cover
Contact Name
Rofiq Noorman Haryadi
Contact Email
lppm@binamandiri.ac.id
Phone
+6285842908399
Journal Mail Official
lppm@binamandiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Cileungsi - Jonggol KM. 1, No. 12, Cileungsi, Bogor - Jawa Barat
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani
ISSN : -     EISSN : 27985687     DOI : https://doi.org/10.51805/jpmm
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM) invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management, and accounting, information technlogy including but not limited to: Management Science Marketing; Financial management Human Resource Management International Business Entrepreneurship Economics; Social Economics Public Economics Economic development Accounting Sciences; Taxation and Public Sector Accounting Accounting information system Auditing Financial Accounting Management accounting Behavioral accounting Green Accounting
Articles 74 Documents
Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan MekarsariCileungsi Muhammad Salman Al Farisi; Ajriyansyah Ajriyansyah; Adi Purwanto; Triyana
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.098 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.1

Abstract

Problematika pemasaran senantiasa menjadi masalah yang sangat menarik, tidak hanya bagi mereka yang berkecimpung di dalam dunia usaha, tetapi bagi siapapun dari mulai masyarakat kelas sosial terbawah sampai masyarakat kelas soaial teratas. Hasil dari pelatihan ini melebihi ekspektasi dari tim pengabdi, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun mungkin dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan dari pelatihan ini. Pada intinya pelaksanaan Pengabdian dapat berjalan dengan baik dan lancar, follow up dari kegiatan ini nantinya diharapkan peserta pelatihan untuk terus mencoba dan sebisa mungkin menerapkannya dalam kegiatan perkumpulan  untuk keberlanjutan Pengetahuan
Pelatihan Kewirausahaan dan Pemasaran bagi Pengurus Koperasi Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tugu Cimanggis Destiana Kumala; Yesi Novianti; Supriatal; Novia Safitri
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.205 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.2

Abstract

Dalam dunia usaha, baik bagi Perusahaan besar maupun bagi Unit Usaha kecil dan Menengah, Pemasaran menjadi Problematika yang sangat menarik, Pemasaran ini dapat mencakup Iklan, Penjualan, dan Pengiriman Produk Ke konsumen maupun pengiriman Produk dari antar Perusahaan. Hasil dari pelatihan ini melebihi ekspektasi dari tim pengabdi, dikarenakan antusiasme peserta yang begitu besar. Walaupun mungkin dari segi isi dan materi mungkin masih banyak kekurangan, tetapi pada dasarnya peserta sudah mampu memahami inti dan tujuan dari pelatihan ini. Pelaksanaan pengadian masyarakat ini, dapat berjalan dengan baik dan terorganisasi, hasil follow up dari kegiatan ini diharapkan peserta pelatihan dapat secara Kontinyu menerapkannya dalam kegiatan di Usaha Kecil dan Menengah.
Sosialisasi Penggunaan Online Shop berbasis Website di UMKM Cimanggis Rofiq Noorman Haryadi; Anda Rojali; Khumidin; Mirja Fauzan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.19 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.3

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan tingkat pemahaman dan untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat yang ada di UCC (UMKM Center Cimanggis) Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menambah pengetahuan mengenai jual beli online-shop berbasis website yang telah disediakan sebelumnya. Diharapkan dari hasil sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman baru mengenai jual beli online, pengembangan jual beli online, dan pemahaman tentang jual beli online kepada masyarakat atau anggota UCC. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Metode ceramah digunakan dalam proses penyampaian materi pelatihan/sosialiasi. Sedangkan metode diskusi digunakan agar anggota UCC untuk bisa berdiskusi tentang bisnis online berdasarkan online shop berbasis website. Target luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah 1) Anggota UCC Cimanggis mampu mengetahui bagaimana proses jual beli secara online; 2) Anggota UCC Cimanggis mendapatkan infromasi tentang cara menggunakan website dalam jual beli online. 3) Masyarakat nantinya mampu mengembangkan bisnis jual beli online berbasis website
Pelatihan Kewirausahaan bagi Remaja Karang Taruna di Desa Dayeuh Ermi Herawati; Putri Puspitasari; Maya Susanti; Nanih Rahmahdani
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.456 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.4

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah memberikan bekal bagi remaja karang taruna di Desa Dayeuh agar memiliki keterampilan, pengetahuan dan sikap dalam memasuki dunia wirausaha yang mandiri sebagai salah satu upaya dalam rangka menumbuhkan kecakapan hidup bagi anak-anak yang tinggal di panti asuhan dengan memberikan pendidikan non formal dalam bidang kewirausahaan. Pelatihan yang dilakukan tidak berupa pemberian materi tetapi melalui praktek langsung kepada anak-anak panti asuhan yang notabene adalah siswa siswi sekolah menengah pertama sampai dengan sekolah menengah tingkat atas. Praktek yang dilakukan berupa pembuatan makanan berbahan dasar pisang dengan kreasi dan inovasi yang berbeda. Target luaran dari program pengabdian ini adalah meningkatkan kepedulian dosen kepada masyarakat, selain itu dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak panti asuhan saat nanti memulai berwirausaha. Dengan pengetahuan kewirausahaan yang mumpuni, diharapkan akan mampu menumbuhkan sikap kemandirian yang matang, agar biaya hidup dan biaya pendidikan dapat berjalan lancar serta dapat membantu meringankan beban panti, maka mereka perlu diberdayakan untuk perbaikan kualitas hidupnya.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Di Kelurahan Cibubur Jakarta Timur Samsul Arifin; Egita Sari Br Tarigan
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.965 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.5

Abstract

Village is the smallest unit of local government, as an integral part of government accounting district or city in NKRI, then village financial accountability should be regulated nationally. Accountability is one of the principles in village administration. Accountability must be generally accepted, so the means of accountability need to be regulated by natioanl standars. Financial management is one of the important aspects for the progress of the institution. As long as the institution still uses money as a transaction tool, accounting is needed by the institution.Accounting will provide several benefits, among others: know the position of funds both source and use, make the right budget, calculate taxes and know the cash flow over a certain period. The use of accounting can support the achievement of good corporate governance (GCG) especially in terms of financial management. Based on the above it is necessary to conduct training for employess in the kelurahan in terms of managing finances and prepare financial reports using accounting. The training program offered is in the form of simple accounting training for kelurahan employees and can be immediately applied in operational activities.
Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital Di Kecamatan Citeureup Guruh Herman Wasan; Anita Sariningsih
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (134.72 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.7

Abstract

Technological innovation in marketing by utilizing the internet in the form of digital marketing or internet marketing is a paradigm that must be understood in today's business, especially the MSME sector. The MSME sector contributed to the GDPof Bogor Regency reaching 28.45 percent in 2018. Community service activities in the form of marketing training for digital-based MSME products aim to find out the use of marketing media in MSMEs and increase knowledge and skills in using digital technologyfor MSME actors in Citeureup District. The methods used are observation, interviews, questionnaires, training and evaluation of training activities. The results of observations, interviews, and questionnaires show that there is still a lack of literacy indigital technology in product marketing due to a lack of knowledge and skills in using digital technology (social media/marketplace). The results of training activities and evaluation of training activities are known to increase the knowledge and skills of MSME actors in utilizing digital technology (social media/marketplace) as a means of product marketing to increase the absorption of MSME results. This community service activity is very useful for MSME actors in Citeureup District to increase the competitiveness of MSME products.
Pelatihan Pembuatan Bussiness Plan Bagi Pelaku UMKM di Kelurahan Mekarsari Sawqi Saad El Hasan; Marsel Maden; Benediktus Misa; Wahyudi
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (211.977 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.8

Abstract

Untuk menjalani bisnis, kita memerlukan sebuah perencanaan bisnis yang jelas. Seorang pengusaha, organisasi, atau perusahaan tidak luput dari kegagalan pada saat menjalankan bisnisnya karena salah satu penyebabnya adalah tidak adanya rencana bisnis yang jelas. Rencana bisnis dapat menjadi alat ukur yang efektif untuk berbagai jenis bisnis dalam mengatur tujuan-tujuan ke dalam suatu bentuk yang saling berhubungan, terutama bagi pelaku bisnis baru atau bisnis kecil yang baru merintis. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk menjelaskan setiap aspek dari rencana bisnis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kelurahan Mekarsari. Aspek-aspek tersebut adalah rencana organisasi, rencana pemasaran, analisa keuangan dan dokumen keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah menyampaikan hasil dari studi kepustakaan dan pengalaman bisnis dari narasumber pada saat menekuni usahanya. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan peningkatan kemampuan bagi pelaku usaha dalam menyusun rencana bisnis dan keuangan.
Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Pelaku UMKM Di Kelurahan Gandoang Destiana Utarindasari; Ayu Purnama; Alvia Prihatini
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.285 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.9

Abstract

Writing financial statement is an issues which must gain some attention nowadays, this must be a point for MSME for utilizing all the facilities in order to increase their working capital. One of the facility to increase the working capital is to apply for bank credit but a minimum knowledge about financial statement is one of the obstacle to MSME, the purpose of this study is to facilitate the training for preparing financial statement for MSME in Cileungsi Gandoang District, Bogor, the author hopes that the training which has been carried out are able to help MSME to record their financial statement in order to make a decision for their activities, so that credit applications as one of the facilities to increase working capital and administrative requirements fits. With description of accounting and its elements method to conduct financial statement, the author also use Focus Group Discussion to deliver the message effectively so the MSME is able to conduct their simple financial statement for information for the shareholders, investors and other financial institutions such as bank in the future. The study showed that the MSME actors in Cileungsi Gandoang District, Bogor are able and willing to learn about the importance of preparing financial statements and hoped to expand their business to serve the local governance as their economic support
Penulisan Surat Lamaran, Riwayat Hidup, Dan Surat Elektronik Untuk Pemuda/-I Karang Taruna RT 07/RW 005 Tanjung Barat Engliana Engliana; Zumrotul Muniroh
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.335 KB) | DOI: 10.51805/jpmm.v1i1.10

Abstract

This activity was carried out for youth organizations in the RT 007 RW 005 Tanjung Barat, Jagakarsa, South Jakarta. The purpose of holding this community service activity is to understand the community, especially youth organizations, in this case for those who are ready to enter the job market who demand to be able to make job application letters and curriculum vitae. The team employed the socialization method through the coaching technique for concept immersion. Direct and practical steps of writing were presented. The participants were able to write acceptable application letters and curriculum vitae emailed to the team.  English is considered to be a compulsory foreign language that must be mastered to the ability of every resource to compete in the world of work; however, this language ability is still considered difficult for the wider community and becomes a burdensome condition even when they start making job application letters and tell their life history by using English.
Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi Ana Wijandari; Neng Sumilah
Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani Vol 1 No 1 (2021): Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM)
Publisher : Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Syariah Bina Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.05 KB) | DOI: 10.51805/jpbm.v1i1.12

Abstract

This service program aims to make the Micro, Small Medium Enterprises (MSMEs) to fully understand the strategies on how to develop businesses by understanding the Marketing Mix-also known as the 4 Ps (Product, Price, Place, and Promotion). The purpose of this service is to provide knowledge to the community, especially MSMEs in the form of socializing strategies which is possible to apply in order to be able to compete in the product market competition. The method used in this activity is by socializing to MSMEs about strategies to win product market competition. This activity was carried out in Cileungsi Village, Bogor Regency. The participants of this activity are MSMEs with a total number 20 MSMEs. The Result obtained from this mentoring program is that the MSMEs are able to develop strategies or marketing plans properly and correctly.