cover
Contact Name
Chavid Moyo Jaladri
Contact Email
lppmstiekop@gmail.com
Phone
+6285235260662
Journal Mail Official
jurnalkomastie@gmail.com
Editorial Address
Jl. W.R. Supratman No.9, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65111
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Koperasi Dan Manajemen
ISSN : 27226123     EISSN : 28091213     DOI : https://doi.org/10.52838/komastie.v2i02
Core Subject : Economy,
Journal Koperasi dan Manajemen (KOMASTIE) bertujuan untuk menjadi media penyebarluasan hasil penelitian dan pertukaran karya ilmiah bidang Ekonomi, Manajemen, dan Koperasi di kalangan akademisi lingkungan STIEKOP, Prektisi internasional, praktisi, pengatur kebijakan, dan untuk kalangan umum. KOMASTIE diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan April, dan Oktober. KOMASTIE adalah jurnal ilmiah tentang bidang Ekonomi, Manajemen, Dan Koperasi yang Saat ini berupaya untuk mendapatkan akreditasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, selanjutnya, KOMASTIE juga berupaya untuk mendapatkan terindeks di EBSCO, EconLit (American Economic Association), ProQuest, dan Scopus dan lain-lainnya.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN" : 7 Documents clear
PENGUKURAN KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN METODE MVA (MARKET VALUE ADDED) DAN EVA (ECONOMIC VALUE ADDED) OLEH PT. INDOSAT Tbk. DAN PT. TELKOM TAHUN 2019-2021 Indah Datin Nadliroh
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose – seorang investor yang hendak berinvestasi harus memahami atau melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan suatu perusahaan yang akan dituju, sehingga seorang investor tahu akan posisi atau kekuatan saham yang di miliki oleh perusahaan tersebut dan data-data yang diperoleh dapat dijadikan perbandingan dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi. Oleh sebab itu, untuk mengetahui kinerja antara PT. Indosat dan PT. Telkom maka peneliti perlu membuat perbandingan di antara kedua perusahaan tersebut dengan menggunakan pendekatan atau metode MVA (Market Value Added) dan EVA (Economic Value Added) Design/methodology/approach – Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah suatu penelitian yang didasari oleh falsafah positivisme yaitu ilmu yang valid, ilmu yang di bangun dari empiris, teramati, terukur, menggunakan logika matematika dan membuat generalisasi atas rerata. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. metode yang digunakan adalah dengan pendekatan EVA dan MVA Findings – Posisi dan kinerja perusahaan antara PT. Indosat dan PT. Telkom yang mempunyai kinerja yang baik dan mempunyai potensial added diantaranya. Sehingga investor bisa memasukan keudanya dalam portofolio investasinya masing masing. Research limitations/implications – Penelitian ini hanya mennggunakan dua contoh perusahaan yang sudah masuk dalam BEI sehingga bisa di kategorikan sebagai perusahaan yang sudah berkinerja dengan baik, berdsarkan analisis data akan diperoleh analisis EVA dan MVA diantara perusahaan tersebut ditemukan kinerja PT. Telkom lebih baik dari pada Kinerja PT. Indosat Originality/value – Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan EVA dan MVA karena dianggap lebih sensitif dalam pengukuran kinerja keuangan perusahaan antara PT. Indosat dan PT. Telkom. Sehingga bisa dijadikan acuan investor untuk mempermudah dalam melakukan analisa dalam kegiatan investasinya. Keyword : Kinerja Keuangan; MVA; EVA; Paper type : Research paper.
PENGARUH PEMBERIAN MOTIVASI DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI PADA SALESMAN RETAIL PT. SURYA MADISTRINDO – AREA OFFICE MALANG) Ferra Eka Ramadhani
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose – menggambarkan dengan jelas bahwa penting sekali menjaga konsistensi kerja Salesman melalui pemberian motivasi dan insentif. Jika konsistensi kerja tersebut dapat terjaga dengan baik, maka target perusahaan dalam rangka meningkatkan market share produk PT. Gudang Garam, Tbk. akan tercapai dengan maksimal. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan penelitian regresi ganda. Findings – Hasil uji F diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,000. Karena nilai probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05, maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi (X1) dan Insentif (X2) berpengaruh secara bersama-sama terhadap Kinerja Karyawan (Y). Uraian di atas menjelaskan bahwa Pemberian Motivasi dan Pemberian Insentif memiliki kekuatan yang signifikan untuk usaha meningkatkan Kinerja Karyawan jika diterapkan secara efektif. Research limitations/implications – Penelitian ini dengan objek area ritail malang shingga perlu di generalisasi untuk penelitian selanjutnya Originality/value –Bahwa rata-rata karyawan tidak terlalu antusias dalam proses meraih insentif. Karenanya insentif bersifat tentatif dan temporer dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan. Dalam ranah Salesman Retail, tentu harus dicapai dulu angka target dari perusahaan sebelum diputuskan untuk menerima insentif atau tidak. Proses pencapaian target inilah yang menjadikan dasar penguatan penulis atas hasil penelitian bahwa variabel Motivasi lebih kuat dari variabel Insentif. Keyword : Sales; Motivasi; Insentif; kinerja; karyawan Paper type : Case study
PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENYELESAIAN KONFLIK ORGANISASI PADA BAGIAN PEMASARAN DAN BAGIAN PENAGIHAN DI KANTOR BINA MARGA MALANG Anudiyan Amir Mas'ud
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose – Bagaimana cara pemimpin itu mengelola dan menyelesaikan konflik baik dengan bawahnya maupun dengan kelompok kerja lain. Dengan penggunaan gaya kepemimpinan yang tepat akan mempercepat penyelesaian konflik yang terjadi dalam organisasi tanpa merugikan salah satu pihak. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan prosentase, yaitu data yang diperoleh secara kualitatif, dikuantifikasikan, setelah terdapat hasil akhir yang dikualifikasikan kembali. Findings – Dalam penanganan konflik yang timbul, pimpinan Bagian Pemasaran dan pimpinan Bagian Penagihan biasanya menggunakan teknik kompromi, konfrontasi dan penekanan. Dalam teknik kompromi, pimpinan mencari jalan tengahnya sehingga pihak – pihak yang berselisih untuk kemudian dicari penyelesaiannya. Sedangkan dalam teknik penekanan, pimpinan melibatkan orang yang memiliki kekuasaan unruk memberikan pemecahannya. Segala konflik yang timbul dalam bagiannya masing – masing dapat diselesaikan dengan pemilihan gata kepemimpinan yang tepat, dengan penggunaan gaya kepemimpinan yang tepat akan mempercepat penyelesaian konflik yang terjadi tanpa ada yang dirugikan. Research limitations/implications – Manajemen konflik yang diteliti hanya mencakup satu lembaga dan daerah saja mungkin bisa digeneralisasikan lebih luas dengan menambah objek penelitian. Originality/value – Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif dengan prosentase. Dan penguatan wawancara sehingga data yang diperoleh lebih akurat. Keyword : Gaya Kepemimpinan; Konflik; Manajemen; Pemasaran; Penagihan Paper type : Case Study
Analisis Kebutuhan Teori Maslow Dan Tingkat Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pendapatan Kota Malang Alindra Yanuardi
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dengan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana motivasi mempengaruhi produktivitas kerja Pegawai serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja Pegawai pada Dinas Pendapatan daerah Kota Malang. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan apakah motivasi mempengaruhi produktivitas kerja Pegawai khususnya pada Dinas Pendapatan daerah Kota Malang serta variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja Pegawai pada Dinas Pendapatan daerah Kota Malang. Dari hasil analisis regresi yang dilakukan menunjukkan bahwa kelima variabel motivasi kerja terhadap produktivitas kerja, maka diperoleh kebutuhan fisiologis (X1) = 0.699, kebutuhan akam rasa aman (X2) = 0.720, kebutuhan sosial (X3) = 0.706, kebutuhan akan prestasi (X4) = 0.677, kebutuhan aktualisasi diri (X5) = 0.542. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja Pegawai adalah kebutuhan akan rasa aman sebesar 0.720. Ada pengaruh motivasi dan secara parsial berpengaruh signifikan dilihat dari kelima atribut, yaitu kebutuhan fisiologis untuk nilai thitung sebesar (2.540), kebutuhan akan rasa aman untuk nilai thitung sebesar (3.869), kebutuhan sosial untuk nilai thitung sebesar (3.163), kebutuhan akan prestasi untuk nilai thitung sebesar (2.294), kebutuhan aktualisasi diri untuk nilai thitung sebesar (3.127). dan bersama-sama mempengaruhi produktivitas kerja dilihat dari nilai ftabel sebesar (54.490). Kata Kunci : Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan akan Rasa Aman, Kebutuhan Sosial, Kebutuhan akan Prestasi, Kebutuhan Aktualisasi Diri, Produktivitas Kerja
Strategi pendistribusian zakat untuk menanggulangi kemiskinan (Studi Kasus Baitul Mal Kota Malang) Chavid Moyo Jaladri
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemiskinan yang tinggi di Kota Malang menjadi pertimbangan pemerintah untuk mencari instrumen yang tepat dalam mempercepat penurunan angka kemiskinan. Baitul Mal merupakan lembaga daerah yang berwenang melakukan pengelolaan zakat dan harta agama lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayagunaan zakat produktif oleh Baitul Mal terhadap mustahik. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dimana penelitian ini diarahkan untuk mendeskripsikan dan menganalisa data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayagunaan zakat produktif yang digunakan oleh Baitul Mal Kota Malang berdampak langsung terhadap tingkat kemiskinan di Kota Malang namun tidak signifkan, hal tersebut membuktikan bahwa tingkat kemiskinan yang besar ternyata dalam penangannya masih sangat kecil. Kata Kunci : Zakat Produktif, Pengentasan Kemiskinan. Baitul Mal
Urgensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan konsumen Pada PT. BPR Bank Jombang Perseroda MASRIANI MAHYUDIN
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mengukur kepuasan pelanggan sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam rangka mengevaluasi posisi perusahaan saat ini dibandingkan dengan pesaing dan pengguna akhir, serta menemukan bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Dalam penelitian ini data atau informasi yang diperoleh langsung dari subjek penelitian, yaitu kuisioner yang dibagikan kepada nasabah atau responden dan data sekunder yang diperoleh dari pihak lain. Dan analisis data dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dengan menggunakan Analisis diagram kartesius. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil Analisis diagram kartesius dimana masing-masing dimensi kualitas pelayanan jasa ada 4 elemen yaitu : 1) Tangibles; Dimensi ini terletak pada kuadran B dimana dimensi ini merupakan hal yang penting dan sangat memuaskan sehingga sangat perlu dipertahankan prestasinya. 2) Reliability; Dimensi ini terletak pada kuadran A dimana dimensi ini membutuhkan perhatian khusus dari pihak pimpinan PT. Bank Perkreditan Rakyat Bersaudara Malang agar dapat memiliki kinerja seperti dimensi lain yang akhirnya dapat memuaskan nasabah. 3) Responsiveness; Dimensi ini terletak pada kuadran C dimana dimensi ini dalam kinerjanya masih di bawah rata-rata atau rendah. 3) Assurance; Dimensi ini terletak pada kuadran B dimana dalam dimensi ini merupakan hal yang penting dan sangat memuaskan sehingga sangat perlu dipertahankan prestasinya sama seperti dimensi tangibles . 4) Emphaty; Dimensi ini terletak pada kuadran C dimana dimensi ini ini dalam kinerjanya masih di bawah rata-rata atau rendah. Kata kunci : Kualitas; Jasa Layanan; Kepuasan; Konsumen; 4C
PENGARUH TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA INSTANSI IKATAN DOKTER INDONESIA CAB MALANG LILI KADARMANSYAH
JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN Vol 1 No 02 (2020): JOURNAL KOPERASI DAN MANAJEMEN
Publisher : STIEKOP MALANG PRESS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Purpose – Penelitian ini dilakukan di Instansi Ikatan Dokter Indonesia karena asosiasi ini memiliki divisi produksi yang lebih besar daripada divisi lainnya, sehingga penulis ingin melihat apakah pemikiran bahwa pengendalian mutu adalah tanggung jawab penuh bagian produksi dan keberhasilan bagian produksi secara tidak langsung mewakili kinerja manajerial perusahaan masih berlaku di perusahaan ini atau perusahaan ini sudah menerapkan TQM dalam meningkatkan kinerja manajernya. Design/methodology/approach – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan data cross sectional yaitu mengkuantitatifkan data dan melakukan generalisasi atas hasil yang didapatkan dari sampel yang mewakili populasi yang diteliti Findings – Dalam Praktinya fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim, perbaikan sistem secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, dan keterlibatan dan pemberdayaan karyawan setelah dilakukan penelitian dari hasil analisa data maka dinyatakan tidak berpengaruh secara simultan terhadap kinerja manajerial, dan dalam analisa secara parsial terhadap kinerja manajerial, juga dinyatakan tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial. Dam hasil analisa Nilai adjusted R square menunjukkan bahwa kinerja manajerial tidak dapat dijelaskan faktor faktor yang diungkapkan oleh peneliti. Research limitations/implications – Penelitian ini masih belum mewakili karena hanya dilakukan dalam suatu waktu sehigga bisa di katakan harus dipertajam dengan analisa lebih lanjut dengan sampel penelitian yang lebih banyak Originality/value – Hasil yang ditemukan adalah konsep TQM belum mampu mempengaruhi kinerja manajerial dalam Instansi IDI Keyword : IDI; TQM; Kinerja; Paper type : Case Study

Page 1 of 1 | Total Record : 7