cover
Contact Name
M. Zaenal Arifin
Contact Email
mzaenalarifin@stai-binamadani.ac.id
Phone
+6282249559482
Journal Mail Official
jurdirpgmi@stai-binamadani.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Hasyim Ashari kav dpr 236 gg. ambon. Kec. Pinang Kota Tangerang Post Code: 15145
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
ISSN : 25987488     EISSN : 2686598X     DOI : https://doi.org/10.51476/dirasah.v4i1
Core Subject : Religion, Education,
Dirasah adalah jurnal pemikiran dan pendidikan dasar islam, tema yang dibahas sangt relevan dengan dunia kependidikan dasar islam dan menjadi bahan referensi internal terutama pada studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, meliputi bidang pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, kewarganegaraan, pengetahuan alam, pengetahuan sosial, tematik, fikih, al quran hadits,, dan seni, model pembelajaran MI SD, inovasi pembelajaran MI SD, manajemen dan kurikulum MI SD.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam" : 6 Documents clear
DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK Ashabul Kahfi
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.584 KB) | DOI: 10.51476/dirasah.v4i1.219

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana pemebelajaran daring berimplikasi terhadap perkembangan Afektif anak. Pandemi di Indonesia yang tidak kunjung usai membagikan akibat yang begitu signifikan untuk kehidupan tiap hari. Saat ini, demi merendahkan angka penularan, warga dihimbau buat senantiasa belajar, bekerja, serta beraktifitas di rumah saja. Tidak hanya orang berusia, kanak- kanak pula tentu terserang imbasnya, ialah belajar secara daring di rumah. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dimana dalam mengumpulkan informasi data dengan teknik dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang relevan dari berbagai macam yang ada di perpustakaan seperti dokumen, buku, majalah, berita. Hasil dalam penelitian, menunjukkan bahwa dampak pembelajaran Daring terhadap perkembangan Kognitif anak secara langsung mengalami hambatan. Dikarenakan dalam pembelajaran daring guru hanya bisa menyampaikan pelajaran dan mengevalusi secara terbatas. Hal ini dapat dilihat dari hasil data 4 artikel dan 6 berita yang menunjukan bahwa dampak pembelajaran Daring terhadap perkembangan Kognitif anak secara langsung mengalami hambatan. Karena pada dasarnya proses pembelajaran tidak hanya Transfer of Knowledge saja tetapi harus juga harus ada interaksi timbal balik antara peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran yang dinamis untuk mentransfer nilai-nilai ke siswa supaya dapat melakukan perubahan tingkah laku maupun pengetahuan. Tidak hanya sampai disitu tetapi seorang guru juga harus membimbing, mengarahkan juga memberikan contaoh teladan yang baik.
KESALAHAN BERBAHASA TATARAN EJAAN, MORFOLOGI, DAN SINTAKSIS SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGMI BINAMADANI Utami Maulida
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.613 KB) | DOI: 10.51476/dirasah.v4i1.220

Abstract

Kesalahan berbahasa dapat terjadi dalam teks mana pun, baik dalam karya tulis ilmiah atau karya tulis non ilmiah. Karya tulis ilmiah yang sering kali ditemukan adalah skripsi.Skrips merupakan karya tulis ilmiah yang dihasilkan dari penelitian mahasiswa sarjana strata satu (S1). Salah satu karakteristiknya adalah ditulis menggunakan bahasa Indonesia baku dan sesuai ejaan ter-update yaitu Ejaan Bahasa Indonesia. Namun seringkali ditemukan penulisan skripsi mahasiswa tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yaitu dari segala tataran kesalahan berbahasa. Tujuan penulisan ini untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa skripsi mahasiswa pada semua tataran yaitu tataran ejaan, morfologi, dan sintaksis. selain itu untuk memberikan perbaikan kesalahan berbahasa dari tataran ejaan, morfologi,dan sintaksis. Sumber data penulisan ini adalah beberapa skripsi mahasiswa program studi PGMI yang terdapat beberapa kesalahan berbahasa.
ETIKA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA DI SEKOLAH PERSPEKTIF AL-QUR'AN Mohamad Zaenal Arifin
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.806 KB) | DOI: 10.51476/dirasah.v4i1.221

Abstract

Tulisan ini bertujuan menggali dan merumuskan etika komunikasi guru terhadap siswa di sekolah. Komunikasi memegang peranan penting dalam interaksi sosial, termasuk di dalamnya interaksi antara guru dan siswa. Dalam konteks pengajaran di sekolah, jalinan komunikasi yang dilakukan guru tidak hanya mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar, namun juga turut berkontribusi pada tumbuh-kembangnya afektif dan budi pekerti siswa dan harmonisasi kehidupan sosial di sekolah. Penelitian ini adalah library research (riset kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Bidang kajian diarahkan pada menggali ayat-ayat al-Qur'an yang mengisyaratkan tentang etika dalam berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika komunikasi guru terhadap siswa berada dalam tiga konteks, yaitu pengajaran dan edukasi, pengarahan dan bimbingan, serta hubungan sosial di sekolah. Dalam ketiga konteks ini, guru selayaknya mampu menjalin komunikasi yang baik dengan siswa, baik secara verbal maupun non-verbal.
PENERAPAN TEKNIK POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KRITIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 CIBINONG KABUPATEN BOGOR Wildan Fauzi Mubarock
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.782 KB) | DOI: 10.51476/dirasah.v4i1.222

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penerapan teknik POINT dalam meningkatkan keterampilan membaca kritis siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Cibinong Kabupaten Bogor serta mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam keterampilan membaca kritis teks berita dengan teknik POINT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan menggunakan kelas ekperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, angket, pengamatan. Hipotesis pertama yaitu penerapan teknik POINT dapat meningkatkan keterampilan membaca kritis teks berita dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 46.21 dapat diketahui bahwa keterampilan siswa kurang mampu dalam membaca kritis teks berita, sedangkan hasil pascates rata-rata nilai kelas eksperimen dalam membaca cepat teks narasi meningkat menjadi 90.39 dengan taraf keterampilan sangat mampu. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh data harga t0 = 3.01 dan db = 54 dengan tt taraf signifikasi 5% sebesar 1,67 serta tt taraf signifikasi 1% 2,39 dan apabila dituliskan menjadi 1,67<3,01>2,39. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam membaca kritis teks berita terbukti kebenarannya. Berdasarkan data hasil angket, yang menyatakan bahwa pada hasil angket mengenai membaca sebuah teks dengan teknik POINT dengan persentase 96%, mengenai pada saat menjawab pertanyaan sebelumnya sudah mengetahui tentang teknik POINT dengan persentase 96%.
ANALISIS KEBIJAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI ERA INDUSTRI 4.0 Zakaria Zakaria
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (566.419 KB) | DOI: 10.51476/dirasah4iss1pp1 - 13

Abstract

Sebagai bangsa yang kaya akan budayanya, Indonesia dikenal sebagai negara dengan karakter yang baik. Sopan santun, menghargai antar sesama, gotong-royong, toleransi dan lain sebagainya merupakan beberapa contoh yang melekat pada jati diri bangsa Indonesia sejak dahulu. Namun perkembangan zaman yang semakin pesat, pertumbuhan teknologi digital, dimana dunia memasuki sebuah era yang disebut Industri 4.0 agaknya karakter bangsa Indonesia semakin menurun. Tulisan ini bertujuan menganalisis kebijakan pemerintah mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar di era industri 4.0. Kebijakan tersebut yang tertuang dalam program pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dianalisa mengenai dasar hukum, peraturan-peraturan lain yang mendukung kebijakan tersebut, masalah atau kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kebijakan tersebut terkait peningkatan mutu pendidikan dasar di era industri 4.0 serta solusi yang dikira tepat dalam menyelesaikan mutu pendidikan dasar. Sumber data dalam penelitian ini adalah peraturan-peraturan pemerintah tentang kebijakan penguatan pendidikan karakter (ppk) dan kebijakan-kebijakan lainnya yang yang relevan dalam kurun 10 tahun terakhir serta jurnal dan buku yang terkait dengan penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.
PEMANFAATAN CERPEN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS DI KELAS XI TINGKAT SMK Desnila Sari
Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam Vol 4 No 1 (2021): Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Publisher : STAI Binamadani

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.583 KB) | DOI: 10.51476/dirasah4iss1pp68 - 80

Abstract

Students are active learners and creative, contextual learning to recognize the identity and act based on their interests, performing and interacting with the environment and study the system of meaning. Various learning to write in class XI vocational level indicates that it was found that students encounter conditions that are not in line with their needs. As a result of learning media is still limited, students are not getting the conditions for active and creative to be a writer. This journal is made ​​to find an alternative solution to the problem of limited media use as a medium of learning to write short stories in class XI vocational level. Once implemented learning, students tend to be more active and creative in learning to write. The ability of students increased after the media used by the teacher As with learning media. The conclusion of this paper is that: (1) short story the media can be a solution to overcome the problem of learning to write in class XI vocational level, (2) media stories help teachers to improve students' skills in more active and creative writing, and (3) media stories to develop students to be active and creative writer.

Page 1 of 1 | Total Record : 6