cover
Contact Name
Abu Lubaba
Contact Email
ecopreneur.bbc@gmail.com
Phone
+628995694484
Journal Mail Official
ecopreneur.bbc@gmail.com
Editorial Address
Jl. Widarasari III –Tuparev-Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
ISSN : -     EISSN : 27470237     DOI : 10.47453
Core Subject : Economy,
Jurnal Ecopreneur merupakan merupakan jurnal yang menyediakan temuan –temuan penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis Islam yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah IAI Bunga Bangsa Cirebon. Jurnal ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yakni bulan Februari dan Agustus
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam" : 6 Documents clear
Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19 Gama Pratama
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.603 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.130

Abstract

With the advancement of the times, the concept of business today has changed all lines from offline buying and selling transactions to buying and selling online. Through this business concept, the existence of the internet or e-commerce only makes buying and selling transactions or legal relationships that occur shorter, easier and simpler. An agreement in the e-commerce transaction takes place, will relate to the parties that make the transaction. The purpose of this study is to find out how online buying and selling transactions on the shopee website during the Covid 19 pandemic and to find out the positive and negative impacts that arise in online buying and selling transactions according to business concepts in the economy. This research method is a qualitative research with library research (library research), namely research which sources of information from various library materials by reading and studying books and writings that have objects with discussion, this study takes a sample of online sales of the shopee marketplace in the city. cirebon and cirebon regency with a time span from March 1, 2020 to completion of this research. Based on the results of research on online buying and selling transactions among the public, especially during the Covid 19 pandemic in the 2nd period of Ramadan, Kurtal 1 increased to 25 times the number of visits compared to normal days. This pattern is a shift from conventional transaction systems to online transactions. Then, the positive and negative impacts of buying and selling online are an option and have risks that must be borne by the buyer, the positive impact on the business concept is profitable because it does not incur additional costs to go to the destination, it's just that the cost allocation is transferred to the quota and contents of the transaction system. with various non-cash payment tools that are now very familiar. Then the negative impact is that the buyer does not know the product is genuine or fake, and sometimes they have to be careful when they want to shop online, first look in terms of product assessment reviews and comments as a reference that the seller in the Shopee application is good according to the assessment criteria. Abstrak Dengan kemajuan zaman konsep bisnis pada zaman sekarang mengubah semua lini dari transaksi jual beli offline ke arah transaksi jual beli online. Melalui konsep bisnis tersebut adanya internet atau ecommerce hanya membuat transaksi jual beli atau hubungan hukum yang terjadi menjadi lebih singkat, mudah dan sederhana. Suatu perjanjian dalam transaksi e-commerce tersebut berlangsung, akan berhubungan dengan para pihak yang melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli online di website shopee pada masa pandemic covid 19 dan untuk mengetahu dampak positif dan negatif yang timbul dalam transaksi jual beli online menurut konsep bisnis dalam ekonomi. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan library research (penelitian kepustakaan) yaitu penelitian yang sumber informasinya dari berbagai bahan kepustakaan dengan cara membaca dan menelaah buku-buku serta tulisan-tulisan yang ada objeknya dengan pembahasan, penelitian ini mengambil sample penjualan online marketplace shopee di kota cirebon dan kabupaten cirebon dengan rentang waktu mulai 1 maret 2020 sampai selesai penelitian ini dilakukann. Berdasarkan hasil penelitian transaksi jual beli online dikalangan masyarakat terutama masa pandemic covid 19 pada periode 2 dibulan ramadhan kurtal 1 meningkat hingga 25 kali lipat kunjungan dibandingkan hari biasanya. Pola seperti ini merupakan pergeseran dari sistem transaksi konvensional ke transaksi online. Kemudian, dampak positif dan negatif jual beli online merupakan suatu pilihan dan mempunyai resiko yang harus ditanggung oleh pembeli, dampak positif pada konsep bisnis menguntungkan sebab tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk ke lokasi tujuan , hanya saja alokasi biaya itu dialihkan dengan kuota dan isi dari system transaksi tersebut dengan berbagai alat pebayaran non tunai yang sekarang sudah sangat familiar. kemudian dampak negatifnya pembeli tidak tahu produk tersebut asli atau palsu, serta terkadang harus berhati- hati ketika ingin belanja online melihat dulu dari segi review penilaian produk dan komentar sebagai acuan bahwa penjual di aplikasi shopee itu bagus sesuai dengan kriteria penilaian.
TINJAUAN FIQIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI ONLINE Dede Abduroman; Haris Maiza Putra; Iwan Nurdin
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (930.844 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.131

Abstract

Era digital atau biasa dikenal dengan istilah 4.0 dimana segala sesuatu diupayakan beralih menuju digitallisasi. Salah satu dampak dengan adanya digitalisasi yakni dalam bidang muamalah (transaksi jual beli). Terlebih saat ini di Indonesia mengalami wabah virus corona (Covid-19), dimana pemerintah memberikan aturan hidup kepada masyarakat agar aktivitas dilakukan di rumah saja sebagai upaya perindungan diri. Aktivitas tersebut akan memberikan lonjakan dalam transaksi jual beli secara online, baik itu melalui shoope, tokopedia, lazada, dan lain sebagainya. Perlu adanya upaya hukum untuk mengidentifikasi apakah transaksi tersebut sudah sesuai hukum dalam bermuamalah yaitu fiqih muamalah? Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian hukum dengan analisis kualitatif, pendekatannya menggunaan dara normative. Hasil penelitiannya yakni transaksi online sudah sesuai dengan fiqih muamalah, penggunaan akadnya ialah akad salam. Hal ini karena masarakat memesan dengan memberikan ciri-ciri dari obyek barang yang akan dibeli, sedangkan penjual telah memberikan deskripsi dari barang itu sendiri dengan detail.
IMPLEMENTASI AKAD RAHN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM Abu Lubaba
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (649.333 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.155

Abstract

Indonesia memiliki banyak lembaga keuangan syariah di antaranya Bank, BMT, BPR dan Pegadaian, secara resmi pegadaian syariah memiliki izin untuk menjalankan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dana yang disalurkan kepada masyarakat dengan menggunakan akad rahn (gadai). Dalam menjalankan roda perekonomian pegadaian syariah banyak diminati sebagai kebutuhan masyarakat untuk melakukan transaksi. Penelitian ini bertujuan mengetahui akad rohn dalam perspektif ekonomi Islam yang diterapkan oleh pegadaian syariah cabang Tukmudal kecamatan Sumber kabupaten Cirebon, dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui sejauh mana pegadaian syariah dalam menjalankan akadnya. Jenis penelitian ini adalah dengan menggunakan penelitian lapangan Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsng berhubungan dengan objek yang diteliti. Sumber data yang diambil adalah data primer dan sekunder, sumber data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan data sekunder diambil dari sumber-sumber jurnal, buku, internet dan lainnya. Metode analisa data menggunakan distkritif analisis Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia menerapkan berbagai macam produk dan akad dalam menjalankan kegiatan usahanya, salah satu produknya adalah akad rahn yang ada di Pegadaian Syariah Tukmudal Sumber Cirebon. Berdasarkan rukun akad rahn secara praktik mulai dari marhun, marhun bih, shighah, dan ‘aqidaini sudah sesuai dengan dengan teori syariah, tetapi masih ada beberapa hal yang harus diperjelas untuk mendapatkan praktik yang benar secara teori syariah. Yaitu tentang pemanfaatan barang gadai yang belum dijelaskan secara rinci tentang pemanfaatan dari pihak rahin maupun dari pihak murtahin.
Penerapan Pemasaran Syariah dalam meningkatkan Penjualan di PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon” Tahun 2020 Agus Karjuni
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (430.823 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.169

Abstract

This research is a type of field research which is qualitative in nature. Primary data in this study were obtained from sales data from 2018-2020 at PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City. Meanwhile, secondary data is obtained from various reference sources, both from books, journals, articles and so on. The data collection methods used were questionnaires, interviews, analysis, documents and observations. Meanwhile, in analyzing the data, the researcher used qualitative data analysis techniques. The results showed that the marketing strategy carried out by PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City by using promotional media, advertisements on social media that can attract buyers. Besides that, it also serves consumers who walk in directly to dealers well, this has affected sales at PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City. Many families have used Honda products with durable engines. While the obstacles in the marketing of PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City is the lack of a marketing team. Stock units are limited, discounts are not full, competition between dealers, stock in warehouses has not been smooth due to the pandemic period, besides that there are not many dealer branches, so consumers are quite difficult when it comes to related dealers. ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari data penjualan dari tahun 2018-2020 pada PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari berbagai sumber referensi, baik dari buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, telaah, dokumen dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon dengan menggunakan media promosi, iklan-iklan di media sosial yang dapat menarik pembeli. Selain itu juga melayani konsumen yang walk in langsung ke dealler dengan baik, hal tersebut sudah mempengaruhi penjualan di PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon. Sudah banyak keluarga yang menggunakan produk honda yang mesinnya awet. Sedangkan kendala dalam pemasaran PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon adalah kurangnya tim marketing. Stock unit terbatas, diskon tidak full, persaingan antar dealler, stock di gudang belum lancar karena masa pandemi, selain itu kurang banyaknya cabang dealer, sehingga konsumen cukup sulit ketika harus ke dealler terkait.
ZAKAT SAHAM DAN OBLIGASI DALAM PANDANGAN YUSUF QARDHAWI Mawar Jannati Al Fasiri
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.679 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.97

Abstract

The problem and purpose in this study is to find out Yusuf Qardhawi's views on zakat shares; to find out Yusuf Qardhawi's views on bond charity. This research method uses qualitative methods with the type of qualitative research is library research. The results showed that, Yusuf Qardhawi explained two opinions about stocks. First, differentiate zakat based on the type of company, in which zakat for trading companies is subject to a 2.5% tariff according to the trade zakat qiyas provided that the zakat is excluded from the value of shares and profits after deducting the value of the equipment because the capital is in the form of goods whose material is not fixed. For industrial companies, a rate of 10% of net profit is applied because the capital is located in buildings, equipment and equipment. Secondly, it does not distinguish zakat from the type of company. Because of the view that the shares are tradable wealth, the zakat is 2.5% of the value of the shares prevailing in the market at that time plus profits minus the need for muzaki and dependents. As for the Yusuf Qardhawi bond, only one opinion is expressed, that the bond is wealth that can be traded, the zakat of 2.5% of the value of the shares prevailing in the market at that time plus profits minus the need for muzaki and his dependents. The Nisab of zakat shares and bonds according to Yusuf Qardhawi is worth the gold Nisab that is 85 grams of gold. Abstrak Masalah dan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan Yusuf Qardhawi tentang zakat saham; untuk mengetahui pandangan Yusuf Qardhawi tentang zakat obligasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif yaitu library research (penelitian pustaka). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Yusuf Qardhawi memaparkan dua pendapat mengenai saham. Pertama, membedakan zakatnya berdasarkan jenis perusahaannya, yang mana zakat untuk perusahaan dagang dikenakan tarif 2,5% sesuai qiyas zakat perdagangan dengan ketentuan zakat tersebut dikeluarkan dari nilai saham dan keuntungan setelah dikurangi nilai peralatan karena modalnya berbentuk barang yang materinya tidak tetap. Untuk perusahaan industri dikenakan tarif sebesar 10% dari keuntungan bersih karena modalnya terletak pada gedung, peralatan, dan perlengkapan. Kedua, tidak membedakan zakat dari jenis perusahaannya. Karena memandang bahwa saham itu kekayaan yang dapat diperjualbelikan maka zakatnya sebesar 2,5% dari nilai saham yang berlaku di pasar pada saat itu ditambah keuntungan dikurangi kebutuhan muzaki dan tanggungannya. Adapun mengenai obligasi Yusuf Qardhawi hanya memaparkan satu pendapat yakni memandang bahwa obligasi itu kekayaan yang dapat diperjualbelikan maka zakatnya sebesar 2,5% dari nilai saham yang berlaku di pasar pada saat itu ditambah keuntungan dikurangi kebutuhan muzaki dan tanggungannya. Adapun nisab dari zakat saham dan obligasi menurut Yusuf Qardhawi adalah senilai dengan nisab emas yakni 85 gr emas.
Strategi Marketing Syari’ah Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Jasmine Home Spa Khusus Wanita Cabang Cirebon Dapiah Dapiah; Nurhayati Nurhayati; Siti Khumaeroh
Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 1 No 2 (2020): Ecopreneur : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAI Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.675 KB) | DOI: 10.47453/ecopreneur.v1i2.170

Abstract

Jasmine Home Spa is one of the companies engaged in spa services for women, such as massage, body scrub, facials, full-blooded face and others. One of the plus points of Jasmine Spa is that this spa is exclusively for women and the price is affordable so that it can be enjoyed by the middle class. The purpose of writing this journal is to analyze the extent of Jasmine home Spa in implementing Sharia Marketing as an effort to increase revenue. The type of method used is a qualitative method. By interviewing Jasmine home Spa informants and field research procedures that produce descriptive data, in order to obtain results in the form of images, benefits and application of meaningful knowledge in depth. From the results of the study, Jasmine home Spa in its efforts to run Islamic principles by instilling Islamic values ​​both in the work culture of its employees and marketing strategies. Judging from the perspective of the sharia marketing strategy, Jasmine home Spa applies an Islamic marketing strategy consisting of applying the characteristics of Islamic marketing, applying Islamic business ethics, and following the marketing practices of the Prophet Muhammad SAW Abstrak Jasmine Home Spa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan spa khusus wanita, seperti massage,lulur, facial, totok wajah dan lain-lain. Salah satu nilai plus yang dimiliki jasmine Spa ialah spa ini khusus wanita serta harganya yang terjangkau sehingga bisa dinikmati kalangan menengah. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis sejauhmana Jasmine home Spa dalam melaksanakan Marketing syariah sebagai upayanya dalam meningkatkan pendapatan. Jenis metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Dengan cara mewawancarai informan Jasmine home Spa dan prosedur penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif, sehingga diperoleh hasil berupa gambaran, manfaat dan penerapan ilmu yang bermakna secara mendalam. Dari hasil penelitian, Jasmine home Spa dalam usahanya menjalankan prinsip-prinsip Islam dengan menanamkan nilai Islam baik dalam budaya kerja karyawannya maupun strategi marketingnya. Di ditinjau dari perspektif strategi marketing syariah, Jasmine home Spa menerapkan strategi pemasaran Islam yang terdiri dari penerapan karakteristik pemasaran Islam, penerapan etika bisnis Islam, dan mengikuti praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW.

Page 1 of 1 | Total Record : 6