cover
Contact Name
Verdi Yasin
Contact Email
verdiyasin29@gmail.com
Phone
+62213905050
Journal Mail Official
tridharmadimas.jayakarta@gmail.com
Editorial Address
Jalan Salemba I Nomor 10, Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, 10430 DKI Jakarta, Indonesia
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
Tridharmadimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta
ISSN : 27988554     EISSN : 27988295     DOI : 10.52362
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta adalah Jurnal untuk mempublikasikan hasil pengabdian masyarakat, yang telah dilakukan atau dilakanakan oleh seoran akademisi (Dosen) sebagai bentuk menjalankan tugas dan tanggung jawab seorang akademisi dalam menjalakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama pada Pengabdian kepada Masyarakat sesuai bidang Ilmu seorang akademisi mengajar. untuk itu kami menjelaskan bidang ilmu yang dapat dipublikasikan pada Jurnal TRIDHARMADIMAS ini, yakni: Bidang Ilmu Komputer, Bidang Teknologi Informasi, Bidang Sistem Informasi, Bidang Inormatika, Bidang Sistem Komputer, Bidang Teknik Elektro, Bidang Komunikasi, Bidang Ekonomi & Sains, Bidang Manajemen & Sains, Bidang Bisnis, Bidang Akuntansi, Bidang Sosial.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 36 Documents
Perancangan Sistem Informasi Keluhan Pasien Pada Puskesmas Kelurahan Paseban Ito Riris Immasari; Sofia Dara Sari
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.475 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.648

Abstract

Keluhan pasien merupakan hal sangat penting untuk dipelajari bagi pelayanan yang diberikan puskesmas agar semakin menyenangkan pasien. Keluhan pasien jika tidak ditangani dengan serius maka akan berdampak buruk pada citra puskesmas. Puskesmas kelurahan paseban saat ini masih menggunaan cara manual dalam proses pengisin serta rekap hasil keluhan pasih, hal itu membuat admin sering merasa kesulitan dalam malakukan proses rekap hasil keluhan pasien dan tidak menutup kemungkinan admin sering mengalami kesalahan input data, cara ini dianggap tidak efektif dan tidak effisien sehinnga perlu dibuat sebuah system yang dapat membantu admin dalam membantu melakukan proses rekap hasil keluhan serta mempermudah admin mengetahui sarana dan prasarana apa yang harus segera diperbaiki menjadi lebih efektif dan effisien dengan bantuan sistem berbasis web yang terkomputerisasi.
PELATIHAN MS.POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRESENTASI YANG ATRAKTIF BAGI KADER PKK KELURAHAN KEBON BAWANG Laila Septiana; Cahyani Budihartanti; Heriyanto Heriyanto; Ika Kurniawati
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 1 (2021): TRIDHARMADIMAS: July 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1068.315 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i1.492

Abstract

Berkembangnya teknologi saat ini mendorong hampir diseluruh lapisan masyarakat tak terkecuali para ibu rumah tangga untuk dapat mengikuti dan menggunakan teknologi komputer tersebut. Mitra Pengabdian Masyarakat kali ini adalah dari ibu-ibu Kader Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara. Banyak tugas-tugas yang dilakukan oleh mitra, yaitu diataranya adalah penyampaian penyuluhan-penyuluhan berupa informasi kesehatan, pendidikan, keterampilan keluarga, pengembangan dan peningkatan kesejahteraan keluarga dan lain-lain yang membutuhkan suatu media presentasi yang baik dan menarik serta atraktif agar mudah dimengerti oleh audience. Ada beberapa masalah yang dihadapi oleh para kader PKK Kebon Bawang Jakarta Utara, diantaranya adalah penyampaian materi penyuluhan dan materi pengajaran yang dilakukan Oleh PKK masih face to face tanpa bantuan media presentasi yang baik, dokumentasi materi penyuluhan ataupun materi pembelajaran masih dilakukan dengan cara penyampaian konvensional dan cenderung monoton sehingga dirasakan kurang menarik dan kurang tersampaikannya isi pesan dan informasi yang ada pada penyuluhan, Kurangnya keterampilan mitra dalam pembuatan materi presentasi dengan penggunaan aplikasi komputer. Dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi Ms. Power Point ini diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi untuk membantu Mitra yaitu untuk dapat membuat suatu file presentasi yang lebih menarik dan atraktif sehingga informasi, materi dan pesan yang disampaikan pada saat penyuluhan maupun pengajaran sehingga dapat lebih mudah dimengerti oleh para audience. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu Mitra agar dapat meningkatan keterampilan dalam penggunaan teknologi komputer khususnya kemampuan dalam membuat dan menyajikan materi presentasi yang lebih atraktif dengan menggunakan Ms. Power point.
Tools Rekayasa Perangkat Lunak dalam Membuat Pemodelan Desain Menggunakan Unified Modeling Language (UML) Verdi Yasin
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.666

Abstract

Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak berorientasi Objek, saat ini menggunakan tools pemodelan desain yang sesuai dengan model perancangan aplikasi sistem berorientasi objek. Dalam membangun suatu aplikasi sistem berorientasi objek atau berorientasi langsung dengan para pengguna (Users), maka tools yang tepat untuk di gunakan sebagai tools perancangan aplikasi sistem berorientasi objek yang dapat menggambarkan model proses (blueprint) dari suatu Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek ialah Unified Modeling Language (UML). Unified Modelling Language (UML) adalah suatu metode dalam pemodelan secara visual yang digunakan sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek. Awal mulanya, UML diciptakan oleh Object Management Group dengan versi awal 1.0 pada bulan Januari 1997 [13]. Pada September 1997 lahirlah Unified Modeling Language (UML) versi 1.1 dengan 8 buah diagram, Pada tahun 1999 lahirlah Unified Modeling Language (UML) versi 1.3, menjadi 9 buah diagram, dengan penambahan “Business use case Diagram”, Pada bulan Mei 2001 lahirlah Unified Modeling Language (UML) versi 1.4, menjadi 10 buah diagram, dengan penambahan “Object Diagram”, Pada tahun 2002 lahirlah Unified Modeling Language (UML) versi 2.0, menjadi 13 buah diagram, dengan penambahan menjadi 13 buah diagram [1]-[3]. Model diagram proses yang dapat di kembangkan atau dibangun menggunakan Unified Modeling Language (UML) ialah Use Case Diagram, Business Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, Object Diagram, Class Diagram, StateChart Diagram, Collaboration Diagram, Component Diagram, Deployment Diagram, Composite Structure Diagram, Interaction Overview Diagram, Package Diagram, Timing Diagram. Unified Modeling Language (UML) diharapkan mampu mempermudah pengembangan perangkat lunak serta memenuhi semua kebutuhan pengguna dengan efektif, lengkap, dan tepat. Hal itu termasuk faktor-faktor scalability, robustness, security. Adapun tujuan dan fungsi perlu adanya Unified Modeling Language (UML) yakni (1) Dapat memberikan bahasa pemodelan visual atau gambar kepada para pengguna dari berbagai macam pemrograman maupun proses umum rekayasa, (2) Menyatukan informasi-informasi terbaik yang ada dalam pemodelan, (3) Memberikan suatu gambaran model atau sebagai bahasa pemodelan visual yang ekspresif dalam pengembangan sistem, (4) Tidak hanya menggambarkan model sistem software saja, namun dapat memodelkan sistem berorientasi objek, (5) Mempermudah pengguna untuk membaca suatu sistem. Dan Unified Modeling Language (UML) berguna sebagai blueprint dalam perancangan berupa coding suatu program. Software yang dapat menggambarkan Unified Modeling Language (UML) ialah Aplikasi StarUML. Aplikasi StarUML dapat digunakan untuk membuat suatu alur atau proses dari suatu prosedur program yang ingin dibuat dengan cara menggambarkan model perangkatnya. Didalam StarUML terdapat beberapa bagian utama dari Unified Modeling Language (UML) yaitu view, diagram, model element, dan general mechanism.
Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komputer Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Sdn Tugu 1 Cimanggis Kota Depok Jawa Barat Sri Mardiyati; Lusi Ariyani; Wahyu Utama; Firdaus Budhy Saputro
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (733.53 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.596

Abstract

Komputer adalah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian berbagai komponen yang saling terhubung sehingga membentuk suatu sistem kerja. Sistem didalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis berdasarkan program yang diperintahkan kepadanya sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan progam yang ada. Salah satu program komputer yang sering digunakan adalah Microsoft Office. Dari hasil observasi awal yang dapat dilakukan tim pengusul sebelum dilaksanakan tindakan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, diketahui bahwa tidak semua guru dan staf menguasai TIK. Kompetensi guru di bidang Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer perlu dioptimalkan, baik dari segi pemahaman materi maupun dari segi ketrampilan praktek. Oleh karena itu diperlukan pemahaman materi dan ketrampilan praktek Microsoft office. Dengan adanya pelatihan penggunaan aplikasi Ms. Power Point ini diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah yang dihadapi untuk membantu Mitra yaitu untuk dapat membuat suatu file presentasi yang lebih menarik dan atraktif sehingga informasi, materi dan pesan yang disampaikan pada saat penyuluhan maupun pengajaran sehingga dapat lebih mudah dimengerti oleh para guru SDN Tugu 1 Cimanggis Kota Depok Kata kunci: Microsoft Office, Powerpoint, Pelatihan, SDN Tugu 1 Cimanggis
Pelatihan Digital Marketing Upaya Peningkatan Perekonomian Pada Karang Taruna Kecamatan Ciomas Bogor Laila Septiana; Cahyani Budihartanti; Indah Purnamasari; Tuslaela Tuslaela; Yumi Novita Dewi
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.49 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.653

Abstract

Karang taruna merupakan wadah aspirasi bagi seluruh masyarakat desa Pagelaran dan para lembaga, dimana visi dari desa Pagelaran adalah “ membangun desa yang maju”. Tugas Karang taruna adalah menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya. Pelatihan yang diberikan oleh Dinas Sosial dalam mengembangkan budi daya ikan dalam pemasarannya masih kurang maksimal. Oleh karena itu pada kegiatan pengabdian masyarakat ini pelatihan yang diberikan adalah edukasi mengenai pemanfaatan teknologi dalam pemasaran dalam bentuk pemasaran digital atau digital marketing. Dengan adanya pelatihan ini maka dapat menambah pengetahuan dan kemampuan para pemuda karang taruna Ciomas dalam memasarkan hasil ikan dengan memanfaatkan digital marketing sehingga dapat meningkatkan penjualan.
MEMBANGKITKAN UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID 19 Winda Suci Lestari Nasution; Patriot Nusa; syahrizal Dwi Putra
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 1 (2021): TRIDHARMADIMAS: July 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1008.572 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i1.494

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Indonesia. UMKM juga merupakan salah satu penyokong perekonomian di Indonesia khususnya pada masyarakat golongan bawah dan menengah. UMKM memiliki peran strategis dalam upaya pemerintah dalam mengatasi kemiskinan dan pengangguran, karena UMKM dapat menyerap tenaga kerja sehingga pengangguran akibat tidak terserapnya angkatan kerja dalam dunia kerja menjadi berkurang. Pandemi Covid-19 yang terjadi melanda seluruh dunia, secara global, termasuk Indonesia, tentu saja berdampak terhadap berbagai sektor terutama di sektor ekonomi. Himbauan untuk mencegah mata rantai penyebaran virus ini mengharuskan masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan mengurangi kegiatan di luar rumah. Semua sendi kehidupan terpengaruhi dan dipaksa untuk mengubah pola hidup, pola kerja, pola berpikir dan pola-pola lain yang dijalankan manusia. Dampak negatif akibat pandemi COVID-19 ini telah menghambat pertumbuhan UMKM. Indonesia yang didominasi oleh UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional terdampak oleh adanya pandemi COVID-19, bukan hanya pada aspek produksi dan pendapatan saja namun juga pada jumlah tenaga kerja yang harus dikurangi dan lain-lain. UMKM kurang memiliki ketahanan dan fleksibilitas dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini dikarenakan beberapa hal seperti tingkat digitalisasi yang masih rendah, kesulitan dalam mengakses teknologi dan kurangnya pemahaman tentang strategi bertahan dalam bisnis.
Pemanfaatan Content Management System (CMS) di Masyasrakat Lingkungan RW.02 Depok. Dyah Rhetno Wardhani; Adhityo Adhityo Kuncoro; Dudi Parulian
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.503 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.597

Abstract

Saat ini lingkungan RW.02 belum memiliki website yang menyajikan informasi yang dibutuhkan masyarakat. Perangkat RW kesulitan dalam membuat website yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan warga lingkungan RW.02. Dibutuhkan pelatihan yang dapat membantu perangkat RW dalam pembuatan website yang mudah dibuat dan digunakan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan akan membantu perangkat RW.02 dalam pembuatan website yang mudah. Pelatihan pembuatan website menggunakan Wordpress akan memudahkan mitra dalam pembuatannya. Wordpress sudah menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pembuatan sebuah website. kegiatan akan diadakan secara virtual dan jika memungkinkan akan diadakan secara tatap muka. pelatihan akan dilakukan dengan penjelasan secara lisan dan peserta akan menjadi pendengar dan melakukan praktek pembuatan websitenya. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan pelatihan dengan mitra melalui penjelasan dan praktek langsung pembuatan web. Pelatihan yang dilakukan bersama dengan mitra RW.02 akan membantu perangat RW dalam membuat website sederhana. Perangkat RW dapat menggunakannya sebagai sarana informasi masyarakat di lingkungan RW.02. Masyarakat akan memperoleh informasi dengan mudah tanpa perlu tatap muka. Tujuan kegiatan PKM ini adalah peningkatan keterampilan bagi perangkat RW.02. Sehingga dapat memberikan informasi yang bermanfat bagi masyarakat di lingkungan sekitar yang membutuhkan. Informasi dapat diakses dimanapun dan kapanpun melalui website Kata kunci: CMS, Web, Informasi
Promosi Keripik Kentang “Terbang” Ibu Yati Oma Melalui Label Produk Kemasan Yayah Rukiah; Taufiq Akbar; FC. Ndaru Ranuhandoko
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1348.394 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.657

Abstract

Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat atau abdimas ini adalah untuk membantu mitra untuk mempromosikan produk dagangnya melalui label dagang/label produk pada kemasan. Abdimas yang dilakukan adalah salah satu kewajiban dari tridarma dosen. Kegiatan ini dilakukan di PKM KERIPIK KENTANG “TERBANG” IBU YATI OMA SRENGSENG JAKARTA BARAT yang berlokasi di Jalan Delima No. 48 Rt 008 Rw 01 Kelurahan Srengseng Kecamatan Kembangan Jakarta Barat. Keripik kentang “Terbang” ibu Yati Oma ini merupakan industri tumah tangga (homeindustry). Industri rumahan selama ini kurang memiliki kemampuan untuk bersaing di pasar, disebabkan karena rendah pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas terhadap penguasaan teknologi serta akses permodalan, padahal keberadaannya memiliki posisi penting dalam perekonomian nasional. Hal ini juga yang terjadi pada industri rumah tangga keripik kentang “Terbang”. Sejak membuka usaha ini sampai sekarang keripik kentang “Terbang” belum memiliki label dagang pada kemasannya. Berdasarkan hal tersebut tim kami berinisiatif untuk memberikan rancangan label dagang yang akan ditempelkan pada kemasan keripik kentang yang merupakan salah satu media promosi. Label memiliki peran penting pada produk makanan kemasan dan harus memenuhi persyaratan pelabelan. Label produk merupakan identitas dari sebuah produk yang akan dipasarkan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar keripik kentang “Terbang” memiliki identitas pada produknya, sebagai pengingat bagi konsumen (brand awareness) dan dapat meningkatkan penjualan. Kata kunci: label dagang, media promosi, keripik kentang, makanan
SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN PEMBUATAN POLIS ASURANSI Ito Riris Immasari; Aditya Prasetyo
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 1 (2021): TRIDHARMADIMAS: July 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1018.997 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i1.490

Abstract

- Pembuatan polis di PT Asuransi Adira Dinamika, Tbk, Departement Operational Centre Policy yang berjalan saat ini belum memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan Perancangan Sistem Informasi Pemantauan Pembuatan Polis Asuransi di PT Asuransi Adira Dinamika Tbk Departement Operational Centre Policy dengan menggunakan basis data Mysql. Metode yang digunakan metode pendekatan sistem dan pengembangan sistem sehingga mempermudah pengelolaan data laporan yang dibutuhkan menjadi lebih cepat, lengkap dan tepat. Metode perancangan yang digunakan adalah pendekatan sistem dengan pemodelan UML (Unfied Modelling Language) dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Sedangkan metode pengembangan perangkat lunat yang digunakan adalah model Waterfall. Adapun saran yang diberikan adalah merancang sistem informasi order polis baru yang dapat meningkatkan kualitas pengelolaan data lebih akurat dan cepat serta mengadakan perawatan sistem secara rutin
Pelatihan Optimalisasi Sumber Dan Bahan Ajar Online Sebagai Penunjang Pembelajaran Bagi Anak Asuh Panti Asuhan Arridho Indah Purnamasari; Abdul Rahman Kadafi; Ishak Kholil; Tuslaela Tuslaela; Sri Rusiyati
TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta Vol 1 No 2 (2021): TRIDHARMADIMAS: December 2021
Publisher : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (937.016 KB) | DOI: 10.52362/tridharmadimas.v1i2.627

Abstract

In accordance with the decision of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia regarding Circular Letter Number 4 of 2020 concerning the Implementation of Education Policies in the Emergency Period for the Spread of Covid-19 where the Learning from Home Process is carried out through online / distance learning. In its implementation, the online learning process raises new problems including the location of teachers and students being separated when carrying out learning, making teachers unable to directly monitor student activities during the learning process and some of the students have difficulty in accessing, obtaining learning resources and media. to support understanding of the material being studied. Various initiatives were taken to ensure that learning activities continued even in the absence of face-to-face sessions. Technology, more specifically the internet, smartphones, and laptops are now widely used to support distance learning. In order to meet the needs of participants' understanding of learning resources, it is deemed necessary to have training on Optimizing Online Teaching Resources and Materials as Learning Support for Ar Ridho Orphanage Fosters who are able to provide explanations and understanding of how to get learning resources by utilizing online media. The purpose of this training is that it is hoped that the training participants consisting of students will be able to add various reference sources and teaching materials needed and make it easier for them to understand learning materials and use them to support the online learning process.

Page 1 of 4 | Total Record : 36