cover
Contact Name
Hadi Gunawan Sakti
Contact Email
hgs@lingkarpenaindonesia.com
Phone
+6287864842289
Journal Mail Official
lingkarpenaindonesia@gmail.com
Editorial Address
Jl. Soekarno-Hatta, Griya Menang Asri, Lombok Barat, Indonesia.
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 27743225     DOI : 10.36312/lpi
Core Subject : Education,
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran is an open access peer reviewed research journal that Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia publishes. The journal publishes state-of-art papers in the form of conceptual research and studies in the field of learning media, learning models, and learning strategies, with a systematic proposed method, sufficient review of previous works, expanded discussion, and concise conclusion. As our commitment to the advancement of science and technology, the Lentera Pendidikan Indonesia follows the open access policy that allows the published articles to be freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4 (2021): November" : 6 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT MI AL AMIN Mahar Alamsyah Santosa
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v2i4.49

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mencari alternatif pemecahan masalah sebagai upaya meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui keteladanan oleh kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). PTS merupakan suatu prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan oleh peneliti secara langsung. Tempat penelitian ini adalah MI Al Amin. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan butir-butir pengamatan. Untuk mengatahui kefektifan proses reward and punishment berjalan dengan baik, peneliti dan kolaboratur melakukan pengamatan selama proses penelitian. Sedangkan validitas data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan kualitatif. Indikator kinerja yang diharapkan dalam penelitian ini adalah: 1) meningkatnya disiplin guru dari kondisi awal 20% menjadi 30% pada siklus I, dan 80% pada siklus II. Hasil penelitian ini diperoleh yaitu model reward and punishment dapat meningkatkan kedisiplinan guru MI Al Amin tingkat kehadiran mengajar di dalam kelas dari 20% pada kondisi awal kemudian ada peningkatan pada siklus I sebesar 30% dan sebesar 80% pada siklus II. Penerapan reward and punishment membuat guru semakin disiplin hadir dan mengajar dikelas MI Al Amin. Karakter guru menjadi baik sehingga sudah sepantasnya guru dapat dicontoh siswanya.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING PRODI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI Endah Resnandari Puji Astuti
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v2i4.57

Abstract

Pandemi covid-19 sangat berpengaruh terhadap seluruh sector kehidupan, termasuk dalam sector pendidikan. Dampak pandemic menyebabkan semua jenjang pendidikan harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring yang berlangsung terlalu lama selama masa pandemic, menimbulkan berbagai permasalahan bagi mahasiswa sehingga pelaksanaannya menjadi tidak efektif lagi. Alternative dari berbagai permasalahan tersebut yaitu dengan melaksanakan pembelajaran menggunkan pendekatan blanded learning. Pembelajaran blanded learning merupakan pembelajaran dengan memadukan antara pembelajaran secara online/daring dengan pembelajaran tatap muka. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket melalui google form dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara blanded learning di Prodi Teknologi Pendidikan dilakukan dengan memadukan antara pembelajaran daring melalui e-learning fipp Undikama dengan pembelajaran tatap muka yang jadwalnya telah diatur. Jadi kelemahan dan kekurangan dalam pembelajaran online dapat diintegrasikan dengan keunggulan dari pembelajaran tatap muka, begitu pula sebaliknya. Hal ini dimaksud untuk mencapai efektivitas belajar yang optimal/maksimum di masa pandemi.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR CAHAYA ISLAM DI MEKKAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 1 ULUBONGKA Arwin Arwin
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36312/lpi.v2i4.58

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ulubongka pada mata pelajaran PAI melalui pendekatan problem based learning. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang sikap kasih sayang nabi muhammad, dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 14 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Pada hasil belajar pada siklus I, daya serap klasikal mencapai 70,8%, ketuntasan klasikal mencapai 78,57%, aktifitas siswa rata-rata mencapai 40% dengan kategori kurang. Akan tetapi pada siklus II diperoleh persentase sangat baik dengan daya serap klasikal 76%, ketuntasan klasikal mencapai 100% dan aktifitas siswa mencapai 96,42% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendekatan inquri learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 1 Ulubongka.
PENGGUNAAN MEDIA ALA CONGKLAK (ACONG) DALAM PENERAPAN KONSEP OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PAKET A PKBM BINA BANGSA MEKAR DELIMA Wan Amrizal
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mempermudah warga belajar memahami konsep operasi hitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika di PKBM Bina Bangsa Paket A. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian mengikuti tahap penelitian yang mengacu pada modifikasi diagram Kemmis dan Mc Taggart, yaitu 1) Perencanaan tindakan 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Materi yang dibahas tentang sikap kasih sayang nabi muhammad, dengan melibatkan subyek penelitian sebanyak 9 warga belajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan pemberian tes hasil belajar tiap akhir tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar, dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar menggunakan media ACONG, sebanyak 89 % warga belajar dinyatakan tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keberhasilan dari media sangat tinggi, sementara dengan nilai 11 % dinyatakan tidak tuntas dapat diartikan tingkat tidak berhasilnya media tersebut sangat rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa keberhasilan Media ACONG tersebut mempunyai nilai tinggi dalam penerapan Konsep operasi perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika Paket A PKBM Bina Bangsa.
IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL MATA KULIAH PEMBELAJARAN TERPADU MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN Muh Husein Baysha
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pandemi covid-19 menyebabkan mahasiswa tidak bisa mengakses langsung sumber belajar buku di perpustakaan kampus, maka perlu alternatif lain dalam hal literasi untuk menunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan bagaimana pelaksanaan literasi digital mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian implementasi literasi digital merupakan hal penting menunjang proses belajar. Mata kuliah pembelajaran terpadu program studi teknologi endidikan universitas pendidikan mandalika pada proses pembelajaran e-learning menerapkan literasi digital. Karena akses mahasiswa terhadap sumber belajar buku perpustakaan kampus terbatas. Literasi digital pada proses perkuliahan menerapkan tingkatan antara lain; 1) literasi Informasi; 2) digital scholarship; 3) learning skills; 4) ICT literacy; 5) manajemen privasi; 6) communication and collaboration; 7) media literacy. Literasi digital dirasa efektif menunjang pembelajaran menggunakan e-learning. Meski memiliki peran yang penting dalam penunjang pembelajaran yaitu sebagai sumber belajar dan penunjang pembelajaran. Literasi digital juga berguna untuk meningkatkan kreatifitas, motivasi, pemahaman materi oleh mahasiswa pada mata kuliah pembelajaran terpadu.
Cover and Editorial Pages Editor
Lentera Pendidikan Indonesia: Jurnal Media, Model, dan Pengembangan Pembelajaran Vol. 2 No. 4 (2021): November
Publisher : Yayasan Lingkar Pena Mandiri Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Cover, Editorial Member List, and Table of Contents

Page 1 of 1 | Total Record : 6