cover
Contact Name
Winarno
Contact Email
trisala.salatiga@gmail.com
Phone
+6285729356143
Journal Mail Official
trisala.salatiga@gmail.com
Editorial Address
Seketariat Jurnal Trisala Bidang Ketenagaan pada Dinas Pendidikan Kota Salatiga Jl. LMU Adi Sucipto No.2 Salatiga 50714 Telp. (0298) 324979
Location
Kota salatiga,
Jawa tengah
INDONESIA
TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 24432180     EISSN : 24432199     DOI : https://doi.org/10.54211/trisala.v1i19.198
Core Subject : Education, Social,
TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan P-ISSN: 2443-2180 & E-ISSN: 2443-2199 merupakan media publikasi ilmiah para peneliti akademis, pendidik, dan masyarakat pemerhati pendidikan untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka, saling bertukar ide baru, menyebarkan informasi dalam karya inovatif, juga untuk mempromosikan teknologi pendidikan. TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan mengundang para penulis untuk mengembangkan artikel, terutama yang merupakan hasil-hasil penelitian kontemporer di bidang pendidikan. Artikel yang dikirim harus memenuhi kritenia APIK (Asli,Perlu,Ilmiah,Konsisten) dan berdampak signifikan terhadap pengembangan dunia pendidikan. Semua artikel yang diterima akan direview oleh peer reviewed, dan artikel yang lolos peer reviewed akan dipublikasikan secara online. TRISALA: Jurnal Ilmiah Pendidikan terbit sebanyak tiga nomor dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)" : 10 Documents clear
kimia PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU SPU Rahyu Ning S.Pd
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (728.535 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.152

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ALAT PERAGA KARTU SPU Rahyu Purwaningrum SMK Negeri 2 Salatiga wijangyudha@yahoo.co.id ABSTRAK Pembelajaran yang kurang menarik berimbas pada rendahnya hasil belajar kimia kompetensi struktur atom dan konfigurasi elektron. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia kompetensi struktur atom dan konfigurasi elektron melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga Kartu SPU peserta didik kelas X DPIBA SMK Negeri 2 Salatiga semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Bentuk tindakan yang diberikan adalah membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok untuk saling bekerjasama dalam memecahkan suatu masalah yang disajikan guru dengan menggunakan alat peraga Kartu SPU. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan , tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga Kartu SPU hasil belajar kimia mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar kondisi awal 49,72 siklus I sebesar 81,94 sedangkan pada siklus II sebesar 84,31 , berarti ada peningkatan 69,6%. Metode Discovery Learning berbantuan alat peraga Kartu SPU dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kata Kunci : Discoveri Learning, Alat Peraga Kartu SPU dan hasil belajar.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK SISWA KELAS V SDN 1 SIMBANG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Cahyati Cahyati
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.295 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.154

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa melalui penerapan metode diskusi kelompok siswa kelas V SD Negeri 1 Simbang Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (class action research). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran (baik proses maupun hasil) kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SD Negeri 1 Simbang, siswa lebih antusias mengikuti pelajaran, siswa terlihat aktif dan kreatif dalam arti mereka tampak banyak merespon pertanyaan maupun tugas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil meningkatkannya kemampuan melakukan pemecahan masalah dari rerata 3,48 menjadi 8,14 dan dapat meningkatkan prestasi belajar rata-rata 64,23 menjadi 77,29 dan ketuntasan belajar dari 47,62% menjadi 80,95%.
UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI MEDIA MIND MAP SISWA KELAS XI MIPA 2 MAN SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Muhammad Shidiq Purnomo
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4321.66 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.159

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media mind map dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa siswa XI-MIPA 2 Semester Genap Madrasah Aliyah Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018. Media mind map digunakan karena di beberapa penelitian menyebutkan bahwa media ini efektif dalam menjelaskan materi Biologi pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas tiga siklus, subyek penelitian dilakukan di kelas XI MIPA 2 MAN Salatiga, dengan jumlah siswa 40. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media mind map dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 2 MAN Salatiga. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah guru perlu menggunakan dan mengembangkan media mindmap dalam pembelajarannya di kelas, khususnya mata pelajaran Biologi
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA SCRABBLE GAME SISWA KELAS XII MIPA-2 MAN SALATIGA TAHUN 2018/2019 Mudrikah Mudrikah
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.160

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran konkret mengenai penggunaan media scrabble game, memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai perubahan perilaku siswa yang terjadi pada saat proses belajar kosakata dengan menggunakan media permainan scrabble game. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX IPA-2 MAN Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan scrabble game dapat meningkatkan hasil belajar materi kosakata bahasa Inggris siswa. Peningkatan juga terjadi pada perolehan hasil belajar, hasil perolehan rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 6,01, setelah tindakan siklus pertama sebesar 7,11, dan setelah tindakan siklus kedua sebesar 8,12. Simpulan dari penelitian ini adalah media scrabble game game dapat meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Inggris, siswa lebih bersemangat dalam menerima materi kosakata bahasa Inggris, rekomendasi penelitian bahwa media scrabble game game dapat dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran kosakata, guru dapat mempersiapkan metode dan teknik pengajaran yang bervariasiTujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran konkret mengenai penggunaan media scrabble game, memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai perubahan perilaku siswa yang terjadi pada saat proses belajar kosakata dengan menggunakan media permainan scrabble game. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX IPA-2 MAN Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permainan scrabble game dapat meningkatkan hasil belajar materi kosakata bahasa Inggris siswa. Peningkatan juga terjadi pada perolehan hasil belajar, hasil perolehan rata-rata siswa sebelum tindakan sebesar 6,01, setelah tindakan siklus pertama sebesar 7,11, dan setelah tindakan siklus kedua sebesar 8,12. Simpulan dari penelitian ini adalah media scrabble game game dapat meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Inggris, siswa lebih bersemangat dalam menerima materi kosakata bahasa Inggris, rekomendasi penelitian bahwa media scrabble game game dapat dipertimbangkan untuk digunakan dalam pembelajaran kosakata, guru dapat mempersiapkan metode dan teknik pengajaran yang bervariasi
PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DALAM MENYUSUN INSTRUMEN TES TERTULIS MELALUI TEKNIK COUCHING Sri Takarini
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10001.627 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “teknik coaching” dapat meningkatkan Kompetensi Pedagogik guru IPS SMP kota Salatiga dalam menyusun instrumen tes tertulis. Prosedur Penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah yang terdiri dari dua Siklus Tindakan. Penelitian dilaksanakan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPS SMP kota Salatiga maupun satuan pendidikan dimana guru IPS bertugas, dilakukan pada semester pertama tahun pelajaran 2016/2017. Subyek Penelitian adalah 40 guru IPS yang tersebar di 10 SMP Negeri di kota Salatiga. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview , maupun dokumen. Teknik validasi data menggunakan uji kredibilitas data dengan triangulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: dengan melakukan coaching, terbukti dapat memperbaiki proses penyusunan instrumen tes tertulis mata pelajaran IPS SMP kota Salatiga. Empat langkah dalam penyusunan instrumen tes tertulis telah dipahami dan dilaksanakan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya katagori kinerja guru dimana pada siklus II seluruh guru telah mencapai skor minimal katagori baik (70% - 85%). Demikian juga dalam penyusunan intrumen, seluruh guru telah melaksanakan empat langkah penyusunan tes tertulis yang ditentukan.
In House Training (Iht) Sebagai Strategi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengembangkan Instrumen Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi Bagi Guru SDN Dukuh 03 Salatiga Abdi Tompo Rahayu Abdi Rahayu
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8257.527 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.166

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah In house training (IHT) sebagai sebuah strategi supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru SDN Dukuh 03 Salatiga dalam menyusun butir-butir soal HOTS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan eksperimen kuasi. Penelitian ini dilakukan di SDN Dukuh 03 Salatiga, Bulan September 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang guru SDN Dukuh 03 Salatiga. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengamatan aktivitas 9 (sembilan) orang guru SDN Dukuh 03 Salatiga dalam menjelaskan konsep penyusunan soal-soal dan menyusun butir-butir soal HOTS. Teknik analisis yang digunakan peneliti untuk menjawab persoalan penelitian adalah menggunakan teknik analisis yang bersifat deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan tindakan, yaitu: 9 (sembilan) orang guru SDN Dukuh 03 Salatiga yang menjadi subjek berhasil menyusun soal pada level C4, atau level penalaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa supervisi akademik dengan menggunakan strategi In House Training (IHT) merupakan strategi yang tepat untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan guru SDN Dukuh 03 Salatiga dalam menyusun butir-buti soal HOTS. Selain itu, hasil penelitian juga membuktikan bahwa peran kepala sekolah SDN Dukuh 03 Salatiga sebagai supervisor merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan penerapan stratagi In House Training (IHT). Terbuktinya penggunaan strategi In House Training (IHT) dalam meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal-soal HOTS tersebut menunjukkan bahwa ada baiknya strategi In House Training (IHT) digunakan juga sebagai sebuah model strategi dalam meningkatkan kemampuan guru SD di Salatiga. Sebab selain model tersebut juga murah, ternyata strategi tersebut juga dinilai efektif dan efisien. Kata Kunci : In House Training (IHT), Mengembangkan Instrumen Penilaian Berpikir Tingkat Tinggi, Guru SDN Dukuh 03 Salatiga
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LEMBAR AKTIVITAS MATERI TEOREMA PYTHAGORAS KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 BANYUBIRU SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018 – 2019 Erni Ayda
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (37.577 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.172

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik melalui pembelajaran kontekstual berbasis lembar aktivitas materi teorema pythagoras pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banyubiru Semester 2 tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Banyubiru dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA dengan jumlah 24 anak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas empat tahapan tindakan, yaitu membuat perencanaan tindakan (planning), melakukan tindakan sesuai yang direncanakan (acting), dilanjutkan dengan kegiatan mengamati tindakan yang dilakukan (observing), dan menganalisis data hasil pengamatan tindakan dan merefleksi (reflecting). Hasil penelitian ini adalah 1) Melalui pembelajaran kontekstual berbasis lembar aktivitas dapat meningkatkan motivasi belajar matematika materi Teorema Pythagoras bagi peserta didik kelas VIIIA semester 2 tahun pelajaran 2018-2019 dari pra siklus banyak peserta didik yang mempunyai motivasi belajar dengan kategori tinggi ata sangat tinggi sebesar 33,33% menjadi 62,50% atau terjadi peningkatan sebesar 29,17%; 2) Melalui pembelajaran kontekstual berbasis lembar aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Teorema Pythagoras bagi peserta didik kelas VIIIA semester 2 tahun pelajaran 2018-2019 dari pra siklus dengan rata-rata nilai 74 ke siklus 2 dengan rata-rata nilai 86 atau terjadi peningkatan sebesar rata-rata sebesar 16,22%. Kata Kunci: hasil belajar, motivasi, pembelajaran kontekstual, lembar aktivitas.
PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE muflikhatun likha tun
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.8 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.176

Abstract

Penelitian dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Penggunaan pembelajaran konvensional yang kurang bervariasi menyebabkan aktivitas belajar siswa juga rendah. Pembelajaran yang aktif , kreatif dan menyenangkan sangat diharapkan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi siswa. Penggunaan metode, model atau teknik pembelajaran yang menarik dapat digunakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar .Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan deskritif kuantitatif yang terdiri dari presentase, nilai terendah tertinggi dan rata-rata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nampak ada peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 41,17% sebelum siklus meningkat menjadi 43% pada siklus I dan 83% pada siklus II. Penelitian dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Penggunaan pembelajaran konvensional yang kurang bervariasi menyebabkan aktivitas belajar siswa juga rendah. Pembelajaran yang aktif , kreatif dan menyenangkan sangat diharapkan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi siswa. Penggunaan metode, model atau teknik pembelajaran yang menarik dapat digunakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar .Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan deskritif kuantitatif yang terdiri dari presentase, nilai terendah tertinggi dan rata-rata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nampak ada peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 41,17% sebelum siklus meningkat menjadi 43% pada siklus I dan 83% pada siklus II. Penelitian dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 masih rendah. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh faktor intern dan ekstern. Penggunaan pembelajaran konvensional yang kurang bervariasi menyebabkan aktivitas belajar siswa juga rendah. Pembelajaran yang aktif , kreatif dan menyenangkan sangat diharapkan untuk menghilangkan kejenuhan dalam belajar, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan bagi siswa. Penggunaan metode, model atau teknik pembelajaran yang menarik dapat digunakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar .Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Apakah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas ( PTK ). Penelitian ini menggunakan siklus yang langkahnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data adalah tes. Teknik analisis menggunakan deskritif kuantitatif yang terdiri dari presentase, nilai terendah tertinggi dan rata-rata. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nampak ada peningkatan ketuntasan belajar, yakni dari 41,17% sebelum siklus meningkat menjadi 43% pada siklus I dan 83% pada siklus
PENGGUNAAN MEDIA BERGAMBAR TUTS PIANO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK BERMAIN PIANO KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 1 PURWAREJA KLAMPOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Kuncoro Kuncoro
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (24731.465 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.178

Abstract

Penelitin ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media bergambar tuts piano untuk meningkatkan hasi belajar teknik bermain piano kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Purwareja Klampok tahun pelajaran 2019/ 2020. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa, pada pra siklus hanya 44.5 %, sedangkan setelah melakukan pembelajaran untuk siklus I prosentase belajar siswa meningkat yang semula hanya 44,5 menjadi 86 % dan untuk peningkatan prestasi hasil belajar pada siklus II adalah sebesar 100 %. Pembelajaran menggunakan media bergambar dalam hal ini adalah tuts piano juga dapat meningkatkan tingkah laku atau efektif siswa menjadi lebih antusias dan aktif sehingga terjalin komunikasi antar siswa dengan baik serta menjadikan siswa memilki karakter rasa tanggung jawab, disiplin, kerja keras dan menghargai pendapat sesama teman. Hal ini karena model pembelajaran bergambar dapat memberikan pengalaman baru kepada siswa sehingga siswa dapat mengekplorasi kemampuan individu dengan fasilitas yang ada.
PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SD NEGERI BANJENGAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Siti Jariyah
Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Pendidikan TRISALA (Agustus 2020)
Publisher : Dinas Pendidikan Kota Salatiga

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (10906.712 KB) | DOI: 10.54211/trisala.v2i17.179

Abstract

Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan sekolah (school action research), Subjek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri Banjengan Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Tempat dan peristiwa yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kegiatan pendampingan supervisi kolaboratif di SD Negeri Banjengan Kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Pengumpulan data yang diterapkan yaitu dengan observasi, prestasi belajar, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif, terdapat peningkatan kompetensi profesional guru dalam mengembangkan materi pembelajaran dan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kompetensi profesional guru pada siklus I dari 52,27 menjadi 68,66, dan siklus II dari 68,66 menjadi 84,66. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendampingan supervisi dengan penerapan pendekatan supervisi kolaboratif dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dari rerata 52,27 menjadi 84,66. Ini berarti pada siklus I ada peningkatan kompetensi profesional guru dari 52% menjadi 68%, sedangkan pada siklus II meningkat dari 68% menjadi 84%.

Page 1 of 1 | Total Record : 10