cover
Contact Name
M. Ikhwanul Hakim
Contact Email
paiiaihnwlotim2021@gmail.com
Phone
+6281805503485
Journal Mail Official
nahdlah@iaihnw-lotim.ac.id
Editorial Address
Jln. Utama Mataram-Lb. Lombok Anjani Kec. Suralaga Kab. Lombok Timur
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28076958     EISSN : 28075412     DOI : 10.51806
Core Subject : Religion, Education,
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam which focuses on issues related to the field of Islamic Education. We invite lecturers, students, researchers, practitioners, and observers in the field of Islamic Education to publish their manuscripts that have never been published in other media, which focus on: Models, Strategies, Methods, and Learning Techniques for Islamic Religious Education Development of Islamic Religious Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Learning Implementation and Development of Islamic Education Curriculum Management of Islamic Education Institutions and Teaching
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2021): September - Desember" : 6 Documents clear
REFLEKSI PEMIKIRAN ARISTOTELES SEBAGAI LANDASAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Adet Tamula Anugrah
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.279 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.14

Abstract

Abstract: The problem of education, especially in Islamic Religious Education Learning is very complex. Among these problems are three things that greatly affect the sustainability of the learning process, namely learning methods, teacher quality, and student character. Aristotle as a philosopher and a figure of learning theory has logical and systematic thinking as a foundation for the evaluation of Islamic Religious Education learning. So this research aims to synthesize Aristotle's thoughts and the learning of Islamic Religious Education as one of the foundations of learning evaluation. This research uses library research methods. The results of this study show that Aristotle's thoughts can be used as criticism and evaluation materials, especially regarding learning methods, teacher quality, and how to overcome students who have bad attitudes.
PENGARUH GENDER DAN LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR SISWA DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA SDN TUNGGULWULUNG 1 MALANG U. Kustianing
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.806 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gender dan lingkungan berhubungan secara parsial dan simultan terhadap kemampuan motorik kasar siswa dalam meningkatkan Akhlak siswa di SDN Tunggulwulung 1 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas I, II, dan III SDN Tunggulwulung 1 Malang yang berjumlah 67 orang. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada pengaruh gender dan lingkungan terhadap kemampuan motorik kasar siswa dalam meningkatkan Akhlak siswa SDN Tunggulwulung 1 Malang secara parial dan simultan
STRATEGI GURU PAI DALAM MENERAPKAN BUDAYA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NW SURALAGA M Amin Rizki Suryadi; Muh Zulkifli; Komaruddin
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.054 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.16

Abstract

Siswa SMA NW Suralaga merupakan anak-anak yang masih perlu dibina dalam penerapan literasi baca, sebab belum memiliki kestabilan yang baik dalam penerapan literasi, dan dalam mengatur waktu sehari-hari. Guru PAI dan Guru staf yang lain mengetahui kekurangan dan kelebihan Strategi yang digunakan untuk menerapkan budaya Literasi kepada siswa dan siswi SMA NW Suralaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriftif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di SMA NW Suralaga. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observaasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah strategi guru PAI dalalm menerapkan budaya literasi untuk meningkatkan minat baca peserta didik SMA NW Suralaga yaitu, melalui bimbingan dan strategi, strategi pembiasaan, dan melalui event atau pertemuan medatangkan komuniytas-komunitas yang bergelut dibidang literasi, kunjungan ke Perpustakaan Daerah Lombok Timur untuk tour book satu kali dalam seminggu. kelebihan: meningkatkan minat baca siswa, meningkatkan pemahaman tentang literasi, meningkatkan kesadaran siswa dan menjadikan siswa terbiasa dalam menerapkan budaya literasi baca. Kekurangan: masih ada siswa yang lebih mementingkan hal-hal yang tidak bermanfaat kettika keluar main, seperti main game dan berolahraga ketika bukan jam olahraga, sehingga strategbi guru PAI untukn meningkatkan minat baca tidak terlaksanakan dengan maksimal untuk siswa dan siswi SMA NW Suralaga
GERAKAN PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER ORGANISASI NAHDLATUL WATHAN: KONSEP DAN PRAKSIS Suparman
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.591 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.17

Abstract

Kajian Pendidikan Islam mencakup berbagai topik yang meliputi pemikiran, institusi, aktivitas, kebijakan, sampai pada ragam teori dan praktik atau dimensi konsepsi dan aplikasi. Mengingat bahwa pendidikan Islam telah berlangsung sejak era Rasulullah SAW. serta banyaknya karya tulis ulama’ klasik dan eksistensi institusi yang eksis hingga saat ini, maka substansi pendidikan Islam telah layak menjadi sebuah kajian tersendiri, bahkan memiliki teori dan konsep tersendiri pula. Maksudnya, ruang lingkup, konstruksi teoritis, dan aplikasi pendidikan Islam dengan terminologi lain, memenuhi syarat untuk membangun sebuah disiplin ilmu. Nahdlatul Wathan sebagai organisasi kemasyarakatan Islam telah memberikan andil kepada agama, nusa dan bangsa, dalam bidang pendidikan dan perannya membantu pemerintah mencerdaskan bangsa. Kebutuhan serta hajat masyarakat yang semakin besar dalam bidang pendidikan, tampaknya merupakan salah satu pendorong bagi Nahdlatul Wathan untuk berupaya meningkatkan dan mengembangkan diri dalam mengelola pendidikan. Pertumbuhan dan perkembangan pondok pesantren, madrasah, dan sekolah di lingkungan Nahdlatul Wathan terus mengalami peningkatan, baik jumlah dan jenis sekolah dan madrasah, tingkat atau jenjang pendidikannya, maupun kurikulum yang digunakan terutama yang berada di kelompok NWDI dan NBDI.
EKSISTENSI GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN METODE PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMPN 2 PRINGGASELA Susilawati; Azharullail; H. Hakkul Yakin
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.799 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui eksistensi guru PAI dalam megembangkan metode pembelajaran pada masa pandemi covid-19 (2) Untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan guru PAI pada masa pendemi covid-19 (3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran yang digunakan guru PAI pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI SMPN 2 Pringgasela tetap eksis melakukan proses belajar mengajar walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19. Proses pembelajaran yang dilakukan bervariasai yaitu daring dan luring metode dengan menggunakan dua cara ini disebut metode Blended Learning, ini tergantung pada surat edaran pemerintah. Proses pembelajaran secara daring menggunakan aplikasi whatsapp dengan menggunakan metode tanya jawab. Sedangkan luring atau tatap muka ini dilakukan di sekolah secara langsung dan home visit mengunjungi rumah siswa untuk melakukan proses belajar mengajar, pembelajaran secara luring ini menggunakan metode pembelajaran modifikasi tanya jawab (modification of question and answer), mengelompokkan kartu (card gruf), metode demontrasi, ceramah, dan diskusi.
Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Melalui Penerapan Sistem Boarding School di SMP IT Generasi Muslim Cendekia Lombok Tengah shodiqin shodiqin
An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2021): September - Desember
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.294 KB) | DOI: 10.51806/an-nahdlah.v1i2.19

Abstract

This study aims to reveal the implementation of school culture-based character education through the application of the boarding school system at the Islamic Junior High School of Islamic Cendekia Generation in Central Lombok, with the focus of research, namely: (1) character values ​​developed, (2) strategies used, ( 3) implications for student character. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The results of the study indicate that: 1) the character values ​​developed include: religious, disciplined, respectful, polite, social care and environmental care. 2) the strategy for implementing character education based on school culture through the application of the boarding school system at the Islamic Junior High School of the Muslim Cendekia Generation in Central Lombok includes: internalization of positive values ​​by all school members, exemplary, habituation and enforcement of discipline. 3) the implications of character education based on school culture through the application of the boarding school system at the Islamic SMP Terpadu Generasi Muslim Cendekia Central Lombok on the character of students include: implications for spiritual attitudes, implications for discipline, implications for social attitudes and implications for morals and behavior.

Page 1 of 1 | Total Record : 6