cover
Contact Name
Alan Alfiansyah Putra Karo Karo
Contact Email
alanalfiansyahputra03@gmail.com
Phone
+6285206640908
Journal Mail Official
alanalfiansyahputra03@gmail.com
Editorial Address
Jl. Alumunium Raya No. 77 Tanjung Mulia 20241, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
ISSN : -     EISSN : 27461610     DOI : https://doi.org/10.22145/jumper.v2i1.225
Core Subject : Health, Education,
JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) merupakan kumpulan yang berasal dari tugas akhir mahasiswa ataupun hasil penelitian mahasiswa di bidang Pendidikan Olahraga. JUMPER (Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga) terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Mei dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga" : 14 Documents clear
Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Peserta Didik Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Drill Dengan Bantuan Alat Modifikasi Bola Gantung M. Fatchur Rochim
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.780

Abstract

Studi pendahuluan menunjukkan rendahnya keterampilan teknik passing bawah pesera didik dalam permainan bola voli karena bola yang digunakan berukuran standar, dianggap terlalu keras, dan menimbulkan rasa sakit pada tangan. Selain itu, waktu pembelajaran kurang efektif karena banyak digunakan untuk memungut bola yang lepas dari kontrol. Permasalahan diperparah dengan kurangnya sarana prasarana sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilan passing bawah peserta didik dalam permainan bola voli menggunakan metode drill berbantuan alat modifikasi bola gantung. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, masing-masing mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sejumlah 32 peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Juwangi semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 menjadi subjek penelitian. Peneliti menggunakan teknik tes, survei, dokumentasi, dan wawancara dalam pengumpulan data. Instrumen penelitian mengadopsi instrumen penelitian terdahulu dan divalidasi ahli. Data dianalisis secara deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata nilai keterampilan passing bawah meningkat sampai dengan 82,81, (2) ketuntasan klasikal kelas meningkat sampai dengan 84,38%, dan (3) rata-rata nilai partisipasi peserta didik diketahui sebesar 78,91. Hasil penelitian memotivasi rekan sejawat untuk memperbaiki kualitas pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas. Penelitian tidak memperhitungkan peningkatan keterampilan yang diperoleh peserta didik akibat pelatihan di luar pembelajaran.
Perbedaan Pengaruh Latihan Shooting Dari Operan Dan Shooting Setelah Menggiring Terhadap Peningkatan Hasil Shooting Sepak Bola James Edwin Rezeki Silaban; Pedomanta Keliat
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.901

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara shooting dari operan dan shooting setelah menggiring terhadap kemampuan shooting sepak bola pada siswa ekstrakurikuler sepakbola smp swasta agia sophia medan tahun 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experiment. dengan pelaksanaan latihan yaitu shooting dari operan dan shooting setelah menggiring. Populasi adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola smp swasta agia sophia medan yang berjumlah 24 orang. Jumlah sampel 24 orang diperoleh dengan teknik total sampling, selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik mathing pairing yaitu kelompok latihan dari operan, kelompok latihan shooting setelah menggiring. Instrumen penelitian untuk pengumpulan data dengan test dan pengukuran yaitu tes menembak bola ke sasaran untuk mengetahui kemampuan shooting sepak bola Analisis hipotesis pertama dari data pre-test dan data post-test kemampuan shooting sepak bola pada kelompok latihan shooting dari operan diperoleh t­hitung sebesar 8,73 serta ttabel sebesar 2,20 dengan =0,05 (t hitung > t tabel) berarti ho ditolak dan ha diterima. Analisis hipotesis kedua dari data pre-test dan data post- test kemampuan shooting sepak bola pada kelompok latihan shooting setelah menggiring diperoleh t­hitung sebesar 7,07 serta ttabel sebesar 2,20 dengan =0,05 (t hitung > t tabel ) berarti ho ditolak dan ha diterima. Analisis hipotesis ketiga dari rata-rata dan simpangan baku diperoleh t hitung sebesar -0,65 serta t tabel 2,07 dengan = 0,05 (t hitung < t tabel ) berarti ho diterima dan ha ditolak.
Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil BelajarPassing Sepak Bola Peserta Didik Adinda Nur Kumalasari; Mochamad Ridwan
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.904

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan dengan guru PJOK di SMPN 1 Nganjuk terdapat permasalahan yaitu beberapa peserta didik belum menguasai keterampilan passing sepak bola. Selain itu, belum adanya penerapan media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena, itu peneliti berkeinginan melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar penerapan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik. Metode dalam penelitian ini yaitu metode preexperimental desain dengan desain One Grup Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Nganjuk. Sampel penelitian ini berjumlah 30 yang diambil dari peserta didik kelas VIII-3. Data dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest. Analisis data meliputi uji Normalitas uji Paired Sample T-Test dan Presentase menggunaakn SPSS Versi 26. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh penggunaan media Augmented Reality terhadap hasil belajar passing sepak bola. Diperoleh rata-rata pretest ke posttest pengetahuan yaitu 63,6667 dan pada keterampilan yaitu 85,5. Data pada penelitian ini telah diuji normalitas dan data berdistribusi normal. Uji Paired Sample T-test yang diperoleh yaitu nilai Sig. (2-tailed) penegtahuan sebesar 0,000 dan keterampilan sebesar 0.000. Hal ini berarti nilai sig < 0,05 Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar passing sepak bola peserta didik.
Analisis Keterampilan Melempar Siswa Menengah Atas Di SMA Laboratorium UPI Pada Masa Pandemi Covid-19 Devtio Dwiwahyudi Devtio; Nuryadi; Tri Martini
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan manipulatif (melempar) siswa sekolah menengah atas pada masa pandemic covid-19. Survey dilakukan terhadap 137 siswa dengan perbadingan 59 siswa laki-laki (43%) dan 78 perempuan (57%) di sekolah menengah atas kelas 12 di lingkungan universitas Pendidikan Indonesia, data di obsevasi dengan instrument yang dikembangkan oleh keterampilan gerak manipulatif yang di kembangkan oleh (Gallahue & Donnelly, 2007), berkaitan dengan keterampilan manipulatif (Menendang, menangkap, melempar, & taping). Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan manipulatif siswa kelas XII SMA LAB SCHOOL UPI berada pada kategori yang cukup baik, dikarenakan data yang telah di analisis menunjukan bahwa rata-rata siswa memiliki kemampuan manipulatif (melempar) yang berada pada kategori Elementary stage dan Mature stage. Sebanyak 55% siswa berada pada kelompok Mature stage dan 45% Berada pada kelompok Elementary stage.
Peningkatan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Dengan Menggunakan Metode Variasi Latihan Running With The Ball Atlet Usia 10-12 Julio Roberto; Rizkei Kurniawan; Yoki Afriandy Rangkuti
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.981

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil latihan dribbling dalam permainan sepakbola melalui variasi latihan running with the ball pada atlet SSB Sejati Pratama Medan tahun 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama satu siklus. Bentuk tes untuk pengumpulan data adalah hasil tes dribbling. Berdasarkan hasil pre-test ternyata dari 16 atlet SSB Sejati Pratama Medan usia 10-12 tahun belum mencapai batas pencapaian target personal yang ditetapkan peneliti yaitu sebesar 10% dan batas ketercapaian kelompok 80 %. Pada siklus I setelah diberikan perlakuan latihan menggunakan metode variasi latihan running with the ball . Dari 16 atlet, terdapat 14 atlet yang telah mencapai peningkatan target personal sebesar 10% dengan nilai kemampuan rata- rata atlet sebesar 13,7% dan batas ketercapaian kelompok sebesar (87,5%). Dalam hal ini dapat dilihat bahwa telah terjadi peningkatan nilai rata - rata hasil latihan atlet dari tes awal (Pre-test)12,5% ke akhir siklus I (Post-Test)87,5% yaitu peningkatan keberhasilan secara klasikal sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode variasi latihan running with the ball dapat meningkatkan hasil kecepatan menggiring bola pada atlet usia 10-12 tahun sekolah sepakbola (SSB) Sejati Pratama Medan tahun 2014.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Variasi Media Pembelajaran Muhajjir Syahputra; Rizkei Kurniawan; Yoki Afriandy Rangkuti; Muhamad Faisal; Azrul Rizki
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.990

Abstract

Dimasa peralihan sekolah akibat covid -19 yang mana sebelum nya sekolah menerapkan pembelajaran daring dan sekarang sudah kembali luring, banyak peserta didik yang mengalami penurunan nilai pembelajaran dan beberapa peserta didik mengalami penurunan ketertarikan terhadap pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan rekreasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pencapaian hasil belajar Passing sepak bola dengan variasi media pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Action Research) model Kemmis dan Taggart. Instrumen pengumpulan dalam penelitian ini terdiri dari test unjuk kerja, observasi dan catatan lapangan. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan berupa suatu siklus atau daur ulang berbentuk spiral (a spiral of steps) yang setiap langkahnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Maka, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 6 berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 20 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa Peningkatan keterampilan passing kaki bagian dalam dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada siklus I nilai ketuntasannya adalah 54%, dan pada siklus II menjadi 90%. Nilai rata-rata ketrampilan passing kaki bagian dalam juga meningkat, yaitu dimana pada siklus I adalah 70, meningkat pada siklus II menjadi 83. Data tersebut menunjukkan peningkatan ketrampilan passing kaki bagian dalam prasiklus sampai dengan siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan 82. Bedasarkan hasil penelitian bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa variasi pembelajaran passing sepakbola melalui pendekan media pembelajaran pada pembelajaran pendidikan jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Langsa.
Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Motivasi Belajar Passing Sepak Bola Wukir Asih; Mochamad Ridwan
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.903

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah menggunakan media pembelajaran yang interaktif dan terbaru, salah satu media interaktif adalah Augmented Reality, menggunakan media Augmented Reality pada pembelajaran PJOK kususnya pada materi sepak bola memungkinkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media AR passing sepak bola dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi peserta didik setelah menggunakan media AR pada materi Passing sepak bola. pada penelitian ini mengguakan metode praexsperimental dengan desain “one group prtest-postest”. Pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data statistik deskriptif data penelitian ini meliputi penyajian data mean, presentase, standart deviasi dan statistik inferensial yang uji prasyarat data normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini dibuktikan dengan t hitung -12,181 > t table 2,045 dan nilai signifkansi 0,000< 0,05, maka dari itu Ha diterima. Hasil menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik setelah adanya penerapan media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. Terdapat peningkatan yang signifikan terhadap motivasi belajar setelah diterapkannya media Augmented Reality pada materi passing sepak bola. hal ini dibuktikkan dengan besar peningkatan motivasi belajar passing sepak bola setelah diberikan treatment media Augmented Reality yang dilakukan selama 2 kali pertemuan yaitu sebesar 8%.
Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pola Gerak Dominan Muhammad Arif Rahman; Nanik Indahwati; Novilia Puspa Widiyanti
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.986

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dengan tujuan menunjukkan peningkatan hasil belajar pola gerak dominan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran PJOK. Dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus diawali pra siklus dan setiap siklus diawali perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas 3b SDN Gayungan II/423 Kota surabaya dengan jumlah siswa 25 yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Analisis data yang digunakan, yaitu statistik deskriptif, uji presentase hasil dan uji beda hasil. Adapun hasil penelitian ini pra siklus siswa tidak tuntas 5 siswa (20%) siswa tuntas 20 (80%), mean±SD (65,5 ± 9,865). Siklus 1 mengalami peningkatan siswa tuntas 15 (60%) siswa tidak tuntas 10 (40%) mean±SD (75,2 ± 11,517. Kemudian di siklus 2 terdapat peningkatkan siswa tuntas 23 (88%) siswa tidak tuntas 3 (12%) mean±SD (84,1 ± 8,721). Hasil analisis menggunakan uji shapiro-wilk menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal (p≥0,05), dikarenakan data tidak normal maka dilakukan uji beda non-parametrik. Hasil uji beda non-parametrik kruskal-wallis menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara ketiga kelompok (p≤0,05). Hasil tersebut menandakan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi.
Implementasi Media Pembelajaran Spinner Games Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PJOK Materi Kebugaran Jasmani Anita Sari; Heryanto Nur Muhammad; Yusuf Santriyono
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.991

Abstract

Rendahya tingkat motivasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik menjadi dasar utama dalam penyusunan penelitian tindkan kelas ini dengan tujuan meningkatkan dan memperbaiki motivasi belajar peserta didik melalui media belajar spinner games pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi kebugaran jasmani. Penelitan tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus serta diawalai dengan pra siklus, dan terdiri dari 4 tahapan untuk masing-masing siklusnya, tahapan itu dimulai dari tahap perencanaan, peaksanaan, observasi dan refleksi. Peserta didik kelas IV-D SD Negeri Krian 4 Kabupaten Sidoarjo yang menjadi subjek pada penelitian ini dengan total 30 peserta didik yang terdiri dari (pa= 16 dan pi= 14). Pada penelitian ini motivasi belajar peserta didik dapat dikatakan meningkat apabila nilai rata-rata perhitungan data diatas angka 60. Berdasarkan dari hasil data yang diperoleh menggunakan angket yang berisikan pernyataan dan telah dilakukannya analisis data diketahui bahwa data awal nilai rata-rata motivasi belajar siswa 48,8. Dengan diterapkannya pembelajaran menggunakan media belajar tersebut pada siklus 1 mengalami kenaikan nilai rata-rata 61,2 sedangkan pada siklus 2 terdapat kenaikkan nilai rata-rata 81,2. Dengan demikian dapat ditarik kesipulan bahwa adanya peningkatan pada motivasi belajar peserta didik melalui media belajar spinning games.
Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Permainan Pada Siswa kelas XI IPA 5 Ahmad Roisuddin; Sudarso; Jully Supriadi; Dwi Sunanto
Jumper : Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga Vol 3 No 2 (2023): Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Bina Guna

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55081/jumper.v3i2.992

Abstract

Pendidikan jasmani bertujuan untuk memberikan aktivitas gerak yang cukup bagi peserta didik untuk memberikan kebugaran jasmani pada peserta didik. Salah satu materi kebugaran jasmani yang ada pada kelas XI dengan memberikan materi kelincahan dan kecepatan yang diukur dengan instrumen yang terstandart. Pemberian metode mengajar permainan dilakukan untuk upaya meningkatkan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik. Metode penelitian ini dilakukan pada peserta didik SMAN 3 Jombang kelas XI IPA 5 dengan berjumlah 34 peserta didik. Instrumen yang diberikan untuk mengukur hasil pree- test dan post- test yaitu dengan IAT (Illinois Agility Test). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendektan eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik dengan adanya peningkatan hasil rata rata keseluruhan sebesar 2,14 detik sedangkan pada presentase berkurangnya peserta didik yang mendapatkan hasil sangat kurang sebesar 6%. Hasil ini menunjukan adanya keberhasilan menggunakan metode permainan dalam upaya meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik pada komponen kelincahan dan kecepatan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14