cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seser Komplek Citra Mulia Residence Blok D. 14 Medan – 20229
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ALACRITY : Journal Of Education
ISSN : -     EISSN : 27754138     DOI : https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3
Core Subject : Education,
ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of education, social and management and play an important role in promoting the accumulation of knowledge, values, and skills that are transmitted from one generation to another; and to make the methods and content of evaluation and research in education available to teachers, administrators, students, faculty and research workers. This journal covers a wide range of topics,Learning, including, social, curriculum, management science, educational philosophy and educational approaches.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 3 Issue 1 Februari 2023" : 10 Documents clear
Penggunaan Dwibahasa (Indonesia-Jawa) Oleh Warga Keturunan Etnis Tionghoa Di Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul Maharani Sikumbang, Rahmat Kartolo
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ragam kedwibahasaan oleh warga keturunan etnis Tionghoa di Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul. Subjek dalam penelitian ini adalah warga keturunan etnis Tionghoa di Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul. Penelitian ini difokuskan pada ragam kedwibahasaan. Dan data diperoleh dengan kartu kuisioner, teknik simak dan wawancara yang dilakukan secara berkesinambungan. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui perpanjangan keikutsertaan dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian terkait dengan penggunaan dwibahasaan oleh warga keturunan etnis Tionghoa di Tegal Sari Kecamatan Dolok Masihul yang menunjukkan bahwa ragam kedwibahasaan dibedakan menjadi lima macam yaitu sebagai berikut, berdasarkan hipotesis ambang, kedwibahasaan terdiri dari kedwibahasaan substraktif dan kedwibahasaan aditif. Berdasarkan tahapan usia pemerolehan, kedwibahasaan terdiri dari kedwibahasaan masa kanak-kanak, kedwibahasaan masa remaja, kedwibahasaan masa dewasa. Berdasarkan konteks, kedwibahasaan terdiri dari kedwibahasaan majemuk, dan kedwibahasaan koordinat. Berdasarkan tingkat pendidikan, kedwibahasaan terdiri dari kedwibahasaan kaum elit, dan kedwibahasaan rakyat biasa. Berdasarkan status sosial, kedwibahasaan individual dan kedwibahasaan sosial.
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Dengan Pembelajaran Berbasis Loose Parts Di TK Cahaya Kasih Stabat T.A. 2021-2022 Dina Mariana Manalu, Novita Friska
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.123

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya unsur-unsur intrinsik yang terdapat Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui peningkatan kreativitas anak usia 5-6 tahun dengan pembelajaran berbasis Loose Parts di TK Cahaya Kasih Stabat TA.2021-2022. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah kemampuan kreativitas anak usia 5-6 tahun dapat meningkat setelah menggunakan pembelajaran berbasis loose parts di TK Cahaya Kasih Stabat T.A 2021-2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yang merupakan suatu siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Cahaya Kasih Stabat T.A 2021-2022 yang berjumlah 20 orang anak. Dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan kolase dengan menggunakan media bahan alam. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pada saat kegiatan pembelajaran.analisis lembar observasi anak untuk mengetahui peningkatan perkembangan kreativitas anak.Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa kreativitas anak dapat meningkat menggunakan pembelajaran berbasis loose parts.dan dapat dilihat pada hasil siklus II anak berkembang sangat baik mencapai 87,18 %.
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII MTs Al-Washliyah Pangkalan Brandan Sri Lestari, Syahrul Kodrah, Zaifatur Ridha
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.124

Abstract

Based on observations made by researchers in class VIII of Al-Washliyah Pangkalan Brandan Private MTs, information was obtained, namely the low level of learning motivation of class VIII students in the Akidah Akhlak study field which can be seen from the average score of students who are under the Minimum Completeness Criteria (KKM). ie as many as 20 students still get an incomplete score and 10 students get a minimum completeness of ? 70. The application of the learning model is still not optimal because learning is carried out only by using the lecture method and giving assignments and questions and answers. Thus resulting in not maximal effort of teachers to increase student motivation. Teachers in the Akidah Akhlak study field have not directed students to student-centered learning (student oriented) so that indicators in increasing student learning motivation are hampered by learning activities that do not fully develop student creativity in learning, especially in forming students' abilities in critical thinking. The method used by researchers is Classroom Action Research which uses a cyclical reflection system consisting of 3 (three) cycles to determine the increase in students' learning motivation. The results of this study are the application of the Snowball Throwing Learning Model in increasing student motivation in the field of Aqidah Akhlak studies for Class VIII MTs students. Private Al-Washliyah Pangkalan Brandan has been well implemented and there has been an increase since the beginning of the pre-cycle, namely the number of students who received an average completeness score of 53.78 students who received a complete score in the Akidah Akhlak study field, in Cycle I it increased to 67, 75 students who completed the Aqidah Akhlak learning activity on learning motivation material. In Cycle II the level of student completeness in learning the Aqidah Akhlak was 74.6 in Class VIII MTs. Private Al-Washliyah Pangkalan Brandan. Then analyzed from Cycle III the student completeness reached 83.7. Thus it can be concluded that the application of the Snowball Throwing learning model can increase student motivation in the field of Akidah Akhlak study.
Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Dalam Mengembangkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Al-Qu’ran Hadits Kelas VIII Di MTs Swasta Al-Washliyah Pangkalan Brandan Devi Indah Sari Chaniago, Muhammad Saleh, Zaifatur Ridha
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.125

Abstract

The problem that was found when the researcher made observations was the teacher's lack of understanding about the application of the Revised 2013 curriculum to the Al-Qur'an Hadith subject in an early learning theme because the Revised 2013 curriculum had not been socialized optimally. Limited learning facilities and infrastructure such as the unavailability of language and computer laboratories that can be used as creative and innovative learning spaces in learning by implementing the Revised 2013 curriculum. The difficulty of teachers in the field of Al-Qur'an Hadith studies in combining learning quality improvements in the form of increasing students' intellectual, spiritual and emotional competencies. Based on the background of the problem, the researcher uses qualitative research methods to facilitate researchers in describing the results of research conducted using data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. The results of the conclusions from this study are: That the implementation of the 2013 curriculum revision in learning Al-Qur'an Hadith in class VIII MTs Al-Washliyah has been going well through the stages in implementing the 2013 curriculum. The revision is carried out through a process of planning, action, evaluation . One of the leading programs in implementing the Revised 2013 curriculum in Al-Qur'an Hadith learning is by holding the following programs: Holy Qur'an, namely learning to read the Al-Qur'an specifically for students who are not yet able to read the Al-Qur'an in accordance with the tajwid and makhraj hurf in accordance with the rules of reading the Qur'an. Tahfiz Qur'an, namely Al-Qur'an Hadith learning with the target of training students' ability to memorize verses of the Al-Qur'an. Tahfiz Qur'an Express, namely implementing Al-Qur'an memorization learning in the Al-Qur'an Hadith study field in accordance with the technical instructions for learning and adjusting to the Learning Implementation Plan (RPP) in the Al-Qur'an Hadith study field.
Upaya Meningkatkan Pola Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Probing Prompting Model’s Pada Mata Pelajaran Fiqih kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Serliana, As’ad Badar, Khairuddin YM
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.127

Abstract

This study aims to determine the ability think critical students in learning Fiqh after the application of Probing Prompting Models in class VIII MTs Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura . This research is included in the class action research (Action Research). This research used a collaborative model, namely researchers and teachers in the field of Fiqh studies in class VIII MTs Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura . Subjects in Class VIII Action Research were class VIII students at MTs Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura with a total of 28 students. this researcher is the observation sheet and test which is in accordance with the research procedure by observing cycle I and cycle II. The application of the Probing Prompting Model's can be implemented well through two cycles. This can be seen through the activities that students in cycle I and cycle II have increased. The results of observing student activity in learning, which was originally in cycle I only achieved a score of 70% then increased by 17.5% to 87.5% in cycle II. There was a difference in students' critical thinking skills in class VIII MTs Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura between before and after carrying out classroom action research using the Probing Prompting Model's, it is known from the learning completeness in class VIII MTs Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura in the pre-cycle was 42.85% while in the first cycle it reached 67.85% and in the second cycle it was 82.14 %. After the Probing Prompting Model's students' critical thinking skills experienced an increase, this could be from the results of the pre-cycle critical thinking skills test which only achieved an average score of 67.85 (poor) and increased in cycle I to 73.92 (enough) and in cycle II increased again to 81.25 (good). The increase in critical thinking skills can also be seen in the increase in the percentage of student completeness, namely in the pre-cycle it was only 42.85% while in the first cycle it reached 67.85% and in the second cycle it was 82.14%.
Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar Marlina Ramang, Gatot Suyono
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.128

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali Mandar dan juga mengetahui kendala apa saja dalam Implementasi manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 Polewali. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Interview (Wawancara) dan dokumentasi. Dimana analisis data menggunakan Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Implementasi Manajemen mutu terpadu dalam meningkatkan prestasi peserta didik Peneliti menggunakan 6 aspek, Pertama, Fokus pada pelanggan, yakni mulai dari kegiatan rehat pagi, Shalat dhuha. pelaksanaan KBM, shalat jamaah serta kegiatan tambahan dalam mengasah kemampuan peserta didik. Kedua, Obsesi yang tinggi terhadap kualitas yakni peningkatan mutu terhadap Tenaga pendidik dan kependidikan serta Madrasah berusaha memfasilitasi sarana dan Prasarana pendidikan. Ketiga, Kerjasama Tim sudah sangat baik begitupun dilembaga pemerintah, masyarakat serta tokoh agama. Keempat perbaikan sistem secara berkesinambungan, Madrasah selalu melakukan evaluasi secara berskala. Kelima, Pendidikan dan pelatihan telah terprogram dengan baik yang melibatkan para pendidik dan staff TU. Dan keenam Adanya ketelibatan pendidik dan Staff TU dimana Pendidik dan TU selalu dilibatkan untuk keberlangsungan Madrasah. Adapun kendala dalam Implementasi manajemen mutu terpadu dalam hal ini yakni banyaknya peserta didik tidak sebanding lurus dengan Pendidik yang berstatus PNS, Begitupun Ruang kelas serta sarana lainnya yang dibutuhkan dalam pelaksanaan KBM.
Sinergitas Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Era Pandemi Covid-19 : (Studi Kasus pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mojokerto) Abd Hakim B. Sale, Tri Fahad Lukman Hakim
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.133

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, 1) Bagaimana Sinergitas Guru dan Orang tua dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Era Pandemi Covid-19 Studi Kasus pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mojokerto, 2) Bagaimana Implikasi Sinergitasi guru dan orangi tua dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di era pandemi covid-19 pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mojokerto. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini ialah: 1) Sinergitas guru dan orang tua dalam pembelajaran pada era pandemi Covid-19 meliputi, a) Memberi kuota Internet, b) Membuat group Whatsapp kelas, c) Memberi arahan dan bimbingan, d) Memfasilitasi laboratorium komputer untuk siswa, e) Memberi kelonggaran pengumpulan tugas bagi siswa berhalangan. Sedang sinergi yang dibangun orang tua di rumah yakni: a) Memfasilitasi handphone, b) Memberi keteladanan, c) Membimbing penyelesaian tugas daring, 2) Implikasi Sinergitasi guru dan orang tua dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di era pandemi covid-19 padai Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Mojokerto meliputi, a) Siswa jenuh akan tugas menumpuk yang diberikan saat pembelajaran Daring, b) Siswa lebih antusisa pada pembelajaran Luring, c) Sikap religius, jujur, sopan santun, dan disiplin siswa secara informal tumbuh di lingkungan keluarga.
Strategi Guru Pendidikan Agama Islamdalam Membimbing Self Control Padasiswa Yatim Atau Piatu Afriyadi, Tri Fahad Lukman Hakim, Ahamad Mubarok
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.134

Abstract

Guru PAI sebagai pembimbing sakaligus membina siswa didiknya guna menacapai tujuan pendidikan Islam yang rahmatan lil alamin, sehingga siswa didik dapat mengontrol dirinya kearah berbudi pekerti yang luhur seerta mulia, baik di lingkungan keluarganya maupun dilingkungan social masyarakat, Mengontrol diri (Self control) adalah salah satu fungsi sentral dalam individu, Efek dari kontrol diri munculnya perilaku dianggap berpengaruh, karena hasil dari proses kontrol seseorang adalah perilaku yang terlihat, dan pada observasi di MTs Nurul Falah Palembang memiliki terobosan dalam membimbing self control pada siswa yatim atau piatu oleh guru pendidikan agama Islam. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah Bagaimana kegiatan guru pendidikan agama Islam untuk membimbing self control Pada Siswa Yatim Atau Piatu, di MTs Nurul Falah Palembang dan bagaiamana Implikasi strategi guru pendidikan agama Islam untuk membimbing self control pada siswa yatim atau piatu, di MTs Nurul Falah Palembang. Penelitian ini menggunakan suatu pendekatan studi kasus, dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Mathew Miles dan A Michael Hubermen, yakni reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan (Verufikasi). Hasil penelitian dari Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membimbing self control pada siswa yatim atau piatu yaikni ada empat strategi yang dilakukan oleh guru PAI, 1). Melalui kegiatan keagamaan, 2). Adanya kerjasama antara guru pendidikan agama Islam dengan guru bimbingan konseling, 3). Memahami karakter siswa, 4). Memberikan tanggung jawab dan kegiatan yang positif.
Perspektif Manajemen Islami Dalam Menghadapi Resiko Saleh Adri
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.138

Abstract

Pada dasarnya suatu lembaga merupakan subyek sejumlah risiko, oleh karena itu kegagalan sesuatu yang lumrah terjadi. Dengan demikian manajemen risiko dapat menciptakan nilai perusahaan, upaya suatu lembaga menghasilkan keuntungan merupakan salah satu indikator kinerja manajemen, sehingga nilai suatu lembaga dapat di pandang juga dari aspek kinerja manajemen. Berdasarkan kajian di atas menejemen risiko bagi manusia sangatlah penting untuk dilaksanakan dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Dengan pengelolaan menejemen risiko yang dilakukan oleh manusia berarti manusia telah mampu menjaga amanah yang telah diberikan oleh Alloh sebagai sang pencipta segala isi atas kehidupan ini. Kegagalan manusia dalam mengelola suatu risiko tentunya tidak berdampak terhadap Alloh sebagai pencipta segala kekayaan yang ada di bumi ini tetapi berdampak pada kegagalan manusia dalam mengelola suatu risiko. Dengan memahami pengeloaan atas menejemen risiko atas apa yang telah diberikan oleh Alloh kepada manusia maka, manusia akan mampu menemukan suatu pesan yang telah diamanahkan melalui nabi Muhammad SAW. Akhirnya semoga Alloh selalui memberikan ridhonya kepada manusia dalam menjaga amanah kekayang yang telah diberikan dengan penerapan dan pemahaman menejemen risiko yang baik.
Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Resiliensi Siswa Kelas VIII Melalui Case Method Misriani, Amanda Syahri Nasution
ALACRITY : Journal of Education Volume 3 Issue 1 Februari 2023
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v3i1.146

Abstract

Pada era perubahan, tak sekadar pengetahuan yang dibutuhkan melainkan juga keahlian mengkaji, ketahanan dalam menghadapi masalah dan bernalar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menaikkan kemampuan penalaran matematis dan resiliensi siswa dengan pemanfaatan case method. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memakai quasi eksperiment sebagai jenis penelitian dengan pretest-postest control group design sebagai desain penelitiannya. Populasi yang dipakai pada penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII-2 dengan total menyeluruh 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-3 dengan total menyeluruh 34 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel atau sebagian dari populasi yang di pilih secara purposive sampling. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian dan angket. Berdasarkan hasil siswa di kelas eksperimen dalam indikator kemampuan penalaran matematis diperoleh 3,48% skor tertinggi dan 0,16% skor paling terendah. Maka kesimpulan yang diperoleh yaitu case method bisa menaikkan kemampuan penalaran matematis dan resiliensi siswa kelas VIII Mts. Taman Pendidikan Islam.

Page 1 of 1 | Total Record : 10