cover
Contact Name
Suparna Wijaya
Contact Email
wimsolusiprima@gmail.com
Phone
+6287780663168
Journal Mail Official
pengmasku.jurnalku@gmail.com
Editorial Address
Serpong, Tangerang Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Pengmasku
Published by PT WIM Solusi Prima
ISSN : -     EISSN : 28092368     DOI : -
Pengmasku is a forum for disseminating the results of community services in the financial and/or general sector.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
Pelatihan Melalui Web Seminar Dampak UU HPP Terhadap Pelaku UMKM Di Era Pandemi Ferry Irawan
Pengmasku Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.633 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i1.60

Abstract

The Law on Harmonization of Tax Regulations (UU HPP) has been effective since October 29, 2021. One of the objectives of the HPP Law is to increase the economic growth, including Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Community Service Activities through this web seminar (webinar) aim to provide an understanding of the HPP Law in relation with MSMEs. There are several procedures carried out in the implementation of this web seminar. First, the presentation of the speaker. Second, it was followed by a discussion either through the chat box or direct interaction. Based on the responses from the webinar participants, it can be seen that this activity adds to the understanding of the participants regarding the HPP Law and its relationship with MSMEs.   Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) telah diberlakukan sejak 29 Oktober 2021. Salah satu tujuan UU HPP adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi termasuk di dalamnya Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat melalui web seminar (webinar) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman atas UU HPP dalam kaitannya sebagai pendorong UMKM. Terdapat beberapa prosedur yang dilakukan dalam dalam pelaksanaan web seminar ini. Pertama, pemaparan dari narasumber. Kedua, dilanjutkan dengan diskusi baik melalui chat box maupun berinteraksi secara langsung. Berdasarkan respon dari peserta webinar, dapat diketahui bahwa kegiatan ini menambah pemahaman para peserta terkait UU HPP dan hubungannya dengan UMKM.  
Edukasi Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Kuliner XYZ agung dinarjito; Aldi Bilqisthy Pratama; Dessyka Sitanggang; Faizul Abrori; Fayiz Alfitra RM; Lamhot Doli Tambunan; Muhammad Arfan; Muhammad Rajul Muzik; Muhammad Taufiq Hidayat; Nanda Sulfiandra; Putra Jaya Bukit
Pengmasku Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.147 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i1.74

Abstract

This community service activity aims to provide education and assistance for Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) by providing an understanding of the importance of preparing financial reports and providing assistance in preparing financial reports using the SI APIK application. The method of implementing the activity is carried out in several stages, namely the first stage is planning and observation, the second stage is assistance in the preparation of financial reports using the Si APIK application, the third stage is the preparation of financial reports until August 2021, and the last stage is making video tutorials using the SI APIK application and making posters regarding the preparation of financial reports. MSME XYZ which is engaged in the culinary field is the object chosen and located in Central Java. The result of this activity is that MSME XYZ is able to make financial reports for the month of August using the Si APIK application. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mmeberikan edukasi dan pendampingan bagi usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan dan memberikan pendampingan penyusunan laporan keuangan menggunakan aplikasi SI APIK. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu tahap pertama adalah perencanaan dan observasi, tahap kedua adalah kegiatan pendampingan penyusunan laporan keuangan menggunakan aplikasi Si APIK, tahap ketiga penyusunan laporan keuangan sampai dengan bulan Agustus 2021, dan tahap terakhir adalah pembuatan video tutorial penggunaan aplikasi SI APIK dan pembuatan poster mengenai penyusunan laporan keuangan. UMKM XYZ yang bergerak dibidang kuliner merupakan obyek yang dipilih dan berlokasi di Jawa Tengah. Hasil kegiatan ini adalah bahwa UMKM XYZ mampu membuat laporan keuangan bulan Agustus dengan menggunakan aplikasi Si APIK.
Edukasi Akuntansi Dan Pelaporan Keuangan UMKM X Di Era Pandemi Covid 19 Amrie Firmansyah; Affan Muhammad Zulfa; Amalia Eka Prastica; Anandya Adina Nabila; Azka Rifqi Prasetya Aji; Christina Happy Lukyani; Excella Nala Amallia; Lutfiyatul Arifah; Muhammad Rudi Andi; Niken Widyasari Permata Dewi; Reyhan Dharma Wijaya; Teofani Tesa Krisabel
Pengmasku Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.606 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i1.82

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan bagi UMKM X dengan memberikan pemahaman dasar-dasar akuntansi, penggunaan aplikasi akuntansi Microsoft Excel, dan buku panduan dalam penyusunan laporan keuangan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari tahap perencanaan yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara pendahuluan dengan calon mitra. Tahap kedua merupakan inti dari pelaksanaan kegiatan berupa bimbingan teknis kegiatan PKM. Tahap ketiga adalah monitoring kegiatan yang bertujuan untuk menampung permasalahan yang dihadapi oleh UMKM X dalam menyusun laporan keuangan secara mandiri. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, pemilik UMKM X cukup memahami dalam menyusun laporan keuangan. This community service activity aims to provide education and assistance for MSMEs by providing an understanding of the basics of accounting, the use of Microsoft Excel accounting applications, and guidebooks in preparing financial reports. The method of implementing community service activities consists of the planning stage through observation and preliminary interviews with potential partners, the implementation of activities in the form of technical guidance. The final stage is monitoring which aims to accommodate the problems faced by MSME X in preparing financial reports independently. Based on the activities carried out, the owners of MSME X are quite understanding in preparing financial reports.
Edukasi Literasi Keuangan Kepada Kelompok Ibu-Ibu Dan Remaja Terkait Dengan Jasa Pinjaman Online Di Era Pandemi Covid 19 Amrie Firmansyah; Adrian Falembayu; Andi Saputra Siburian; Bintang Pratama Ginting; Cristanti Simatupang; Kelvin Krioagustin Putra; Muthia Aisyah; Muthia Amelia Marchelizi; Nelli Siallagan; Rifqi Hadi Wibowo; Yusri Ariawan
Pengmasku Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.002 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i1.84

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan edukasi literasi keuangan atas pinjaman online kepada kelompok ibu-ibu dan remaja. Banyaknya tawaran pinjaman online kepada kelompok ini mengakibatkan pengetahuan atas karakteristik dan persyaratan pinjaman online tersebut perlu dipahami dengan baik. Metode pelaksanaan dari kegiatan PKM ini dilakukan melalui tahap pendahuluan, tahap pelaksanaan dan tahap monitoring. Kegiatan PKM ini menyimpulkan bahwa edukasi literasi keuangan khususnya terkait dengan pinjaman online sangat bermanfaat bagi kelompok ibu-ibu dan remaja, karena kelompok ini masih banyak yang belum memahami akuntansi dasar dan keuangan dasar. Kelompok tersebut masih kurang mempertimbangkan adanya risiko yang melekat atas kemudahan dalam mendapatkan pinjaman online. This Community Service Activity (PKM) aims to provide financial literacy education on online loans to groups of mothers and teenagers. A large number of online loan offers to this group means that knowledge of the characteristics and requirements of these online loans needs to be well understood. The implementation method of this PKM activity is carried out through the preliminary stage, implementation stage and monitoring stage. This PKM activity concludes that financial literacy education, especially related to online loans, is very beneficial for mothers and teenagers because many of these groups still do not understand basic accounting and finance. This group still does not consider the inherent risks of getting an online loan.
Edukasi Akuntansi Keuangan Terkait Dengan PSAK 1 Tentang Penyajian Laporan Keuangan Dan PSAK 26 Tentang Biaya Pinjaman: Kepada Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan Dan Bangka Belitung Zef Arfiansyah; Tjahjo Winarto; Amrie Firmansyah
Pengmasku Vol 1 No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1467.847 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i1.86

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan edukasi kepada pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel Babel) terkait materi penyusunan laporan keuangan dan biaya pinjaman berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku di Indonesia. Metode pelaksanaan yang dilakukan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan berupa rapat internal pembahasan teknis kegiatan dan materi, rapat persiapan dengan perwakilan pegawai Kanwil DJP Sumsel Babel. Tahap yang kedua yaitu tahap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan media Zoom. Tahap terakhir adalah monitoring terkait dengan konsultansi terkait materi antara peserta dan Tim. Kegiatan PKM ini berguna dalam meningkatkan pemahaman pegawai terkait dengan penyusunan laporan keuangan dan biaya pinjaman.
Edukasi Akuntansi Keuangan Terkait Dengan PSAK 14 Tentang Persediaan : Kepada Pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan Dan Bangka Belitung Muh Luthfi Mahrus; Lestari Kurniawati; agung dinarjito
Pengmasku Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1428.87 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i2.92

Abstract

This community service activity aims to provide education to employees of the Regional Office of the Directorate General of Taxes for South Sumatra and Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel Babel) regarding inventory accounting materials in accordance with PSAK 14. In addition, the PKM team also provided additional discussions on PSAK 69 related to agricultural products. The implementation method consists of four stages, namely the preliminary stage in the form of a meeting to discuss technical activities, a preparatory meeting with the employees of the DGT Regional Office of South Sumatra Babel. The second stage is the preparation stage which contains the obligations of each team member including the preparation of materials. The third stage is the stage of implementing activities carried out using Zoom media. The last stage is evaluation and monitoring related to the evaluation of activities and consultancy related to material between participants and the team. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pegawai Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Selatan dan Bangka Belitung (Kanwil DJP Sumsel Babel) terkait materi akuntansi persediaan sesuai dengan PSAK 14. Selain itu, tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) juga memberikan tambahan pembahasan PSAK 69 terkait dengan produk agrikultur. Metode pelaksanaan yang dilakukan terdiri dari empat tahap yaitu tahap pendahuluan berupa rapat internal pembahasan teknis kegiatan, rapat persiapan dengan perwakilan pegawai Kanwil DJP Sumsel Babel. Tahap yang kedua yaitu tahap persiapan yang berisi pembagian kewajiban masing-masing anggota tim termasuk penyiapan materi. Tahap ketiga merupakan tahap pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan media Zoom. Tahap terakhir adalah evaluasi dan monitoring terkait dengan evaluasi kegiatan dan konsultansi terkait materi antara peserta dan Tim.
Pendampingan Strategi Bisnis, Pemasaran Daring, dan Pelaporan Keuangan Pada Rintisan UMKM Akhmad Solikin; Raditya Hendra Pratama; Azas Mabrur
Pengmasku Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.292 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i2.93

Abstract

UMKM merupakan entitas usaha yang penting di Indonesia, walaupun perkembangan usahanya menghadapi berbagai masalah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, khususnya dari sisi strategi bisnis, pemasaran daring, dan penyusunan laporan keuangan. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu persiapan, bimbingan teknis, dan pendampingan. Dari hasil identifikasi masalah pada tahap persiapan dipilih tiga topik untuk bimbingan teknis yaitu strategi bisnis, pemasaran online lewat media sosial, dan penyusunan laporan keuangan. Topik tentang permodalan, meskipun dihadapi oleh sebagian pengusaha UMKM, tidak dibahas pada kegiatan pengmas ini. Hasil rekapitulasi evaluasi menunjukkan bahwa peserta menilai materi dan pemateri dalam bimbingan teknis tersebut sangat baik. Setelah dilakukan bimbingan teknis, selama sebulan peserta didampingi untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam bimbingan teknis.
Mewujudkan Milenial Bijak Sadar Pajak Di Masa Pandemi Covid-19 Ferry Irawan; Bintang Septian Simbolon; Caesario Santo H. Gultom; Dhea Monica Rudi; Ebsan Tangguh Septino; Esti Marintan Sianturi; Grace Shelpia Maduma Manik; Karina Deriska; Muhammad Hammam Rafati Lubis; Perdana Ratus Mangiring Sinaga; Tania Naftali Sianturi
Pengmasku Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.427 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i2.95

Abstract

The young generation, including millennials, is an important component in national development. Millennials can occupy important positions in the future. Therefore, the level of knowledge and awareness of taxes is a strategic and important thing to understand. Community Service Activities through this web seminar (webinar) aim to provide millennials with tax literacy. The materials presented in the webinar include basic tax concepts, types of taxes, misconceptions about taxes, and the importance of being aware of taxes for the millennial generation. There are several steps involved in the implementation of this webinar. First, the presentation from the resource person. Second, it was followed by a good discussion through the chat box. Third, game activities. At the end of the event there are prizes for active participants. Based on feedback from webinar participants, this activity increases the knowledge and understanding of the participants regarding taxes.
Pendampingan Perhitungan Biaya Produksi UMKM Sophie Batik Lasem Kodirin; Siswanto; Wahyu Ridho Utomo
Pengmasku Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.581 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i2.97

Abstract

Bagi perusahaan manufaktur, harga pokok produksi merupakan dasar perhitungan untuk menetapkan harga jual dan nilai persediaan barang jadi. Perhitungan harga pokok produksi yang kurang tepat akan berpengaruh pada kurang tepatnya penilaian persediaan barang jadi.  Dengan demikian, perhitungan harga pokok yang akurat sangat penting bagi UMKM yang melakukan proses produksi. Namun, sebagian besar UMKM belum menghitung harga pokok produksi dengan tepat.  Shopie Batik Lasem adalah UMKM yang bergerak di bidang produksi kain batik Lasem. UMKM ini berada di Desa Pandan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Shopie Batik Lasem dirintis oleh Bu Sofiyah pada tahun 2004 dan memiliki 10 karyawan. Untuk mengatasi permasalahan mitra, tim pengabdian kepada masyarakat PKN STAN melakukan pendampingan perhitungan harga pokok produksi.   Dari pendampingan ini dihasilkan perhitungan harga pokok produksi empat jenis batik yaitu batik Tiga Negeri, batik Sekar Jagad, batik Latohan, dan batik Kricakan.
Edukasi Terkait Optimalisasi Peran Profesi Akuntan Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0 Amrie Firmansyah; Dani Karismawan Prakosa
Pengmasku Vol 1 No 2 (2021): Desember 2021
Publisher : PT WIM Solusi Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.362 KB) | DOI: 10.54957/pengmasku.v1i2.98

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam mengoptimaliasi peran profesi akuntan pada era revolusi industri 4.0 dan tantangan society 5.0. Kegiatan ini diberikan oleh Tim PKM Politeknik Keuangan Negara STAN kepada mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Mercubuana Jakarta pada tanggal 15 Juli 2021. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terdiri dari tahap perencanaan melalui diskusi dengan panitia terkait dengan konsep acara dan materi yang akan disampaikan. Tahap kedua berupa kegiatan pemberian pemaparan materi dan diskusi. Tahap ketiga adalah evaluasi tingkat pemahaman peserta atas materi yang telah disampaikan. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, sebagian besar peserta memahami kemampuan dan strategi yang perlu dipersiapkan apabila peserta akan berkarir di dunia akuntansi.