cover
Contact Name
Asep Irvan Irvani
Contact Email
irvan.irvani@uniga.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jpif@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52A, Garut, Jawa Barat, 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 2798334X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is published twice a year, in June and December by Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut, Indonesia. The review process in this journal employs a double-blind review, which means that both the reviewer and author identities are concealed from the reviewers, and vice versa.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): December 2022" : 6 Documents clear
Pengolahan Anomali Gaya Berat Guna Interpretasi Sesar Cimandiri Demi Perencanaan Pengurangan Risiko Bencana Astri Handayani Sitompul; Admiral Musa Julius
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.1981

Abstract

Salah satu metode fisika yang sering digunakan dalam geofisika medan adalah metode gravitasi atau gayaberat. Dalam hal ini dilakukan pemisahan anomali residu nilai gravitasi yang diukur di sekitar wilayah sesar Cimandiri Provinsi Jawa Barat, dengan koordinat batas penelitian dari koordinat lintang 6.95°LS – 7.2°LS dan koordinat bujur dari 106.5°BT – 107.1°BT, dengan filter matriks Elkins pada data real-time dari University California of San Diego. Dengan metode ini, ketampakan sesar Cimandiri dapat terlihat dari kerapatan kontur anomalinya. Anomali residu rata-rata yang diukur sekitar 10-20 mGal. Ini membuktikan filter matriks Elkins baik untuk digunakan dalam kajian ketampakan sesar dan anomali residu. Temuan citra Sesar Cimandiri bermanfaat dalam mendukung perencanaan pengurangan risiko bencana gempabumi pada masa mendatang.
Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Intan Simah Bengi; Arianti Pandiangan; Latifah Hanum Br Pandia; Safriana Safriana
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.1990

Abstract

Tutor sebaya adalah siswa mengajar siswa lain atau yang berperan sebagai pengganti guru. Metode penelitian yang dilakukan merupakan desain penelitian literature review. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran terutama dalam belajar fisika. Proses pembelajaran selama yang sudah kita ketahui berlangsung untuk pelajaran fisika terjadi secara konvensional, hal ini mengakibatkan tidak tercapainya pembelajaran yang sudah diharapkan. Penggunaan metode tutor sebaya dapat meningkatkan komunikasi dan hasil belajar siswa. Persentase jumlah peserta didik yang tuntas (telah memenuhi KKM) dari tahun 2017 hingga tahun 2021 mengalami peningkatan dari 70,56% menjadi 81,16%. Dengan demikian dari tahun 2017 sampai tahun 2021 persentase jumlah peserta didik yang telah tuntas (memenuhi KKM) mengalami kenaikan sebesar 10,6%.
Pengembangan Media Animasi Online pada Materi Pesawat Sederhana Tingkat SMP untuk Kelas VIII Pajriyansyah Pajriyansyah; Hadma Yuliani; Nurul Septiana
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.2161

Abstract

Pengembangan media bertujuan untuk melihat proses pengembangan animasi online pada materi pesawat sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan pada materi pesawat sederhana sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sedangkan model yang digunakan yaitu 4D yang dibatasi pada tahap pengembangan. Teknis analisis data yang digunakan adalah mixed methods. Hasil penelitian media animasi online pada materi pesawat sederhana tingkat SMP untik kelas VIII antara lain: 1) Pengembangan media animasi online pada materi pesawat sederhana merupakan media pembelajaran berbentuk video yang dapat diakses secara online. Media yang dikembangkan berisi materi pelajaran, gambar animasi dilengkapi dengan transisi, karakter animasi diapadukan dengan teks penjelasan materi, praktikum, contoh soal, latihan soal, dan quiz yang disediakan dalam media. Dengan menggunakan model pengembangan 4D sebagai rujukan langkah atau proses dalam mengembangkan media. Materi yang dimasukkan dalam media adalah materi pesawat sederhana tingkat SMP untuk kelas VIII. 2) Hasil validasi media memperoleh total rata-rata skor penilaian 91 dengan persentase 94% termasuk dalam sangat layak dan dapat diterapkan tanpa direvisi, validasi materi memperoleh total rata-rata skor penilaian 111 dengan persentase 89% kriteria sangat layak dan dapat diterapkan tanpa revisi.
Validasi Media Pembelajaran Komik Fisika pada Pokok Bahasan Fluida Statis di SMA Neneng Arini; Vina Tri Utami; Hadma Yuliani; Luvia Ranggi Nastiti
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.2373

Abstract

Media pembelajaran komik perlu dikembangkan dan dilakukan proses validasi kelayakan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran yaitu komik fisika serta mengetahui kelayakan komik fisika pada pokok bahasan fluida statis di SMA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau Research and Depelopment (RnD) dengan menggunakan model 4D yang dibatasi pada 3D yaitu Define, Design, dan Development. Validasi data dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian ini yaitu validasi  kelayakan oleh ahli media dan ahli materi, didapatkan hasil validasi kelayakan oleh kedua ahli tersebut yaitu skor rata-rata ahli media dan ahli materi sebesar 76,75 dengan rata-rata presentase ahli media dan ahli materi sebesar  70,73 dengan kriteria layak digunakan serta  menarik dalam proses pembelajaran.
Berkembangnya Pemanfaatan E-Learning pada Proses Pembelajaran Fisika di MAN 1 Garut Selama Masa Pandemi Andini Febya Alfiansyah; Rani Putri Septianti; Wilda Nurul Qolbi; Asep Irvan Irvani
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.1880

Abstract

E-learning adalah inovasi yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran yang bisa meningkatkan berbagai kemampuan peserta didik. Materi pembelajaran dapat dibuat secara virtual dalam berbagai macam format. Dampak positifnya adalah materi menjadi lebih bermakna bagi siswa, khususnya untuk pembelajaran fisika yang membutuhkan visualisasi materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan pemanfaatan e-learning pada pembelajaran fisika selama masa pandemi. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan adalah wawancara kepada guru Fisika di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Garut. Berdasarkan hasil wawancara tersebut didapatkan hasil bahwa MAN 1 Garut telah menggunakan e-learning berupa Learning Management System (LMS) sejak pembelajaran dilaksanakan secara daring yaitu sejak tahun 2020. LMS menjadi alternatif yang sangat membantu dalam proses pembelajaran. Guru dapat memantau aktivitas perkembangan peserta didik dan juga sebagai indikator penilaian peserta didik. Selain itu LMS memudahkan peserta didik dalam mengakses materi dan mengikuti pembelajaran daring.
Pemanfaatan Alat Penumbuk Beras Tradisional Aceh (Jeungki) sebagai Media Pembelajaran Fisika Berbasis Kearifan Lokal Syahri Rahmatillah; Ulvi Rahmati; Hikmah Nufus; Safriana Safriana; Nanda Novita
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika Vol 2, No 2 (2022): December 2022
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpif.v2i2.1952

Abstract

Peranan pendidikan sangat penting bagi bangsa dan Negara yang menjadi landasan pendorong bangsa agar menjadi lebih baik. Siswa-siswa dapat membentuk pengetahuan, pemahaman, dan wawasan dengan mengaitkan konsep pembelajaran pada alat tradisional sebagai kearifan lokal yang ada pada suatu tempat pada mata pelajaran fisika agar memberi makna dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan dan wawasan pada siswa dengan memanfaatkan jeungki yang dikenal sebagai alat penumbuk beras tradisional Aceh sebagai media pembelajaran yang berbudaya bangsa untuk menambah pengenalan siswa mengenai konsep fisika. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian eksploratif, dari penelitian eksplorasi ini ialah penelitian yang memberikan sedikit definisi atau penjelasan mengenai konsep atau pola yang digunakan di dalam penelitian menggunakan teknik berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa, pada proses penumbuk beras terdapat konsep fisika penerapannya pada materi gaya, usaha/energi, dan momentum.

Page 1 of 1 | Total Record : 6