cover
Contact Name
Intan Maulina
Contact Email
intanmaulina1509@gmail.com
Phone
+628177776163
Journal Mail Official
intanmaulina1509@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sugeng. Komp. Griya Makmur 7. No D29. Deli Serdang.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
ISSN : -     EISSN : 2798365X     DOI : 10.47709/educendikia
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan multi-disiplin ilmu, baik pembelajaran dalam jaringan juga luar jaringan, merdeka belajar, pengembangan metode belajar pembelajaran terkini yang merujuk pada semua tingkat usia dan yang berkaitan dengan kebijakan pendidikan, sistem sekolah juga strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti mandiri.
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023" : 28 Documents clear
Strategi “Daku Tangga Bahagia” Mewujudkan Pemberdayaan Guru Era Merdeka Belajar Muara Suprapti
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2216

Abstract

Strategi Daku Tangga Bahagia, Guru Berdaya” merupakan integrasi antara proses pendampingan dan pemberian dukungan kepada guru dengan strategi “Tangga Bahagia”. “Daku” adalah singkatan dari mentoring dan memberikan dukungan. Sedangkan “Tangga” merupakan analogi fungsi tangga yang mengacu pada proses menuju tercapainya proses pemberdayaan seorang guru secara bertahap atau berjenjang, dari urutan awal terus meningkat sampai urutan terakhir, dimulai dari 1) membangun kemandirian. percaya diri, 2) menyelaraskan dengan lingkungan, 3) aktif menemukan ide-ide baru, dan 4) tindakan nyata (disingkat BAHAGIA). Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan cara mengolah dan mengumpulkan bahan penelitian yang berupa data pustaka yang berkaitan dengan merdeka belajar. Dampak ini sangat dirasakan oleh guru maupun murid, bahkan oleh seluruh warga sekolah, antara lain para guru mulai menerapkan berbagai teknik dan metode pembelajaran serta memberikan pilihan bentuk ketika memberikan dan menyampaikan materi dan tugas kepada murid sehingga para murid terlibat secara aktif dalam keseluruhan proses belajar.
Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas VIII dalam Mengerjakan Tugas pada Pembelajaran Daring di SMPN 2 Matesih Karanganyar Antik Sri Kustamti
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2220

Abstract

Kedisiplinan pada pembelajaran daring yang dilakukan saat ini seperti dengan disiplin membiasakan siswa untuk mengerjakan tugas tepat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan perintah dari guru karena dengan kedisiplinan diharapkan siswa dapat membiasakan diri untuk hidup teratur khususnya dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). PTS ini merupakan sebuah prosedur penelitian yang diadaptasi dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTS ini bertujuan untuk mencari solusi permasalahan yang terjadi di sekolah secara nyata, sekaligus juga mencari jawaban ilmiah dari masalah yang muncul agar dapat dipecahkan melalui suatu tindakan perbaikan. Dari hasil pengamatan dan data yang diperoleh, peneliti mengambil kesimpulan bahwa tindakan yang dilaksanakan pada siklus 2 dinyatakan berhasil, karena terdapat 83% siswa yang mengerjakan tugas dengan cepat dari waktu yang ditentukan atau melebihi target yang telah ditentukan sebesar 75%. Penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan disiplin siswa mengerjakan tugas pada pembelajaran daring. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa pemberian Reward dan Punishment, siswa yang mengerjakan tugas dengan cepat ada 86 orang siswa (83%), yang mengerjakan tugas dengan lambat ada 17 orang siswa (16%) dan yang tidak mengerjakan tugas ada 1 orang siswa karena sakit (1%). Penerapan Reward dan Punishment dapat meningkat disiplin siswa mengerjakan tugas pada pembelajarn daring di SMPN 2 Matesih
Penerapan Modifikasi Pembelajaran dan Media Bantu terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket pada Siswa Jiyanto Jiyanto
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2221

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsi proses pembelajaran pasing dada bola basket melalui pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu belajar (2) mendeskripsi peningkatan pembelajaran pasing dada bola basket melalui pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu belajar  (3) mendeskripsi perubahan perilaku setelah pasing dada bola basket melalui pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu belajar. Penelitian tindakan kelas dilaksankan dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Diskripsi data terlihat bahwa hasil  belajar siswa sudah cukup baik dengan memperoleh angka rata-rata hasil evaluasi pada siklus kedua 82,08 dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 97%, ini berarti secara klasik  proses belajar mengajar telah tuntas karena telah melebihi indikator ketuntasan hasil belajar dari 75%. Melalui pendekatan bermain dengan modifikasi alat bantu belajar dapat mengoptimalkan kemampuan pasing dada bola basket pada siswa kelas XII.AP2 SMK Negeri 1 Karanganyar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Dari hasil analisis  yang diperoleh terdapat peningkatan kemampuan  pasing dada (chest pass) bola basket, dari kondisi awal, siklus I hingga siklus II. Kemampuan chest pass  psikomotor dari  kondisi awal 44%, siklus I 47%, siklus II 100%, afektiv kondisi awal 44%, siklus 1 47%, siklus II 83% dan koqnitif kondisi awal 61%, siklus 1 78%, siklus II 86%. Sedangkan hasil ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal (39%), siklus I (81%) dan siklus II (100%), sehingga peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar (61,00%).
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Geografi Materi Interaksi Desa dan Kota pada Siswa Melalui Pembelajaran Kaki Lang Parsini Parsini
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2222

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran kaki lang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Geografi pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Colomadu semester gasal tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian terdapat peningkatan keaktifan siswa 70.45% (siklus 1) dan 83.33% (siklus 2). Peningkatan keaktifan belajar dari kondisi awal sampai siklus 2 sebesar 33.33%. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa 76.79 (siklus 1) dan 84.00 (siklus 2) serta dari kondisi awal sampai siklus 2 sebesar 21.94. Peningkatan ketuntasan klasikal 75.76% (siklus 1), 90.91% (siklus 2) dan dari kondisi awal sampai siklus 2 sebesar42.43%.  Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan guru menerapkan metode pembelajaran Kaki Lang agar pembelajaran lebih aktif, menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil pelaksanan penelitian tindakan kelas diperoleh hasil yaitu melalui penerapan metode Kaki Lang dapat meningkatkan (1) keaktifan siswa sebesar 33.33%, (2) hasil belajar siswa sebesar 21.94 dan (3) ketuntasan klasikal siswa sebesar 42.43%. Dari data tersebut dapat ditarik simpulan ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar Geografi materi interaksi desa dan kota  pada siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri Colomadu semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 melalui penerapan metode pembelajaran Kaki Lang.
Peningkatan Nilai Agama dan Moral pada Raudhatul Athfal Ibnu Kholdun Al Hasyimi Melalui Pengembangan Video dengan Adobe Premiere Pro Dyan Yuliana; Riza Alfiatin
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2229

Abstract

Pembelajaran aspek perkembangan Nilai Agama dan Moral ( NAM ) pada anak usia dini sangat penting karena dengan mengajarkan agama dan moral dapat memberikan pengalaman awal pada anak untuk mengenal tuhan dan agama yang dianutnya. Di sekolah guru sangat penting untuk memahami nilai agama dan moral karena dapat mengarahkan perkembangan anak sesuai dengan tahap perkembangan yang positif. Guru harus bisa berupaya untuk menampilkan diri dan pembelajaran dengan cara-cara yang dapat menarik perhatian dan menyenangkan bagi anak, sehingga kesan positif ini dapat menumbuhkan sikap-sikap positif pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu R&D (research and development) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini akan dikembangkan dalam bentuk video dengan menggunakan aplikasi adobe premiere pro sebagai alat bantu dan daya tarik anak untuk belajar dan menghafal. Berdasarkan hasil uji penilaian diperoleh skor tinggi pada kategori “ sangat layak“ dengan rincian skor dari ahli media sebesar 96%, ahli materi mencapai 92%, dan user sebesar 92,8%.
Penyusunan RKS Berbasis Rapor Pendidikan Melalui Pelatihan Model Jigsaw bagi SMKN 1 Boyolali Dewi Yuningrih
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2230

Abstract

SMKN 1 Boyolali, SMKS an Nur Ampel dan SMKS Pembangunan Ampel merupakan  SMKN/S yang berada di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V yang akan mewujudkan tercapainya visi dan misi  serta tujuan sekolah. Selain permasalahan itu sekolah masih lemah dalam penyusunan administrasi  perencanaan dan sekolah sebagian besar belum menyusun atau memiliki Rencana kerja Sekolah (RKS) sesuai dengan petunjuk teknis yang baik.  Pelatihan Model Jigsaw dalam penyusunan Rencana Kerja SekolahBerbasis Rapor Pendidikan di SMKN 1 Boyolali, SMKS An Nur Ampel dan SMKS Pembangunan Ampel dilaksanakan di sekolah masing-masing dengan jadwal yang berbeda-beda. Strategi Inovasi Pelatihan Penyusunan RKS melalui model Jigsaw ini adalah adanya Presentasi secara bersama-sama dari 3 sekolah binaan yaitu SMKN 1 Boyolali, SMKS An Nur Ampel, dan SMKS Pembangunan Ampel serta mengundang Ketua TPMPS dan Bendahara BOS/BOP dari 13 sekolah binaan untuk kegiatan Penyusunan RKS melalui Pelatihan model Jigsaw  di SMKN 1 Boyolali.  Hasil atau dampak dari Penyusunan RKS melalui  Pelatihan model Jigsaw bagi SMKN 1 Boyolali, SMKS An Nur Ampel  dan SMKS Pembangunan Ampel adalah mengoptimalkan potensi SDM dalam kegiatan sekolah, tersusunnya draft RKJM dan RKT serta RKAS yang lebih akurat, sinkron dan akuntabel berdasar data rapor pendidikan, terciptanya kerjasama dan kolaborasi dalam berbagi ilmu dan pengalaman dengan SMK lain. Berdasarkan Pelatihan Model Jigsaw bahwa Penyusunan Rencana Kerja Sekolah sangat menentukan ketercapaian dan sasaran sekolah maka perlu peningkatan kolaborasi dan kerjasama antar sekolah di berbagai kegiatan. Pelatihan Model Jigsaw dengan inovasi memberikan solusi yang cepat dan baik untuk membantu sekolah dalam pengelolaan anggaran berbasis data yaitu Penyusunan Rencana Kerja Sekolah. Pelatihan Model Jigsaw dengan inovasi ini bisa digunakan untuk alternatif solusi permasalahan sekolah yang berbeda-beda dengan kegiatan yang sama.
Analisis Bibliometrik Kinerja Dosen Penelitian Menggunakan Aplikasi Vosviewer Elyakim Nova Supriyedi Patty; Sri Astuti Iriyani; Marlina; Reny Refitaningsih Peby Ria; Syafira Mahfuzi Ardiyati
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2238

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan mendemonstrasikan langkah demi langkah analisis sistematis data bibliografi oleh VOSViewer. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kinerja dosen dapat dipadukan dengan bidang lain untuk penelitian. Analisis langkah demi langkah disediakan untuk membuat pengguna pertama kali mengakses dan memanfaatkan VOSViewers dengan lebih mudah. Kajian ini menyajikan analisis data terkait kinerja dosen dan perkembangannya selama enambelas tahun (2009–2023) dengan memanfaatkan alat pemetaan di VOSViewer. Untuk mendeskripsikan kinerja analisis bibliometrik dengan menghasilkan visualisasi jaringan dari topik yang dipilih dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari hasil pencarian, ditemukan 994 jurnal terbitan yang relevan, mulai dari tahun 2008–2023, yang kemudian dikelompokkan menjadi 15 kategori sesuai dengan tahun terbitnya. Setelah mengelompokkan data jurnal, penulis menemukan bahwa jumlah artikel yang paling banyak diterbitkan pada tahun 2017-2019. Ada banyak peluang untuk menemukan hal baru dalam topik ini. Selanjutnya, Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber bahan bagi penulis untuk melakukan penelitian dan mengidentifikasi topik penelitian selanjtunya.
Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan di SMA Negeri 3 Tarutung Erpinna Sipahutar; Melfayenti Tanjung; Hotlinar Gultom; Lamtiurma Sormin; Elvis Tulus Sihite; Pardomuan Simanullang
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2239

Abstract

Institusi pendidikan akan dapat berjalan dengan baik jika memiliki sistem manajemen yang yang baik pula. Adanya sumber daya manusia (SDM), pembiayaan dan sarana prasarana yang memadai akan mempermudah dalam menjalankan manajemen dalam suatu institusi atau dalam satuan pendidikan. Penelitian ini mengetahui Implementasi Manajemen Pembiayaan di SMA Negeri 3 Tarutung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriftif kualitatif, dengan mengambil kepala sekolah, komite sekolah, tata usaha, dan 1 orang guru sebagai sampel penelitian. Mengamati permasalahan yang terjadi di SMA Negeri 3 Tarutung, yang terkait dengan pembiayaan pendidikan. Serta mengadakan wawancara/tanya jawab untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh di SMA Negeri 3 Tarutung menunjukan bahwa Implementasi Manajemen Pembiayaan Pendidikan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan jawaban yang diperoleh dari 1 Tata Usaha dan 1 orang guru melalui pertanyaan yang diajukan. Perencanaan pada sekolah SMA Negeri 3 Tarutung sudah berjalan dengan baik. Mulai dari tahap kepala sekolah memberikan arahan sebelum melaksanakan tugas, menghargai pendapat bawahan, dan melibatkan tenaga pendidik dan kependidikan dalam penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (RAPBS).
Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mohamad Miftah; Syamsurijal Syamsurijal
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2250

Abstract

Dasar penelitian adalah ditemukan bahwa masih rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Pendidikan Jurusan Bahasa Jerman di Universitas Negeri Makassar. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar mahasiswa yang dibawah KKM. Model discovery dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model discovery dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model discovery dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman Universitas Negeri Makassar (UNM). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa semester 1 Jurusan Bahasa Jerman dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 5 mahasiswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 25%, pada siklus I diketahui 10 mahasiswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 62%, pada siklus II diketahui 15 mahasiswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 95%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman di UNM.
Strategi Pemanfaatan Lingkungan Pendidikan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mohamad Miftah; Syamsurijal Syamsurijal
Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 01 (2023): Artikel Riset April 2023
Publisher : ITScience (Information Technology and Science)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47709/educendikia.v3i01.2251

Abstract

Lingkungan sekitar akan berpengaruh terhadap perkembangan karakter dan tumbuh kembang anak. Lingkungan pendidikan mencakup semua benda hidup dan mati serta seluruh kondisi yang ada di dalam lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melaksanakan program pendidikan dan membantu siswa mengembangkan potensinya. Artikel ditulis berdasarkan hasil pengalaman mengajar dan hasil pengamatan di lingkungan pendidikan. Selanjutnya penulis mencoba menganalisis berdasarkan kajian teori dan kajian pustaka dalam konteks memanfaatkan lingkungan pendidikan untuk memotivasi dan optimalisasi pembelajaran siswa. Hasil analisis terhadap penelitian pustaka ini bahwa, lingkungan pendidikan memberikan pengaruh besar dalam pendidikan karakter. Untuk itu, penyelenggaraan pendidikan karakter perlu ditopang oleh lingkungan pendidikan yang baik. Bagi guru diharapkan dapat menciptakan dan membangun lingkungan pendidikan yang ramah anak dan membuat kenyamanan belajar anak. Guru mampu membawa suasana belajar anak terintegrasi dengan pembelajaran yang inovatif dan interaktif.

Page 1 of 3 | Total Record : 28