cover
Contact Name
Aryanto Budiono
Contact Email
jurnalkadesibogor@gmail.com
Phone
+6281284671987
Journal Mail Official
cbm.budiono@gmail.com
Editorial Address
Jl. Transyogi – Cariu – Kab. Bogor - Jawa Barat Tromol Pos 01 – Cariu 16840
Location
Kab. bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Kadesi : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen
ISSN : 26554801     EISSN : 28077040     DOI : -
Core Subject : Religion,
The publication of the JURNAL KADESI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen aims to disseminate ideas and research results related to religious studies and Christian Religious Education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2" : 8 Documents clear
Analisis Efektivitas Pemakaian Media Teknologi Pembelajaran dalam Pelayanan Transformatif Gereja untuk Mengatasi Kemiskinan di Indonesia Sri Rezeki; Esty Rahayu; Femilina Nazara
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.62

Abstract

?Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitaspenggunaan teknologi media dalam layanan transformatif gerejasebagai upaya untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia. Penelitianini menggunakan metode literatur kualitatif untuk mengeksplorasi danmenganalisis penelitian terdahulu yang berkaitan dengan topiktersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa studi telahmembuktikan potensi teknologi media dalam mendukung layanantransformatif gereja dalam mengatasi kemiskinan. Teknologi mediaseperti media sosial, platform pembelajaran online, dan aplikasi selulerterbukti efektif dalam memberdayakan komunitas yang terpinggirkan,memberikan akses ke pendidikan dan pelatihan keterampilan,meningkatkan hasil kesehatan, dan meningkatkan kesempatanekonomi. Namun, efektivitas teknologi media dalam layanantransformatif gereja sering tergantung pada faktor seperti literasidigital, akses ke teknologi, dan konteks budaya. Oleh karena itu, gerejamungkin perlu memperhatikan faktor-faktor ini saat menerapkanteknologi media dalam layanan mereka untuk memastikanefektivitasnya dalam mengatasi kemiskinan. Kesimpulan penelitian iniadalah bahwa teknologi media memiliki potensi untuk meningkatkanefektivitas layanan transformatif gereja dalam mengurangi kemiskinandi Indonesia. Namun, keberhasilan teknologi media dalam layanantransformatif gereja bergantung pada berbagai faktor, termasuk literasidigital, akses ke teknologi, dan konteks budaya. Oleh karena itu,penting bagi gereja untuk memperhatikan faktor-faktor ini saatmenerapkan teknologi media dalam layanan mereka untuk memastikanbahwa layanan tersebut efektif dalam mengatasi kemiskinan.
Kajian Teologis Pernikahan Poligami Menurut Perjanjian Lama dan Hukum Islam Tulus Raharjo; Paulus Kunto Baskoro
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.65

Abstract

The social impact of polygamous marriage has colored the history of the growth and development of the human community on earth in general, the Indonesia people are inseparable. In Islam society it is believed the arrival of Islam. This writing focuses on the social impact, specifically the impact of social interaction that will be experienced for men and women who carry out polygamous marriages in Muslim societies and ancient Old Testament societies. The method ushed is descriptive literature method. The purpose of this paper is to examine theologically and empirically why polygamous marriages and not to lead a Sakinah (peacefull), mawadah (loving) and warahma (affection) from of marriage which is the main goal in Islamic marriages. The second objective is to examine why polygamous marriages have an impact on social relations for men and women who undergo polygamous marriages.
PRODUK PENDIAMAN ROH KUDUS ADALAH KARAKTER : GALATIA 5:22-23 Marmi Srihartati
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.66

Abstract

Pada Era digitalisasi ditemukan penduduk bumi mengalami kemerosotan karakter. Gerejadituntut untuk memberikan jawaban, bukan saja berupa teori tapi juga berupa pola hidup yangdiperlihatkan setiap hari yang memcerminkan karakter Allah.
BLENDED-LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM DI ERA DIGITAL: (Studi Alternatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas 4-6 di SDN 14 Berakak Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat) Jenifert Heru Siswanto
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.67

Abstract

Pada bulan Maret tahun 2020 Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak dari penyebaran wabah virus covid-19. Tidak hanya kesehatan yang menjadi ancaman bagi virus covid-19 ini, tetapi telah membuat dampak yang sangat signifikan bagi seluruh dimensi hidup manusia. Pada saat ini manusia hidup di zaman yang disebut era digital, di mana segala sesuatu dapat diakses dengan menggunakan teknologi digital yang sudah terakses internet. Perkembangan Information Communication Technology (ICT) pada saat sekarang ini membuat pendidikan menjadi lebih baik. Penggunaan model pembelajaran flipped classroom ini tergolong baru dalam dunia pendidikan khususnya di Indonesia. Peneliti memfokuskan penelitian ini dalam Blended-Learning Tipe Flipped Classroom Di Era Digital (Studi Alternatif Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Bagi Siswa Kelas 4-6 Di SDN 14 Berakak Kecamatan Tayan Hulu Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat). Peneliti memfokuskan flipped classroom sebagai model pembelajaran alternatif, dan penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Flipped classroom menjadi model alternatif pembelajaran agama Kristen di SDN 14 Berakak dikarenakan model ini membalik pelajaran yang pada umumnya pendalaman materi dilakukan di dalam kelas dan penugasan di luar kelas, kini pendalaman materi dilakukan secara mandiri di rumah dan penugasan dikerjakan di dalam kelas. Peneliti mengambil sebuah kesimpulan bahwa pada penerapan blended learning tipe flipped classroom bagi siswa kelas 4-6 di Sekolah Dasar Negeri 14 Berakak Kalimantan Barat belum berjalan secara optimal. Seorang pendidik agama Kristen tidak hanya mengajar dan memberi tugas kepada siswa, tetapi pendidik perlu memikirkan atau menerapkan pembelajaran yang dapat membuat siswa merasa lebih bermakna dalam pembelajarannya di kelas maupun di luar kelas.
SIGNIFIKANSI KRITIK TEKS DALAM KAJIAN STUDI BIBLIKA Demsy Jura; Stanley R Rambitan
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.68

Abstract

Signifikansi kritik teks dalam kajian studi biblika merupakan aspek penting dalam upaya memahami otoritas Alkitab sebagai firman Allah. Didalamnya mengandung kajian biblika yang menuntun kepada upaya untuk memahami sejarah kritik teks dan menghantar pada pengenalan akan studi biblika secara komprehensif dan bertanggung jawab. Temuan para sarjana Alkitab berkaitan dengan kritik teks telah membuka cakrawala dalam dimensi keimanan Kristen sehingga mampu memberi penilaian atas rekomendasi teks Alkitab yang dianggap berotoritas. Artikel ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur, dimana penggunaan sejumlah literatus diharapkan mampu memberi penjelasan berkaitan dengan signifikansi kritik teks terhadap studi biblika.
Christian Religious Education, Testimony, and Technology: A Holistic Approach to Christian Education Lasmauli Gurning; Maria Titik Windarti
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.69

Abstract

This article discusses how technology and testimonies can be integrated into Christian religious education to create a holistic approach that builds character. Testimonies share personal stories about how faith impacts people's lives, while technology enables personalized and interactive learning experiences beyond traditional classrooms. This article emphasizes the importance of using testimonies in Christian education to connect faith with practical life situations. The holistic approach to Christian education aims to develop students comprehensively, including their physical, social, emotional, and spiritual aspects. Strategies and benefits for incorporating technology and testimonies are also discussed, along with approaches for implementing the holistic approach. In conclusion, integrating technology and testimonies in Christian education can improve students' understanding of Christian values and their practical application in everyday life.
Pendidikan Konseling Membimbing Orang Yang Mengalami Penderitaan Dan Kemalangan : Sebab Dan Strategi Membimbing Orang Yang Mengalami Penderitaan Olis; Nonce Julianti Manafe
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.70

Abstract

The objective of counseling education is to assist individuals in overcoming personal, social, and emotional difficulties. A crucial aspect of this profession is the capacity to counsel and direct individuals who are experiencing suffering and adversity. This article will discuss the causes of distress and misfortune as well as effective guiding strategies. This paper employs a qualitative descriptive research design and a library-based research methodology. This method falls under phenomenology, which is a conceptual study of an individual's personal existence or certain experienced phenomena.
PRIBADI ROH KUDUS DALAM YOHANES 14:15-31 Aryanto Budiono; GRACE ELISABETH MOONIK
JURNAL KADESI Vol. 5 No. 2 (2023): Vol. 5 No. 2 (2023): Volume 5 Nomor 2
Publisher : Sekolah Tinggi Teologi Kadesi Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54765/ejurnalkadesi.v5i2.71

Abstract

and spirit. Spirit in Hebrew "Ruakh" which means wind, breath of life and in Greek "pneuma" which means wind. The Holy Spirit is the person of God who works in the lives of believers who give life. This research is a literature review of Bible texts and Literature Study. Qualitative approach with text analysis using a theological perspective.

Page 1 of 1 | Total Record : 8