cover
Contact Name
Meutia Rahmah
Contact Email
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Phone
+6285260020879
Journal Mail Official
alintisyar@iainlangsa.ac.id
Editorial Address
Institut Agama Islam Negeri Langsa Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jl. Meurandeh Langsa Lama Kota Langsa Aceh
Location
Kota langsa,
Aceh
INDONESIA
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 25279122     EISSN : 27981967     DOI : https://doi.org/10.32505/intisyar
Core Subject : Education,
AL INTISYAR: Jurnal Bahasa Arab emphasizes specifications in the discourse of Arabic. AL INTISYAR invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related. That aims to encourage and promote the study of Arabic from a wide range of scholarly perspectives. The journal focuses on Arabic learning.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 45 Documents
THARIQAH CIRC WA FA’ALIYYATU ISTIKHDAMIHA FI TA’LIMI AL-QIRAAT BI MTSN 1 LANGSA Nurul Hayati; Meutia Rahmah
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (847.562 KB)

Abstract

Pembelajaran membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang penting yang harus dipahami oleh setiap pelajar bahasa asing untuk meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di sekolah bahwaada banyak masalah siswa dalam belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran membaca diantaranya, siswa tidak dapat membaca teks, siswa tidak dapat memahami isi bacaan bahkan ketika guru memberikan pertanyaan dalam bahasa arab mereka tidak mampu menjawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (one group pre test - post test). Penelitian ini menggunakan instrumen tes yang dilakukan dengan 2 tahap yaitu Pre Test dan Post Test. Sesudah peneliti melakukan penelitian maka hasil penelitian ini adalah penggunaan metode CIRC dalam pembelajaran qiraah efektif, hal ini dibuktikan t hitunglebih besar dari t tabelyaitu 2,5>2,00 dan kemampuan siswa dalam pembelajaran qiraah dengan menggunakan metode CIRC di MTsN 1 Langsa mengalami peningkatan.
TAHLILU AL-INKHIFADH ‘ALA QUDRATI AT-THALABATU FI MUHADASATI BI MA’HADI NURUL ‘ULUM PEUREULAK Nurainun Ayu Fatanah; Mutia Hanum
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.702 KB)

Abstract

Adapun muhadatsah dengan Bahasa Arab di ma’had Nurul Ulum terus menurun dari waktu ke waktu.Hal ini terlihat pada kegiatan muhadatsah harian siswa di lingkungan ma’had, siswa lebih banyak bermuhadatsah menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa daerah dan mereka jarang bermuhadatsah dengan menggunakan Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadikan kemampuan muhadatsah siswa menurun. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif analisis, dengan pendekatan kualitatif, dengan instrumen penelitian berikut ini: observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa pada kelas dua aliyah dengan jumlah 36 siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu 36 siswa, dengan teknik pemilihan sampel yang digunakan peneliti adalah Purposive Sampling. Dan adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) Faktor Internal: Siswa tidak mempunyai kesadaran diri untuk bermuhadatsah, siswa tidak menyukai Bahasa Arab, siswa merasa bingung karena terdapat tiga bahasa didalam ma’had, siswa tidak bermuhadatsah karena malas, siswa takut salah dalam bermuhadatsah, siswa tidak mempunyai motivasi dalam bermuhadatsah, siswa tidak mempunyai minat dalam bermuhadatsah. (2) Faktor Eksternal: Guru tidak menggunakan media pembelajaran yang beragam dalam proses belajar mengajar, guru tidak banyak berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Arab, guru selalu memberikan tugas hafalan, guru tidak menggunakan permainan selama proses belajar mengajar, tidak terdapat dukungan dari wali santri, tidak terdapat program yang beragam atau program baru, adanya hukuman bagi pelanggar bahasa, proses muhadatsah yang tidak seketat dahulu, senior yang tidak bermuhadatsah dengan bahasa arab dan tidak dikenakan hukuman pada mereka, dan teman yang tidak mau ikut bermuhadatsah.
KHASAISH LU’BATUL LUGHATUL ‘ARABIYAH Mahdi Wahyuni Salam
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.675 KB)

Abstract

Bahasa Arab memiliki karakteristik yang unik dan universal. Dikatakan unik, karena bahasa Arab memiliki ciri khas yang membedakannya dengan bahasa-bahasa lainnya, sedangkan Universal berarti adanya kesamaan nilai antara bahasa Arab dengan bahasa lainnya. Diantara ciri khas bahasa Arab dapat ditinjau dari aspek bunyi yang sebagian bunyi dalam bahasa Arab tersebut tidak dimiliki oleh bahasa lain. Aspek pembentukan pola kata (Mufradat) yang fleksibel, baik melalui Derivasi (Tashrif Isytiqaiy) maupun dengan cara Infleksi (Tashrif I’rabiy). Struktur Sintaksis (nahwu) yaitu perubahan bunyi akhir kata yang tidak terdapat dalam bahasa lain, baik perubahan harakat ataupun perubahan huruf sesuai dengan jabatan atau kedudukan dalam suatu kalimat.
LU’BAH MENGELUARKAN KATA ASING WA FA’ALIATI ISTIKHDAMIHA LI TARQIYATI THULABAH ‘ALA MAHARATIL QIRAAH BI MTsN 9 ACEH TIMUR Intan Ulfa; Fuji Astuti
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.106 KB)

Abstract

ABSTRAK Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, dan aktifitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan aktifitas memahami qiraah dengan baik. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa proses belajar mengajar antara guru dan siswa dikelas delapan sekolah MTs N 9 Aceh Timur mengalami kesulitan karna para siswa masih kurang dalam pemahaman qiraah. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab disekolah MTs N 9 Aceh Timur membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran qiraah. Maka dipilihlah permainan “ Mengeluarkan Kata Asing” untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qiraah disekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen True Experimental Design. Dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan di MTs N 9 Aceh Timur pada tahun ajaran 2019-2020 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa 152 siswa, dan peneliti mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 38 siswa dengan menggunakan teknik purpose sampling. Dan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan tes (awal dan akhir) sebagai instrument dalam mengumpulkan data, dan sesudah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan : bahwa penerapan permainan mengeluarkan kata asing ini berpengaruh pada pembelajaran maharah qiraah dan bahwa penerapan permainan mengeluarkan kata asing di MTsN 9 Aceh Timur sungguh efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah membaca , hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) hitung 7,993 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
LU’BAH MENGURUTKAN CERITA WA FA’ALIYATUHA FI TA’LIMI AL-LUGHATUL ‘ARABIYAH LI TARQIATI QUDRATU ATHULLAB ‘ALA MAHARATI AL-QIRAAH BI SMAN 2 LANGSA Nur Kharisma; Rahmatunnisak
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 1 (2020): VOLUME 5 NO 1 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (305.788 KB)

Abstract

ABSTRAK Permainan mengurutkan cerita merupakan salah satu permainan bahasa yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dan permainan tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap membaca. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui: efektivitas penggunaan permainan mengurutkan cerita untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketramipilan membaca Di SMAN 2 Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 2 Langsa. Populasi dari penelitian ini meliputi siswa kelas dua di SMAN 2 Langsa dengan jumlah siswa 169 orang. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas dua dengan jumlah siswa 38 orang, Adapun kelas dua (VIII2) kelas eskperimen dengan jumlah siswa 19 0rang, dan kelas dua (VIII3) kelas kontrol dengan jumlah siswa 19 orang, dan peneliti menggunakan: observasi, dan wawancara, dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: Penggunaan permainan mengurutkan cerita dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap ketramipilan membaca efektif, berdasarkan hasil t hitung4,24lebih besar dari t tabel 3,32, maka hipotesis dalam penelitian ini diterima.
TA’TSIR AT-THARIQAH RESITASI WA ISTIKHDAMUHA ‘ALA TATHWIRIN MA’RIFII LI THULLAB FII MAHARATIL ISTIMA’ BI MAN 1 LANGSA Fakhrun Nisa; M. Fadli
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 2 (2020): VOLUME 5 No 2 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.283 KB)

Abstract

ABSTRAK Judul penelitian ini adalah Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Perkembangan Kognitif Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode ResitasiTerhadap Perkembangan Kognitif Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa, dan Apa saja pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap Kognitif Siswa Pada Kemahiran Mendengar di MAN 1 Langsa. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian eksperimen menggunakan metode resitasi. Ini adalah cara yang cocok untuk digunakan dalam meningkatkan keterampilan mendengar. Dan adapun metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen quasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini meliputi 118 siswa kelas XI di MAN 1 Langsa tahun pelajaran 2019-2020 dengan jumlah sampel 22 siswa dari kelas kontrol dan 22 siswa dari kelas eksperimen. Dan instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: metode resitasi berpengaruh besar terhadap perkembangan kognitif siswa khususnya kemahiran mendengar, ini di buktikan dengan nilai t-hitung 2,04 lebih besar dari pada nilai t-tabel 1.697, dan macam-macam pengaruh dari penggunaan metode resitasi terhadap perkembangan kognitif siswa pada kemahiran mendengarkan di MAN 1 Langsa yaitu : siswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik, siswa dapat memecahkan masalah dan siswa mengetahui materi yang baru dari materi yang di ajarkan oleh guru.
DAURUL MARKAZUL LUGHAH LITARQIYATUL QUDRATUL THALABAH A’LAL MUHADATSAH BI MA’HAD NURUL ULUM PEREULAK Lucyana Ambarwati; Burhanuddin Sihotang
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 2 (2020): VOLUME 5 No 2 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.237 KB)

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil penelitian tentang peran lembaga pengembangan bahasa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam muhadatsah yaumiyyah di Pesantren Nurul Ulum Peureulak. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2020/2021 untuk mengetahui bagaimana peran lembaga pengembangan bahasa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam muhadatsah yaumiyyah di Pesantren Nurul Ulum Peureulak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis yaitu metode yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai data, karena peneliti ingin menjelaskan data yang didapat. Dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian lapangan. Dan instrument penelitianya adalah observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya adalah: peran yang dilakukan lembaga pengembangan bahasa dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam muhadatsah yaumiyyah di Pesantren Nurul Ulum Peureulak adalah Lembaga Pengembangan Bahasa sebagai fasilitator, lembaga pengembangan bahasa menyediakan tutor dari organisasi siswa dan guru non-pengasuh dalam kegiatan belajar atau bahasa.
ISTIKHDAMU LU’BAH ASYA UDDHA IAH FI TA’LIM LUGHAH ‘ARABIYAH BI MTs S TERPADU LANGSA Zara Asrumiati; Fuji Astuti
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 2 (2020): VOLUME 5 No 2 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.856 KB)

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, dan aktifitas membaca pada hakikatnya bukan sekedar mengucapkan lambang-lambang bunyi (huruf) dalam sebuah teks, tetapi merupakan aktifitas memahami bacaan dengan baik. Untuk itu, pembelajaran bahasa arab disekolah MTs S Terpadu Langsa membutuhkan adanya peningkatan untuk memberikan ketertarikan pada siswa dalam pembelajaran qiraah. Maka dipilihlah permainan “ Kata yang Hilang” untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap pemahaman qiraah disekolah ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dan populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan di MTs s Terpadu langsa pada tahun ajaran 2019-2020 yang terdiri dari 407 orang siswa, dan siswa mengambil 66 orang siswa sebagai sampel dengan menggunakan teknik purpose sampling. Dan peneliti menggunakan observasi, wawancara dan tes (awal dan akhir) sebagai instrument dalam mengumpulkan data, dan sesudah melakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan bahwa : Permainan Kata yang Hilang pada Kemahiran Membaca di MTs S Terpadu Langsa Efektif, hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan di dua kelas karena hasil dari uji (t) hitung 4,189 lebih besar daripada 2,000 pada uji (t) tabel, maka hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.
FA’ALIYAH ISTIKHDAM LU’BAH MENYUSUN HURUF FI TA’LIM ALMUFRADAT BI MA’HAD TAHFIZ WAHYU RIZKI LANGSA Wan Rusnidar; Meutia Rahmah
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 2 (2020): VOLUME 5 No 2 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.026 KB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan Bahasa Alquranul Karim dan Bahasa ahli syurga dan sangat penting bagi orang muslim untuk mempelajarinya. Karena banyak buku tentang agama yang ditulis dengan Bahasa Arab. Dalam belajar Bahasa Arab harus bisa menghafal mufradat. Dalam mengajarkan mufradat bisa menggunakan permainan bahasa. Dan oleh sebab itu penelitian ini meneliti tentang Efektivitas Penerapan Permainan Menyusun Huruf Pada Pembelajaran Mufradat di Pesantren Tahfizh Wahyu Rizki Langsa. Karna sebelumnya di pesantren ini belum pernah menggunakan permainan ini. tujuan permainan ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Permainan Menyusun Huruf Pada Pembelajaran Mufradat di Pesantren Wahyu Rizki Langsa. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dan populasi penenlitian ini di laksakan Pesantren Tahfizh Wahyu Rizki. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Permainan Menyusun Huruf Pada Pembelajaran Mufradat di Pesantren Tahfizh Wahyu Rizki Langsa Efektif, Hal ini dibuktikan dengan tes akhir yang dilakukan karna hasil dari Post test 88,40 > -2,60.
ISTIKHDAMU WASILATU SHURATU AL MUTAHARIKATU LITARQIYATI QUDRATU AT-THALABATU ‘ALA MAHARATI AL-QIRAATU BI MTS TERPADU LANGSA Rahmiati; Munirah
Al Intisyar: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Vol 5 No 2 (2020): VOLUME 5 No 2 TAHUN 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan bahasa Arab IAIN Langsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (287.88 KB)

Abstract

Penggunaan Gambar Gerak adalah cara dalam membangun bentuk dasar jiwa dalam proses belajar mengajar, dimana kemungkinan siswa dapat mengidentifikasi pengenalan diri dengan sisi konkret dan nyata dalam memaknai bahasa dan makna kata dengan pelafasan dan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam maharah qiraah serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar gerak untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam maharah qiraahdi MTs Terpadu Langsa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalahPre-Experimental Designs. Peneliti melakukan penelitian ini didalam satu kelas yang disebut dengan “One Group Pree-Test Post-Test Design”. Sistem Analisis Data adalah wawancaradan Tes, kemudian untuk hasil pre-test dan post-test peneliti menggunakan “SPSS 16” dengan analisis Simple Independent Test. Dan populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas 2 di Mts Terpadu Langsa dan jumlah mereka 171 Siswa, dan Sampelnya adalah Kelas2(2) dan jumlah mereka adalah 35 Siswa.Cara Pengambilan Sampel menggunakan Purposive Sample.Setelah peneliti menganalisis data maka peneliti menemukan hasil penelitian yaitu: Penggunaan media gambar gerakyang dapat mengutamakan aktivitas komunitas dan membaca siswa dengan memperhatikan gambar yang sesuai dengan teks cerita, sehingga dengan demikian secara langsung atau tidak langsung siswa akan memunculkan potensi yang ada pada diri mereka masing-masing. Dan pengaruh penggunaan media gambar gerak efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa pada maharah qiraah, hal ini bisa dilihat dari jumlah rata-rata nilai Post-Test adalah 81,86, Peneliti percaya bahwa hasil tes (Z-Test) (-9.200) dan signifikansi (sig) memperoleh hasil (.000) yang artinya lebih kecil dari nilai ketentuan (0.000) < (0.05).