cover
Contact Name
Meutia Rahmah
Contact Email
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285260020879
Journal Mail Official
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Institut Agama Islam Negeri Langsa Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jl. Meurandeh Langsa Lama Kota Langsa Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25279122     EISSN : 27981967     DOI : https://doi.org/10.32505/intisyar
Core Subject : Education,
AL INTISYAR: Jurnal Bahasa Arab emphasizes specifications in the discourse of Arabic. AL INTISYAR invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of Arabic from a wide range of scholarly perspectives. The journal focuses on Arabic learning.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021" : 6 Documents clear
Faāliyatu Istikhdām Fīlm Ar-rusūm Al- Mutaharrikah Li At-Tasyjī`At- ṭullābi Fī Mahārah Al-Kalāmi Bī MAN 2 Langsa Rusdy Iskandar
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1359.475 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3357

Abstract

Film Animasi adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara oleh karena itu penulis ingin melakukan penelitian tentang film animasi dan efektivitas penggunaannya dalam pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa. Karena media ini belum pernah digunakan di sekolah ini. dengan demikian peneliti ingin menjawab pertanyaan berikut apakah penggunaan Film animasi pada pembelajaran keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa efektif? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan film animasi dalam keterampilan berbicara di sekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian yaitu semua kelas 10 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 150 orang. Adapun sampenya adalah siswa kelas 10 MIA1 sebagai kelas eksperimen dan 10 MIA2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan tes awal dan akhir dalam pengumpulan data dan sesudah melakukan penelitian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Film Animasi dalam keterampilan berbicara di MAN 2 Langsa sangat efektif hal ini dibuktikan dengan tes yang dilakukan di dua kelas karena hasil uji t 3,163 lebih besar dari pada 2,021 pada t tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesa diterima.
Taqwīm Istima` Khilālu Fitratul Al-Wabā’ Fī Ma`hād As-salam Tanjung Pura Nur Adela Afriza
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1535.043 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3359

Abstract

Peneliti berusaha mengkaji tentang bagaimana evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung. Selama pandemi berlangsung peneliti melihat bahwa evaluasi di pondok pesantren tersebut berkurang atau masih tergolong rendah, hal ini dikarenakan tidak efektifnya waktu siswa dalam kegiatan belajar mengajar dan dikarenakan minimnya waktu guru tidak memberi evaluasi harian terhadap siswa, sehingga siswa tidak mengetahui sampai dimana pemahaman belajar yang diperoleh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana standart evaluasi siswa selama pandemi, dan bagaimana guru memberi evaluasi istima’ siswa selama pandemi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren al-ikhwan as-salam Tanjung Pura. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: observasi, wawancara dokumentasi, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru bahasa Arab istima’. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasannya evaluasi pembelajaran Istima’ Selama Pandemi Di Pondok Pesantren Al-Ikhwan As-Salam Tanjung Pura adalah: perbedaan dalam standart evaluasi selama pandemi dan sebelum pandemi tidak ada hanya saja waktu dan jam pembelajaran yang dikurangkan. Adapun guru dalam memberi evaluasi dengan menggunakan video yang terbagi menjadi dua level: level A dan Level B, kemudian murid mendengarkan lafal yang benar sesuai pendengaran masing-masing, dan mengisi titik-titik.
Taṣhmīm Lu’bah Al- ghāz Lil Marhalah Aṡ- ṡanawiyyah Fī Ta’līmi Al-Mufrādat Dewi wulandari
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1771.465 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3362

Abstract

Proses pembelajaran seringkali siswa dihadapkan pada pembelajaran yang kurang menarik. Setiap guru hendaknya memiliki desain pembelajaran, terutama pembelajaran bahasa asing seperti bahasa arab. pembelajaran bahasa arab yaitu suatu upaya pendidik terhadap peserta didik dalam interaksi belajar bahasa arab supaya siswa dapat mempelajari sesuatu dengan efektif dan efisien. Bahasa tidak dapat dipisahkan dari kosa kata, begitu juga dengan bahasa arab. Karena kosa kata merupakan unsur utama dalam suatu bahasa. Oleh karena itu peneliti mendesain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas desain permainan teka-teki silang, untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap desain permainan teka-teki silang, serta untuk mengetahui bagaimana penerapan desain permainan teka-teki silang untuk tingkat Tsanawiyah dalam pembelajaran mufradat. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, angket, serta pre test dan post test. Hasil penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata hasil keseluruhan validasi tim ahli yaitu sangat valid. Hasil angket siswa diperoleh respon sangat tertarik dan hasil angket guru diperoleh respon sangat setuju. Dan dari hasil uji t diperoleh hasil t hitung 2,225 dan t tabel 1,860. Berdasarkan hasil uji t tersebut dapat diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dapat dilihat dari hasil pre test dan post test diperoleh hasil post test (87,4) lebih baik daripada pre test (55,6), Berdasarkan hasil penelitian tersebut, desain permainan teka teki silang tersebut dapat meningkatkan mufradat siswa kelas VIII di MTsS Mukhtariyah Besitang.
Musykilātu Al- Mu`allim `alaTa`līm Al-lughah Al-`arabiyyah Bi’ibril Intirnit Bī MtsS MIM Langsa Mutia Meilida
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (991.041 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3364

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. penelitian ini membahas tentang Problematika Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Secara Daring di MTsS MIM Langsa selama masa Pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi guru dalam proses pelaksanaan kelas daring dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut. Penelitian ini dilakukan di MTsS MIM Langsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut, 1) Proses pembelajaran Bahasa Arab selama pandemi covid-19 berlangsung secara daring atau online, yaitu guru menyiapkan RPP, smartphone, buku dan media lainya, pelaksanaan pembelajaran guru menyampaikan materi, melakukantanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang dilakukan guru dengan memeriksa tugas yang dikirimkan siswa dengan cara difoto dan dikirimkan melalui whatsapp dan menuliskannya dilaporan. 2) Problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan kelas daring selama pandemi covid-19 yaitu, tidak semua siswa mempunyai smartphone, keterbatasan kuota internet, koneksi internet yang tidak stabil, kurangnya dampingan orang tua pada saat pembelajaran sehingga menyebabkan siswa kurang disiplin.
Asālību Quantum Learning Wa Taṭbīquhā Fī Ta`līm Al-lughah Al-`arabiyyah Siti Jumilah
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1476.431 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3410

Abstract

Quantum adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan yang luas, nyaman, dan menyenangkan bagi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh sebab ini peneliti tertarik mencoba melakukan penelitian tentang model Quantum Learning dan penerapannya dalam pembelajara Bahasa arab di MTsS Bustanul Huda Langsa, adapaun rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah model pembelajaran quantum Larning mampu meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa di MTsS Bustanul Huda Langsa 2) bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembealajaran bahasa Arab di MTsS Bustanul Huda?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas II MTsS Bustanul Huda Langsa yang berjumlah 68 siswa pada tahun ajaran 2021-2022 dan tehnik pengambilan sampel non probability sampling dan yang menjadi sampelnya kelas VIII¹ sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 orang dan VIII² kelas ekperiman dengan jumlah 23 orang, dan instrument penelitian observasi, angket dan tes. Setelah data terkumpul maka hasil yang didapat peneliti menunjukan penerapan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning di MTsS Bustanul Huda Langsa efektif hal ini dibuktikan dengan hasil dari uji t dengan menggunakan SPSS23 0,087 > 0,05 maka hipotesis ini diterima dan jika kurang dari 0.05 maka hipotesis ini ditolak . dan hasil pembelajaran sebelum diterapkan model belajar Quantum Learning nilai rata-rata 55, 21 di kelas kontrol dan 66,73 kelas eksperimen, dan setalah diterapkan model pembalajaran Quantum L
Wasīlatu Adobe Flash Wa Faāliyatu Istikhdāmī hā Litarqiyah Qudratu At- ṭullābi `ala Al- Mufradat Mar'atus Sholehah
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 6 No 2 (2021): VOLUME 6 No. 2 Tahun 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1571.397 KB) | DOI: 10.32505/intisyar.v6i2.3640

Abstract

Mufradat adalah salah satu unsur bahasa yang paling penting yang harus dikuasi oleh setiap pelajar bahasa asing untuk meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi. Peneliti melihat bahwa banyak dari guru masih menggunakan media pembelajaran yang lama yaitu media buku dan papan tulis saja dalam kegiatan belajar bahasa arab, dan media ini belum mendorong siswa dalam pembelajaran bahasa arab khususnya mufradat, dan mereka mengalami masalah seperti bosan, mengantuk, dan lain-lain. Dan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media adobe flash untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat. Pendekatan yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan di MTs Swasta Geudubang Aceh. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam pembelajaran mufradat adalah baik sekali, dan penggunaan media adobe flash untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mufradat efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6