cover
Contact Name
Ratna Purwanti
Contact Email
ratna.purwanti@ulm.ac.id
Phone
+6281348382024
Journal Mail Official
jikad@ulm.ac.id
Editorial Address
Jl. Brigjen H. Hasan Basri, Banjarmasin
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
ISSN : 28085698     EISSN : 28084551     DOI : https://doi.org/10.20527/jikad.v1i1
Core Subject : Education,
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) terbit tiga kali setahun pada bulan Februari, Juni dan Desember. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir skripsi mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan anak usia dini yang belum pernah dimuat/diterbitkan di media lain, dengan ruang lingkup: Perkembangan Nilai agama dan moral AUD Perkembangan Fisik-Motorik AUD Perkembangan Kognitif AUD Perkembangan Bahasa AUD Perkembangan Sosial-Emosional AUD Perkembangan Seni AUD Model Pembelajaran dan Pengembangan Anak Usia Dini Inovasi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Media dan Teknologi Pembelajaran Anak Usia Dini Kemitraan PAUD dan Masyarakat Pengembangan Kreatifitas Anak Usia Dini Pola Asuh Anak Karakter Anak Usia Dini Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Psikologi perkembangan anak Alat bermain dan Permainan Anak Usia Dini
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): Juni" : 5 Documents clear
MENGEMBANGKAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRATION, MODEL NUMBER HEAD TOGETHER, DAN PERMAINAN TRADISIONAL PADA ANAK USIA DINI mujahaddah mujahaddah; Rustam Effendi; Wahdah Refia Rafianti
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.481 KB) | DOI: 10.20527/jikad.v1i1.3219

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aktivitas anak, dan capaian perkembangan sosial emosional melalui Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisional. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu anak kelompok A2 berjumlah 12 orang, yaitu 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Dari hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa menerapkan Model Demonstration, Model Number Head Together dan Permainan Tradisional dapat mengembangkan aktivitas anak dan hasil perkembangan sosial emosional anak dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) atau êêêê dan sangat aktif. Disarankan untuk kepala sekolah, guru, maupun untuk peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan dan menerapkannya untuk kepentingan pendidikan dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional pada diri anak agar lebih baik lagi.Kata kunci: Sosial Emosional, Menaati Aturan, Model Demonstration, Model Number Head Together, dan Permainan Tradisional
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK MELALUI METODE STORY TELLING, MODEL TALKING STICK DAN MODEL PICTURE AND PICTURE hairunnisa milana
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.96 KB) | DOI: 10.20527/jikad.v1i1.3220

Abstract

Ketertarikan anak TK pada cerita yang ditampilkan akan dapat memunculkan ide-ide baru atau gagasan yang dapat meningkatkan bahasa anak. Dalam hal tersebut anak dilatih untuk berpikir logis, anak dapat berbicara dalam menjawab beberapa pertanyaan, mengungkapkan alasan-alasan dari pertanyaan-pertanyaan yang menjadi acuan pada gambar-gambar yang telah mereka lihat tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktifitas guru, aktifitas anak serta hasil perkembangan bahasa anak dalam kemampuan menjawab pertanyaan yang lebih komplek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subyek penelitian berjumlah 13 anak yaitu 5 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru terlaksana dengan sangat baik, aktifitas pembelajaran anak secara signifikan meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat aktif dan hasil perkembangan bahasa anak mencapai 100%. Diharapkan hasil dari penelitian tersebut dapat dijadikan masukan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa dan hasil perkembangan anak. Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Metode story telling, Model talking stick, model picture and picture
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK MOTORIK HALUS MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TALKING STICK DAN MEDIA KERTAS PADA ANAK KELOMPOK A ghina faizah; Muhammad Dani Wahyudi
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.748 KB) | DOI: 10.20527/jikad.v1i1.3326

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan kombinasi model Explicit Instruction dengan model Talking Stick dan media kertas untuk mengembangkan keterampilan motorik halus anak di kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Banjarmasin Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui 4 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak. Analisis data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan model Explicit Instruction, model Talking Stick dan media kertas yaitu dapat meningkatkan aktivitas anak dengan sangat aktif dan keterampilan motorik halus anak tercapai dengan berkembang sangat baik (BSB). Penggunaan model da media pembelajaran tersebut dapat menjadi alternatif pilihan dalam mengembangkan aspek motorik halus anak.Kata kunci: Motorik halus, Explicit Instruction, Talking Stick, Media Kertas
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF MELALUI KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, METODE BERMAIN ANGKA DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK USIA DINI fitriana fitriana; Novitawati Novitawati
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.363 KB) | DOI: 10.20527/jikad.v1i1.3221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan melalui kombinasi model Make A Match, metode bermain angka dan media Papan Flanel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penlitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam empat pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan kombinasi Model Make A Match, Metode Bermain Angka, Media Papan Flanel meningkatkan aktivitas guru hingga mencapai 100% atau sangat aktif, aktivitas anak mencapai 100% atau Berkembang Sangat Baik, dan hasil perkembangan kognitif anak mencapai 100% atau Berkembang Sangat Baik. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pemilihan model dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.Kata kunci: Kemampuan Aspek Kognitif, Mencocokkan Bilangan Dengan Lambang Bilangan, Model Make A Match, Metode Bermain Angka, Media Papan Flanel
MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA DAN MORAL MELALUI KOMBINASI MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN MAKE A MATCH PADA ANAK USIA DINI helda norjanah
Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) Vol 1, No 1 (2021): Juni
Publisher : Universitas Lambung Mangkurat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.206 KB) | DOI: 10.20527/jikad.v1i1.3222

Abstract

Kemampuan mengenal perilaku baik dan buruk pada anak tingkat pencapaian belum sesuai, hal ini disebabkan guru dalam penguasaan kelas masih kurang, materi disampaikan melalui ceramah dan tanya jawab sehingga anak terlibat pasif dalam pembelajaran. Masalah pembelajaran tersebut dapat diatasi melalui kombinasi model Examples Non Examples   dengan model Number Head Together (NHT) dan Make A Match. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini diharapkan dapat terjadi peningkatan terhadap kemampuan nilai agama serta moral pada anak usia dini melalui penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan satu siklus dengan tiga kali pertemuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Hasil temuan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan nilai agama dan moral terjadi peningkatan ketercapaian aktivitas guru sebesar 86% dan aktivitas anak sebesar 84%. Berdasarkan hasil temuan diharapkan dapat digunakan sebagai referensi serta alternatif dalam pemilihan model dalam upaya mengembangkan kemampuan nilai agama serta moral anak usia dini.Kata kunci: Nilai agama dan moral, perilaku baik dan buruk, model Examples Non Examples, model Number Head Together (NHT), Model Make A Match.

Page 1 of 1 | Total Record : 5