitian tumbuhan bawah di Laboratorium Alam Pendidikan Biologi adalah KD 3.2 menganalisis data hasil pengamatan tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, spesies dan ekosistem) di Indonesia serta ancaman dan konservasinya. Perancangan buku saku ini disesuaikan dengan pendekatan discovery learning. Buku saku tumbuhan bawah yang telah dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati di SMA Biologi kelas X dari tahap analisis, desain dan pengembangan.
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA MINI KINGDOM PLANTAE BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA KELAS X Anggraini Anggraini; Wan Syafi'i; Firdaus L.N.
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.122-131

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android untuk pembelajaran Biologi kelas X SMA yang layak digunakan ditinjau dari aspek kevalidan dan kepraktisannya. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan hingga tahap development (pengembangan) dan dilaksanakan pada bulan Januari 2021 hingga Maret 2022. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi untuk mencari tingkat validitas dan angket respon untuk mencari tingkat praktikalitas. Hasil validasi pengembangan ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android menurut aspek materi, bahasa, penyajian, tampilan, dan penggunaan memperoleh skor 91,7% dalam kategori sangat valid. Hasil uji coba terbatas berdasarkan aspek materi, penyajian, bahasa dan penggunaan memperoleh skor 89,2% dalam kategori sangat praktis. Kelayakan ensiklopedia berdasarkan rerata nilai kevalidan dan kepraktisan memperoleh skor 90,45% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, ensiklopedia mini Kingdom Plantae berbasis Android yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan kevalidan dan kepraktisannya bagi siswa dan guru untuk memahami materi Kingdom Plantae pada pembelajaran Biologi kelas X SMA.
PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK BERBASIS CANVA PADA MATERI SISTEM REGULASI Lyne Vina Sartua Pardede; Mariani Natalina L; Darmadi Darmadi
Biogenesis Vol 18, No 2 (2022): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31258/biogenesis.18.2.132-144

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya perubahan dalam proses pembelajaran yang menyebakan guru dan siswa gamang dalam proses belajar mengajar dengan waktu yang singkat. Karena hal inilah dibutuhkan bahan ajar yang bisa mendukung proses pembelajaran secara mandiri. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul elektronik yang berkualitas berbasis Canva pada materi sistem regulasi. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat, yaitu Kampus Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau dan di SMAN Plus Provinsi Riau. Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada pendekatan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analye, Design, Development, Implement and Evaluate) dalam penelitian ini, peneliti hanya melakukan penelitian hingga tahap development. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar validasi dan angket respon. Validasi dilakukan oleh 4 orang validator yang terdiri dari 2 orang dosen pendidikan biologi dan 2 orang guru biologi SMA. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rekap hasil validasi dari  modul elektronik pada secara keseluruhan adalah 3.61 yang berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis Canva pada materi sistem regulasi telah berhasil dikembangkan dan memperoleh kategori sangat valid dan sangat baik sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6