cover
Contact Name
Euis Erlin
Contact Email
erlineuis@yahoo.com
Phone
+6281320658573
Journal Mail Official
bioed.unigal@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Galuh Jln. R.E. Martadinata No. 150 Ciamis Jawa Barat
Location
Kab. ciamis,
Jawa barat
INDONESIA
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Published by Universitas Galuh
ISSN : 23390468     EISSN : 26865424     DOI : http://dx.doi.org/10.25157/jpb.v9i2
Jurnal Bioed ini memuat hasil penelitian atau kajian teoritis yang berkaitan dengan pengembangan dan peningkatan Pendidikan Biologi (kurikulum, pembelajaran, laboratorium, dan lingkungan) atau telaah kritis dan penuangan ide-ide orisinal dalam ruang lingkup pendidikan Biologi. Bioed diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun (Maret dan September).
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
IDENTIFIKASI PERSEPSI MASYARAKAT KUTA TENTANG KONSERVASI LINGKUNGAN Mia Nurhilmiah; Dadi Dadi; awang Kustiawan
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.774 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5331

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang bagaimana persepsi masyarakat Kuta tentang konservasi lingkungan. Deskripsi pengetahuan dan kesadaran masyarakat Kuta tentang konservasi lingkungan berdasarkan tradisi dan budaya masyarakat Kuta yang berperan dalam konservasi lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka hasil penelitian sebelumnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Hasil analisis data menggambarkan persepsi masyarakat Kuta tentang konservasi lingkungan, dengan jumlah responden 23 orang. Beberapa tradisi dan budaya masyarakat Kuta mendukung upaya konservasi lingkungan, namun persepsi masyarakat Kuta pada tradisi dan budayanya tersebut belum sepenuhnya mengarah pada konservasi lingkungan. Terjaganya kearifan lokal masyarakat memberikan dampak yang baik dalam konservasi lingkungan. Persepsi masyarakat tentang konservasi lingkungan ditentukan oleh ketokohan, usia, minat individual, tempat tinggal, dan motif ekonomi. Keterkaitan masyarakat Kuta pada tradisi dan budaya yang berkaitan dengan konservasi lingkungan tampaknya telah mengalami penurunan. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya beberapa pelanggaran adat yang dilakukan oleh masyarakat. Dengan demikian, persepsi masyarakat Kuta terhadap tradisi dan budayanya perlu diarahkan sebagai upaya konservasi lingkungan. Kata Kunci: Kampung Kuta, persepsi masyarakat, konservasi lingkungan.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA Tiana Putri Hidayati; Yoyon Sutresna; Warsono Warsono
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.01 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5327

Abstract

Pembelajaran sains, seyogyanya lebih menekankan pada proses. Penggunaan model dan metode pembelajaran yang tidak sesuai membuat peserta didik tidak memahami dan mengerti akan konsep-konsep yang ada pada setiap materi ilmu yang dipaparkan. Oleh sebab itu dibutuhkan model dan metode yang sesuai sebagai sarana untuk mempermudah siswa dalam memahami suatu materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada sub pokok materi Vertebrata. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest Postest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 3 Ciamis yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 95 Siswa. Data yang diperoleh, di olah dengan uji statistik non-parametrik menggunakan uji Wilcoxon. Dari hasil perhitungan dengan uji wilcoxon di ketahui Whitung < Wdaftar dengan perolehan Whitung sebesar 97,5 dan Wdaftar sebesar 137,2. Hasil penelitian menununjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping efektif terhadap keterampilan proses sains siswa pada sub materi Vertebrata dengan tingkat pengaruh sedang (N- gain 0,56). Efektivitas penggunaan model Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping menunjukkan nilai effect size yang tinggi dengan perolehan nilai sebesar 0,8 Percent of Nonoverlap 47,40% dan Percentile Standing 79. Kata kunci : Problem Based Learnig, Mind Mapping, Keterampilan Proses Sains
PENGARUH PENGGUNAAN TABEL KLADISTIK TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ZOOLOGI INVERTEBRATA Adun Rusyana
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.167 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5333

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mecari model pembelajaran efektik guna meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mempelajari Zoologi Invertebrata. Subjek penelitian terdiri atas 25 orang  mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi pada salah satu PTS di Provinsi Jawa Barat  Semester V tahun akademik 2020-2021 yang sedang menempuh matakuliah Zoologi  Invertebrata. Metoda penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan teknik analisis data: (1)  uji Uji One Sample Test; (2) Uji Paired Sample Test (IBM SPSS Statistic 24); dan Tingkat pengaruh dihitung dengan rata-rata capaian pemahaman (RCP), RCP = skor rata:skor rata maximum. Hipotesis penelitian: (1)  Penggunaan tabel kladistik berpengaruh terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan pengaruh penggunaan tabel kladistik terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata pada takson kelas dan family. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Penggunaan tabel kladistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman materi Zoologi Invertebrata dengan tingkat pengaruh 68 %; (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan penggunaan tabel kladistik terhadap pemahaman Zoologi Invertebrata pada takson kelas dan family (takson kelas=78% sedangkan takson family= 58%). Kata Kunci:Tabel Kladistik, Zoologi Invertebrata
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM KOORDINASI MENGGUNAKAN METODE TGT DI KELAS XI IPA SMA Rika Rachmayanti
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.203 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5366

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams–Games–Tournament) dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2018-2019. Kelas yang digunakan XI MIPA 3 yang didasari oleh hasil observasi yaitu: partisipasi siswa rendah dalam kegiatan pembelajaran, dominasi siswa tertentu dalam proses pembelajaran, siswa kurang tertarik dengan cara guru menyampaikan materi (metode tidak bervariasi). Data dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, tes, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket, dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kuantitatif dengan cara menghitung rata-rata di setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 pada siklus I (Skor motivasi = 124,86 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 55,07; Aspek afektif = 29,06 (termasuk kategori cukup berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus II (Skor motivasi = 134,83 (termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 62,77; Aspek afektif = 37,75 (termasuk kategori berminat). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus III (Skor motivasi = 150,97 (termasuk kategori sangat baik); Aspek kognitif = 76,73; Aspek afektif = 43,83 (termasuk kategori sangat berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode TGT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Cimahi tahun pelajaran 2018 - 2019. Kata kunci:     motivasi dan hasil belajar biologi, model pembelajaran kooperatif, TGT (Teams–Games–Tournament
UJI EKSTRAK DAUN MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) TERHADAP ZONA HAMBAT PERTUMBUHAN BAKTERI Escherichia coli SECARA IN-VITRO Siti Rohmah; Euis Erlin; Jeti Rachmawati
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.859 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5342

Abstract

Daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) adalah salah satu obat tradisional yang digunakan sebagai obat diare, karena di dalam daun mengkudu mengandung senyawa kimia seperti terpenoid, flavonoid, saponin, dan antrakuinon yang berperan sebagai antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) varietas Citrifolia terhadap zona hambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan untuk mengetahui konsentrasi terkecil ekstrak daun mengkudu (Morinda citrifolia L.) varietas Citrifolia yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli. Waktu dan tempat penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2016 di Laboratorium Mikrobiologi, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Konsentrasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, 40%, dan 45% dengan empat kali ulangan. Pengujian ekstrak daun mengkudu terhadap zona hambat pertumbuhan bakteri E.coli ini dilakukan dengan teknik Cup-plate technique method (teknik sumur). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah ukuran diameter zona hambat bakteri E.coli, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji ANAVA satu faktor. Hasil dari analisis di dapat bahwa Fhitung > Ftabel, maka kesimpulannya adalah terdapat pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak daun mengkudu varietas Citrifolia terhadap zona hambat bakteri E.coli, dan konsentrasi 20%  dengan rata-rata diameter zona hambat 7,35 mm merupakan konsentrasi terkecil atau konsentrasi hambat minimum ekstrak daun mengkudu varietas Citrifolia yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Kata kunci:  Ekstrak daun mengkudu varietas Citrifolia, Bakteri E.coli, Zona                               Hambat, KHM.            
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA Fuji Astuti Aprilia; Euis Erlin; Warsono Warsono
Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi Vol 9, No 1 (2021): Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Galuh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.167 KB) | DOI: 10.25157/jpb.v9i1.5326

Abstract

Pentingnya keterampilan proses sains sebagai pendekatan dalam pembelajaran IPA maupun Biologi. Namun, pada pelaksanaannya keterampilan proses sains masih kurang berkembang. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya efektivitas penggunaan model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik belajar secara aktif dalam melakukan aktivitas ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap keterampilan proses sains pada materi pencemaran lingkungan siswa MAN 2 Ciamis. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juli 2020. Populasi penelitian ini seluruh siswa-siswi kelas X MAN 2 Ciamis pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain one-group pretest-postest design. Hasil analisis menunjukkan Model Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap keterampilan sains. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji hipotesis dengan menggunakan perhitungan uji median bahwa

Page 1 of 1 | Total Record : 6